19 Makanan Khas Purbalingga Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Mendoan Purbalingga

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Purbalingga Jawa Tengah

Makanan Khas Di Purbalingga by Ranggawisata

Purbalingga merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan Purbalingga juga memiliki beberapa makanan khas Purbalingga yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten Purbalingga kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Purbalingga yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus, makanan khas kabupaten Purbalingga juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Purbalingga berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Purbalingga.

Berikut daftar menu makanan :

Sroto Kriyik

Sroto Kriyik

Makanan yang terkenal di wilayah Purbalingga dan sekitarnya biasanya disajikan dengan sambal kacang pedas manis, campuran ketupat, serta ditaburi suwiran daging dan krupuk.
Sroto ini terkenal sroto kriyiknya, untuk sroto sendiri dari dada ayam yang lunak lalu digoreng kering. Rasanya garing gurih. Harga semangkuk Rp10.000.

Buntil

Buntil Purbalingga

Salah satu makanan khas yang sering diburu makanan ini terbuat dari kukusan daun pepaya dan daun singkong diberi isian parutan kelapa, ikan teri, diluburi bumbu bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, dll. Penyajiannya disiram kuah pedas berbahan santan, cabai merah, cabai rawit yang tidak dipotong.

Soto Bancar

soto bancar

Selain sroto kriyik, atau soto khas lain di Purbalingga adalah soto bancar. Dengan disajikan dalam porsi besar yang bisa dimakan dua orang harga sekitar 20.000 mangkok Beberapa makanan khas yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Jgn lupa mampir, ya. Selamat berwisata kuliner.

Mendoan

Mendoan Purbalingga

Makanan yang paling mudah dikenal dan sekitarnya adalah mendoan. Makanan terbuat dari tempe kedelai yang diiris tipis lalu digoreng dengan tepung yang dibumbui garam, ketumbar dan daun bawang kemudian digoreng sebentar bila digoreng agak lama akan menjadi menjadi kripik. Mulai : warung makan, pedagang asongan, hingga restoran harga mendoan mulai dari Rp 1.000.

Sate Blater

Sate Blater

Asal mula sate ini berasal dari Desa Blater, Kec Kalimanah menggunakan daging ayam. Perbedaannya dilihat dari cara memasaknya dibakar saat daging masih mentah, sedangkan sate blater sebelum proses pembakaran, sate direndam direbus dengan campuran bumbu membuat cita rasanya memang sangat terasa hingga gigitan terakhir.

Proses memasak sate blater dapat bertahan lebih lama dibanding sate blater bisa tahan hingga 3 hari. Warung sate blater tersedia di JL Mayjend Sungkono – Purbalingga. Harga seporsi Rp 12.000 dpt 10 tusuk sate.

Gulai Melung

Gulai Melung

Selanjutnya ada Gulai Melung yang terkenal Hadi terletak di Dukuh Melung, Desa Larangan, Pengadegan. Gulai ini bahan dasar daging kambing, tulang kambing, jeroan, sumsum, babat, kaki kambing, dan kepala kambing, seluruh bagian tubuh kambing dimanfaatkan diolah menjadi gulai sehingga pelanggan bisa memilih mana yang paling disukai.

Selain itu olahan disajikan dengan ketupat, kemudian daging dan kuah terpisah di mangkuk. Proses memasaknya masih dengan peralatan tradisional yaitu tungku serta kayu bakar, agar dapat menjaga cita rasa dari gulai. Harga seporsi gulai Rp 15.000 bervariasi dan dapat memilihnya sesuai selera.

Selain makanan khas atau makanan berat kota Purbalingga juga memiliki banyak jajanan yang enak dan harga juga terjangkau. Makanan yang di buat dengan cara tradisioanal mengundang para wisatawan untuk mencoba dan membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah berikut daftar jajanan kota Purbalingga yang perlu anda ketahui :

Berikut daftar menu cemilan (jajanan) khas kabupaten Purbalingga :

Kripik Tempe Niti

Kripik Tempe Niti

Kripik Tempe Niti salah satu Oleh Oleh Khas Purwokerto yang diminati. Awal mulanya didirikan oleh mbah Niti yang pernah bekerja di Keraton sejak tahun 1967. Kripik Tempe Niti dibuat dari tempe yang segar dan berkualitas serta kerenyahannya kemudian diiris tipis lalu berikan tepung lalu lumuri bumbu khusus. Dijamin ndullls……….

Ondol-ondol

Ondol-ondol

Ondol-ondol yaitu makanan khas berupa jajanan berat seperti kelereng namun agak lebih besar terbuat dari singkong yang dilembutkan setelah dibentuk dilumuri bumbu selanjutnya digoreng. Dijamin membuat lidah bergetar !

Nopia

Nopia

Salah satu oleh-oleh khas Purbalingga yang banyak diminati adalah kue Nopia. Kulit Nopia terbuat dari adonan tepung terigu, kemudian diberi berbagai isian mulai dari gula merah, keju, susu, dan dll yang berbentuk setengah bulatan memiliki bagian dasar gosong membuat ciri khas tersendiri karena proses memasaknya ditempel pada dinding gentong yang dipanaskan.

