24 Tempat Wisata Batang Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Batang

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata Batang mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Batang merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sangat kaya akan destinasi wisata. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan kabupaten yang terkenal akan kerajinan batiknya, yaitu Kabupaten Pekalongan.

Tidak hanya wisata alamnya saja di Batang namun ada wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Batang ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kabupaten Batang.

Wisata Alam Di Batang Yang Mengagumkan

Telaga Sidringo

Wisata Batang Telaga Sidringo

Lokasi: Desa Mojo Tengah, Kec. Reban, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

HTM: Rp 15.000 per orang

Objek wisata alam di Batang yang pertama adalah Telaga Sidringo. Lokasinya berada di Desa Mojo Tengah, Kec. Reban, Kab. Batang, ada objek wisata bernama

Telaga Sidringo yang sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan pemkamungan indah plus udara sejuk khas dataran tinggi.

Telaga ini merupakan salah satu bagian dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng yang menjadi objek wisata langganan wisatawan luar daerah.

Di sini Kamu dapat bersantai sembari menikmati sejuknya udara khas Dataran Tinggi Dieng.

Bagi Kamu yang hobi memancing, telaga ini juga cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi Kamu.

Karena terletak di dataran tinggi, Telaga Sidringo ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah.

Di hari libur dan weekends, kawasan pinggir telaga ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang sengaja datang untuk berkemah di sini.

Jembatan Buntu Sengon

Wisata Batang Jembatan Buntu Sengon

Lokasi: Desa Sengon, Subah, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 08.00 – 17.30 WIB

HTM: Rp 3.000 per orang

Jembatan Buntu Sengon merupakan tempat wisata alam yang sangat instagramable di Kabupaten Batang.

Sebelum menjadi destinasi yang instagramable seperti saat ini, Jembatan Buntu Sengon dulunya merupakan sebuah jembatan bambu kecil.

Terdapat banyak spot foto menarik dan favorit yang bisa kamu temukan di sana.

Jika kamu berkesempatan datang ke Jembatan Buntu Sengon, kamu bisa berswa foto di sekitar jembatan.

Tidak hanya berfoto, pengunjung juga akan disuguhi pemkamungan hamparan hutan sengon jika berdiri di atas jembatan tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melihat aliran sungai Kaliurang yang eksotis.

Dengan keindahan alam yang ditawarkan, tidak heran jika jembatan buntu ini kerap didatangi oleh wisatawan yang ingin berburu foto.

Gardu Pandang Limbangan

Wisata Batang Gardu Pandang Limbangan

Lokasi: Desa Limbangan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 06.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp 5.000 per orang

Wisata alam di Batang selanjutnya yaitu Gardu Pkamung Limbangan. Lokasinya berada di Desa Limbangan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Gardu pkamung ini merupakan bentuk kreatifitas yang dilakukan oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Siluwok Kabupaten Batang.

Dengan melihat keindahan yang bisa disuguhkan dari atas bukit perkebunanya PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Siluwok sejak 2017 menyulap menjadi salah satu tempat wisata yang instagramable di Kabupaten Batang.

Rumah Pohon Tombo

Wisata Batang rumah pohon tombo

Lokasi:  Desa Tombo, Kecamatan Bkamur, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 06.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp 5.000 per orang

Destinasi wisata alam berikutnya di Batang yaitu Rumah Pohon Tombo. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Tombo, Kecamatan Bkamur, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Menurut informasi yang beredar,  rumah pohon ini dibuat dan diresmikan menjadi tempat wisata sekitar tahun 2015 yang lalu dan juga  dikelola oleh warga setempat.

Saat berada disini kamu pasti akan mendengar suara gemercik air yang mengalir. Pasti pada penasaran kan, dimana kita bisa melihat sungainya?

Oke baiklah, jadi jika kita berada di rumah pohon merah yang berada diatas, kita akan melihat aliran sungai yang mengalir deras dan jernih yang berada di dasar jurang. Jadi nggak tanggung-tanggung ya keindahanya.

Dari sini, kita bisa menikmati beberapa panorama yang jarang kita jumpai jika berada di kota. Diantaranya  rumah pohon, hutan, taman, pegunungan, area pemukiman, serta sungai yang membuat kamu semakin terhipnotis oleh panorama alam yang sangat eksotis dan menenangkan.

Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran     

Wisata Batang Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran

Lokasi: Pagilaran, Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 06.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp 10.000 per orang

Wisata alam berikutnya di Batang yang tidak kalah menariknya yaitu Agrowisata Perkebunan The Pagilaran. Lokasinya berada di Pagilaran, Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Kebun teh ini sebenarnya masih bagian dari wisata Dataran Tinggi Dieng yang notabene meliputi tiga areal kabupaten sekaligus, yaitu Kab. Wonosobo, Kab. Batang, dan Kab. Banjar Negara.

Secara keseluruhan, Kebun Teh Pagilaran Batang mempunyai luas sekitar 1,1 hektar.

Berlokasi di ketinggian 1000 mdpl, bukit ini menawarkan udara yang sejuk khas dataran tinggi.

Lazimnya, dikala berkunjung ke kebun teh ini, wisatawan akan berkeliling areal kebun teh untuk melepas penat sembari berburu foto.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati secara langsung pengerjaan pemanenan teh yang dilaksanakan oleh para karyawan perkebunan.

Pantai Jodo

Pantai Jodo

Lokasi: Dukuh Buntu, Gringsing, Sidorejo, Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 08.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp 3.000 per orang

Tempat wisata alam di Batang yang berikutnya merupakan Pantai Jodo Gringsing. Lokasi pantai ini berada di Kec. Gringsing, tepatnya di Desa Sidorejo.

Pantai ini merupakan salah satu daerah wisata alam pantai terbaik di Batang yang menawarkan pemkamungan atau panorama alam yang cantik dan titik – titik foto menarik.

Di pantai ini Kamu bisa bersantai di pinggir pantai sembari berburu foto dengan latar belakang areal pantai yang dilengkapi dengan pohon cemara serta areal perkebunan melon dan semangka.

Khusus untuk Kamu yang hobi berkemah, pantai ini juga benar-benar pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah lho!

Pantai Sigandu Batang

Pantai Sigandu Batang

Lokasi: Desa Klidang, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 06.00 – 17.00 WIB

HTM: Rp 5.000 per orang

Destinasi wisata alam pantai berikutnya di Batang yaitu Pantai Sigandu Batang. Lokasi wisata pantai ini berada di Desa Klidang, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai ini yaitu salah satu daerah rekreasi di Batang yang betul-betul populer di kalangan wisatawan. Hal ini terbukti dengan jumlah pengunjungnya yang sangat banyak, lebih-lebih di musim liburan dan akhir pekan.

Salah satu unsur utama yang membuat wisatawan berminat untuk berkunjung ke pantai ini yaitu karena letaknya yang sangat gampang untuk diakses.

Dari sentra Kota Batang, pantai ini cuma berjarak sekitar 4 km dan bisa dicapai dalam kurun waktu kurang dari 15 menit perjalanan memakai kendaraan bermotor.

Selain itu, pesona keindahan alam di pantai ini malah juga tergolong sangat eksotis. Garis pantainya tergolong cukup lebar dan panjang disertai dengan pasir yang lembut.

Air lautnya malah juga tergolong masih cukup bersih, sehingga terasa nyaman untuk dibuat sebagai daerah untuk bersantai ria.

Pantai Celong

Pantai Celong

Lokasi: Desa Mengunsari, Kec. Banyu Putih, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 06.00 – 17.00 WIB

HTM: Rp 3.000 per orang

Destinasi wisata alam pantai di Batang berikutnya adalah Pantai Celong. Lokasi pantai ini berada di Desa Mengunsari, Kec. Banyu Putih, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai ini dinamai dengan pantai celong sebab format garis pantainya yang “celong” ke arah dalam membentuk teluk.

Di pantai ini terdapat dua aktivitas wisata utama yang benar-benar menarik untuk dilakukan, yaitu memancing dan berkemah.

Khusus untuk yang hobi mancing, areal pantai ini yaitu salah satu spot memancing terbaik di Kabupaten Batang.

Meskipun ukuran ikan di pantai ini tidak terlalu besar, akan tetapi secara keseluruhan spotnya telah dapat memenuhi kebutuhan para mancing mania.

Di lain sisi, khusus bagi kamu yang hobi berkemah, di pantai ini telah tersedia area khusus untuk aktivitas perkemahan.

Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro

Lokasi: Desa Ujung Negoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Hari Biasa Pukul 08.00 – 18.00 WIB, Weekends Pukul 08.00 – 20.00 WIB

HTM: Rp 5.000 per orang

Objek wisata alam pantai di Batang selanjutnya adalah Pantai Ujung Negoro. Lokasi pantai ini berada di Desa Ujung Negoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Bisa dibilang pantai ini yakni termasuk salah satu daerah liburan populer di Batang yang nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Pantai ini mempunyai pasir berwarna coklat dan air berwarna biru dengan kondisi yang sungguh-sungguh jernih.

