11 Makanan Khas Demak Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Nasi Kropokhan

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Demak Jawa Tengah

Makanan Khas Di Demak by Ranggawisata

Demak  merupakan salah satu daerah  di provinsi  jawa tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi Demak juga memiliki beberapa makanan khas  Demak.

Jalan jalan ke Demak kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Demak yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus makanan khas Demak  juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Demak berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Demak.

Berikut daftar menu  makanan :

Nasi Brongkos

Makanan Khas Demak Nasi Brongkos

Nasi brongkos adalah salah satu makanan khas Demak yang sangat  cocok di nikmati saat sarapan di pagi hari satu porsi nasi brongkos  berisi kentang kacang merah tempe buncis yang di siram dengan kuah pedas yang lezat.

Tidaklah sulit  untuk menikmati  nasi brongkos di kota Demak hampir di warung rumah makan dan resto di daerah Demak tersedia untuk harganya 10.000-15.000 per porsinya.

Nasi Ndoreng

Makanan Khas Demak Nasi Ndoreng

Adalah salah satu makanan khas yaitu  nasi urap yang di campur dangan berbagai jenis sayuran nasi ndoreng ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa 1 porsi nasi ndoreng  memiliki harga RP.12.000 nasi ndoreng dapat kita beli di  warung warung rumah makan dan resto di kabupaten Demak.

Botok Telur Asin

Makanan Khas Demak Botok Telur Asin

Yaitu makanan tradisional yang berbahan utama telur asin yang di bungkus dengan daun pisang botok telur asin merupakan  makanan khas Demak Jawa Tengah, namun sekarang daerah-daerah lain juga memproduksi botok telur asin seperti semarang jakarta surabaya dan sebagainya.

Jadi bagi yang ingin membeli botok te lur asin tidak perlu  jauh jauh  sampai ke Demak. Botok yang satu ini beda seperti botok pada umumnya yang berbahan dasar petei cina  botok kali ini berbahan dasar telur asin dan bahan bahan pendukung lainya seperti parutan kelapa tahu cabe daun salam santan dan ciri khasnya di bungkus daun pisang.

Sop Balungan

Makanan Khas Demak Sop Balungan

Untuk sajian berikutnya ada sop balungan berbahan dasar balung sapi(tulang sapi) wortel kentang kol kacng merah sosis dan juga bakso, sop balungan ini merupakan makanan yang berasal dari Demak kota wali.

Berikut beberapa rekomendasi warung makan yang menjual  sop balungan khas Demak :

Sop Balungan Babe

Sop Balungan Babe

Sop balungan babe beralamat di perlintasan jalan raya Demak – kudus alamat lengkapnya  di desa mranak RT 05 \RW 01 kecamatan Demak kota warung ini di bangun oleh sepasang pasutri yaitu bapak sugeng dan ibu rahayu.

Warung ini tidak pernah sepi akan pengunjung setiap harinya karena sop balungan babe memiliki cita rasa yang sangat luar biasa enaknya apalagi proses memasak  sop balungan babe masih memakai kayu bakar aroma ciri khas kayu bakar menambah selera makan para pengunjung yang datang .

Para pengunjung cukup  membayar RP.30.000 ribu saja  untuk mencicipi sop balungan babe khas Demak kota wali isian dari  1 porsi sop balungan babe khas Demak kota wali yaitu tulang sapi muda wortel kentang kacang merah  dan juga kol.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi -24.00 malam jadi para pengunjung tak perlu khawatir jika malam-malam lapar datang melanda langsung aja melipir mendekat di sop balungan babe khas Demak kota wali.

Sop Balungan Mbak Tien

Sop balungun mbak tien beralamat di jalan raya Demak – kudus kecamatan cangkring kota Demak warung ini  turun temurun dari keluarga mbak tien.

Sop balungan mbak tien sudah berdiri sejak tahun 2012 sop balungan mbak tien mampu bersaing dengan usaha-usaha sop balungan yang lain melalui produk andalanya yaitu sop balungan yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya.

Tentunya membuat selera makan pengunjung bertambah karena kuah sop yang bening tulang sapi yang sangat lembut maka tak heran jika sop balungan mbak tien setiap harinya ramai akan pengunjung.

