16 Makanan Khas Semarang Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
lumpia

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kota Semarang Jawa Tengah

Makanan Khas Di semarang by Ranggawisata

Makanan Khas SemarangSemarang merupakan kota yang dikenal dengan kuliner yang sangat beraneka ragam di Indonesia. Kamu bisa menyicipi berbagai macam makanan khas semarang yang merupakan akulturasi kebudayaan Tionghoa, Jawa, dan Eropa di Kota Semarang ini.

Tidak hanya Wisata Semarang yang menjadi tujuan menikmati segala macam hidangan makanan juga mengasyikkan, Kota Semarang juga menyediakan jajanan atau cemilan yang khas yang wajib kamu bawa pulang untuk keluarga maupun kerabat dekat di rumah.

Kami juga rekomendasikan anda untu menungjungi Cafe Semarang yang menyediakan beberapa pilihan makanan khas yang wajib di coba saat berkunjung di Kota Semarang.

Berikut Daftar Menu Makanan Khas Semarang

1. Lumpia

Makanan Khas Semarang Lumpia

Membahas tentang makanan khas Semarang yaitu kamu pasti sudah pernah dengar kata Lumpia atau Lunpia. Yap Lumpia adalah makanan peranakan Asia yang berkembang lama di Semarang.

Bentuk Lumpia sendiri seperti roulade yang isinya campuran udang, telur, ayam, serta rebung (bonggol bambu muda yang dicincang halus). Setelah digoreng sampai kering, Lumpia biasa disajikan dengan daun bawang merah dan saus yang semakin menambah enaknya makanan khas Semarang ini.

Rata-rata, lumpia dijual sekitar tujuh ribu rupiah (Rp 7.000) sampai dengan delapan belas ribu rupiah (Rp18.000) per buahnya. Jika Agan dan Sista ingin membawanya sebagai oleh-oleh, jangan khawatir akan keawetan Lumpia ini. Makanan ini bisa di-vacuum sehingga bisa bertahan lama untuk dibawa pulang ke rumah Agan dan Sista.

Di penjuru Kota Semarang ini terdapat banyak sekali penjual Lumpia yang enak, namun yang pastinya harus Agan dan Sista kunjungi adalah Lumpia Mataram, Loenpia Mbak Lien, Lumpia Gang Lombok, dan toko Loenpia Express.

2, Wingko Babat

Makanan Khas Semarang Wingko Babat

Selain Lumpia, makanan khas Kota Semarang selanjutnya adalah Wingko Babat. Bentuk makanan ini bulat pipih.

Wingko Babat ini terbuat dari bahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga cokelat kehitaman, lalu dibungkus dengan kertas.

Varian rasa dari Wingko Babat ini tidak hanya rasa kelapa saja. Namun, ada rasa lain seperti cokelat, nangka, dan durian.

Rasa legit dan lembut Wingko Babat ini sangat enak dimakan bersama keluarga maupun dengan kerabat dekat. kamu jangan khawatir untuk mendapatkan jajanan khas semarang ini.

Biasanya, jajanan Wingko Babat  ini dijual di tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun, bandara, ataupun pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, Semarang dan harganya pun bervariasi mulai dua ribu rupiah (Rp 2.000) sampai dengan enam ribu rupiah (Rp 6.000) per bijinya.

3. Bandeng Presto

Makanan Khas Semarang Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan makanan khas yang sudah terkenal dan menjadi ikon kuliner Kota Semarang . Yap, sebagai kota yang berada di pinggir laut yang punya banyak tambak, Semarang memang sudah dikenal sebagai salah satu penghasil bandeng terbesar di Indonesia.

Awalnya Bandeng Presto pada tahun 1977 berawal dari ide kreatif seorang wanita bernama Hanna Budimulya yaitu dengan cara ikan bandeng yang sudah dibersihkan langsung dimasak dengan alas daun pisang menggunakan presto (panci uap bertekanan tinggi) yang kemudian dapat melunakkan seluruh tulang dan duri ikan bandeng ini.

Sehingga ikan bandeng yang dikenal memiliki banyak duri kecil ini pun bisa diolah menjadi bahan pangan yang mudah dimakan.

Rasanya yang sangat gurih dan lezat menjadikan Bandeng Presto ini digemari banyak warga lokal maupun wisatawan asing. Dan sampai saat ini Bandeng Presto dijual sebagai oleh-oleh khas Kota Semarang ini.