Di areal sekitar pantai ini ada banyak pepohonan rindang yang dapat dimanfaatkan sebagai daerah untuk berteduh.

Selain itu ada juga areal karang yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Saat berkunjung ke pantai ini Kamu dapat bersantai di pinggir pantai sembari merasakan sejuknya udara sepoi – sepoi khas daerah Pantura.

Di sore harinya, Kamu dapat merasakan menawannya pemkamungan sunset di ufuk barat.

Untuk menunjang aktivitas liburan di pantai ini, pengelola pantai ini telah menyediakan fasilitas liburan yang sungguh-sungguh komplit.

Dari mulai daerah makan, mushola, sampai dengan kios souvenir, semuanya telah tersedia di sini.

Curug Genting

Curug Genting

Lokasi: Desa Bawang, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 06.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp 3.000 per orang

Tidak hanya wisata telaga dan pantai saja di Batang juga terdapat wisata curug atau air terjun diantaranya Curug Genting. Lokasi curug ini berada di Desa Bawang, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug ini pertama kali dibuka dan disahkan sebagai daerah wisata alam pada Tahun 2009.

Dulunya, saat pertama kali dibuka, curug ini betul-betul ramai dikunjungi oleh pelancong.

Pasalnya, kecuali memiliki panorama alam yang luar awam menawan, curug ini pada waktu itu juga memiliki fasilitas tamasya yang cukup lengkap.

Sayangnya, belakangan ini curug ini telah mulai jarang dikunjungi oleh pelancong.

Curug Sipitung

Curug Sipitung

Lokasi: Dukuh Mulyodadi, Desa Jambangan, Kecamatan Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

HTM: Rp 5.000 per orang

Wisata alam di Batang berikutnya adalah Curug Sipitung. Lokasi curug ini berada di Dukuh Mulyodadi, Desa Jambangan, Kecamatan Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Keberadaan curug ini masih belum terlalu booming, sehingga masih dapat dibilang sebagai curug perawan lo sob.

Apalagi rute menuju lokasi yang cukup menantang dengan lewat jalan setapak membelah hutan dan perkebunan warga.

Curug Lojahan

Curug Lojahan

Lokasi: Desa Kali Tengah, kecamatan Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 07.30 – 17.00 WIB

HTM: Rp 3.000 per orang

Wisata alam di Batang berikutnya adalah Curug Lojahan. Lokasi curug ini berada di Desa Kali Tengah, kecamatan Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Oh ya , air terjun ini masih terisolasi, jalan masuk menuju lokasi masih cukup menantang sehingga kamu mesti mempersiapkan lahiriah yang prima sekiranya ingin ke sini.

Air terjun ini berada di dalam belantara alas Kluwung, dengan ketinggian lebih dari 40 meter.

Untuk menempuh air terjun ini kamu mesti treking selama satu setengah jam dari perkampungan warga sebelum akhirnya menemukan air terjun dengan panorama indah ini.

Keuntungan yang kau temukan tentu saja suasana hening nan natural karena tidak banyak traveler yang datang ke sana.

Curug Agung Batang

Curug Agung Batang

Lokasi: Dusun Pegedigan, Desa Pasusukan, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: –

HTM: Rp 2.000 per orang

Curug di Batang berikutnya adalah Curug Agung Batang. Wisata alam curug ini berada di Dusun Pegedigan, Desa Pasusukan, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 10 – an meter. Meskipun tak terlalu tinggi, namun aliran airnya sangat deras.

Meskipun aliran airnya deras, bagian bawah aliran curug ini relatif cukup aman untuk dijadikan sebagai daerah berendam dan bermain air.

Khusus untuk Kamu yang hobi berburu foto, di curug ini ada spot foto unik yang sungguh menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Spot foto unik hal yang demikian ada di bagian tebing yang dialiri air terjun ini. Komponen tebing hal yang demikian tampak seperti bebatuan dari luar angkasa.

Secara keseluruhan curug ini kondisinya masih tergolong cukup asri dan alami. Aliran airnya bahkan juga tergolong cukup bening, terutama ketika musim kemarau.

Curug Sidangkrong

Curug Sidangkrong

Lokasi: Desa Sidangkrong, Kecamatan Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

HTM: Rp 3.000 per orang

Curug di Batang berikutnya adalah Curug Sidangkrong. Wisata alam curug ini berada di Desa Sidangkrong, Kecamatan Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug Sidangkrong diambil dari nama dukuh dimana curug ini berada, yaitu Sidangkrong yang letaknya bersembunyi dibalik area persawahan warga. Dan akses untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit.

