21 Tempat Wisata Demak Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Museum Masjid Agung Demak

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Demak

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata Di Demak, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di kalangan masyarakat Indonesia, terutama yang berasal dari luar Jawa, Demak cenderung lebih banyak dikenal sebagai sebuah kerajaan ketimbang wilayah kabupaten.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut terjadi karena di bangku sekolah masyarakat Indonesia memang diperkenalkan pada Demak sebagai salah satu Kerajaan Islam yang sempat mengalami kejayaan. Kabupaten Demak ini letaknya cukup strategis karena bersebelahan dengan Kudus dan Semarang.

Selain itu, Demak memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu ada wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Demak ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kabupaten Demak.

Wisata Alam Di Demak Yang Mengagumkan

Pantai Morosari 

Pantai Morosari

  • Pantai Morosari
  • Lokasi : Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak yang pertama adalah Pantai Morosari. Lokasi wisata alam ini berada di Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan hutan mangrove yang tertata rapi dan jembatan panjang yang menjorok ke arah laut.

Saat berkunjung ke pantai ini, ada dua aktivitas wisata unggulan yang bisa kamu lakukan, yaitu berkeliling areal hutan mangrove dan menikmati sunset di sore hari.

Selain dua aktivitas wisata unggulan di atas, kamu juga bisa berburu foto, berenang, bermain air, dan memancing.

Satu hal yang harus kamu ingat, saat berkunjung ke pantai ini jangan harap kamu bisa bermain pasir di pinggiran pantainya. Pasalnya, pantai ini sama sekali tidak memiliki pasir yang bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir layaknya di kebanyakan pantai lainnya.

Untuk urusan fasilitas, kamu tidak perlu khawatir. Seluruh keperluan yang kamu butuhkan untuk aktivitas wisata kamu di pantai ini seperti tempat makan, tempat parkir, mushola, toilet, tempat berteduh, dll, semuanya telah tersedia.

Bagaimana? kamu tertarik untuk menyambangi pantai ini? Jika ya, kamu dapat berkunjung ke pantai ini kapan pun kamu mau selama 24 jam non stop.

Untuk mendapatkan pengalaman wisata terbaik, kamu kami sarankan untuk berkunjung di sore hari. Kenapa? Karena di sore hari, panoramanya cenderung lebih indah dan udaranya pun juga sudah cenderung tidak terlalu panas.

Oh iya, untuk urusan karcis masuk, kamu tak perlu kuatir. Pasalnya tarif karcis masuk ke Pantai Morosari Demak ini tergolong benar-benar relatif murah, merupakan cuma Rp. 5000 saja per orang.

Pantai Tirangan 

Pantai Tirangan

  • Pantai Tirangan
  • Lokasi : Desa Babalan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Pantai Tirangan. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Babalan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Mirip seperti Pantai Morosari, pantai ini juga menawarkan daya tarik utama berupa hutan bakau dan jembatan yang menjorok ke arah laut.Bedanya, Pantai Tirangan memiliki wilayah pantai berpasir yang bisa dimanfaatkan untuk berjemur, bermain pasir, dll.

Pasalnya, jika kamu datang pada waktu yang tepat, kamu dapat bertemu dengan para nelayan yang baru pulang menangkap ikan.

Nelayan tersebut biasanya membawa berbagai macam ikan segar yang bisa dibeli dengan harga miring.

Mirip seperti sebagian obyek tamasya di Demak yang sebelumnya, Pantai Tirangan juga dibuka untuk pelancong biasa selama 24 jam non berhenti.

Cuma saja, waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini yaitu di petang hari, adalah memasuki waktu sang surya terbenam.

Oh iya, untuk dapat hingga ke lokasi pantai ini, kamu patut berkendara mengaplikasikan perahu. Untuk biaya sewanya kamu harus nego sendiri dengan pemilik perahu.

Pantai Glagah Wangi Istambul

Pantai Glagah Wangi Istambul

  • Pantai Glagah Wangi Istambul
  • Lokasi : Desa Tambak Bulusan, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Pantai Glagah Wangi Istambul. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Tambak Bulusan, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Demak yang belum begitu populer di kalangan wisatawan.

