25 Tempat Wisata Surakarta dan Sekitarnya Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
wisata surakarta Taman Satwa Taru Jurug

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Surakarta

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata di Surakarta, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Kota Surakarta  atau yang dikenal dengan Kota Surakarta merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas luas 44,04 km2 (wikipedia).

Kota Surakarta ini secara langsung berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, serta Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.

Selain itu, Surakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu ada wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Surakarta ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kota Surakarta.

Wisata Alam Di Surakarta Yang Mengagumkan

Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo

  • Air Terjun Parang Ijo
  • Lokasi : Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Surakarta yang pertama adalah Air Terjun Parang Ijo. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Jawa Tengah.

Air Terjun Parang Ijo ini terletak di Lereng Gunung Lawu serta mempunyai ketinggian 50 m. Keelokan dari air terjun ini juga dapat kamu nikmati dengan bermacam metode.

Kamu dapat langsung mendekatkan diri kamu ke air terjun ini, sehingga kesegarannya akan langsung terasa. Ataupun kamu naik ke gardu pandang yang memanglah ditujukan buat bisa memandang keelokan alam.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

  • Air Terjun Grojogan Sewu
  • Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Surakarta yang berikutnya adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Jawa Tengah.

Hutannya yang masih rimbun serta aliran air terjunnya yang deras akan membuat kamu merasakan ketenangan luar biasa. Menikmati waktu santai di tengah alam tanpa wajib dipusingkan dengan suara klakson mobil, macet serta hawa panas perkotaan Surakarta.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

  • Air Terjun Jumog
  • Lokasi : Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Surakarta yang berikutnya adalah Air Terjun Jumog. Lokasi wisata alam ini berada di Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Jawa Tengah.

Dengan ketinggian kurang lebih 30 m, kesegaran dari air terjun ini akan langsung kamu rasakan pada dikala awal kali menginjakkan kaki kamu di kawasan ini. Kamu pula dapat mencermati kicauan burung yang seakan- akan jadi lagu latar balik yang membawakan kamu buat memperoleh alam nan indah.

Wisata Keluarga Di Surakarta Yang Seru & Menyenangkan

Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug

  • Taman Satwa Taru Jurug
  • Lokasi : Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang pertama adalah Taman Satwa Taru Jurug. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Konsep wisata alam serta bimbingan nampak begitu kental sehingga pengunjung dapat menikmati waktu bersantai dengan tamasya serta belajar, paling utama tentang koleksi binatang yang terdapat di kebun fauna ini.

Tidak hanya koleksi binatang semacam gajah, macan tutul, zebra, komodo serta tipe binatang yang lain, kamu akan menciptakan sebagian tipe pepohonan sangat jarang semacam akasia, trembesi, cemara, pinus serta yang lain.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

  • Taman Sriwedari
  • Lokasi : Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Taman Sriwedari. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kawasan taman wisata ini pula dilengkapi dengan sebagian sarana lain semacam wahana game seru, restoran serta pula stand- stand penjual souvenir.

Taman Balekambang

Taman Balekambang

  • Taman Balekambang
  • Lokasi : Jl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Taman Balekambang. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Taman dengan dominasi pepohonan rindang ini membagikan atmosfer teduh serta asri, sebagian tumbuhan apalagi sudah berumur ratusan tahun serta masih kuat berdiri sampai dikala ini.

Di sebagian sudut taman ada sofa serta bangku yang dapat kamu pakai buat duduk sambil mengobrol santai serta menikmati sejuknya angin yang berhembus.

Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas Jebres

  • Taman Cerdas Jebres
  • Lokasi : Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Taman Cerdas Jebres. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Taman cerdas ini dapat jadi destinasi wisata yang murah meriah tetapi sarat dengan muatan bimbingan yang sangat berguna.

Taman Jebres berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2000 m persegi dengan bermacam sarana serta game yang megedukasi, baik sarana outdoor ataupun indoor.

Bengawan Sport Centre

Bengawan Sport Centre

  • Bengawan Sport Centre
  • Lokasi : Jl. HOS Cokroaminoto No.55, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Bengawan Sport Centre. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. HOS Cokroaminoto No.55, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Bengawan Sport Centre, ialah tempat renang yang sediakan bermacam- macam sarana serta kamu juga dapat kursus berenang dengan instruktur yang pakar. Bila kamu belum mempunyai pakaian renang, dapat membeli di toko yang telah disediakan.

