6 Makanan Khas Brebes Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Sate Blengong

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Makanan Khas Di Brebes by Ranggawisata

Makanan Khas Brebes – Kabupaten Brebes merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain  memiliki pesona alam yang sangat indah dan memiliki obyek wisata Brebes yang menarik untuk di kunjungi kabupaten ini juga memiliki beberapa makanan khas yang tentunya maknyus dan recommanded untuk di cicipi..

Jalan jalan ke Kabupaten Brebes kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Brebes yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus makanan khas Brebes juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Brebes berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten brebes

Berikut daftar menu makanannya :

Nasi Lengko

Makanan Khas Nasi Lengko

Lengko adalah makanan khas Brebes yang berasal dari Pantai Utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya) walaupun disebut makanan yang sederhana dan untuk masyarakat biasa tetapi makanan ini merupakan makanan yang bebas kolesterol dan juga sehat. Walaupun harganya murah tetapi makanan lengko ini menjadi salah satu pilihan kuliner yang lezat dan mulai banyak diminati oleh banyak orang.

Menu yang satu ini juga cocok untuk orang-orang yang vegetarian karena lauknya tidak menggunakan daging sama sekali. makanan ini juga sarat akan protein dan rendah kalori sehingga tidak akan membuat tubuh anda gemuk. menurut sejarahnya, lengko adalah makanan yang dibuat pada saat situasi ekonomi sedang serba kekurangan.

Berikut salah satu warung di Brebes yang menjual nasi lengko yang sangat terkenal dan laris pengunjung akan kelezatan nasi lengko. Nasi Lengko di Pasar batang   Brebes ini sangatlah rame, biasanya banyak anak-anak muda yang nongkrong disitu makan sambil ngobrol-ngobrol.

Selain memiliki rasa yang enak, Nasi Lengko Pasarbatang Brebes menjadi primadona karena harganya yang murah.  Harga ini Pas banget untuk anak kost dan anak sekolah atau mahasiswa. Bahkan banyak juga karyawan telkom dan perusahaan lainnya yang makan di sini.

Selain nasi lengko belum lengkap kaluau belum pesan minumannya, pilihannya ada es teh, es soda gembira, es jeruk, dan lainnya. Nasi lengko paling enak kalau di nikmati dengan  dicampur dengan gorengan seperti tempe mendoan, tahu isi dan bakwan.

Kupat Glabed

Makanan Khas Kupat Glabed

Selain dikenal sebagai salah satu kota yang berada di jalur Pantura, Tegal juga memiliki keanekaragaman kuliner yang tak kalah lezat dari daerah lainnya. Sebut saja sauto atau soto dan sate kambing yang menjadi ikon makanan khas Tegal yang didominasi oleh rasa asin dan gurih yang kuat.

Namun tak hanya itu, Tegal juga memiliki sajian khas lain yang unik dan patut dicicipi saat kamu berkunjung ke Kota Bahari ini. Salah satunya makanan khas Brebes  adalah kupat glabed, makanan tradisional yang hingga kini masih menjadi primadona warga Tegal dan Brebes.

Sesuai dengan  namanya, kupat glabed adalah sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning ‘glabed’. Ternyata, ada cerita unik di balik nama sajian khas Tegal bercita rasa gurih ini, lho, Glabed merupakan sebuah kata yang dipergunakan oleh orang Tegal atau Brebes untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental ketika masuk ke dalam mulut.

Mulai Lama-kelamaan kata glabed atau glabed-glabed pun mulai bergeser maknanya menjadi sebuah nama untuk sajian berisi potongan ketupat dengan kuah kuning gurih bertekstur kental, Sekilas sajian berwarna kuning cerah ini terlihat mirip dengan olahan opor ayam yang biasa disajikan saat Lebaran. Hanya  bedanya, kupat glabed memiliki tekstur kuah yang jauh lebih kental menyerupai sup krim karena dimasak dengan tambahan tepung maizena.

Agar semakin lezat, kupat glabed juga disajikan bersama suwiran halus daging ayam yang bercita rasa gurih. Bahkan, tak jarang pedagang kupat glabed memberi ‘bonus’ tulang ayam gurih yang akan membuat sajian ini semakin lezat.

Untuk harganya pun terbilang murah, yakni sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribuan saja saja per porsinya.untuk  Biasanya kupat glabed juga disajikan bersama aneka lauk pelengkap seperti sate jeroan dan sate blengong.

Sate Blengong

Makanan Khas Sate Blengong

Selain sate ayam, kambing, dan sapi, ternyata ada sate unik lain yang patut untuk dicoba. Bernama sate blengong, kudapan berjenis sate ini sangat populer dan banyak dijajakan di wilayah Brebes dan sekitarnya.