Bagi Kamu yang ingin membeli Bandeng Presto Semarang ini, Kamu bisa mengunjungi pusat oleh – oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran. Kamu akan dapat dengan mudah menemukan toko – toko yang menjual Bandeng Presto ini, salah satunya adalah yang paling terkenal di Semarang adalah Bandeng Juwana Elrina.

Lokasi dan alamat Bandeng Juwana Elrina Semarang tepatnya terletak di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70, Semarang. Ketika Kamu memasuki toko oleh-oleh Bandeng Juwana Pandanaran Semarang, Kamu seperti masuk ke surga aneka olahan ikan bandeng yang sangat lezat. Beberapa olahan ikan bandeng yang bisa Kamu bawa pulang di antaranya bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak-otak bandeng.

Bandeng Presto di toko ini dikemas berdasarkan ukuran ikannya mulai dari yang kecil, sedang sampai yang besar. Harga per kemasannya yaitu Rp 64.000/kg untuk bandeng ukuran kecil isi 5-6 ekor, Rp 67.500/kg untuk bandeng ukuran sedang isi 4 ekor dan Rp 71.000/kg untuk bandeng ukuran besar isi 3 ekor.

4. Tahu Gimbal

Makanan Khas Semarang Tahu Gimbal

Tahu Gimbal, jika dilihat dari namanya terlihat bahwa tahu gimbal adalah olahan yang terdapat tahu dan gimbal dalam penyajiannya. Yap benar, Tahu Gimbal adalah olahan yang terdapat tahu dan gimbal dalam penyajiannya.

Namun lebih dari itu, karena terdapat pula potongan lontong dan kol yang disiram bumbu kacang dan petis dalam satu porsi penyajiannya. Jika belum kenal apa itu gimbal, gimbal merupakan olahan udang yang diberi tepung, atau mirip dengan bakwan udang. Untuk menikmati satu porsi tahu gimbal, biasanya akan dinikmati dengan kerupuk udang yang terkenal renyah.

Makanan ini memang agak mirip dengan ketoprak khas Jakarta, namun terdapat perbedaannya yaitu tahu gimbal menggunakan bumbu kacang yang disajikan dengan cara disiramkan ke makanannya. Selain itu, adanya gimbal dan petis membuatnya agak berbeda dengan ketoprak khas Jakarta.

Rasanya yang gurih dan rasa bumbu kacang yang sangat terasa menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Di Semarang sendiri, kedai penjual tahu gimbal cukup menjamur, namun Warung Pak H Edy menjadi yang direkomendasikan oleh pemerintah Kota Semarang.

Untuk harga Tahu Gimbal Warung Pak H Edy per porsinya mulai dari tiga belas ribu rupiah (Rp 13.000) sampai dengan lima belas ribu rupiah (Rp 15.000) saja.

Jika Kamu ingin mencoba Tahu Gimbal silakan saja langsung ke Warung Pak H Edy yang berada di Jalan Pahlawan di depan Departemen Sosial Semarang.

Berikut Daftar Menu Cemilan

5. Roti Ganjal Rel

Makanan Khas Semarang Roti Ganjal Rel

Menu cemilan khas Semarang yang pertadalah Roti Ganjal Rel. Mendengar dari namanya, mungkin kamu akan tertawa. Namun setelah mencicipinya, mungkin bisa menjadi ketagihan.

Dinamakan demikian karena bentuknya yang memang sangat mirip dengan bantalan rel kereta api. Dan jika kita lihat dari gambar ataupun fotonya, ciri dari kudapan tersebut juga terlihat seperti roti gambang, padat serta agak keras dan tidak mudah putus.

Menurut sejarah, roti ini merupakan peninggalan zaman Hindia Belanda tempo dulu. Kudapan tersebut biasanya disajikan saat acara pawai sebelum memasuki bulan Ramadan tiba.

Meskipun sudah langka dan hampir punah, tetapi Roti Ganjal Rel ini masih bisa kita jumpai di toko oleh oleh khas Semarang. Mengenai harga, hanya Rp 20.000 per kotaknya.

6. Torakur

Makanan Khas Semarang Torakur

Menu cemilan khas Semarang berikutnya adalah  Torakur. Nah, jika kamu bertandang atau mampir ke Bandungan, Semarang maka jangan sampai lupa apalagi terlewatkan untuk mencicipi kuliner bernama Torakur(Tomat rasa kurma) ya.

Torakur adalah sejenis manisan yang komposisi atau bahan utamanya terbuat dari tomat kemudian diawetkan dengan menggunakan gula dan memiliki hasil menyerupai kurma.