Warung sop mbak tien setiap hari buka mulai 09.00 pagi-18.00 sore warung sop balungan mbak tien juga menerima pesanan untuk arisan hajatan ulang tahun acara kantor acara sekolah dan sebagainya hubungi : 0813-6870-7472.

Sop balungan sapi bisa menjadi salah satu menu andalan yang dapat di sajikan di rumah saat berkumpul dengan keluarga.

Nasi Kropokhan

Nasi Kropokhan

Yaitu salah satu makanan khas yang berasal dari kota wali Demak konon katanya nasi kropohan adalah salah satu makanan favorit raja Demak.

Nasi kroppohan diolah dengan daging kerbau dan labu putih yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya. Makanan berkuah kuning yang bercampur dengan santan ini akan sangat mengoda selera makan anda, lebih nikmat di santap selagi panas dengan sepiring nasi putih dan itu lebih dari cukup untuk merasakan kelezatanyya.

Bumbu dari nasi kropokhan yaitu bawang putih bawang merah kemiri kunyit jinten daun jeruk ketumbar daun salam laos garam gula dan daun kedondong.

Untuk anda wisatawan yang ingin mencicipi nasi kropokhan makanan favorit raja Demak anda dapat membeli nasi kropkhan di rumah makan pawon wolu di jalan sultan hadiwijaya no 40 Demak kota wali. Menurut sang pengelola rumah makan pawon wolu nasi kropokhan adalah menu andala yang selalu di cari warga Demak yang berbahan dasar daging kerbau dan labu putih.

Demak merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas menu utama Demak juga memiliki  cemilan khas Demak yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya.

Jalan jalan ke Demak kurang pas jika tidak mencicipi cemilan khas Demak yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa cemilan khas Demak juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu cemilan :

Wingko Salem

Wingko Salem

Merupakan salah satu cemilan khas dari Demak rasa dan teksturnya sangat lembut dengan gula halus yang membuat rasa kue ini sangat nikmat dan lezat bahan utama untuk membuat  wingko salem tepung ketan dan kelapa gula serta garam.

Salah satu alasan mengapa  wingko salem menjadi kesukaan berbagai kalangan karena cara mengolahnya masih mengunakan kayu bakar aroma khas kayu bakar yang membuat cita rasa wingko salem sangat original.

Tingkat kesulitan dalam proses pembuatan wingko salem adalah untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sangat pas untuk menikmati nya anda hanya perlu membayar sebesar RP. 20.000,- untuk harga memang  murah namun untuk rasa bukan murahan.

Kue Rangin

Kue Rangin (Gandos)

Merupakan salah satu jajanan khas Demak terbuat dari adonan dasar tepung  beras yang di campur dengan santan kue rangin   lebih di kenal dengan kue gandos.

Asal usul kue rangin, Kue rangin merupakan jajanan tradisional yang sudah melegendaris  dari dulu  di daerah Demak kota wali, tahun 50-an yang terpusat di kecamatan wonosalam, yaitu Desa Lempuyang, ploso, karangsambung dan sekitarnya yang sudah menjadi tradisi tahunan, yaitu setiap menjelang lebaran idul fitri atau syawalan, bahkan setiap menjelang puasa masyarakat sudah mempersiapkan bahan – bahan guna pembuatan kue rangin.

Dalam rangka menyambut kedatangan bulan penuh berkah untuk dihidangkan di ruang tamu, bahkan hampir setiap rumah ada kue rangin dan bisa membuat kue rangin terutama ibu-ibu, dan kue rangin juga sudah mulai menjadi tradisi oleh-oleh atau buah tangan setiap bertamu atau berkunjung ke rumah saudara yang ada di luar kota jawa seperti : lamaran, pernikahan, kunjungan tamu, tunangan, oleh- koleh-oleh dari kampoeng Demak.

Sehingga rangin sangatlah cocok sebagai makanan khas Demak karena mempunyai ciri khas dan sejarah yang cukup lama bahkan cocok dengan filosofi sejarah sunan kalijaga dan raden fattah Demak yang dulu Demak juga terkenal dengan lumbung padinya dan kecamatan wonosalam terkenal dengan pohon kelapanya.

