36 Tempat Wisata Magelang Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
wisata magelang hits

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Magelang

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata Di Magelang, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Kabupaten Magelang merupakan salah satu Kab. di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung di barat, Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten di timur, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang di utara, serta Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta), serta Kabupaten Purworejo di selatan.

Selain itu, Magelang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu ada wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Magelang ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kabupaten Magelang.

Wisata Alam Di Magelang Yang Mengagumkan

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

  • Air Terjun Sekar Langit
  • Lokasi : Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang pertama adalah Air Terjun Sekar Langit. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Air terjun ini jadi tempat wisata kesukaan di Magelang, terlebih buat mereka pecinta alam. Ketinggian air terjun sekar langit dekat 25 m, pesona air terjun ini sanggup memperkenalkan nuansa fresh di benak.

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Telomoyo yang ialah perbatasan antara Kabupaten Semarang, kota Salatiga dan Magelang.

Air Terjun Seloprojo

Air Terjun Seloprojo

  • Air Terjun Seloprojo
  • Lokasi : Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Air Terjun Seloprojo. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Air terjun ini terletak di kawasan kaki Gunung Telomoyo serta mempunyai ketinggian terjenunan air dekat 35 m. Didasar air terjun ini ada bak penampungan limpahan air yang terdiri 2 tingkatan. Pada sisi depan bak penampungan ini ada ornamen kepala singa.

Dari kepala singa inilah limpahan air mengalir ke kolam dibawahnya serta dialirkan lagi ke selokan yang digunakan warga buat kepentingan pengairan. Suatu jembatan berpagar besi jadi penghias air terjun ini.

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang

  • Air Terjun Kedung Kayang
  • Lokasi : Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Air Terjun Kedung Kayang. Lokasi wisata alam ini berada di Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Objek wisata Magelang yang satu ini telah memperoleh atensi, terdapat banyak sarana pendukung liburan disini, antara lain semacam kedai makan, penginapan, bumi perkemahan. Memanglah, buat dapat hingga ke air terjun ini turis wajib melaksanakan trekking serta lokasinya lumayan jauh dari tempat parkir.

Buat dapat menikmati air terjun ini kita wajib membayar tiket masuk dengan harga Rp. 4000( harga sewaktu- waktu berganti). Kamu pula dapat menciptakan suatu Goa dengan lebar ± 2 meter serta besar± 2, 5 meter dengan panjang tidak terbatas( tidak bisa dikenal). Jika terdapat yang ingin masuk ke goa wajib masuk dahulu di kedung kemudian naik dekat 1, 5 meter di balik air terjun.

Curug Grenjengan Kembar

Curug Grenjengan Kembar

  • Curug Grenjengan Kembar
  • Lokasi : Satap Kragilor, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Curug Grenjengan Kembar. Lokasi wisata alam ini berada di Satap Kragilor, Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Dinamakan Curug Grenjengan Kembar sebab ada 2 air terjun yang mengalir indah dari ketinggian. Air terjun ini terletak di kaki gunung Merbabu. Air yang jatuh di air terjun ini berasal dari sungai Cebong yang mata airnya berasal dari Gunung Merbabu. Atmosfer disitu sangat damai sekali sebab tidak banyak wisatawan yang tiba.

Curug Sikencling

Curug Sikencling

  • Curug Sikencling
  • Lokasi : Sikencling, Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Curug Sikencling. Lokasi wisata alam ini berada di Sikencling, Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

Curug Sikencling mempunyai debit air yang tidak sangat besar, tetapi sangat menarik buat didatangi sebab air terjun ini mempunyai spot gambar yang cukup banyak.

Spot Gambar utama terletak di pintu masuk wisata yang dibentuk memakai bambu. Gardu Pandang utama ini mempunyai besar dekat 6 m serta terdiri dari 4 tingkatan.

Dari Gardu Pandang ini kita dapat memandang panorama alam yang luar biasa ialah rumah- rumah penduduk dengan latar Gunung Sumbing.

Curug Delimas

Curug Delimas

  • Curug Delimas
  • Lokasi : Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Curug Delimas. Lokasi wisata alam ini berada di Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

Curug yang satu ini kian banyak digemari para turis, sebab tidak cuma sediakan wisata air saja, tetapi pula ada banyak sekali spot spot menarik yang dapat djiadikan objek bidikan kamera kalian difoto selfie ataupun melaksanakan live streaming video nanti.

Keadaan dari curug yang masih begitu natural, jadi target para turis yang menggemari tempat wisata alam tersembunyi, dimana udaranya yang masih fresh dan banyak sekali tumbuhan yang masih natural disitu.