Jika ingin mendapatkan Torakur ini, outlet Bu Ngesti  di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 51, KM 1,7, Bandungan, Semarang adalah spot paling pas buat dituju untuk oleh oleh ini. Untuk harga Torakur di sini dijual sekitar Rp 17.000 sampai Rp 35.000 per kemasannya.

7. Tahu Pong

Tahu Pong

Menu cemilan khas Semarang berikutnya adalah Tahu Pong. Dinamakan Tahu Pong karena tahu ini di dalamnya kopong atau tidak ada isinya. Namun agar cita rasanya semakin nikmat, kuliner tersebut biasanya ditambahkan gimbal udang dan cabai rawit sebagai pelengkapnya.

Rasanya yang gurih dan empuk membuat oleh oleh khas Semarang ini banyak diminati, terutama dari kalangan wisatawan. Dan penganan tersebut paling nikmat jika ditemani dengan minuman minuman yang segar.

Dan tempat yang paling legendaris serta sudah sangat terkenal untuk berburu oleh oleh adalah Tahu Pong Karangsaru yang berada di Jalan Pringgading Raya Nomor 11D, Semarang. Soal harganya di sini dijual hanya sekitar Rp.16.000 saja.

8. Kue Moaci

kue mochi atau moaci

Kue Moaci atau Mochi merupakan kue khas Semarang dengan bentuk bulat berbahan dasar tepung ketan untuk luarannya dan ada gula karamelnya yang bercampur kacang sebagai isi kuenya.

Tepung ketan yang terkenal lengket, membuat jajanan ini dilapisi dengan bubuk tepung serta diberi alas dari kertas roti.

Karena bentuknya yang bulat, bisa membuat Agan dan Sista salah mengira, bisa-bisa menyebutnya dengan Mochi Jepang atau onde-onde ataupun klepon. Namun karena biasanya Kue Moaci dijual dengan kemasan terdapat label nama makanan tersebut pada kemasannya.

Dari dulu hingga kini Kue Moaci mulai berkembang dengan adanya berbagai pilihan warna mulai dari warna putih yang original, merah, kuning, hijau, hingga cokelat seperti onde-onde.

Tidak hanya warna, karena isiannya yang juga telah berkembang seperti rasa original dengan isian kacang dan gula, durian, stroberi, cokelat, hingga pandan. Ada juga Kue Moaci yang ada tambahan wijennya di sekelilingnya agar memiliki rasa lebih beragam.

Kue Moaci yang populer adalah Kue Moaci gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang. Harga satu kemasan mini dengan isi 4 moaci mini, cukup dengan membayar tiga ribu rupiah (Rp 3.000) saja.

Sedangkan kemasan besar isi 10 moaci besar harganya mulai dari delapan belas ribu rupiah (Rp 18.000). Namun karena dibuat dengan bahan alami tanpa satupun pengawet kimia, jadinya kue ini hanya bertahan 1 minggu.

9. Tumpi

Tumpi

Dan menu cemilan khas Semarang yang terakhir adalah Tumpi. Bagi kamu yang sedang mencari oleh oleh makanan kering khas Semarang, Tumpi adalah pilihan paling tepat untuk diburu.

Tumpi ini adalah sejenis peyek dengan topping kacang hijau dan memiliki rasa gurih, renyah, juga lezat. Cemilan ini awet dan bisa bertahan lama meski tidak menggunakan bahan pengawet.

Soal harga hanya dengan bujet Rp.11.000, kita sudah bisa mendapatkan satu bungkus Tumpi di pusat oleh-oleh ataupun toko online di sekitar daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga :

41 Biro Wisata Semarang Agen Perjalanan Tour And Travel

34 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Semarang

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

Berikut Menu Minuman & Ice Cream

10. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Menu minuman khas Semarang yang pertama adalah Es Puter Cong Lik.
Jika kamu jalan-jalan ke Simpang Lima, kamu pasti akan menemukan salah satu kedai es puter yang selalu ramai pengunjung.

Ya betul, kedai Es Puter Cong Lik ini dirintis sejak tahun 1982 silam. Biasanya es ini diberi isian mutiara, durian, roti serta meses dan harga es ini cukup murah, yakni Rp 15.000 sampai Rp 20.000 saja.