Walaupun belum populer, namun daya tarik pantai ini benar – benar sangat luar biasa.

Dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai di daerah Demak yang lainnya, pantai ini cenderung memiliki ombak yang paling bersahabat untuk keluarga dan anak – anak.

Karena ombaknya yang bersahabat, areal pinggiran pantainya menjadi aman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bermain pasir dan air.

Sayangnya karena masih baru, objek wisata ini masih sangat minim fasilitas. Bahkan akses jalan menuju ke lokasinya pun masih tergolong kurang layak untuk dilalui.

Walaupun begitu, secara keseluruhan, pantai ini tergolong sangat layak dan menarik untuk dikunjungi, selama kamu mau dan mampu memenuhi seluruh kebutuhan (berupa makanan, minuman, dll) kamu sendiri.

Pada hari normal objek wisata ini dibuka untuk umum setiap harinya selama 24 jam non stop.

Untuk bisa masuk ke areal pantai ini, kamu tidak perlu merogoh kocek untuk uang tiket masuk.

Yang perlu kamu siapkan paling hanya uang parkir kendaraan sebesar Rp. 7.500 dan uang untuk menyewa perahu sebesar Rp. 15.000 per orang (opsional).

Pantai Surodadi

Pantai Surodadi

  • Pantai Surodadi
  • Lokasi : Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Pantai Surodadi. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Nama pantai yang diambil dari nama desa ini memiliki hutan mangrove yang menarik untuk kita sambangi.

Kamu akan dimanjakan dengan hijaunya hutan mangrove yang adem. Cocok sekali untuk mengisi waktu liburanmu.

Pantai Surodadi ini termasuk cukup hening dan mempunyai garis pantai yang landai sehingga benar-benar mengasyikan untuk bermain pasir atau kejar-kerajan.

Wisata Mangrove Morodemak

Wisata Mangrove Morodemak

  • Wisata Mangrove Morodemak
  • Lokasi : Desa Purworejo Kecamatan Bonang, Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Wisata Mangrove Morodemak. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Purworejo Kecamatan Bonang, Demak, Jawa Tengah.

Wisata Mangrove Morodemak yakni salah satu daerah liburan baru di Demak yang belum banyak dikenal pelancong.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan hutan mangrove yang telah dikelola sedemikian rupa sehingga memiliki banyak spot bagus untuk berfoto.

Jika kamu merupakan tipikal orang yang suka memajang foto di instagram, objek wisata yang satu ini benar – benar sangat pas untuk kamu.

Lokasi objek wisata Mangrove Morodemak ada di DK. Tambak Pintu, Area Sawah, Morodemak, Bonang, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pada hari normal objek wisata ini dibuka untuk umum setiap harinya dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Ekowisata Reduksi Kedungmutih

Ekowisata Reduksi Kedungmutih

  • Ekowisata Reduksi Kedungmutih
  • Lokasi : Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Ekowisata Reduksi Kedungmutih. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Brown Canyon

Brown Canyon Demak

  • Brown Canyon
  • Lokasi : Desa Koban Batur, Kec. Mranggen, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Brown Canyon. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Koban Batur, Kec. Mranggen, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Ya, obyek liburan ini dinamai Brown Canyon sebab tampilannya memang mirip seperti tampilan obyek liburan Green Canyon yang ada di Amerika.

Bedanya, jika Green Canyon berwarna kehijauan, Brown Canyon yang ada di Demak ini berwarna coklat. Itulah kenapa namanya diganti dari “Green” menjadi “Brown”.

Di sini kamu dapat melihat panorama alam berupa tebing berwarna kecokelatan yang sangat eksotis.

Kabarnya areal tebing di tempat ini dulunya merupakan lokasi pertambangan. Belakangan, setelah tidak menguntungkan, lokasi tambang ini akhirnya ditinggalkan oleh pengelolanya. Dan karena sisa – sisa tambangnya terlihat bagus, akhirnya wisatawan lokal mulai mendatanginya sebagai lokasi untuk berfoto.