Buat harga tiket masuk Curug Delimas ini sangat murah kok, cuma Rp 3000 saja perorang. Buat akses ke Curug Delimas ini jalannya telah diperbaiki guys, jadi kalian dapat bawa kendaraan sampai ke posisi tersebut.

Curug Silawe

Curug Silawe

  • Curug Silawe
  • Lokasi : Sutopati, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Curug Silawe. Lokasi wisata alam ini berada di Sutopati, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah.

Buat menggapai air terjun ini, turis dapat lewat Jalur Raya Purworejo–Magelang, kemudian berbelok di pertigaan Krasak ke arah Kaliangkrik.

Memanglah, buat mengarah ke air terjunSilawe ini memerlukan perjuangan yang cukup, tetapi, panorama alam sejauh jalur hendak menghibur kamu yang menapaki jalur berbatu. Tetapi, sehabis hingga di air terjun ini, keletihan yang kita rasakan lenyap mendadak.

Hutan Pinus Grenden

Hutan Pinus Grenden

  • Hutan Pinus Grenden
  • Lokasi : Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Hutan Pinus Grenden. Lokasi wisata alam ini berada di Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Hutan Pinus Grenden ini dapat jadi objek wisata yang kamu kunjungi berikutnya. Objek wisata ini sangat sesuai buat dijadikan tempat selfie- selfi yang unik serta instagramable. Buat masuknya, kamu hendak dikenakan bayaran tiket masuk Rp 5. 000 telah beserta parkir.

Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan

  • Pinusan Kragilan
  • Lokasi : Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Pinusan Kragilan. Lokasi wisata alam ini berada di Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang yang lagi hits serta jadi salah satu tempat buat mengupload gambar ke medsos terkini yang lokasinya terdapat di Kaponan, Kecamatan Pakis.

Objek wisata ini dikala ini lagi digandrungi oleh kanak- kanak muda yang gemar up load gambar ke fb ataupun IG. Kamu tidak hendak dikenakan bayaran sepeserpun disini. Cuma membayar Rp 2,000 buat sepeda motor serta Rp 5,000 buat parkir mobil.

Bukit Sukmojoyo

Bukit Sukmojoyo

  • Bukit Sukmojoyo
  • Lokasi : Gintung, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Bukit Sukmojoyo. Lokasi wisata alam ini berada di Gintung, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Masih berbentuk tempat wisata alam di Magelang, kamu dapat mengunjung Sukmojoyo Hill yang terdapat di Dsn. Krinjing, Ds. Giritengah. Tiket masuknya sebesar Rp 5, 000 serta membayar bayaran parkir Rp 3, 000.

Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu

  • Bukit Punthuk Setumbu
  • Lokasi : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Bukit Punthuk Setumbu. Lokasi wisata alam ini berada di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Setumbu ialah suatu bukit buat menikmati keelokan candi Borobudur dari sisi lain. Jika memandang candi Borobudur dari dekat bisa jadi telah sangat mainsteam, nah disinilah kita dapat menikmati keelokan Borobudur dari sudut pandang yang berbeda.

Bukit ini diketahui bagaikan tempat terbaik buat menikmati sunrise serta pula sunset di dekat Candi Borobudur. Disini kita dapat menikmati panorama alam yang luar biasa, kita dapat memandang Candi Borobudur yang begitu megah. Punthuk Setumbu sendiri terletak di kecamatan Borobudur.

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

  • Gunung Telomoyo
  • Lokasi : Desa Seloprojo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Gunung Telomoyo. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Seloprojo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Telomoyo terletak di 2 kabupaten Jawa Tengah, ialah Kabupaten Semarang serta Kabupaten Magelang. Dengan Ketinggian cuma 1894 mdpl, gunung ini tercantum mudah dijangkau. Terdapat banyak keistimewaan yang ditawarkan gunung ini.

Salah satu energi Tarik Gunung Telomoyo yang tidak dipunyai gunung lain merupakan akses hingga puncaknya dapat dicapai dengan berkendara sepeda motor. Tidak cuma motor besar dengan CC besar yang dapat melewatinya, motor matic juga senantiasa dapat mendaki gunung ini dengan nyaman.

Jalanan sejauh dari loket pembayaran hingga puncak telah terkategori bagus cuma sebagian titik saja yang masih berbentuk jalanan aspal rusak berbatu apalagi di sebagian titik berbentuk aspal baru yang telah lembut. Lumayan 45 menit waktu yang diperlukan buat menggapai puncak gunung ini. Di mari disediakan penyewaan motor dengan rate mulai Rp 80,000.

