10 Makanan Khas Klaten Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Nasi Trancam

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Klaten Jawa Tengah

Makanan Khas Di Klaten by Ranggawisata

Klaten merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan klaten juga memiliki beberapa makanan khas klaten yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten klaten kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas klaten yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus . makanan khas kabupaten klaten juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan .

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Klaten berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Klaten.

Berikut daftar menu makanan Khas Klaten :

Nasi Gudangan

Makanan Khas Klaten Nasi Gudangan

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah nasi gudangan ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya nasi gudangan khas kabupaten klaten ini sangat cocok di jadikan menu sarapan.

Gudangan sendiri adalah berbagai macam sayur sayuran yang direbus biasanya sayuran yang di gunakan dalam nasi gudangan yaitu kacang panjang tauge bayam kol keniker dan wortel gudangan disajikan bersama sambal kelapa parut sangat cocok di nikmati dengan rempeyek kacang.

Gudangan juga memiliki nama lain seperti kluban dan urap namun untuk cita rasa tetap saja lezatnya hanya saja berbeda untuk nama penyebutan saja nasi gudangan dahulunya sangat terkenal dengan makanan orang ndeso namun sekarang nasi gudangan menjadi makanan favorite berbagai jenis kalangan.

Nasi gudangan biasanya kebanyakan di jajakan pada pagi hari karena masyarakat klaten kebanyakan menjadikan nasi gudangan menjadi menu andalan untuk sarapan oleh karena itu di atas jam 8 pagi pedagang nasi gudangan sangat sulit kita temui.

Meskipun nasi gudangan terlihat sangat sederhana namun untuk cita rasa sangat nusantara sekali jangan kaget bagi anda semua jika nasi gudangan akan membuat anda ketagihan untuk harganya pun sangat murah meriah di kantong kita semua 1 porsi nasi gudangan khas klaten memiliki harga berkisar RP.5000 saja.

Meski kental dengan kearifan lokal setempat, namun Sego Gudangan sudah semakin jarang dijumpai. Dahulu selain untuk sarapan Sego Gudangan juga banyak digunakan sebagai pelengkap beberapa upacara tradisi seperti syukuran kelahiran bayi hingga sadranan.

Kini selain hanya dijual di pagi hari, orang yang merawat warisan kuliner inipun tak banyak lagi. Hanya beberapa orang tua di desa-desa tertentu di Klaten yang masih setia menjual Sego Gudangan.

Merekapun umumnya hanya berjualan di rumah. Beruntung masih ada masyarakat setempat, meski tidak banyak, yang masih setia menyantap Sego Gudangan sebelum berangkat ke sawah atau menjadikannya sarapan anak sebelum berangkat sekolah. Semoga mereka bukan pembuat dan penikmat Sego Gudangan terakhir.

Soto Bebek

Makanan Khas Klaten Soto Bebek

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari darerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah soto bebek ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya bagi anda semua yang sedang berkunjung di daerah kabupaten klaten sangat di rekomendasikan untuk mencicipi kelezatan semangkuk soto bebek.

Berikut salah satu rekomendasi warung makan yang menjajakan soto bebek yaitu bu siswo sendiri sudang berjualan soto bebek khas klaten sejak tahun 1953 tepatnya berada di kios karanglo kelurahan karangkuduh kecamatan jogonalan berada di sisi timur pabrik gula pasir gondang.

Walapun sudah berdiri sejak lama warung soto bebek bu siswo tetap mengutamakan cita rasa dan kualitas dalam satu porsi soto bebek bu siswo berisi tauge kol potongan daun seledri bawang goreng dan juga potongan daging bebek tentunya.

Sebelum di masukan ke dalam semangkuk soto bebek daging bebek terlebih dahulu di masak bacem selama kurang lebih 3 jam lamanya lalu setelah itu di lanjutkan dengan di goreng garing dan crispy baru setelah itu disajikan dengan guyuran kuah bening kuah tersebut juga mengandung rempah rempah dan kaldu daging yang akan memanjakan perut dan lidah anda semua.

Warung soto bebek milik bu siswo buka setiap hari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 13.00 siang untuk harga soto anda semua tidak perlu di kwatirkan karena soto bebek bu siswo memiliki harga berkisar RP.7000 saja bu siswo mempunyai 2 cara untuk menyajikan soto bebek yang di jajakan nya yaitu dengan cara disajikan secara langsung atau di sajikan secara terpisah namun anda semua tidak perlu kwatir untuk harga tetap sama.