Bengawan Sport Centre dilengkapi pula dengan loker benda, sehingga barang- barangmu akan senantiasa nyaman walaupun ditinggal berenang lumayan lama. Apabila bawa anak umur sekolah, kolam renang ini pula lengkap dengan perosotan pelangi yang berwarna- warni. Kamu dapat berenang mulai dari kedalaman 1,25– 1,5 m.

Kolam Renang Isyka

Kolam Renang Isyka

  • Kolam Renang Isyka
  • Lokasi : Jl. Adi Sucipto No.88A, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Kolam Renang Isyka. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Adi Sucipto No.88A, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kolam ini tercantum salah satu kolam muslimah sebab dikhususkan cuma buat pengunjung wanita. Apabila mau berenang di sini, pengunjung wajib memakai baju renang muslimah dilengkapi hijab ataupun hanya penutup kepala. Harga tiket masuknya merupakan Rp 15. 000 per orangnya.

Kolam Renang Tirtomoyo Jebres

Kolam Renang Tirtomoyo Jebres

  • Kolam Renang Tirtomoyo Jebres
  • Lokasi : Jl. Kolonel Sutarto No.142, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Kolam Renang Tirtomoyo Jebres. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Kolonel Sutarto No.142, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Terdapat 2 jenis kolam renang ialah berusia dan kanak- kanak. Kolam buat berusia memiliki kedalaman yang bertingkat, kedalaman optimal dekat 4 m.

Kolam ini sangat dilindungi dengan didukung oleh terdapatnya sistem filter aliran sehingga airnya senantiasa jernih dan pH sampai air kolam nyaman untuk kulit serta pula mata. Harga tiket salah satu kolam di Surakarta ini pula terkategori murah ialah Rp 10. 000 ditambah bayaran parkir Rp 2. 000.

Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

  • Pasar Malam Ngarsopuro
  • Lokasi : Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Pasar Malam Ngarsopuro. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tidak hanya menyajikan wisata belanja, tempat ini pula sangat rekomended buat menjelajahi wisata kuliner khas Surakarta.

Konsep pasar malam yang begitu kental dengan penyusunan yang apik serta tertib membuat posisi wisata malam ini disebut- sebut menyamai Orchied Road di Singapore.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

  • Kampung Batik Kauman
  • Lokasi : Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Surakarta yang berikutnya adalah Kampung Batik Kauman. Lokasi wisata keluarga ini berada di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Di sejauh jalur kamu akan menjumpai showroom batik serta rumah- rumah yang memproduksi batik sekalian menjualnya kepada wisatawan. Dulu kampung ini digunakan bagaikan tempat buat pembuatan kain batik untuk keluarga keraton.

Baca Juga : 

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

 

Wisata Sejarah Di Surakarta Terbagus Yang Pernah Ada

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat

  • Keraton Surakarta Hadiningrat
  • Lokasi : Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang pertama adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Lokasi wisata sejarah ini berada di Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Keraton Kasunanan Surakarta ialah salah satu tempat memiliki yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Surakarta) yang kala itu berbentuk pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Surakarta.

Sampai dikala ini lingkungan keraton ini masih berperan bagaikan tempat tinggal Raja serta masih melaksanakan tradisi kerajaan.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

  • Museum Bank Indonesia
  • Lokasi : Jl. Ronggowarsito No.2, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Museum Bank Indonesia. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Ronggowarsito No.2, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Dahulu, gedung ini merupakan Javasche Bank. Namun, saat ini telah berstatus bagaikan cagar budaya. Pasti saja bangunan yang kental dengan arsitektur masa dulu sekali ini, terletak di pusat kota bersebelahan dengan kantor pemerintahan.

Dikala ini sudah diganti gunanya jadi bibliotek serta museum. Fakta sejarah beroperasinya Bank Indonesia serta jejak transaksi finansial Indonesia dapat dilihat di museum ini.