Gunung Andong

Gunung Andong

  • Gunung Andong
  • Lokasi : Area Hutan/Kebun, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Gunung Andong. Lokasi wisata alam ini berada di Area Hutan/Kebun, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong jadi tempat mendaki yang cocok buat pendatang baru, sebab tidak sangat besar. Walaupun tidak sangat besar, gunung Andong senantiasa saja digemari oleh pendaki di Magelang.

Gunung ini mempunyai ketinggian optimal 1726 mdpl. Tetapi, panorama alam dari puncak nampak sangat memesona. Tidak heran jika kita hendak menciptakan banyak tenda- tenda para pendaki di puncak Gunung Andong.

Untuk kamu yang tertarik liburan kesini, kamu dapat langsung saja mengarah ke basecamp pendakian dengan menyewa kendaraan ataupun kamu memohon diantar oleh tukang ojek. Lokasinya terletak di Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak.

Setiba di basecamp, kamu tinggal melaksanakan pendaftaran dengan membayar Rp. 3. 000 buat satu orang. Tetapi bila kamu memakai motor, hingga dikenakan bayaran parkir Rp. 3. 000 per motor+ penitipan helm Rp. 1000.

Gardu Pandang Kuadaan

Gardu Pandang Kuadaan

  • Gardu Pandang Kuadaan
  • Lokasi : Dsn. Kwadaan, Ds. Girimulyo, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Gardu Pandang Kuadaan. Lokasi wisata alam ini berada di Dsn. Kwadaan, Ds. Girimulyo, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Magelang kembali menyajikan spot- spot buat selfie yang kekinian banget, sangat kece, serta tidak butuh bayaran mahal buat dapat masuk serta menikmati pesona alam disajikan.

Hutan Pinus Kragilan pula tadinya ngehits banget di media sosial, saat ini giliran wisata di kawasan Desa Girimulyo yang tidak ingin ketinggalan buat mempersembahkan suatu spot selfie Gardu Pandang Ndlimas buat memanjakan para wisatawan yang hobi selfie.

Dengan terdapatnya Gardu Pandang, hingga wisatawan tidak cuma dapat memandang panorama alam yang luar biasa cantiknya dari ketinggian, namun pula bagaikan spot gambar kekinian yang ngetrend serta digandrungi para pemuda penghobi selfie.

Progo Rafting

Progo Rafting

  • Progo Rafting
  • Lokasi : Jl. Cemp. No.9, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Progo Rafting. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Cemp. No.9, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan arung jeram jadi salah satu energi tarik Perumahan Griya Tok Songo, Kota Magelang. Sungai Progo atas mempunyai aliran sejauh 12 km, durasi waktu sepanjang melaksanakan arung jeram di sungai ini merupakan dekat 2, 5 sampai 3 jam.

Gimana, kamu tertarik berupaya berolahraga ekstrim ini? Terdapat sebagian rute yang dapat kamu coba, antara lain arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, serta arung jeram Sungai Progo Dasar.

Sungai Progo Hulu serta sungai Progo Atas terletak di daerah Magelang, sedangkan Sungai Progo Dasar terletak di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Untuk Kamu yang menggemari tantangan air, Kamu bisa menjajal Sungai Progo ini serta menaklukkannya.

Wisata Keluarga Di Magelang Yang Seru & Menyenangkan

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

  • Taman Kyai Langgeng
  • Lokasi : Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang pertama adalah Taman Kyai Langgeng. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman ini sangat asri, sehingga hawa di sekitarnya sangat sejuk serta tidak heran mengapa turis lokal menjadikan taman Kyai langgeng bagaikan tempat buat bercengkrama bersama keluarga.

Taman kyai Langgeng berjarak kurang lebih 1 kilometer arah selatan pusat kota Magelang. Taman Kyai Langgeng merupakan pula tempat bermain anak di Magelang dengan game jetcoster, kolam renang, serta yang lain.

Tidak hanya wahana yang telah disebutkan di atas, tempat wisata anak di Magelang ini pula mempunyai game jetcoster, kolam renang, dan bermacam kuliner lezat kesukaan kanak- kanak semacam sosis panggang serta burger, pula ada bibliotek di Taman Kyai Langgeng ini. Persis di sebelah taman, ada sarana Arung Jeram Progo Asri.

Taman Badaan

Taman Badaan

  • Taman Badaan
  • Lokasi : Jl. Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Taman Badaan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman ini dipadati arca jerapah, gajah serta hewan lain. Disini, Kamu pula dapat menikmati jajanan kuliner di dekat taman badaan ini.