Warung soto bebek milik bu siswo juga menyediakan menu lain seperti bebek bakar dan bebek ungkep jadi cocok bagi anda yang tidak begitu menyukai soto dapat memesan menu lain seperti bebek bakar dan bebek ungkep untuk harganya satu porsi nasi ayam bakar memiliki harga berkisar RP.27.000 saja sedangkan untuk satu porsi bebek ungkep memiliki harga berkisar RP.25.000 saja sangat terjangkau di kantong wisatawan.

Nasi Trancam

Makanan Khas Klaten Nasi Trancam

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten klaten nasi trancam ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya nasi trancam sendiri sangat cocok di jadikan menu sarapan masyarakat daerah klaten sendiri menjadikan nasi trancam sebagai menu sarapan yang andalan atau bisa juga di jadikan menu makan siang nasi trancam sangat cocok di nikmati di berbagai suasana.

Anda sedang mau mencari menu makan siang yang lezat dan juga sehat? Tenang, karena selain punya gado-gado atau nasi pecel, Indonesia juga punya nasi trancam yang nggak kalah enaknya.

Juga disebut sebagai salad-nya orang Indonesia, nasi trancam memang menyerupai hidangan urap yang bisa kamu temui di daerah Jawa Timur. Namun yang bikin beda adalah semua sayuran disajikan tanpa direbus terlebih dahulu.

Proses penyajiannya sendiri mirip banget dengan hidangan salad tradisional lainnya, karedok. Namun, trancam juga memiliki pembeda pada bumbu yang disajikan, nggak menggunakan bumbu kacang.

Disajikan nikmat dengan nasi putih hangat, kamu bisa menikmati beragam sayuran segar dalam satu porsi trancam. Mulai dari kacang panjang, daun kemangi, ketimun, kecambah, kol, petai cina yang dipadukan dengan kelapa parut sebagai pengikat rasanya.

Berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di sekitar kawasan Klaten, Jawa Tengah, nasi trancam banyak dijajakan berdampingan dengan ayam goreng dan berbagai jeroan ayam maupun sapi yang gurih. Tetapi, kamu juga bisa menikmati nasi trancam dengan teman yang lebih sederhana seperti tahu atau tempe goreng.

Nah, jika kamu lagi main ke Solo, coba arahkan kendaraan ke kawasan Klaten, deh. Di sana ada RM Bu Mayar Cawas yang dikenal sebagai produsen nasi trancam legendaris.

Menunya pun beragam. Kamu bisa menikmati nasi trancam dengan sepotong ayam bakar atau goreng, pecel leles, hingga sayur krecek yang pedas dan gurih. Tertarik mencoba?

Nasi Wiwit

Makanan Khas Klaten Sego Wiwid

Sego wiwit atau nasi wiwit sebetulnya merupakan suatu tradisi slamatan atau sedekah bumi yang dilakukan oleh para petani di daerah Klaten untuk menyambut hasil panen Padi namun semakin berkembangnya zaman dan untuk selalu menjaga kuliner tradisional sego wiwit atau nasi wiwit sekarang sudah mulai berkembang yaitu sekarang sego wiwit atau nasi wiwit sudah mulai di jual di warung makan yang menerapkan menu tradisional dan di restoran – restoran.

Rasa dari nasi wiwit ini sangat menggugah selera nafsu makan, biasanya dalam satu porsi nasi wiwit terdapat sayur nasi dan lauk pauk. Setelah anda merasakan sego atau nasi wiwit ini dijamin anda akan ketagihan dengan citarasa yang disuguhkan.

Untuk bisa mencicipi seporsi sego wiwit ini anda bisa mencari warung makan yang menyediakan makanan tradisional. Atau mencari disekitar wilayah Klaten.

Sop Ayam

Makanan Khas Klaten Sop Ayam

Merupakan salah Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah sop ayam ini memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya sop ayam khas kabupaten khas klaten ini sangat cocok di jadikan menu sarapan masyarakat klaten juga menjadikan sop ayam menjadi menu sarapan yang andalan.

Meskipun sop ayam klaten tanpa mengunakan wortel dan kentang, sop ayam ini rasanya gurih enak. Kaldu dan ayam memang yang jadi andalan. Kuahnya sedikit keruh dengan taburan seledri dan bawang merah. Dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp.5000 saja sudah bisa menikmati sop ayam plus nasi hangat.

