6 Rekomendasi Kuliner Khas Aceh Paling Lezat

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
mie aceh
Rate this post

Aceh merupakan daerah di Indonesia yang berada di sebelah barat. Aceh memiliki julukan sebagai Serambi Mekkah karena daerah ini memiliki suasana keagamaan, keimanan, dan ketaqwaan yang sangat kental.

Sama halnya seperti di daerah lainnya, di Aceh Anda juga bisa menemukan banyak sekali kuliner atau makanan yang bisa dicicipi. Soal rasa tentu tidak kalah dengan daerah lainnya.

Karena kota ini disebut Serambi Mekkah, maka Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir tentang kehalalan makanan dan minuman khas dari Aceh. Dijamin halal 100%, karena Aceh menerapkan aturan berdasarkan syariat-syariat Islam.

 

Rekomendasi Kuliner Khas Aceh

Bagi Anda yang sudah datang ke Aceh, belum afdol rasanya jika belum mencicipi makanan khas Aceh berikut ini. Apa sajakah itu? Mari simak review dan ulasan selengkapnya :

 

Kuah Pliek

Kuah pliek atau yang disebut juga Kuwah pliek u merupakan kuliner Aceh yang mirip seperti gulai. Hanya saja, bahan pembuatan dan proses pembuatannya sedikit berbeda.

Untuk membuat kuwah pliek u, membutuhkan bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang minyaknya sudah melalui proses pemerasan.

Biasanya di dala kuah pliek terdapat daun melinjo, bunga melinjo, kacang tanah, kacang panjang, daun singkong, dan juga rebung kecombrang. Bagi pecinta kuliner pedas, maka wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini, dijamin Anda bakalan ketagihan.

 

Mie Aceh

mie aceh

Rekomendasi kuliner khas Aceh selanjutnya adalah mie aceh yang sudah sangat terkenal dimana-mana. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berbahan dasar mie namun dengan rasa yang pedas nan mantap.

Baca Juga  7 Makanan Halal Khas Bali, Cocok untuk Muslim Traveler

Namun alangkah lebih baik, biar Anda mendapatkan rasa mie aceh yang paling nikmat silakan datang langsung ke Aceh. Di sini, Anda bisa mencicipi mi dengan campuran telur, daging ayam, kepiting, cumi-cumi dan makanan lainnya yang niscaya bisa membuat lidah bergoyang.

Mi Aceh bisa disajikan dengan digoreng atau direbus, silakan pilih saja sesuai selera Anda. Mie yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan terutama di tukang jualan nasi goreng karena nasi goreng dan mie aceh biasanya dijual secara bersamaan.

 

Rujak Aceh

Rujak bukan hanya ada di Jawa saja, Anda juga bisa mendapatkannya di Aceh. Sudah pasti rujak Jawa dan rujak Aceh itu berbeda.

Rujak Aceh itu bukan hanya manis, melainkan juga pedas dan asam sehingga nano nano rasanya di mulut. Selain itu, rujak Aceh juga sangat lezat dan segar ketika sudah masuk ke dalam mulut.

Rujak Aceh Samalanga merupakan yang paling khas. Sebab ada tambahan buah rumbia yang menjadi buah khas dari daerah Aceh. Siang hari pada waktu panas terik adalah waktu yang paling tepat untuk mencicipi rujak Aceh.

 

Timphan Pisang

Salah satu kue khas Aceh yang wajib Anda cicipi adalah thimpan pisang. Kue yang satu ini merupakan salah satu jajanan pasar yang biasanya disajikan bersama kopi.

Adapun cara pembuatan kue ini yakni dengan cara dikukus. Bentuknya panjang, pipih, dan biasanya dibungkus dengan daun pisang.

Rasa kue ini manis legit sehingga paling pas memang disajikan bersama pahitnya kopi hitam. Ketika Anda berada di Aceh dan kebetulan menginap, setelah bangun tidur pada pagi hari wajib mencicipi timphan pisang bersama segelas kopi dan rasakan kenikmatannya.

 Baca juga: 9 Makanan Khas Sukoharjo Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Adee

Selain timphan pisang, rekomendasi kue khas Aceh lainnya yang berupa kue adalah kue adee. Kue ini cuma bisa Anda temukan di Aceh, terutama di Kabupaten Pidie Jaya.

Baca Juga  14 Makanan Khas Banyumas Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Karena di sepanjang warung yang berada di Pidie Jaya, Anda bisa dengan mudah menempukan kue adee. Sama halnya seperti kue timphan, kue yang satu ini juga cocok menjadi teman ngopi saat pagi hari atau sore hari.

Salah satu sentra kue Adee paling terkenal di Aceh adalah toko kue Adee Kak Nah yang berada di Jalan Soekarno – Hatta, Lambaro, Kecamatab Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Selain itu, jajanan ini juga bisa Anda temukan di pasar tradisinal.

 

Ayam Tangkap

Di Aceh, Anda juga wajib coba mencicipi ayam tangkap dengan cita rasa yang pedas, gurih, dan nikmat bercampur menjadi satu. Ayam tangkap disajikan bersama daun kari, daun pandan, daun temurui atau daun salam koja lengkap dengan cabai hijau dan daun yang telah digoreng kering.

Memakan ayam tangkap sudah menjadi kebiasaan dan kebudayaan bagi masyarakat Aceh. Maka dari itu, saat datang ke Aceh jangan pernah melewatkan untuk mencicipi kuliner ayam yang satu ini.

Yang bikin masakan ayam tangkap menjadi lezat, sebab ada rempah-rempah khas menjadi salah satu bumbu yang wajib ada. Tanpa adanya rempah-rempah ini, mungkin rasa ayam tangkap tidak terlalu lezat.

 Baca juga: 12 Makanan Khas Salatiga Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Itulah dia beberapa rekomendasi kuliner khas Aceh yang tidak boleh untuk dilewatkan. Anda bisa mencicipinya langsung atau dibawa pulang ke rumah.

Image:

wikipedia

cookpad

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*