Tidak heran dikala akhir minggu ataupun dikala masa liburan datang, taman ini dipadati oleh keluarga yang bercengkrama dengan anak- anaknya, buat kamu yang masih pula sendiri hendaknya mencermati dari jauh aja ya.

Alun Alun Kota Magelang

Alun Alun Kota Magelang

  • Alun Alun Kota Magelang
  • Lokasi : Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Alun Alun Kota Magelang. Lokasi wisata keluarga ini berada di Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Tempat wisata di Magelang yang tidak boleh kamu lewati merupakan alun- alun Kota. Alun- alun ini jadi pusat aktivitas kanak- kanak muda serta keluarga di sore hingga malam hari.

Disini, kamu dapat menikmati kuliner Magelang yang lezat dan berbelanja bermacam kebutuhan ataupun oleh- oleh. Alun- alun kota Magelang tertata dengan baik serta sangat asri tidak heran mengapa warga bahagia menghabiskan waktu bersama di alun- alun.

Alun- alun ini jadi tempat berkumpulnya warga Magelang buat menghabiskan waktu bersama sembari bermain bersama kanak- kanak.

Alun- alun ini pula lumayan menarik sebab di samping dekat dengan tempat peribadatan untuk umat islam, kristen, katholik serta konghucu, Disitu kamu pula bisa membeli oleh- oleh sebab terdapat pula pusat perbelanjaan semacam matahari, gardena, serta pecinan.

Ketep Pass

Ketep Pass

  • Ketep Pass
  • Lokasi : Jl. Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Ketep Pass. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Ketep Pass jadi salah satu spot terbaik buat menikmati panorama alam pegunungan serta bukit yang begitu indahnya serta tidak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik.

Dari mari turis bisa memandang luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass mempunyai beberapa sarana wisata yang menarik, di antara lain Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, serta Pelataran Panca Arga.

Buat memanjakan wisatawan, pengelola sediakan 2 buah teropong di Gardu Pandang serta Pelataran Panca Arga. Buat dapat menikmati panorama alam dengan memakai teropong, kita wajib membayar Rp 3 ribu saja. Buat bisa menikmati fasiltias museum ataupun bioskopnya, kita dikenana tarif Rp 7 ribu per orang.

Rumah Kamera

Rumah Kamera

  • Rumah Kamera
  • Lokasi : Majaksingi 8, Borobudur, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Rumah Kamera. Lokasi wisata keluarga ini berada di Majaksingi 8, Borobudur, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rumah kamera ialah replika kamera dengan 4 dimensi 17 x 18 meter. Dengan dimensi sebesar itu, rumah kamera masuk dalam rekor Muri bagaikan rumah kamera terbanyak di Indonesia. Buat membangunnya diperlukan dana paling tidak 1 miliyar rupiah.

Rumah kamera terdiri dari 4 lantai serta berakhir dibentuk pada 2013. Saat ini rumah kamera jadi salah satu destinasi wisata Magelang yang tidak boleh dilewatkan.

Ada pula penyebab ataupun penggagas ilham rumah kamera DSLR ini merupakan seniman lokal bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Ada banyak hasil karya seni lukisan dari bermacam seniman disini.

Kolam Renang Fatima

Kolam Renang Fatima

  • Kolam Renang Fatima
  • Lokasi : Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Wates, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Kolam Renang Fatima. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Wates, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional salah satu kolam renang di Magelang ini yakni mulai dari jam 07. 00 hingga dengan jam 18. 00 Wib. Buat tiket masuk kolam rennag dipatok dengan harga Rp 7. 500,- setiap wisatawan.

Dengan harga tersebut, hingga kamu telah bisa berenang serta menikmati sarana yang telah ada. Buat memperoleh data lebih lanjut, kamu bisa menghubungi no telepon berikut ini ialah( 0293) 362786.

Kolam Renang Pisangan

Kolam Renang Pisangan

  • Kolam Renang Pisangan
  • Lokasi : Ngepos, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Kolam Renang Pisangan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Ngepos, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Kolam Renang Pisangan ialah kolam renang yang lumayan luas dengan air yang jernih. Pelayanan disini pula sangat baik serta ramah dengan tingkatan kebersihan kolam renang yang besar, tiket masuk kolam renang buat berusia ialah Rp 10. 000,- setiap orang. Sebaliknya buat kanak- kanak cukup dengan Rp 5. 000,-

Kolam Renang Tirta Kencana

Kolam Renang Tirta Kencana

  • Kolam Renang Tirta Kencana
  • Lokasi : Ngepor, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Kolam Renang Tirta Kencana. Lokasi wisata keluarga ini berada di Ngepor, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Kolam Renang Tirta Kencana ialah salah satu kolam renang yang tempatnya bersebelahan dengan kolam renang Soekotjo. Kolam renang ini sangat ramah buat kanak- kanak sebab mempunyai fasilitas yang baik serta lengkap.