Sop ayam milik pak min pada mulanya Berada di wilayah Surakarta dan ingin mencicipi sajian yang hangat, pasti teringat Sop Ayam Pak Min. Konon kabarnya , sop ayam dari daerah Klaten ini sekarang sudah punya belasan cabang di Yogyakarta, Boyolali, Solo, Sragen, Semarang dan Purwokerto.

Konon kabarnya warung ssop klaten pal min sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu sop ayam ini ada di Klaten dan rasa sopnya juga sama hingga kini. Setelah beberapa lama yang lalu sudah tidak mencicipi sop ini, kami mampir untuk merasakan kembali cita rasa dan kenikmatan sop ayam khas klaten milik pak min di salah cabang yang dimilikinya.

Walapun Tampilan warung makannya sangar sederhana. Hanya tersedia Bangku-bangku panjang dan di sudut kanan terdapat gerobak untuk meracik sop ayam. Hanya di salah satu sisi tembok yang bercat hijau terpampang foto Pak Min dan istrinya.

Warung sop ayam khas klaten milik pak min mengunakan Ayam kampung yang sudah direbus, dipotong-potong kemudian disiram kuah. Khusus untuk uritan (telor muda), sudah diiris-iris di dalam mangkuk-mangkuk tinggal menyiram dengan kaldu panas. Daftar menunya juga tak panjang. Semua bagian ayam bisa dipesan tergantung selera.

Di warung sop ayam pak min Bisa pesan sop biasa, sop daging ayam, uritan (telor muda), kulit, dada pechok, cakar, paha, tepong (paha atas), kepala, sayap dan brutu (pantat ayam). Harganya mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000, tergantung bagian ayam yang dipilih. Yang paling murah nasi sup ayam Rp.5.000 dengan harga segitu kita dapat merasakan kenikmatan sop khas klaten milik pak min dan yang paling mahal nasi sop dada penchok Rp.15.000.

Bagi anda semua Jangan pernah membayangkan sop ayam gaya orang kota, yang diberi isian wortel, kentang, tomat dan makaroni. Sop ayam racikan pak Min ini sangat sederhana. Hanya potongan bagian daging ayam plus kuah saja. Hanya dengan Pelengkap satu-satunya yaitubawang merah dan daun seledri yang dicincang kasar.

Sop ayam Di sajikan dalam mangkuk, sop paha ayam (Rp.11.000) tampil dengan kuah kecokelatan bening panas mengepul. Aroma gurih kaldu ayam langsung tercium. Paha ayam dipotong-potong jadi beberapa bagian. Tak ada jejak minyak yang tergenang di permukaannya.

Sluuurp! Cita rasanya sungguh gurih kaldu, hanya terlacak aroma lada yang sangat kuat diiringi bawang putih. Agaknya inilah bumbu sederhana andalan Pak Min. Mirip racikan sop ayam gaya China, minimalis. Justru karena itu yang terasa dominan rasa kaldu ayamnya.

Jika badan kurang fit dan udara dingin dijamin akan langsung terasa segar berkeringat karena tonjokan panasnya kaldu dan sengatan hangat lada. Untuk melengkapi sop ayam ini tersedia nasi putih.

Nasinya memang sedikit pera. Jika direndam mengunakan kuah panas sop akan terasa lunak. Di berikan sedikit kucuran air jeruk nipis dan sambal, kuah sop ayam ini benar-benar sedap. Lauk pelengkap juga tersedia di tiap meja. Tempe goreng dan bergedel tahu. Tempenya berupa tempe bungkus daun yang mungil dan digoreng kering. Renyah gurih untuk bentuk.

Cita rasa Bergedel tahunya bundar pipih, tahu halus yang dicampur dengan tauge pendek. Menambah kenikmatan saat mencicipi sop ayam khas laten milik pak min.

Klaten merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki makanan khas kabupaten klaten juga memiliki beberapa cemilan khas kabupaten klaten yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten klaten kurang pas jika tidak mencicipi cemilan khas klaten yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus .cemilan khas kabupaten kabupaten klaten juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu cemilan :

Slondok

Slondok

Slondok juga merupakan cemilan khas yang berasal dari daerah klaten, slondok ini terbuat dari bahan dasar singkong yang telah digiling dan direbut selanjutnya di beri bumbu lalu bumbui dengan resep sepesial.

Selanjutnya semua bumbu dan singkong akan tercampur maka slondok akan dibentuk seperti gelang – gelang dan akan dijemur hingga kering. Berijkutnya jika sudah maka slondok siap untuk digoreng dan dikemas.