Dari Pasar Bandar belok ke timur menuju dukuh sidringo dan sesampainya di jembatan besar pertama, dekat pencucian motor/mobil, berhenti di sana kemudian kendaraan bisa dititipkan di rumah warga.

Karena untuk menuju ke curug tidak bisa naik motor atau mobil namun harus berjalan kaki melewati pematang sawah.

Karakter air terjun ini sangat deras, ketinggiannya mencapai 12 meter yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Dan di samping kiri air terjun terdapat lubangan seperti gua yg tertutup oleh akar-akar gantung.

Baca Juga : 

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Harga Sewa Bus Pariwisata Batang

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

Wisata Keluarga Di Batang Yang Seru & Menyenangkan

Kolam Renang Badar Eco Park

Kolam Renang Badar Eco Park

Lokasi: Jl. Badar-Batang Wonorejo, Kec. Badar, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: –

HTM: Rp 5.000 per orang

Wisata kelurga di Batang yang pertama adalah Kolam Renang Badar Eco Park. Kolam renang ini berada di Jl. Badar-Batang Wonorejo, Kec. Badar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Bila dari sentra kabupaten Batang, jaraknya hanya sekitar 17 km atau sekitar 45 menit. Walau kolam renang ini, memiliki fasilitas yang cukup modern, tetapi hakekatnya kolam renang ini, ialah warisan kolonial Belanda.

Beberapa wahana seperti ember tumpah, seluncuran air, dan beberapa permainan air lainnya dapat Kamu dapatkan di tempat ini. Tiket masuk ke obyek wisata kelurga ini, terbilang cukup murah, hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Waterboom Bina Garut

Waterboom Bina Garut

Lokasi: Jl. Pesalakan, Desa Binangun, Kec. Badar, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 08.00 – 17.00 WIB

HTM: Rp 15.000 per orang

Wisata kelurga di Batang berikutnya adalah Waterboom Bina Garut. Lokasi wisata kolam renang ini berada di Jl. Pesalakan, Desa Binangun, Kec. Badar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Jika kamu sedang di Batang dan ingin berlibur air bersama keluarga bisa memilih lokasi yang satu ini. Fasilitas yang ada di tempat ini tergolong komplit. Harga tiket masuknya sendiri hanya sekitar Rp 15.000 saja, buka tiap-tiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Kolam Renang Karanganyar Trunk

Kolam Renang Karanganyar Trunk

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan  No 145. Karanganyar, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: Pukul 08.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp 5.000 per orang

Wisata kelurga di Batang berikutnya adalah Kolam Renang Karanganyar Trunk. Lokasi wisata kelurga ini berada di Jl. Perintis Kemerdekaan  No 145. Karanganyar, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Kolam renang ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore, untuk harga tiket masuk ke lokasi ini sendiri tergolong cukup murah hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Kolam Renang Tirta Abirawa Bandar Batang

Kolam Renang Tirta Abirawa Bandar Batang

Lokasi: Wonoyoso, Wonokerto , Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: –

HTM: Rp 15.000 per orang

Wisata kelurga di Batang berikutnya adalah Kolam Renang Tirta Abirawa Bandar Batang. Lokasi wisata kelurga ini berada di Wonoyoso, Wonokerto , Kab. Batang, Jawa Tengah.

Kolam renang ini sendiri memiliki 2 buah kolam, 1 kolam renang berukuran besar khusus untuk orang dewasa atau Kamu yang sudah terampil berenang, dan 1 lagi khusus untuk anak-anak.

Masuk menuju lokasi ini, tak terlalu sulit untuk dicari. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga tergolong cukup lengkap. Sedangkan untuk harga tiket masuknya Kolam Renang Tirta Abirawa Badar Batang ini sekitar Rp 10.000 saja.

Kolam Renang Gajah Mada Sport Center Batang

Kolam Renang Gajah Mada Sport Center Batang

Lokasi: Perum Griya Permai Pasekaran Blok N No 8 Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah

Jam operasional: –

HTM: Rp 10.000 per orang

Wisata kelurga di Batang yang terakhir adalah Kolam Renang Gajah Mada Sport Center Batang. Lokasi kolam renang ini berada di Perum Griya Permai Pasekaran Blok N No 8 Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Kolam renang ini termasuk kolam renang indoor, atau di dalam ruangan. Di dalamnya, kamu akan menemukan 2 buah kolam renang, kolam renang dewasa dan juga kolam renang buah hati-buah hati.