Secara keseluruhan, saat berkunjung ke objek wisata ini tidak banyak aktivitas wisata menarik yang bisa kamu lakukan. Namun jika kamu merupakan seorang pecinta fotografi, objek wisata ini benar – benar sangat pas untuk kamu.

Daerah ini dibuka untuk lazim tiap-tiap hari selama 24 jam non berhenti, sehingga kamu dapat mendatanginya kapan bahkan kamu ingin.

Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru

  • Desa Wisata Tlogoweru
  • Lokasi : Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata alam di Demak selanjutnya adalah Desa Wisata Tlogoweru. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Kenapa desa ini menarik untuk dikunjungi? Awalnya, karena adanya serangan hama terhadap tanaman padi masyarakat, para petani pun berang.

Akhirnya petani memusnahkan hama tikus ini dengan memelihara burung hantu. Tidak tanggung-tanggung setidaknya terdapat 200 ekor burung hantu yang diperlihara oleh masyarakat.

Dan ternyata, dengan banyaknya petani memelihara burung hantu ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan datang kesini.

Pelancong bisa memperhatikan beraneka ragam burung hantu di Desa Tlogoweru, dan yang ragam yang terbanyak yaitu ragam tyto alba dan disini juga ada penangkaran burung hantu lho.

Baca Juga :

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Tarif Harga Sewa Bus Pariwisata Demak

Wisata Keluarga Di Demak Yang Seru & Menyenangkan

Taman Ria Demak

Taman Ria Demak

  • Taman Ria Demak
  • Lokasi : Desa Katonsari Gg. Mawar 1, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Demak yang pertama adalah Taman Ria Demak. Lokasi wisata keluarga ini berada di Desa Katonsari Gg. Mawar 1, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Taman Ria Demak merupakan tempat wisata keluarga di Demak yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal.

Taman ini menawarkan daya tarik utama berupa tempat bermain dan berenang untuk keluarga.

Uniknya, jika mayoritas taman ria lainnya dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur modern, taman ria ini dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur tradisional khas jawa.

Karenanya, selain cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berenang dan bermain, taman ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto.

Waterboom Niagara

Waterboom Niagara

  • Waterboom Niagara
  • Lokasi : Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Demak selanjutnya adalah Waterboom Niagara. Lokasi wisata keluarga ini berada di Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Berstatus sebagai waterboom, objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air yang cukup menarik.

Dari mulai wahana seluncuran, sampai dengan wahana ember tumpah, semuanya sudah tersedia dan bisa dinikmati oleh pengunjung.

Biasanya, tempat wisata keluarga di Demak yang satu ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di sini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Cukup sediakan uang masuk sebesar Rp. 15.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang tersedia sepuasnya.

Kolam Renang Polaris Demak 

Kolam Renang Polaris Demak

  • Kolam Renang Polaris Demak
  • Lokasi : Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Demak selanjutnya adalah Kolam Renang Polaris Demak . Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak, Jawa Tengah.

Walaupun berstatus sebagai kolam renang, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air lho! Sebut saja seluncuran lurus dan seluncuran putar. Dua wahana permainan air tersebut bisa dinikmati oleh pengunjung secara cuma – cuma sepuasnya.

Bagi kamu yang membawa anak – anak, kamu tidak perlu khawatir. Kenapa? Karena kolam renang ini sangat ramah keluarga dan anak – anak.

Hal ini terbukti dari keberadaan dua jenis kolam renang, yaitu kolam renang khusus untuk orang dewasa dan kolam renang khusus untuk anak – anak.

Oh ia, selain menawarkan wahana permainan air, objek wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap lho!

Dari mulai tempat duduk, tempat berteduh, toilet, sampai dengan mushola, semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

  • Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima
  • Lokasi : Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari, dan Mranak, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Demak selanjutnya adalah Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima. Lokasi wisata keluarga ini berada di Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari, dan Mranak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Selain terkenal akan kerajinan batik dan kaligrafi, Kabupaten Demak juga dikenal sebagai salah satu sentra penghasil buah Belimbing dan Jambu Merah Delima.