Slondok pada awalnya hanya memiliki satu jenis rasa tetapi sekarang slondok memunyai banyak perubahan akan berkembangnnya jenis-jenis makanan maka slondok pun ikut menyesuaikan dan ikut membuat variant rasa-rasa baru tetapi masih ada yang mempertahankan rasa originalnnya, pilih saja sesuai selera kalian masing-masing. Slondok ini juga dapat kita temui di toko oleh-oleh khas klaten dan didaerah sekitarnya.

Keripik Belut

Keripik Belut

Belut, sebagian orang pasti merasa geli saat mendengar nama hewan tersebut. Bentuknya yang panjang dan tubuhnya yang licin membuat orang semakin takut saat melihatnya.

Tetapi di daerah kabupaten Klaten belut disulap menjadi cemilan yang tidak kalah enak dengan oleh-oleh khas daerah lain. Kripik belut, namanya. Kripik belut ini menjadi salah satun cemilan andala para wisatawan yang berkunjung ke Klaten.

Meskipun bentuknya sebelum diolah menggelikan, tapi tenang saja kripik belut ini dijamin rasanya enak sekali.dan cocok di jadikan sebagai buah tangan setelah berkunjung di daerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah.

Keripik Belut ini merupakan makan cemilan atau juga bisa untuk dijadikan lauk ketika orang makan. Rasa dari keripik belut ini sudah jangan diragukan lagi pastinnya enak, gurih dan renyah.

Selain itu karena bahan dasarnya dari belut maka makanan ini cukup menyehatkan bagi tubuh, untuk bisa mendapatkan makanan ini anda tinggal mecari di tempat oleh-oleh klas klaten dan disekitar kota klaten pasti banyak tersedia, karena makanan ini juga cukup ramai dibeli oleh para wisatawan yang sedang berkunjung atau sekedar melewati Kota Klaten.

Keripik belut khas klaten berikut memiliki harga. Untuk harga per satu kilo keripik belut goreng dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau yakni dengan harga RP 100.000,00 per satu kilo. Murah bukan?

Keripik Paru Sapi

Keripik Paru Sapi

Merupakan salah satu cemilan yang berasal dari daerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah keripik paru ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya sangat di rekomendasikan untuk para wisatawan yang sedang berkunjung di daerah klaten untuk mencicipi kelezatan keripik paru sapi khas klaten ini.

Bahan baku untuk keripik paru khas klaten di peroleh dari sejumlah pemotongan hewan sapi di daerah klaten sendiri untuk biasanya tiap produsen memiliki pemasok paru sapi yang sudah terpercaya mereka para produsen sangat berhati hati karena biasanya ada saja paru yang di peroleh dari sapi glonggongan sapi gkonggongan yaitu sapi yang memang dengan sengaja di beri banyak minum untuk memperoleh bobot yang sesuai diinginkan sebelum melalui proses penyembelihan.

Paru sapi yang di gunakan untuk membuat keripik paru khas klaten harus segar dan berkualitas agar nantinya keripik paru yang di hasilkan memiliki cita rasa yang memuaskan bagi para pembeli berikut ciri ciri paru sapi yang baik dan bagus untuk di olah tidak berlendir tidak berair berwarna merah muda.

Pertama tama rebus terlebih dahulu paru sapi hingga matang lalu di lanjutkan di goreng untuk menjadi keripik paru sapi khas klaten keripik paru ini memiliki tekstur sangat tipis tipis juga sangat renyah keripik paru juga dapat di jadikan makanan pendamping sebagai penganti kerupuk.

Keripik paru sapi pada umumnya memiliki 2 ukuran kemasan yaitu 1 kg dan ¼ kg untuk kemasan 1kg memilih memberikan potongan paru yang cukup besar sedangkan untuk kemasan ¼ kg cenderung kecil kecil dan tipis namun tak perlu kwatir untuk cita rasa tak ada bedanya sama saja lezatnya.

Keripik Ceker Ayam

Keripik Ceker Ayam

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah keripik ceker ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya keripik ceker ayam ini juga cocok di jadikan buah tangan setelah berkunjung di daerah kabupaten klaten pasti akan membuat yang baru mencoba ketagihan ingin lagi dan lagi.

Gurih, renyah, dan bikin ketagihan. Itulah keripik ceker. Keripik yang satu ini seperti namanya pasti ya berbahan dasar dari bahan baku kaki ayam ini memang memerlukan bahan baku cukup banyak.