Dengan perpaduan itu akhirnya masyarakat wonosalam memberikan nama kue rangin (angin – angin, ilir – ilir) karena bentuknya juga seperti kipas berbentuk kotak, dan pembuatan kue rangin pun masih sangat tradisional dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Oleh oleh khas Demak ini berbahan dasar dari olahan udang kerupuk ini memiliki tekstur yang garing renyah dan memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya.

kerupuk udang, suplayer kerupuk udang murah, pusat oleh-oleh Demak, cindramata dari Demak, toko oleh-oleh Demak, khas Demak

Cemilan Kerupuk udang adalah makanan ringan dari kota Demak Jawa Tengah, Krupuk udang Demak di produksi secara higenis, dengan cita rasa tinggi, khas jawa.

Makanan ringan kerupuk udang ini bisa di pakai lauk sebagai pendamping makan nasi karena berasa udang asli, selain berfungsi sebagai lauk krupuk udang juga pas dan cocok untuk oleh-oleh ketika kita akan mengunjungi / silaturahmi ke saudara atau kerabat kita yang ada di daerah atau kota-kota lain.

Brayo

Brayo

Makanan kas demak ini berbahan bayam, di jadikan keripik yang dikasih tepung-gurih, dilumuri ke daun bayam. Waktu itu, keripik bayam dijual seharga seribu rupiah per plastik yang berisi kurang lebih lima buah daun bayam berlumur tepung. Keripik berwarna hijau itu, dijual oleh Mbok-mbok pedagang sayur, yang tiap pagi hobi lewat di depan rumah saya.

Tak bisa dipungkiri, saya suka sekali menu makan-pagi saya karena ada keripik bayam di dalamnya. Bagi saya waktu itu, keripik bayam adalah keripik terlezat yang pernah saya coba, teksturnya putih pulen hangat berlumur garam ditambah telur ceplok dan sambal terong glatik serta keripik bayam, adalah makanan paling nikmat yang pernah saya icip.

Keripik bayam yang bercita rasa gurih, ternyata tak sulit untuk dimasak, bahkan Ibu pernah mengajarkan caranya kepada saya. Yang dibutuhkan hanya beberapa lembar daun bayam berukuran sedang hingga besar dicampur dengan tepung beras diracik bumbu dapur yang gurih, lalu digoreng, ditiriskan dan bila sudah matang, siap disantap.

Dihidangkan tiap sarapan pagi bersama nasi putih-pulen. Sumpah, keripik bayam ini enaknya kebangetan.

Selama beberapa tahun, saya kira keripik bayam adalah keripik terenak yang pernah saya icip. Walaupun ada keripik singkong, keripik pisang dan keripik sukun misalnya, entah kenapa keripik bayam lebih klop di lidah saya. Namun, kenikmatan keripik bayam mulai terusik, saat beberapa hari yang lalu saya mencicipi keripik daun mangrove bernama keripik api-api di Morosari, Demak.

Nggak tahu kenapa, setelah saya beli seharga tiga ribu rupiah per plastik, cita rasanya yang berbeda dengan keripik bayam, membuat saya ketagihan, rasanya enak banget. Ada sensasi asam, seperti rasa jeruk purut, tapi gurih.

Keripik ini, mengandung tanin. Tanin sendiri, sebenarnya adalah zat pertahanan-diri api-api dari air garam laut yang masuk bebas ke dalam tubuhnya. Mungkin, bercampurnya tanin dengan zat-zat lain yang ada di tubuh api-api inilah, yang pada akhirnya membuat sensasi asam di lidah saya.

Warung sederhana, tempat keripik brayo dijual, di sekitar kawasan mangrove Morosari, Demak.

Di Morosari, keripik ini disebut juga sebagai keripik brayo. Keripik lezat ini dijual bebas warga di sana, yang berjualan di sekitar jalanan berkayu, di kawasan konservasi mangrove milik pemerintah Demak. Satu plastik dihargai tiga ribu rupiah. Kecil kemasannya, tapi bagi saya lezatnya gak ketulungan, mengalahkan keripik bayam, idola saya selama beberapa tahun terakhir.

“Aman, Mas. Ada Pak Dokter dan mahasiswa juga yang suka borong keripik ini,” ujar salah satu Ibu pedagang, meyakinkan saya kalau dagangannya aman dikonsumsi.

Memang, saya termasuk yang paling rewel kalau soal makanan. Waktu mau beli kemarin, saya pastikan dulu keripik brayo ini aman. Saya sedikit menginterogasi sang Ibu pedagang, akan keamanan produknya.