Tiket buat masuk kolam renang Tirta Kencana lumayan murah ialah cuma Rp 4. 000,- setiap wisatawan. Dengan harya tersebut telah bisa menikmati kesegaran air yang terdapat serta sarana yang lengkap serta nyaman.

Taman Air Kalibening

Taman Air Kalibening

  • Taman Air Kalibening
  • Lokasi : Talaga Bening, Payaman, Kec. Secang, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Taman Air Kalibening. Lokasi wisata keluarga ini berada di Talaga Bening, Payaman, Kec. Secang, Magelang, Jawa Tengah.

Objek wisata yang satu ini ialah tempat buat nyebur serta menyegarkan tubuh kita yang airnya berasal dari mata air yang sangat besar serta jernih.

Dinamai kali bening sebab airnya memanglah sangat jernih serta kita dapat memandang dasarnya. Pemandian ini saat ini dilengkapi pula dengan sarana bermain yang menarik semacam taman serta kebun fauna.

Yah walaupun cuma terdapat sebagian hewan saja, tetapi dengan terdapatnya sarana tersebut sanggup merubah pemandian ini jadi jauh lebih menarik ditambah lagi dengan panorama alam gunung sumbing serta bukit- bukit yang terletak di kaki gunung sumbing.

Wisata Sejarah Di Magelang Terbagus Yang Pernah Ada

Candi Ngawen

Candi Ngawen

  • Candi Ngawen
  • Lokasi : Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang pertama yaitu Candi Ngawen. Lokasi wisata sejarah ini berada di Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Ngawen ialah situs aset sejarah berbentuk candi, ialah candi ngawen yang terdapat di dekat pasar muntilan, kelurahan gunung pring kecamatan muntilan, terdiri dari 5 candi, tetapi hingga dikala ini yang masih utuh cuma satu, sisanya telah jadi reruntuhan.

Bisa jadi karena jauh dari jalur utama sehingga jaraknya terasa jadi jauh untuk wisatawan yang hendak memandang keunikan dari candi ngawen tersebut. Candi ngawen berdiri di dekat pemukiman masyarakat serta sawah.

Candi Pawon

Candi Pawon

  • Candi Pawon
  • Lokasi : Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Pawon. Lokasi wisata sejarah ini berada di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Pawon jadi tempat wisata di Magelang berikutnya, Candi ini lokasinya lebih dekat lagi dengan candi Borobudur dibanding candi mendut.

Candi mungil ini pula menaruh nilai sejarah besar kawasan Magelang. Bagi ceritanya, candi ini dipercaya bagaikan bagian dari candi Borobudur.

Konon katanya, Candi Pawon jadi tempat menaruh senjata seragam halilintar kepunyaan Raja Indera dalam mitologi India. Candi Pawon dipugar pada tahun 1903.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

  • Candi Borobudur
  • Lokasi : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Borobudur. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi ini mempunyai 10 tingkatan dari dasar sampai ke sangat atasnya. Dengan ukiran/ relief candi yang sangat rumit membuat candi ini mempunyai nilai artistik yang sangat besar.

Sampai saat ini para ilmuwan masih belum dapat menciptakan tata cara pembangunan candi yang masuk dalam situs peninggalan dunia, World Heritage Sites oleh UNESCO.

Buat bisa menikmati keelokan candi ini dari dekat kita wajib membayar tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 30 ribu per orang( berusia), kanak- kanak sebesar Rp 12. 500 per orang. Buat tiket masuk wisatawan mancanegara merupakan sebesar USD 20 (dewasa) serta USD 10 (kanak- kanak).

Candi Mendut

Candi Mendut

  • Candi Mendut
  • Lokasi : Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Mendut. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut jadi salah satu tempat wisata di Magelang yang sayang sekali buat dilewatkan, terlebih lokasinya cuma dekat 3 kilometer dari Candi Borobudur. Candi Mendut memanglah tidak sepopuler candi Burobudur, tetapi senantiasa saja mempunyai nilai artistik yang besar. Candi ini pula mempunyai warna buddha.

Candi ini dibentuk pada jaman pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam Candi Mendut ada sebagian patung yang menghiasi isi candi. Terdapat pula relief- relief yang terpahat pada bilik candi.