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

  • Museum Batik Danar Hadi
  • Lokasi : Jl. Brigjen Sudiarto Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Museum Batik Danar Hadi. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Brigjen Sudiarto Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat wisata yang menunjukkan aneka berbagai koleksi batik dalam bermacam warna, dari segala nusantara. Baik berbentuk warna batik klasik sampai kontemporer. Di tempat ini kamu pula dapat melihat gimana proses membatik secara langsung.

Museum Samanhoedi

Museum Radya Pustaka

  • Museum Samanhoedi
  • Lokasi : Jl. K.H Samanhudi No.75, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Museum Samanhoedi. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. K.H Samanhudi No.75, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

KH Samanhudi merupakan pendiri Sarekat Islam. Pada masanya, dia merupakan saudagar batik yang populer di Laweyan. Di Museum Samanhudi ada sebagian aset tentang kehidupan KH Samanhudi, antara lain: potret- potret KH Samanhudi serta keluarganya, replika kain batik, canting, anglo, bahan perona batik serta kopian dokumen Sarikat Islam.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

  • Museum Radya Pustaka
  • Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Museum Radya Pustaka. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Museum ini telah berdiri semenjak tahun 1890 serta setelah itu dipindah lokasinya pada tahun 1913. Di museum ini ada sebagian koleksi barang kuno yang ialah aset sejarah Keraton Mataram, serta pula sebagian barang yang lain yang erat kaitannya dengan kota Surakarta ataupun Surakarta.

Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari

  • Monumen 45 Banjarsari
  • Lokasi : Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Monumen 45 Banjarsari. Lokasi wisata sejarah ini berada di Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Monumen 45 dibentuk buat mengenang kejadian memiliki di Surakarta, ialah Serbuan Emapt Hari pada bertepatan pada 7- 10 Agustus 1949.

Bagaikan ikon publik, taman Monumen 45 Banjarsari ataupun biasa pula diucap taman Monjari dilengkapi dengan jalan pedestrian, air mancur, taman bermain serta pula hutan kota.

Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional

  • Monumen Pers Nasional
  • Lokasi : Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Monumen Pers Nasional. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Monumen Pers ini sudah dibentuk pada dekat tahun 1918 serta diketahui dengan nama“ Societeit Sasana Soeka”, serta di tahun 1978 museum formal dibuka dengan dilengkapi sebagian bangunan.

Museum ini awal kali difungsikan bagaikan tempat pertemuan untuk Persatuan Wartawan Indonesia( PWI). Terdapat banyak koleksi menarik yang dapat kamu miliki di museum ini, mulai dari koleksi koran serta majalah, mesin ketik kuno, sampai kamera serta benda- benda lain.

Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

  • Benteng Vastenburg
  • Lokasi : Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Benteng Vastenburg. Lokasi wisata sejarah ini berada di Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Benteng Vastenburg jadi salah satu destinasi wisata sejarah di Surakarta yang dapat didatangi dikala liburan. Bangunan memiliki ini ialah aset era kolonial Belanda yang dibentuk semenjak tahun 1774- 1779.

Keberadaan tempat wisata memiliki ini dapat jadi media untuk warga buat menekuni sejarah di masa penjajahan sekalian menanamkan semangat nasionalisme.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

  • Pura Mangkunegaran
  • Lokasi : Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Pura Mangkunegaran. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Wisata sejarah dibentuk pada 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan style tradisional Jawa serta sentuhan arsitektur Eropa.

Tidak hanya dapat menikmati keelokan arsitektur bangunan, kamu pula dapat melihat bermacam koleksi barang seni serta memiliki di posisi ini.

Candi Sukuh

Candi Sukuh

  • Candi Sukuh
  • Lokasi : Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Surakarta yang berikutnya adalah Candi Sukuh. Lokasi wisata sejarah ini berada di Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Jawa Tengah.

Candi Hindu ini ialah salah satu situs Peninggalan Dunia yang diusulkan oleh UNESCO semenjak tahun 1995.

Situs ini ditemui awal kali pada tahun 1815 oleh Johnson yang ditugasi oleh Thomas Stanford Raffles buat mengumpulkan informasi guna penataan novel History of Java.

Wujud Candi Sukuh sendiri lumayan simpel semacam trapesium serta menyamai kuil Suku Maya Chichen Itza di Meksiko.