Untuk Nopia yang kecil disebut Mino (mini Nopia) dibuat dari sisa adonan. Nopia banyak tersedia di toko oleh-oleh harga perbungkus Rp 8.000 dan Mino Rp 6.000 tergantung dari jenis isiannya.

Kue Manco

Kue Manco

Makanan ini renyah apabila dikunyah, namun lengket jika digigit. Makanan Khas biasa dihidangkan saat musim hajatan dan lebaran. Kue Manco sendiri bahan dasarnya beras ketan maupun (aci) bentuknya persegi panjang (lonjong) sedangkan aci bentuknya bulat.

Kue Toso

Kue Toso

Cemilan Khas berbahan baku tepung beras, kacang hijau dan gula jawa. Adonan dari bahan diaduk rata dan kemudian dibentuk pipih menjadi seperti piring, setelah itu dilipat lalu digoreng. Cukup awet dan tahan lama cocok untuk dijadikan Oleh-oleh Khas Purbalingga dan sekitarnya.

Kacang Umpet

Kacang Umpet

Camilan khas yang kini banyak dicari wisatawan adalah Kacang Umpet. Kacang Umpet memiliki tekstur renyah cocok sekali jadi cemilan. Kacang Umpet berasal dari “Kacang” berarti “bentuknya”. “Umpet” berarti “sembunyi”. Secara bahasa adalah bersembunyi dibalik kue manis.

Kacang Mirasa

Kacang mirasa

Oleh-oleh istimewa lainnya adalah kacang mirasa. Kacang mirasa mirip kacang kulit. Kebanyakan orang ketagihan untuk membeli untuk dijadikan oleh-oleh. Cara pembuatannya merendam diair 1 hari 1 malam lalu dioleskan garam secukupnya dibiarkan dalam bak, besoknya baru direndam secara ulang setelah itu dijemur di bawah sinar matahari keringkan dengan pasir.

Makaroni Keju

Makaroni Keju

Siapa sangka awal mula terciptanya camilan kekinian Makaroni Keju. Cemilan Khas ringan yang mengadopsi italy terbuat dari campuran tepung tapioka, telur, garam dan keju kraft diolah menjadi makanan renyahnya luar biasa dan kejunya kress di mulut.

Permen Davos

Permen Davos

Ada yang menyebutnya sebagai permen polo (Permen Davos) diproduksi sejak lebih dari 85 tahun lalu.. Di kalangan masyarakat sangat melegenda rasa khasnya yang semriwing akan selalu dikenang.. Kini pengelolanya berada digenerasi ketiga bertahan hingga puluhan tahun, bahkan terkenal hingga ke luar negeri.

Koktail NanasQu

Koktail NanasQu

Bagi kamu yang penggemar sari buah nanas, kesegaran buah Nanas sudah bisa dinikmati mungkin selama ini dipasaran tidak ada salahnya mencoba sari buah nanas berasal dari sari buah asli nanas lokal yang ditanam dan dipetik oleh petani.

Sambel Knalpot

Sambel Knalpot

Berawal dari pemilik mengikuti lomba memasak sambel tingkat Provinsi mewakili Tim PKK walaupun belum kategori tapi mempunyai pikiran denga nama sambel knalpot untuk mengembangkan dan memproduksinya sendiri dengan aneka pilihan rasa, mulai dari teri, udang, tongkol, belut, ikan uceng, pindang, serta tersedia juga sambel original, sambel extra pedas dan sambel ijo.

Abon Sapi

Abon Sapi

Abon Sapi yang dirintis tahun 1940 dan diproduksi oleh Perusahaan Abon Cap Koki Purbalingga sejak tahun 1968 kerenyehannya maupun kesedapannya. Tahun 2015 Cap Koki mendapatkan penghargaan Brand Award dari yang berhasil bersaing dengan merk-merk berskala nasionaL. Oleh Oleh khas Purbalingga yang selalu dicari dan menyediakan produk seperti kering kentang, srundeng kacang, bumbu pecel, dll.

Wedang Kupat

Wedang Kupat

Ingin minuman sehat dan unik dalam wadah berbentuk ketupat ? Mari mencoba minuman berkhasiat yang diciptakan bukan dalam bentuk ketupat, tetapi dalam bentuk teh celup biasa. Kedekatannya membuatnya limbah sapu lidi berupa daun kelapa, atau janur.

Kenapa janur tidak dimanfaatkan selain untuk selongsong ketupat sehingga tidak banyak membuang limbah. Ternyata tidak mudah hanya untuk menguatkan citra harus mencoba berkali-kali untuk mendapatkan warna, rasa dan keawetan kemasan kupat yang ideal yang layak dijadikan oleh-oleh.

Wedang kupat bisa ditambahkan dengan purwaceng, batang gingseng, atau daun jeruk dibubuhi gula batu atau madu tak harus selalu dalam kondisi panas, selain panas bisa juga disajikan dalam keadaan dingin plus es batu.

Baca Juga :

34 Tempat Wisata Purbalingga Terbaru Lagi Hits Recommanded

18 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Purbalingga Recommanded

Biro Wisata Di Purbalingga Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Purbalingga, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Purbalingga info lengkap wisatanya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Purbalingga/

Demikian beberapa informasi special makan khas Purbalingga terpopuler serta favorit di Purbalingga, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*