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

  • Candi Selogriyo
  • Lokasi : Hutan, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Selogriyo. Lokasi wisata sejarah ini berada di Hutan, Windusari, Magelang, Jawa Tengah.

Candi mini ini masih senantiasa berdiri kuat serta terpelihara dengan baik sampai saat ini. Di sekitar Candi Selogriyo berdiri kuat bukit- bukit yang menghijau, sehingga menaikkan asri serta sejuk atmosfer disekitar candi ini.

Candi ini sendiri dipercaya bagaikan aset Kerajaan Mataram Kuno yang dibentuk pada abad ke- 9. Pada bulan Desember 1998 candi ini sempat rusak karna bukit yang terletak di sekelilingnya hadapi longsor. Rekonstruksinya baru berakhir tahun 2005.

Candi Lumbung

Candi Lumbung

  • Candi Lumbung
  • Lokasi : Tlatar, Krogowanan, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Lumbung. Lokasi wisata sejarah ini berada di Tlatar, Krogowanan, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Candi ini lokasinya bersebelahan dengan candi asu sengi serta candi pendem. Candi ini berdiri di atas batu berdenah bujur sangkar dengan dimensi 8, 43 x 8, 43 m, serta menghadap ke arah barat.

Museum Sudirman

Museum Sudirman

  • Museum Sudirman
  • Lokasi : Jl. Ade Irma Suryani No.C7, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Museum Sudirman. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Ade Irma Suryani No.C7, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Panglima besar Jendral Sudirman begitu ditakuti oleh penjajah. Mendengar orasi yang berapi- apinya saja penjajah telah keder.

Jangan lupakan Sejarah, kata Bung Karno. Ayo kita tanamkan rasa cinta tanah air dan kepada para pahlawan yang telah berjuang dengan darah mereka kepada kanak- kanak kita.

Kamu dapat mendatangi museum Sudirman yang berlokasi di Jalur ade Irma Suryani Nomor C- 7 ataupun tepatnya di sudut selatan Halaman Badaan. Gedung tempat Museum Sudirman ini ialah sisa rumah Jenderal Sudirman saat sebelum meninggal.

Museum Diponegoro

Museum Diponegoro

  • Museum Diponegoro
  • Lokasi : Jl. Pangeran Diponegoro, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Museum Diponegoro. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Pangeran Diponegoro, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum ini terletak disayap kiri pendapa karesidenan kedu yang dibentuk pada tahun 1810 serta museum ini tadinya ialah kamar petilasan Pangeran Diponegoro. Dikamar ataupun ruangan tersebutlah Pangeran Diponegoro pula di tangkap secara licik oleh Belanda.

Mulanya pada tanggal 16 februari 1830 Kolonel Cleerens menemui Pangeran Diponegoro di Remo, Bagelen, Purworejo buat mengajak berunding sebab dalam peperangan sepanjang 5 tahun pihak Belanda belum bisa membekuk Pangeran Diponegoro.

Kesimpulannya tawaran berunding oleh Pangeran Diponegoro di setujui. Serta pada bertepatan pada 28 Maret 1830 bersama laskarnya pangeran Diponegoro menemui Letnan Gubernur Jenderal Markus de Kock.

Pada pertemuan tersebut Belanda memohon supaya perang dihentikan tetapi P. Diponegoro menolak tetapi Belanda sudah mempersiapkan penyergapan yang dipandu oleh Kolonel Du Perron yang kesimpulannya bisa melumpuhkan Pangeran Diponegoro beserta para laskarnya.

Pada hari itu pula setelah itu Pangeran Diponegoro diasingkan di ungaran serta setelah itu dibawa ke gedung Karesidenan Semarang. Berikutnya pada bertepatan pada 5 April 1830 dibawa mengarah Batvia memakai kapal Pollux serta pada bertepatan pada 11 April 1830 hingga di Batavia serta ditahan di stadhuis( dikala ini bagaikan museum fatahillah).

Serta pada tanggal 30 April 1830 Pangeran Diponegoro dijatuhi hukuman pengasingan oleh Gubernur Jenderal Van Den Bosch yang kesimpulannya diasingkan di Sulawesi sampai wafatnya.

Museum Bumiputera 1912

Museum Bumiputera 1912

  • Museum Bumiputera 1912
  • Lokasi : Jl. Ahmad Yani Jl. Poncol No.21, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Museum Bumiputera 1912. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Ahmad Yani Jl. Poncol No.21, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum yang dibentuk dengan style serta wujud bangunan khas Jawa Tengah: Joglo beratap lapis 3, berisi bermacam dokumen lama semenjak periode 1912, potret- potret legendaris dan perlengkapan kantor simpel yang digunakan pada masa kemudian.