Kabarnya, hasil kebun Belimbing dan Jambu merah Delima di Kabupaten Demak telah dipasarkan ke berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Nah, jika mau kamu dapat berkunjung ke beberapa agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima yang ada di Kab. Demak.

Di sana kamu bisa melihat secara langsung proses pemanenan dan pemeliharaan kebun belimbing.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas petik buah sendiri di kebunnya secara langsung.

Jika mau, kamu juga bisa membeli buah Belimbing dan Jambu Merah Delima untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh.

Atau, jika kamu hobi bercocok tanam, kamu bisa membeli bibit belimbing dan jambu merah delima untuk ditanam di rumah.

Taman Love

Taman Love

  • Taman Love
  • Lokasi : Jalan Raya Welahan Km. 33, Cangkring, Desa Mulyareja, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Demak selanjutnya adalah Taman Love. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jalan Raya Welahan Km. 33, Cangkring, Desa Mulyareja, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Taman love ini merupakan taman yang dibuat oleh anak-anak muda kreatif guna memanfaatkan lahan kosong yang tidak terkelola dengan baik.

Berkat sentuhan tangan kreatif, lahan kosong ini kemudian disulap menjadi spot kekinian yang kece abis. Taman ini dilengkapi dengan ayunan, gardu pandang, gazebo, dan kolam. Meski simpel, tapi daerah ini tak keok kecenya dengan titik tamasya lainnya lho.

Alun-alun Simpang Enam Demak

Alun-alun Simpang Enam Demak

  • Alun-alun Simpang Enam Demak
  • Lokasi : Jalan Sultan Fatah No. 41, Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata keluarga di Demak selanjutnya adalah Alun-alun Simpang Enam Demak. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jalan Sultan Fatah No. 41, Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Alun-alun Demak juga bisa kamu jadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan lho. Alun-alun yang berada di pusat kota Demak ini menjadi tempat nongkrong favorit anak-anak muda.

Lokasinya yang berhadapan dengan Masjid Agung ini sering dijadikan lokasi event-event besar juga. Tempatnya yang luas membuat orang senang kumpul-kumpul di alun-alun ini. Kalau malam hari, kamu bisa menikmati berbagai kuliner plus hiburan air mancur unik dan menarik ini.

Baja Juga :

21 Tempat Wisata Demak Terbaru Lagi Hits Recommanded

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Tarif Harga Sewa Bus Pariwisata Demak

Wisata Sejarah Di Demak Terbagus Yang Pernah Ada

Museum Masjid Agung Demak

Museum Masjid Agung Demak

  • Museum Masjid Agung Demak
  • Lokasi : Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata sejarah di Demak yang pertama adalah Museum Masjid Agung Demak. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Museum ini merupakan salah satu museum religi Islam terlengkap yang ada di Indonesia.

Di sini kamu dapat melihat berbagai macam benda bersejarah yang berkaitan dengan proses penyebaran Agama Islam di era Wali Songo, seperti bedug pertama Masjid Agung Demak, pintu asli Masjid Agung Demak, gentong dari campa, miniatur masjid, serat – serat, kitab tulisan tangan para wali, dll.

Selain benda – benda era Wali Songo, ada juga kap lampu peninggalan Paku Buwono, dan Kitab Suci Al – Qur’an kuno lengkap 30 juz yang tersimpan rapi dengan kondisi yang masih bagus.

Untuk kamu yang berharap mengenal seperti apa wujud bangunan Mesjid Agung Demak dari masa ke masa, di Museum Mesjid Agung Demak kamu juga bisa memandang gambaran bangunan Mesjid Agung Demak semenjak pertama kali didirikan hingga kini.

Pada dasarnya, Museum Masjid Agung Demak tergolong tidak begitu luas. Hanya saja, karena penataannya yang rapi, museum ini berhasil menampung koleksi benda bersejarah yang cukup banyak.

Bagaimana? kamu tertarik untuk berkunjung ke museum ini? Jika iya, museum ini dapat kamu kunjungi setiap harinya pada jam kerja secara cuma – cuma alias gratis.