Dalam Sepuluh kilogram (kg) ceker yang masih basah hanya dapat menghasilkan satu kg ceker kering atau keripik. Kita semua dapat membeli keripik ceker ayam Dengan harga Rp.110.000 per kg, produsen bisa mencetak omzet Rp 28 juta per bulan.

Pada umumnya ceker ayam hanya dapat diolah menjadi tambahan di berbagai hidangan seperti sop, semur, dan bakso. Namun, di tangan tangan masyarakat kabupaten klaten kini ceker ayam dapat di rubah menjadi cemilan yaitu keripik ceker ayam sekarang ini banyak pengusaha mengembangkan ceker menjadi camilan dalam bentuk keripik yang sangat krispy.

Olahan Keripik ceker ayam termasuk jenis makanan ringan yangt memiliki tekstur yang sangat renyah, gurih, dan tahan lama. Untuk Bahan baku yang di gunakan keripik ceker merupakan daging dan kulit yang ada di bagian kaki. Ayam yang segar dan berkualitas.

Berikut penjelasan dari Salah salah satu pengrajin keripik ceker ini adalah ibu Sri Rubiyanti, yang berasal dari daerah kabupaten klaten . ibu Rubiyanti yang sudah memulai produksi keripik ceker sejak tahun 1995 silam kini mempekerjakan enam karyawan. Ia beserta karyawanya mampu memproduksi 50 kilogram (kg) hingga 70 kg keripik setiap akhir pekan.

Berikut Pengusaha yang menjalankan usaha yang sama dengan bu rubiyanti keripik ceker lain adalah bapak Teguh Satrio Wibowo yang berprofesi sebagai pemotong ayam negeri didaerah Malang, Jawa Timur sejak 2009.

Meskipun keripik ceker ayam adalah cemilan khas daerah klaten tetapi didaerah lain juga banyak yang memproduksi seperti pak teguh asal malang jawa timur pada mulanya pak Teguh pertama tama hanya bermodalkan berdagang ceker dan kepala ayam yang tak terjual di pasar. Ia menjualnya kepada pembudi daya lele untuk pakan lele.

Pak Teguh menjual ceker dan kepala ayam dengan harga Rp 4.000 per kg. Ketika harga beli ayam negeri naik, harga pokok penjualan pun naik.

Saat itulah ide lain muncul di kepala Teguh. Jika ceker saya jual kepada peternak, margin maka keuntungan saya kecil sekali,” katanya. Ia terpikir untuk mengolah ceker. Tersebut menjadi suatu cemilan yang melezatkan pak teguh memiliki ide untuk memproduksi keripik ceeker ayam Saat ini, pak teguh dapat menghasilkan 15 kg sampai 20 kg keripik ceker per bulan.sangat luar biasa bukan .

Klaten merupakan salah satu kabupaten klaten di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas dan cemilan khas klaten juga memiliki minuman khas kabupaten klaten yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya.

Jalan jalan ke kabupaten klaten kurang pas jika tidak mencicipi minuman khas klaten yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa segarnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus minuman khas klaten juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu minuman :

Es Dawet Bayat

Es Dawet Bayat

Merupakan minuman khas yang berasal dari daerah kabupaten klaten provinsi jawa tengah es dawet bayat ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa menyegarkan dan sangat cocok di minum saat musim musim panas seperti ini.

Rasa manis gula Jawa, cendol, dan gurihnya santan kelapa berpadu menjadi pelepas dahaga yang sempurna saat mentari bersinar cukup terik. Es Dawet sendiri merupakan salah satu kuliner khas Klaten, khususnya Dawet Bayat.

Es dawet dapat di jumpai di Hampir diseluruh pelosok dapat dengan mudah dijumpai penjual Dawet Bayat. Dawet dijual dengan sangat khas. Penjual es dawet bayat pada umumnya menggunakan sepasang salang dari rotan dan keduk atau kuali gerabah.

Di sini Keduk digunakan sebagai tempat cendol dan santan, serta satu lagi untuk pelengkap es dawet bayat yaitu (cairan gula Jawa).

Namun siapa sangka, jika Dawet Bayat ternyata berasal dari desa kecil di bawah pegunungan kapur seribu. Bernama Desa Bogem Kecamatan Bayat yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Gunungkidul merupakan desa cikal bakal Dawet Bayat. Untuk seluruhnya penjual Dawet Bayat berasal dari Desa Bogem.