Museum yang ditetapkan Walikota Magelang, Drs. A. Bagus Panuntun, pada hari Senin, 20 Mei 1985, bersamaan peringatan hari Kebangkitan Nasional, dimaksudkan buat melestarikan gagasan, cita- cita luhur serta karya pendiri.

Di depan gedung museum berdiri tegak 3 tokoh pendiri yang berwujud 3 buah arca dari Mas Ngabehi Dwidjosewojo, Mas Karto Hadi Soebroto serta Mas Adimidjojo yang dengan gagah perkasa memandang hari depan, menyemburkan semangat yang dirajut idealisme.

Betapa tidak, para pendiri Bumiputera sudah menggulirkan sejarah. Para pendiri sudah berbuat nyata. Tidak heran apabila Presiden Soeharto dalam sambutannya pada HUT ke- 80 Bumiputera tahun 1992 berkata,“ Industri ini merupakan perlengkapan perjuangan bangsa yang gagah berani di tengah- tengah perjuangan mengalami kejamnya penjajahan asing.”

Dengan melestarikan gagasan, cita- cita serta karya para pendiri, kita bagaikan generasi penerus turut melestarikan dedikasi dengan semangat yang tidak kunjung padam, meneruskan perjuangan yang dilandasi pemahaman, keikhlasan serta pengorbanan. Dengan menghayati sejarah, kita hendak lebih mantap melangkah serta menyambut masa depan.

Baca Juga : 

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Tarif Harga Sewa Bus Pariwisata Magelang

Wisata Religi Di Magelang Yang Menyejukkan

Makam Aulia Gunungpring

Makam Aulia Gunungpring

  • Makam Aulia Gunungpring
  • Lokasi : Gunungpring RT002 / RW024 Muntilan, Karaharjan, Gunungpring, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Magelang yang pertama yaitu Makam Aulia Gunungpring. Lokasi wisata religi ini berada di Gunungpring RT002 / RW024 Muntilan, Karaharjan, Gunungpring, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Gunungpring merupakan suatu desa simpel yang terletak pas di jalan wisata Borobudur serta Yogyakarta. Masyarakatnya terbilang religius, sehingga aktivitas tiap harinya hampir tidak lepas dari ritual keagamaan.

Beruntunglah desa ini ditakdirkan memiliki sejarah yang kokoh bagaikan desa religius yang diketahui seantero Indonesia. Keberadaan makam tokoh- tokoh agama hebat jadi energi tarik para peziarah buat tiba serta bertamu.

Inilah kenapa Gunungpring memasang mimpi buat jadi Desa Wisata. Masuk ke desa ini, kita hendak melihat suatu gunung tempat berziarah yang tidak sempat hening wisatawan.

Gunung inilah yang setelah itu jadi nama desa ini, Gunung Pring( bambu), sebab gunung ini memanglah lebat oleh bambu.

Di puncak gunung ini, ada sebagian makam wali( kyai) yang melegenda di kawasan Magelang, serta apalagi se- Jawa Tengah serta DIY.

Sebagian orang di silsilah generasi Kraton Yogyakarta pula disemayamkan di makam tersebut, menjadikan makam itu bagaikan salah satu makam Kerajaan DIY.

Makam Raden Santri

Makam Raden Santri

  • Makam Raden Santri
  • Lokasi : Jl. Kyai Raden Santri, Karaharjan, Gunungpring, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Magelang yang berikutnya yaitu Makam Raden Santri. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Kyai Raden Santri, Karaharjan, Gunungpring, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Bertepatan pada 1 Muharram di makam Gunungpring di adakan kirab, haul Kyai Raden Santri peringatan meninggalnya dia yagn di isi dengan pembacaan ayat suci Angkatan laut(AL)– Qur’ an serta tahlil oleh para ulama serta kyai.

Riwayat penyebaran agama Islam di Magelang Jawa Tengah rasanya berlangsung semenjak ratusan tahun kemudian. Beberapa cerita tentang ulama yang dimakamkan di wilayah ini menunjukkan Islam sudah tumbuh pada dini berdirinya Mataram Islam.

Salah satu jejak yang dapat ditengok dikala ini merupakan bukit yang terletak tidak jauh di Muntilan dan di atas bukit berketinggian 400 m di atas permukaan laut itu, ada makam Pangeran Singasari atau Kiai Raden Santri, seorang ulama yang sampai saat ini makamnya ramai dikunjungi peziarah.