Sentra Kerajinan Batik

Sentra Kerajinan Batik

  • Sentra Kerajinan Batik
  • Lokasi : Kecamatan Wedung, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata sejarah di Demak selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Batik. Lokasi wisata sejarah ini berada di Kecamatan Wedung, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Mirip seperti Jogja dan Solo, walaupun tidak berstatus sebagai Kota Batik, Demak juga memiliki banyak pengrajin batik.

Para pengrajin batik di sini terpusat di beberapa daerah tertentu.

Nah, jika mau kamu dapat berkunjung ke salah satu sentra pengrajin batik yang ada di Kota Para Wali ini.

Nantinya, selain bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain batik, kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara membatik yang baik dan benar.

Selain itu, jika mau kamu juga bisa membeli kain batik entah itu untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan oleh – oleh dengan harga yang relatif lebih murah dari tempat – tempat lainnya.

Oh ia, sekedar informasi, kain batik yang diproduksi oleh para pengrajin batik di Demak memiliki ciri khas sendiri lho, terutama di bagian motifnya.

Salah satu motif batik Khas Demak yang sangat populer di kalangan para pecinta batik adalah motif Masjid Agung Demak.

Sentra Kerajinan Kaligrafi 

Sentra Kerajinan Kaligrafi

  • Sentra Kerajinan Kaligrafi
  • Lokasi : Kampung Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah

Objek wisata sejarah di Demak selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Kaligrafi. Lokasi wisata sejarah ini berada di Kampung Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Berstatus sebagai Kota Para Wali, Demak juga diketahui dengan kerajinan kaligrafinya yang sungguh-sungguh luar biasa.

Kaligrafi buatan para pengrajin di Demak terkenal akan kualitas dan keindahan bentuk ukirannya.

Konon, karena kualitasnya yang benar – benar bagus, menurut informasi yang beredarproduk kaligrafi buatan para pengrajin Demak telah berhasil menembus pasar luar negeri.

Nah, jika kamu merupakan seorang pecinta atau pun kolektor kaligrafi, saat berkunjung ke Demak kamu harus menyempatkan diri untuk singgah ke Sentra Kerajinan Kaligrafi.

Di sana kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan kaligrafi dari awal sampai jadi dan siap untuk dipasarkan.

Selain itu, kamu nantinya juga bisa membeli berbagai macam kaligrafi dengan harga yang relatif lebih murah dari harga normal.

Sentra Kerajinan Rebana

Sentra Kerajinan Rebana

  • Sentra Kerajinan Rebana
  • Lokasi : Jalan Raya Bonang Demak, Karangmlati, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata sejarah di Demak selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Rebana. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jalan Raya Bonang Demak, Karangmlati, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Nah, percaya atau tidak Kabupaten Demak merupakan salah satu sentra kerajinan rebana terbesar di Indonesia.

Untuk itu, saat berkunjung ke Demak jangan lupa untuk singgah ke sentra kerajinan rebana yang berlokasi daerah Karangmlati, Kec. Demak.

Di sentra kerajinan rebana kamu dapat melihat secara langsung proses pembuatan alat musik rebana dan bedug dari mulai nol sampai jadi.

Selain itu kamu juga bisa mempelajari sejarah marawis dan rebana (berupa fungsi, nama, dan filosofi yang terkandung di dalamnya) dari para pengrajin secara langsung.

Jika mau kamu juga bisa membeli alat musik rebana dengan banderol harga yang cukup miring.

Wisata Religi Di Demak Yang Menyejukkan

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

  • Masjid Agung Demak
  • Lokasi : Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata religi di Demak yang pertama adalah Masjid Agung Demak. Lokasi wisata religi ini berada di

Masjid ini memiliki sejarah yang panjang dan bentuk yang unik, masjid ini akhirnya sering dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar melihat – lihat, beristirahat, berfoto, dan tentunya juga beribadah.

Menurut catatan sejarah, Masjid Agung Demak merupakan salah satu peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah yang masih terawat sampai saat ini.

