10 Makanan Khas Kudus Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Sate Kerbau Kudus

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kudus Jawa Tengah

Makanan Khas Di Kudus by Ranggawisata

Kudus merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan kudus juga memiliki beberapa makanan khas kudus yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten kudus kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas kudus yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus, makanan khas kabupaten kudus juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Kudus berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Kudus.

Berikut daftar menu makanan :

Soto Kerbau

Makanan Khas Kudus Soto Kerbau

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah soto kerbau ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya.

Soto kerbau ini sangat cocok di jadikan menu sarapan ataupun makan siang masyarakat kudus pun menjadikan soto kudus ini sebagai menu yang sangat andalan.

Daerah kabupaten Kudus Selama ini dikenal akan soto kerbau yang sering kita konsumsi adalah soto ayam atau soto daging sapi. Tiap soto di suatu wilayah mempunyai aroma dan kelezatan yang khas.

Misalnya Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Banjar, Coto Makassar dan lainnya. Tapi pernahkah anda berfikir untuk mencicipi soto yang berasal dari daging kerbau?

Ya, soto kerbau mungkin terdengar aneh di telinga banyak orang. Namun ternyata soto kerbau ini sudah menjadi makanan khas dikota Kudus, Jawa Tengah. Salah satu warung soto kerbau di Kudus yang terkenal adalah warung Soto Kerbau Bu Jatmi.

Warung soto ini terletak di Jl. Wahid Hasyim No.43 Kudus, Jawa Tengah. Tidak jauh dari alun-alun kota Kudus dan hypermart Kudus.

Semangkuk nasi soto Bu Jatmi ini berisi irisan daging kerbau, mie putih, tauge, kol, butiran kacang kedelai, yang ditaburi daun seledri dan bawang goreng, disiram kuah dari kaldu kerbau yang hangat, dengan bumbu dan aroma rempah-rempah yang khas.

Di jamin sajian ini menggoyang lidah. Jika anda semua ingin menikmati secara nikmat cita rasa daging kerbau, kita bisa juga menaruh lauk daging kerbau sebagai tambahan, yang diolah menjadi daging lapis dengan tambahan taburan bawang goreng. Sebagai tambahan disediakan kecap, jeruk limau dan sambal.

Selain cita rasa soto yang menggoda, warung soto Bu Jatmi ini memiliki gaya otentik warung soto jaman dahulu yang masih menggunakan angringan (gerobak yang dipikul) dan sebagai tempat kuahnya menggunakan kwali yang terbuat dari tanah liat. Kudus, mungkin satu-satunya kota yang mempunyai kuliner langka ini. Soto kerbau ini mungkin satu-satunya menu makanan yang ada di dunia .

Harga semangkuk soto kerbau Bu Jatmi ini masih terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar 15.000-20.000 rupiah anda sudah bisa menikmati soto kerbau ini.

Warung Soto Bu Jatmi buka dari jam 09.00 – 20.00 WIB. Jadi jika anda sedang berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mampir ke warung soto membukerbau Bu Jatmi dan mencicipi soto kerbau khas kota Kudus.

Sate Kerbau

Makanan Khas Kudus Sate Kerbau Kudus

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah sate kerbau ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya bagi anda yang belum pernah sangat direkomendasikan pasti akan membuat anda semua selalu ketagihan ingin lagi dan lagi.

Pernahkah anda mendengar sate kerbau khas kudus? Ya betul, kerbau. Hewan yang selama ini kita kenal untuk membajak sawah ternyata dapat dijadikan makanan yang memiliki cita rasa yang tinggi.

Sate kerbau, makanan berbahan dasar daging kerbau yang menjadi salah satu makanan unik dari Kota Kudus ini dapat disantap sebagai menu sarapan, makan siang, bahkan sebagai makan malam.

Cerita yang mengawali adanya sate kerbau ini, konon masyarakat Kota Kudus banyak yang menganut agama Hindu. Sapi adalah hewan yang keramat bagi agama tersebut.

Setelah agama Islam masuk dan disebarkan oleh Sunan Kudus, sebagai bentuk toleransi terhadap umat Hindu, Ia melarang umatnya menyembelih sapi pada saat hari raya Idul Adha dan diganti dengan kerbau. Sejak itu pula masyarakat Kudus mulai membuat kreasi dari daging kerbau, salah satunya adalah sate kerbau ini.

Pembuatan sate kerbau ini sangat unik. Biasanya sate terbuat dari daging mentah yang langsung dibakar, tetapi sate kerbau memiliki cara yang berbeda. Daging kerbau sebelumnya dicincang terlebih dahulu. Kemudian potongan daging kerbau tersebut dimemarkan dengan cara dipukul-pukul, kemudian dibumbui dan dimasak terlebih dahulu.

Setelah itu baru ditusuk dan dibakar. Waktu pembakarannya pun tidak terlalu lama, untuk menjaga supaya daging tidak menjadi keras.

Bumbu dari sate ini juga unik. Sate kerbau memakai bumbu kacang seperti sate ayam, tetapi lebih encer. Bumbunya terbuat dari campuran kacang tanah, serundeng, bawang merah, bawang putih, dan kentang yang dihaluskan.