Khusus untuk kolam renang buah hati lokasinya di luar, dan dilengkapi dengan beberapa wahana seperti wahana sliding, ember tumpah, dan lain-lain.

Fasilitas seperti ruang ganti, meja dan tempat duduk pengunjung, ruang kantin, dan lain-lain, telah tersedia di lokasi tersebut.  Untuk harga karcis masuknya sendiri gratis, namun untuk berenang, kamu bisa memilih paket yang ada di tempat tersebut.

Wisata Sejarah Di Batang Terbagus Yang Pernah Ada

Bangunan Penjara Kolonial Belanda

Bangunan Penjara Kolonial Belanda

Wisata sejarah di Batang yang pertama adalah Bangunan Bekas Penjara Kolonial Belanda. Bangunan bekas Penjara Kolonial Belkamu ini dibangun mulai 17 Oktober 1872 sampai 1880.

Hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti ukir di sebelah kiri depan gerbang gedung ini dan masih lengkap dengan terali besi.

Setelah kemerdekaan RI pada tahun 1980an gedung ini mulai dialihfungsikan sebagai mess Kepolisian.

Kantor Mako Polsek Limpung

Kantor Mako Polsek Limpung

Objek wisata sejarah di Batang berikutnya adalah Kantor Mako Polsek Limpung. Kantor Mako Polsek Limpung berada di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Kantor ini dibangun sekitar tahun 1900-an, dengan luas lahan 3000 m², yang hingga kini bangunan tersebut masih tetap utuh dengan gaya dan bentuk Arsitektur Kolonial Belanda.

Gedung tersebut terdiri dari dua bagian yaitu Bangunan utama yang untuk perkantoran dan bangunan tambahan (Gudang dan Dapur) yang sekarang sedang di pugar akan di jadikan Balai Polmas atau Gedung Pertemuan.

Stasiun Kereta Api Batang

Stasiun Kereta Api Batang

Objek wisata sejarah di Batang yang terakhir adalah Stasiun Kereta Api Batang. Stasiun kereta api ini terletak di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Stasiun Kereta Api Batang ini didirikan pada masa kolonial Belkamu yaitu pada tahun 1882. Pembangunan rel di sepanjang pantura dibangun setelah jalan raya Pos atau Deandels selesai dibuka.

Meskipun stasiun ini berada tak jauh dari pantai, namun stasiun ini sangat sepi karena mayoritas penumpang dari sini lebih suka naik kereta dari Stasiun Pekalongan yang lebih besar.

Wisata Religi Di Batang Yang Menyejukkan

Makam Wonobodro

Makam Wonobodro

Wisata religi di Batang yang pertama adalah Makam Wonobodro. Makam ini lokasinya berada di Bukit Wonobodro, perbukitan tak begitu tinggi di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kamu harus mencapai jarak 28 km dari Alun-Alun Batang untuk sampai di halaman parkir Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang yang cukup luas. Zona parkirnya pas di kaki bukit, dengan undakan lebar menuju ke atas.

Disana, apabila kamu lupa untuk membawwa air untuk berziarah, disana juga banyak si kecil kecil yang merubung, menawarkan air dalam botol.

Bukan air mineral kemasan untuk diminum, tetapi air setempat yang biasa digunakan untuk berziarah, atau untuk dibawa pulang.

Masjid Agung Darul Muttaqin

Masjid Agung Darul Muttaqin

Terkait dengan sejarah tarikh pembangunan masjid ini, pada mimbar kayu Masjid Agung Darul Muttaqin Batang terdapat ukiran angka 1242 H atau tahun 1821 M. Dan di ruang imam ada pula ukiran angka 1247 H atau tahun 1826 M.

Bisa jadi angka tahun hal yang demikian yaitu tahun renovasi atau perluasan masjid, mengingat bahwa kabupaten Batang sendiri telah berdiri semenjak abad ke 17.

Meski kemudian dilebur kedalam kabupaten Pekalongan tahun 1936 di masa kolonial Belanda dan di masa kemerdekaan kemudian disusun lagi sebagai kabupaten mandiri di tahun 1965.

Sejarah mencatat pada tahun 1850-an di Kabupaten Batang pernah hidup seorang ulama besar bernama KH. Ahmad Rifai. Beliau merupakan pendiri gerakan Rifaiyyah yang tenar menjadi penentang kolonialisme Belanda waktu itu.

Dalam sejarahnya, KH. Ahmad Rifai pernah ‘diadili’ Belanda sebab ajaran-ajarannya dianggap menyanggah pemerintah kolonial Belanda pada masa itu.


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Batang.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*