Diperkirakan masjid ini telah berusia beberapa abad. Uniknya, walaupun telah “sepuh”, namun gaya arsitektur masjid ini masih tetap dipertahankan sampai sekarang.

Gaya arsitektur yang digunakan pada masjid ini sendiri tergolong agak “anti mainstream”.

Alih – alih memiliki atap berbentuk kubah layaknya mayoritas masjid lainnya, masjid ini memiliki bentuk atab berbentuk piramid tiga tingkat khas masyarakat Jawa.

Kabarnya, penggunaan atap piramid tiga tingkat ini ada filosofinya lho, yaitu simbol dari Islam, Iman, dan Ihsan.

Selain atap, masjid ini juga memiliki beberapa bagian bangunan lain yang tidak kalah menarik. Di bagian tengah ruangannya misalnya. Di bagian ini ada 4 soko guru yang kabarnya dibuat oleh wali songo secara langsung. Selain itu ada juga 8 buah tiang penyangga serambi masjid yang merupakan pemberian dari Raja Majapahit, yaitu ayah dari Sultan Fatah.

Ciri khas lain yang juga tidak kalah menarik untuk dilihat ada pada gambar bulusnya. Menurut cerita yang beredar, gambar bulus ini merupakan tanda tahun berdirinya masjid ini, dimana kepala bulus diibaratkan sebagai angka 1, kaki bulus diibaratkan sebagai angka 4, badan bulus sebagai angka 0, dan ekor bulus sebagai angka 1, sehingga jika digabungkan akan menjadi tahun 1401 Saka, yaitu tahun berdirinya masjid ini.

Jika merujuk pada tahun berdirinya masjid ini, maka dapat dipastikan bahwa masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia.

Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga

  • Makam Sunan Kalijaga
  • Lokasi : Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata religi di Demak yang berikutnya adalah Makam Sunan Kalijaga. Lokasi wisata religi ini berada di Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Masih belum beranjak dari Lokasi Masjid Agung Demak, ada satu lagi tempat jalan – jalan di Demak yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Makam Sunan Kalijaga.

Makam Sunan Kalijaga terletak di lokasi yang sama persis dengan lokasi Masjid agung Demak.

Kamu dapat berkunjung ke makam ini untuk melakukan ziarah ke makam Sunan Kalijaga, yaitu salah satu orang yang paling berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa.

Karena jasanya yang besar, Sunan Kalijaga sangat dihormati oleh masyarakat Jawa. Hal ini tampak dari banyaknya jumlah wisatawan yang berziarah ke makamnya.

Nah, jika kamu ingin turut berziarah ke makam Sunan Kalijaga ini, kamu dapat berkunjung kapan pun kamu mau dengan sarat tidak membawa benda pusaka apa pun.

Kalau kamu sudah terlanjur membawa benda pusaka, kamu harus menitipkannya ke Pos Satpam yang ada di Gerbang Masuk Masjid.

Makam Raja Demak

Makam Raja Demak

  • Makam Raja Demak
  • Lokasi : Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Objek wisata religi di Demak yang berikutnya adalah Makam Raja Demak. Lokasi wisata religi ini berada di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Sama seperti halnya kerajaan – kerajaan yang lainnya (seperti Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta), Kerajaan Demak juga turut memiliki wilayah khusus yang difungsikan sebagai lokasi makam untuk para raja dan anggota keluarganya.

Di lokasi kompleks makam ini ada beberapa makam orang penting di Kerajaan Demak yang dapat kamu ziarahi, yaitu makam Pangeran Trenggono, makam Raden Patah, makam Syekh Maulana Magribi, makam Arya Penangsang, dll.

Berstatus sebagai komplek makam raja yang dijaga ketat oleh para juru kunci, daerah ini senantiasa terawat dengan bagus.

Nantinya, selain berziarah ke makam para raja, saat berkunjung ke sini kamu juga dapat duduk di Paseban yang ada di areal pendopo, berkunjung ke Makam Kasepuhan dan Kanoman, dll.


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Demak.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*