Cocok kondisinya, bukit itu bernama Gunungpring. Dalam bahasa Jawa, pring bermakna bambu. Desa tempat bukit terletak juga bernama Gunungpring serta berjarak satu km dari jalur raya Magelang- Yogyakarta.

Pangeran Singasari ataupun Kiai Raden Santri merupakan salah satu putra Ki Ageng Pemanahan, pendiri kerajaan Mataram Islam. Berbeda dengan saudaranya, Panembahan Senopati, yang meneruskan mengetuai kerajaan, Kiai Raden Santri lebih memilah menyebarkan Islam sampai pelosok wilayah di Jawa Tengah.

Buat menggapai makam Kiai Raden Santri, peziarah wajib menapaki deretan anak tangga sejauh separuh km. Di kanan- kiri tangga, berderet kios yang menjajakan aneka santapan, baju, novel doa sampai peralatan ibadah.

Makam itu terletak dalam komplek bangunan pemakaman. Tidak hanya ada suatu Musalla yang diberi nama Pangeran Singasari, dalam cungkup itu juga ada makam generasi Kyai Raden Santri. Antara lain merupakan Kiai Krapyak III( generasi ketiga), Kyai Haji Harun( generasi keempat) serta Kiai Abdullah Sajad( generasi kelima).

Masjid Agung Magelang

Masjid Agung Magelang

  • Masjid Agung Magelang
  • Lokasi : Jl. Alun-Alun Utara No.2, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Magelang yang berikutnya yaitu Masjid Agung Magelang. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Alun-Alun Utara No.2, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Masjid Agung Kota Magelang, namanya sangat familier, begitu pula wujudnya. Posisinya yang terletak pas di jantung Kota Magelang menjadikan masjid ini nampak jelas kala kita terletak serta melintas di kawasan alun- alun Kota Gethuk ini.

Tetapi bisa jadi tidak begitu banyak orang yang ketahui sejarah berdiri, serta cerita- cerita yang terdapat di pusat peribadatan muslim Magelang ini. Masjid ini merupakan salah satu saksi sejarah pergantian masa kepimpinan dari masa ke masa, mulai dari Kolonial Belanda, Jepang serta masa pasca kemerdekaan.

Tidak banyak memanglah sumber yang dapat mendeskripsikan menimpa sejarah bangunan ini. Dari sebagian data baik itu yang tertuang dalam novel kuno aset Belanda ataupun saksi sejarah, kita berupaya mencari ketahui menimpa sejarah berdirinya masjid ini.

Bagi salah seseorang saksi sejarah yang pula pimpinan takmir masjid kauman, H Djauhari. Masjid tersebut didirikan dekat tahun 1650 oleh seseorang tokoh ulama dari Jawa Timur KH Mudakir( dimakamkan di balik masjid).

Pada dini berdirinya bangunan tersebut belum semegah saat ini, cuma berupa musala kecil jika orang dulu menyebutnya langgar. Awal berdiri fasitasnya juga sangat terbatas, disitu belum disediakan tempat wudhu.

Baru pada tahun 1797 bangunan tersebut hadapi pemugaran. Pemugaran dicoba dengan menaikkan mimbar buat khotbah serta tiang( soko) guru yang dibuat dari kayu jati yang dihadirkan dari Bojonegoro.

Pemugaran ini tertera dalam prasasti yang ditulis dengan 2 bahasa ialah bahasa Arab serta Belanda, sampai saat ini prasasti tersebut terpelihara dengan baik serta terletak di dalam masjid.

Pada masa pemerintahan Bupati Magelang ke II ialah RAA Danoeningrat II, tahun 1835 bangunan ini hadapi pemugaran. Pergantian pemerintahan, bupati ke III ialah RAA Danoeningrat III masjid yang berdiri di atas lahan seluas 3200 m persegi ini juga kembali hadapi pemugaran.

Tepatnya tahun 1871 dimasjid ini ditambah serambi muka serta tower kecil di depan masjid( bukan tower semacam saat ini). Semacam pendahulunya bupati ke IV ialah Danoekoesoemo pula kembali menaikkan sebagian bagian masjid.

Baru pada masa pemerintahan Bupati ke V ialah RAA Danoesoegondo masjid ini hadapi pemugaran besar- besaran yang dicoba pada tahun 1934.

Buat pemugaran tersebut, bupati ke V pula berperan bagaikan pimpinan pembangunan memakai dorongan biro arsitek berkebangsaan Belanda ialah Heer H Pluyter. Pemugaran tersebut menciptakan bangunan masjid semacam yang nampak saat ini( minus tower di depan masjid).


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Magelang. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, semoga bermanfaat.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*