Wisata Religi Di Surakarta Yang Menyejukkan  

Masjid Al-Wustho Mangkunegaran

Masjid Al-Wustho Mangkunegaran

  • Masjid Al-Wustho Mangkunegaran
  • Lokasi : Jl. Kartini No.3, Ketelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Surakarta yang pertama adalah Masjid Al-Wustho Mangkunegaran. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Kartini No.3, Ketelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pembangunan Masjid Angkatan laut(AL) Wustho diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegara I( 1725- 1795). Kala dini didirikan, masjid Angkatan laut(AL) Wustho bernama Masjid Mangkunegaran ataupun diketahui dengan masjid negeri yang lokasinya terletak di daerah Kauman, Pasar Legi.

Tetapi pada masa KGPAA Mangkunegara II( 1796- 1835) dipindahkan ke posisi yang strategis yang dekat dengan Puro Mangkunegaran. Bagaikan masjid Puro Mangkunegaran, hingga pengelolaannya dicoba oleh para abdi dalem.

Masjid Mangkunegaran dibentuk secara modern di masa pemerintahan KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1916-1944 dengan mengaitkan arsitektur Belanda pada saat itu bernama Herman Thomas.

Bangunan masjid memadukan arsitektur Jawa serta Eropa. Pemberian nama Angkatan laut(AL) wustho pada masjid Mangkunegaran dicoba pada tahun 1949 oleh Bopo Panghulu Puro Mangkunegaran Raden Tumenggung KH. Imam Rosidi.

Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta

  • Masjid Agung Surakarta
  • Lokasi : Jl. Masjid Besar No. 1, Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Surakarta yang berikutnya adalah Masjid Agung Surakarta. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Masjid Besar No. 1, Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Masjid Agung Surakarta merupakan aset Kerajaan Mataram. Semacam halnya sebagian Masjid Agung di wilayah lain yang ialah masjid kerajaan era dulu.

Masjid Agung Surakarta juga mempunyai sebagian kriteria, di antara lain, terletak dekat Keraton bagaikan pusat pemerintahan serta tempat tinggal raja, alun- alun bagaikan pusat kegiatan warga, serta pasar bagaikan pusat aktivitas ekonomi.

Masjid yang dibentuk pada masa Paku Buwono III ini menemukan pengaruh style arsitektur Jawa Kuno serta Belanda. Pemakaian bahan kayu pada sebagian bagian masjid nampak mendominasi.

Secara totalitas, bangunan berupa tajug dengan atap tumpang 3 serta berpuncak mustaka( kubah). Arti tajug bertumpang 3 tersebut merupakan pokok- pokok tuntunan Islam, ialah iman, Islam, serta ihsan.

Masjid Laweyan

Masjid Laweyan

  • Masjid Laweyan
  • Lokasi : Jl. Liris No.1, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Surakarta yang berikutnya adalah Masjid Laweyan. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Liris No.1, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Banyak aspek yang menjadikan Masjid Laweyan memiliki nilai historis. Masjid yang sudah berumur lebih dari 4 abad ini, ialah masjid awal di kota Surakarta. Tahun pendiriannya tidak bisa ditentukan, namun yang jelas dibentuk pada masa Kerajaan Pajang, dekat tahun 1550 Meter.

Keberadaan Masjid Laweyan bermula dari hijrahnya Kiai Ageng Anis( bagi sebagian novel, tercantum di makam, tertulis Ngenis bukan Anis) dari Selo ke Pajang. Bagi Babad Tanah Jawi, dia mulai tinggal di Laweyan pada tahun 1540, sebaliknya pendirian masjid berlangsung selang sebagian tahun sehabis kedatangannya itu.

Bagaikan pemeluk Islam, Kiai Ageng Anis ikut berfungsi dalam meningkatkan Islam. Serta, buat melancarkan misinya, dia men- dirikan suatu masjid yang pula berperan bagaikan markas kegiatannya. Di Masjid Laweyan inilah diadakan sejenis pengajian- pengajian, shalat Jumat, serta aktivitas dakwahnya.


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Surakarta dan sekitarnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, semoga bermanfaat.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*