Bukan terbuat dari daging sate pada umumnya, sate blengong dibuat dengan menggunakan daging blengong yang merupakan persilangan antara itik dan entog. Persilangan ini yang menghasilkan daging yang lebih lembut daripada daging bebek biasa.

Inilah yang membuat sate khas Kota Bawang ini unik dan selalu ramai diburu penggemar sate bercitarasa tak biasa. Tak hanya itu saja, proses pembuatannya juga berbeda dari sate lainnya. Dalam proses pembuatan sate blengong, daging tidak dibakar melainkan diungkep bersama kuah kaya bumbu berwarna merah pekat dalam waktu yang cukup lama.

Sate blengong banyak dijajakan oleh penjual kaki lima di di wilayah Brebes seperti di alun-alun maupun taman kota. Untuk membuatnya lebih nikmat, sate blengong bisa disantap bersama kupat atau lontong dengan kuah kuning yang kental dan taburan kerupuk kuning melimpah.

Harganya juga sangat terjangkau. Untuk seporsi sate lengkap berukuran lumayan besar cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribuan saja. Harga sekian tersebut, kamu juga sudah bisa menikmati seporsi sate blengong lengkap dengan lontong sayur.

Telur Asin

Makanan Khas Telur Asin

Pergi ke Brebes, Jawa Tengah? Harus mampir untuk membeli telur asin khas Brebes. Di  Jalan Diponegoro yang merupakan jalur dilewati pemudik, berjajar penjual telur asin tinggal pilih saja.

Anda mau telur asin mentah atau telur asin rebus. Untuk oleh-oleh memang lebih tepat membeli telur asin mentah.  Ada pula pilihannya telur asin pangon yang digadang merupakan telur asin berkualitas tertinggi.

Telur bebek kualitas super ini berasal dari bebek pangon atau bebek yang diangon. Bebek yang hanya di beri makan padi dan dipelihara di luar kandang. Bisa dibilang ini bebek organiksehingga menghasilkan telur.

Telur asin bebek khas kabupaten Brebes yang ternyata mudah di temukan banyak pedagang hampir di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, 1.500 butir telur asin per hari Para pedagang pedagang  telur asin khas Brebes  di tempat ini bisa  menjual dengan laris , dan penjualan melonjak tajam memasuki musim liburan atau lebaran yang mencapai 8.000 butir per hari.

Brebes  merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah  selain memiliki makanan khas menu utama Brebes juga memiliki cemilan khas Brebes yang  memiliki cita rasa yang sangat luar biasa

Baca Juga :

22 Tempat Wisata Brebes Terbaru Lagi Hits Recommanded

Biro Wisata Brebes Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommanded

17 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Brebes Recommanded

Berikut menu cemilan/jajanan khas Brebes :

Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk rumput laut adalah salah satu cemilan khas Brebes provinsi jawa tengah kerupuk rumput laut memiliki tekstur  garing renyah krispi   kerupuk ini di buat dengan rumput laut yang masih alami

Mau merasakan kerupuk rumput laut aneka rasa?

Dari Desa Randusanga Kulonlah Kerupuk ini di produksi oleh UKM Kelompok Usaha Berlian Nur, Kabupaten Brebes ini diolah dari tepung rumput laut jenis Gracillaria sp yang memang dibudidayakan disana. Beberapa ada pilihan rasanya, kerupuk ini menawarkan rasa kerupuk yang tidak seperti kerupuk biasa ada berbagai macam rasa bandeng presto dan rasa kerang.

Rasa gurih yang khas adalah kelebihan dari Kerupuk Rumput Laut ini, teksturnya yang renyah, dan juga mempunyai banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia. Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kandungan kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%).

Kerupuk Tulang Bandeng

Apakah dari kamu ada yang tidak suka kerupuk? Saya rasa mayoritas orang Indonesia suka dengan makanan yang satu ini. Kalaupun tidak suka, mungkin hanya beberapa jenis kerupuk saja yang mereka tidak sukai atau memang memiliki alergi terhadap kerupuk sehingga tidak bisa mengonsumsinya. Bagi kamu penggemar kerupuk, jangan sampai melewatkan oleh-oleh makanan khas Brebes yang satu ini.

Beberapa manfaat dari kalsium adalah menjaga kesehatan tulang, membantu pembekuan darah dan mempertahankan kekuatan gigi.

Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi kerupuk ikan bandeng khas Brebes ini. Tapi ingat, jangan berlebihan juga walaupun terdapat manfaat dalam kerupuk yang satu ini. Karena jika berlebihan bisa-bisa malah dampak negatif yang ditimbulkan. Ingat! Semua yang berlebihan itu tidak baik.

Segera agendakan untuk mengunjungi kabupaten Brebes info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Brebes/

Demikian beberapa informasi special makan khas Brebes terpopuler serta favorit di Brebes, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*