11. Florian Ice Cream

Florian Ice Cream

Minuman legendaris khas Semarang berikutnya yaitu Florian Ice Cream. Kedai es krim ini terletak di Jalan MT. Haryono yang menjadi salah satu kedai es krim paling legendaris di Semarang.
Florian Ice Cream ini sudah berdiri sejak tahun 1980.

Meskipun penampilan kedai Florian Ice Cream ini sudah tidak sama lagi dengan saat pertama dibangun, akan tetapi kualitas dan rasanya sama sekali tidak berubah.

Es krim idolanya orang Semarang ini memiliki beraneka macam varian, yang rata-rata dipadukan dengan kue dan buah-buahan. Untuk harganya sendiri lumayan murah yaitu Rp 35.000 per porsi.

12. Es Krim Toko Oen

Es Krim Toko Oen

Minuman legendaris khas semarang berikutnya adalah Es Krim Toko Oen. Mungkin sebagian dari kamu sudah kenal dengan nama kedai yang satu ini. Toko Oen Semarang ini dibuka sejak tahun 1936 lho.

Es Krim di sini mempunyai beragam varian rasa dan topping, yang dibanderol dengan harga kisaran Rp 14.000 hingga Rp 33.000. Tetapi, jika kamu terlalu bingung memilih es krim yang mana, coba saja memesan menu andalannya yaitu Oen’s Symphony. Dijamin kamu akan lahap makannya!

13. Es Cao Gang Lombok

Es Cao Gang Lombok

Lalu, berikutnya ada Es Cao Gang Lombok. Sesuai namanya, es legendaris di Semarang satu ini terletak di Gang Lombok, Kauman.

Gang Lombok sendiri merupakan tempat yang sangat terkenal dengan jajanannya yang enak. Sebut saja lumpia dan es cao yang jadi primadona pemburu kuliner di sana.

Es Cao Gang Lombok memiliki rasa yang khas, di mana terdapat komposisi kolang-kaling dan kacang presto yang enak. Untuk harganya mulai dari 20 ribu rupiah per porsinya.

14. Es Dawet Kampung Kali

Es Dawet Kampung Kali

Minuman khas semarang berikutnya adalah Es Dawet Kampung Kali. Minuman ini menjadi favorit para pelancong dari luar Kota Semarang.

Meskipun masih terbilang baru, Dawet Kampung Kali ini sukses merebut hati masyarakat khususnya Kota Semarang yang didirikan pada tahun 2009 lalu.

Berbeda dengan es dawet lainnya. Dan yang membuat es dawet Kampung Kali ini spesial yaitu durian yang menjadi isian utamanya.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba kudapan bercita rasa manis-legit ini, boleh datang langsung ke Jalan Mayjen DI Panjaitan. Untuk harga es dawet ini tergolong cukup murah, yaitu mulai dari Rp 10.000 saja per porsinya.

15. Es Pankuk Pak Yono

Es Pankuk Pak Yono

Selanjutnya minuman khas semarang yang cukup legend, yaitu Es Krim Pankuk Pak Yono yang sudah berdiri sejak 1950. Hingga saat ini, rasa es krim kedai Pak Yono tidak berubah sama sekali. Meskipun penampilannya sederhana, akan tetapi es krim pankuk ini terasa spesial karena terdapat roti dan irisan pancake yang enak.

Nah, bagi kamu lagi nyari yang adem-adem, pas banget langsung saja datang ke kedai Pak Yono yang berada di Jalan Tanjung Semarang. Untuk harga Es Pankuk Pak Yono ini tergolong murah yaitu hanya Rp 15.000 saja per porsinya.

16. Es Campur Pak Joni

Es Campur Pak Joni

Dan minuman khas semarang yang terakhir adalah Es Campur Pak Joni. Warung es sederhana yang terletak di pinggir Jalan Sidodadi Timur ini sudah ada sejak tahun 1976 silam.

Warung Pak Joni ini tidak hanya populer dengan bakso dagingya yang endes abis, namun beraneka menu seperti es teler, es cao, dan es roti juga menjadi incaran para pecinta kuliner Semarang.

Jika kamu sudah nyobain, dijamin bakal ketagihan. Untuk harganya sendiri cukup murah yaitu mulai dari Rp 10.000 saja.

Untuk berwisata di kota ini wisatawan bisa menggunakan jasa Biro Wisata Semarang

Segera agendakan untuk mengunjungi kabupaten Banjarnegara info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-semarang/

Demikian beberapa makanan minuman dan jajanan khas Kota Semarang yang sangat terkenal serta favorit di Kota Semarang, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*