Ketika pagi hari mereka meninggalkan rumah untuk berjualan dawet biasanya kita dapat bertemu . ketika sudah sore hari atau setelah dagangan habis mereka pulang. Kondisi ini terlihat saat saya dan rekan rekan mencoba menyambangi produsen Dawet Bayat di Desa Bogem, kemarin siang. Sebagian besar produsen dawet sudah pergi untuk berjualan.

tersedia tiga bahan inti untuk membuat dawet, yakni cendol, juruh, dan santan. Cendol sendiri dibuat dari bahan dasar pati aren, juruh menggunakan gula Jawa.

Untuk membuat cendol, pati aren dicampur air hingga didapat endapan tepung pati aren. Selanjutnya endapan tepung pati disaring berulang kali hingga mendapat tepung yang halus dan bersih bebas kotoran serta serat kayu. Tepung pati kemudian dimasak menjadi bubur dan dituangkan ke dalam cetakan agar menetes membentuk cendol.

Menariknya pada ukuran cendol di tiap daerah tidak sama tergantung karena menyesuaikan konsumen di wilayah target pemasaran. Dicontohkan, untuk dawet yang dijual di Gunungkidul ukuran cendol lebih besar daripada cendol yang dijual di wilayah Klaten. Cendol di Gunungkidul rata-rata berdiameter 6mm, sedangkan cendol Klaten hanya 4-4,5 mm.

”Diamater beda tapi panjang tetap sama, sekitar 2cm. Kenapa ukuran beda? Karena cendol ukuran besar dimaksudkan selain segar juga bisa kenyang setelah minum dawet. Tapi cendol yang lebih kecil dapat segarnya saja, dikunyah pun akan lebih sulit karena begitu minum langsung tertelan,” terang dia.

Penjual es dawet bayat menjelaskan, kunci utama citarasa dawet berada pada lelehan gula merah dan santan. Penjual dawet asal Desa Bogem tak pernah main-main dan mengabaikan cita rasa yang sangat luar biasa para penjual es dawet bayat selalu memberikan cita rasa terbaik dengan bahan baku yang berkualitas. Gula merah yang digunakan hanya gula yang berasal dari Kulonprogo karena rasa manisnya yang pas, gurih, dan lebih harum.

Bahan baku kelapa dipilih butir kelapa yang masih utuh, segar, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Pemilihan usia kelapa berpengaruh pada citarasa santan yang dihasilkan. Jika kelapa terlalu muda, rasa gurih sulit didapat. Sedangkan kelapa terlalu tua tidak akan menghasilkan santan meski rasanya sangat gurih. Bahan baku kelapa didapat dari lokal Bayat, Gunungkidul, dan paling jauh dari Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Dalam sehari, hari para pembuat dawet bayat membutuhkan kebutuhan pati aren untuk 100 penjual dawet Desa Bogem mencapai dua kuintal. Sedangkan kebutuhan kelapa sebanyak 800 butir, dan gula Jawa 600kg. Para pembuat dawet bayat mengaku, pemilihan bahan baku berkualitas berpengaruh pada modal yang dikeluarkan produsen.

Kelapa misalnya, untuk satu butir kelapa seharga Rp 6.000-6.500. Harga ini sedikit lebih mahal dibanding kelapa pasaran pada umumnya. Gula Jawa dari Kulonprogo saat ini mencapai Rp24.500/kg.

Dawet Bayat pada umumnya rata-rata dijual seharga Rp2.500-3.000 per gelas atau mangkok kecil. Untuk harga satu kilogram cendol, penjual mampu meraup omzet sekitar Rp 200 ribu. Bahkan para penjual es Dawet Bayat yang membuka lapak di kawasan Bogem Kecamatan Kalasan meraih omzet hingga Rp 6 juta per hari saat musim liburan, long weekend, dan lebaran.

”Tetapi kalau musim hujan ya sangat pengaruh. Bisa turun sampai 50%. Karena cendol enggak tahan untuk disimpan lama, sekali produksi hanya untuk satu hari. Kalau tidak habis dibuang, padahal saat hujan pembeli berkurang,” kata Partisipasi yang sehari-harinya berjualan Dawet Bayat di Jalan Baron Kabupaten Gunungkidul.

”jika ramai bisa sampai 30 gelas per hari. Pada musim tertentu dengan berJualan es dawet bayat sepertinya lebih menjanjikan daripada membatik,” katanya sembari meracik es dawet.

Baca Juga :

25 Tempat Wisata Klaten Terbaru Lagi Hits Recommanded

21 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Klaten Recommanded

Biro Wisata Di Klaten Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Klaten, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Klaten info lengkap wisatanya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Klaten/

Demikian beberapa informasi special makan khas Klaten terpopuler serta favorit di Klaten, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*