Okelah, saya yakin. Dan, saya borong tiga bungkus. Saya lahap langsung selama perjalanan dari Demak ke Semarang, dan saya takut, keripik bayam jadi tak enak lagi. Fix, niche-nya tergantikan dengan keripik brayo. Keripik daun mangrove ini enak sekali rasanya.

Demak merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki  memiliki  makanan khas dan cemilan khas Demak juga  memiliki minuman khas Demak yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke Demak kurang pas jika tidak mencicipi minuman khas Demak yang cita rasa nya luar biasa segarnya membuat lidah wisatawan  ingin mencicipi terus menerus minuman khas Demak memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Baca Juga :

21 Tempat Wisata Demak Terbaru Lagi Hits Recommanded

13 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Demak Recommanded

Biro Wisata Demak Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommanded

Berikut daftar menu minuman khas Demak :

Wedang Pekak

Wedang Pekak

Adalah minuman tradisional yang  berkhasiat menghangangatkan tubuh Minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional yang sangat terkenal di Demak, Jawa tengah. Namanya adalah Wedang Pekak.

Apa itu Wedang Pekak ?

Salah satu minuman traditional demak yang dapat menghangatkan badan para penikmatnya. Minuman ini sangat cocok di minum ketika malam hari atau cuaca dingin. Kenapa bisa dinamakan Wedang Pekak karena daun pekak adalah sebagai bahan utamanya.

Wedang Pekak hamper mirip seperti wedang jahe, namun yang membedakan adalah bahannya yang menggunakan gula putih, serai, daun pandan, cengkeh, daun pekak, jahe, merica bubuk, dan kayu manis. Dalam proses pembuatannya, semua bahan di rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih di aduk sampai rata, lalu di angkat dan di saring.

Dalam penyajiannya, biasanya di sajikan dalam keadaan masih hangat atau panas. Pada penyajian, bagi yang tidak suka menggunakan gula pasir bisa juga menggunakan gula merah atau gula batu.

Tambahan untuk menambah cita rasa minuman ini juga bisa di kombinasikan dengan teh, air jeruk nipis, kopi, dan susu. Kombinasi tersebut bisa di sesuai kan dengan selera anda.

Pada malam hari atau Pada saat cuaca hujan atau dingin Wedang Pekak ini sangat cocok untuk menjadi teman. Wedang Pekak ini memiliki rasa yang unik, selain rasa manis juga ada sedikit rasa pedas dari bahan rempah – rempah. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, minuman ini juga sangat menyehatkan.

Wedang Pekak sangat mudah kita temukan biasanya penyajiannya menggunakan gerobak atau berbentuk warung minuman di pinggir jalan. Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah Demak, Wedang Pekak ini bisa menjadi pilihan untuk menemani anda menikmati malam di kota Demak, Jawa tengah.

Wedang Jamu Coro

Wedang Jamu Coro

Merupakan minuman khas yang berasal dari daerah Demak provinsi jawa tengah wedang jamu coro memiliki cita rasa yang hangat gurih manis karena wedang jamu coro sendiri  terbuat dari beberapa macam rempah rempah indonesia.

Rempah-rempah  yang menjadi bahan dasar pembuatan wedang jamu coro yaitu merica jahe serai gula merah dan irisan buah kelapa wedang jamu coro memiliki tekstur kental legit dengan warna coklat muda untuk kekentalannya di peroleh dari tepung beras sedangkan warna coklat muda di peroleh dari  gula merah.

Nama lain dari wedang jamu coro adalah wedang blung. wedang jamu coro paling nikmat di nikmati di temani dengan pisang rebus getuk ubi dan sebagainya untuk kita yang ingin mencicipi  wedang jamu coro kita hanya perlu membayar RP. 5000 untuk 1 porsi.

Pada zaman dahulu kala wedang jamu coro  dijajakan dengan cara di letakan pada gentong berukuran sedang yang di balut dengan karung lalu di gendong namun pada zaman sekarang wedang jamu gendong dijajakan dengan cara mengunakan gerobak di letakan di panci almunium dan kompor gas.

Untuk orang Demak yang ingin membeli wedang jamu coro dapat membeli di kecamatan mijen di daerah Demak.

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Demak, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Demak info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-demak/

Demikian beberapa informasi special makan khas Demak terpopuler serta favorit di Demaks, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*