Untuk harga satu porsi sate Kerbau berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp 20 ribu. Di Kudus, tempat yang terkenal dengan sate kerbau yang enak berada di daerah Ruko Agus Salim dan daerah Tanjung. Selamat mencoba!

Nasi Pindang Kerbau

Makanan Khas Kudus Nasi Pindang Kerbau

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah nasi pindang kerbau memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya nasi pindang sangat cocok di jadikan menu sarapan ataupun makan siang anda semua tidak perlu kwatir untuk harganya sangat terjangkau.

Bicara soal pindang, dalam kuliner lokal pindang punya arti bermacam-macam. Menurut informasi yang di paparkan oleh pakar kuliner, yaitu mendiang Bondan Winarno, nasi pindang kerbau khas daerah kudus bisa merujuk pada kuah pindang yang berwarna bening kekuningan dengan rasa asam segar, seperti pindang patin. Ataupun yang kuahnya kecokelatan bening seperti pindang iga atau pindang bandeng pada umumnya.

Pada umumnya Pindang dengan kuah berwarna kecokelatan inilah yang jadi ciri khas nasi pindang Kudus.kuliner Pindang Kudus aslinya dibuat dari daging kerbau, karena sapi tidak lazim dikonsumsi oleh masyarakat Kudus pada masa lampau. Terdahulu pada saat itu.

Karenanya di di daerah kabupaten Kudus sangat sulit untuk mendapat daging sapi baik daging mentah maupun masakan siap saji maka pada saat itu masyarakat kudus mendapatkan ide untuk menganti menu daging sapi dengan daging kerbau.

Untuk diolah sebagai menu siap saji Seperti soto kerbau, sate kerbau, demikian juga pindang kerbau. Selain daging kerbau, jeroan kerbau dan juga biasa dipakai untuk isi pindang.

Pindang khas kudus memiliki Bumbu yang sangat mirip dengan rawon khas jawa tengah jadi tidak heran kalau kuahnya berwarna kecokelatan. Bedanya, pindang ini biasa diberi santan encer, dan ditambahkan daun melinjo muda. menurutketerangan pakar kuliner, mendiang Bondan Winarno saat mencicipi pindang kerbau memiliki cita rasa kluwek dan kemiri yang diimbangi dengan cantik oleh ketumbar dan jintan.

Nasi pindang khas daerah kabupaten kudus memiliki cara Penyajiannya yang juga khas, dengan memakai pincuk atau piring beralas daun pisang dan memakai sendok daun pisang atau suru.

Lentog Tanjung

Makanan Khas Kudus Lentog Tanjung

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah lentog tanjung ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya lentog tanjung sangat cocok dijadikan menu sarapan dan jangan kwatir untuk masalah harga lentog tanjung memiliki harga yang ramah di kantor.

Lentog secara harfiah artinya adalah Lontong. Dahulu, penjualnya berasal dari Desa Tanjungkarang (Tanjung). Maka dinamai Lentog Tanjung. Namun kini telah banyak tersebar ke seluruh pelosok daerah kota Kudus.

Yang unik dari masakan lentog adalah ukuran lontongnya yang sebesar betis orang dewasa. Pada umumnya masakan lentog tanjung dinikmati sebagai menu untuk sarapan, ataupun menu makan siang kuliner ini terdiri dari 3 bahan utama, ada lontong yang dipotong kecil-kecil, sayur gori (nangka muda) dan lodeh tahu.

Kuliner Lentog Tanjung terdiri dari 2 kata, lentog dan tanjung. Lentog atau yang biasanya disebut dengan nama lontong adalah sebuah makanan yang yang terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang.

Sedangkan untuk nama tanjung di ambil dari (Tanjungkarang) nama sebuah desa yang berada di kecamatan Jati Kabupaten . Kudus, Jawa Tengah.

Lentog tanjung memiliki julukan Makanan khas pagi karena lentog tanjug sangat identik dinikmati di pagi hari atau sebagai menu sarapan ini dahulu hanya berasal dari desa sana dan hanya dijual di sekitar daerah tersebut dan ramai pada saat hari Minggu atau libur.

Lentog tanjung pada umumnya Di sajikan di atas piring kecil yang dialasi daun pisang serta taburan bawang goreng, membuatnya semakin gurih saat disantap. Selain tampilannya yang sederhana, untuk memakannya juga tidak menggunakan sendok, namun menggunakan suru (sendok dari daun pisang).

Untuk anda semua yang ingin mencicipi Lentog Tanjung , makanan khas Kudus ini sangat mudah dijumpai di setiap sudut kota Kudus. Hampir disetiap warung makan yang ada menyediakan menu khas ini, dan tidak sulit untuk kita menemukan penjual yang masih mempertahankan bentuk penyajian secara tradisional. hmmm…. Nikmatnya.

Ayam Gongso

Ayam Gongso Kudus

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah ayam gongso ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya ayam gongso sangat cocok di jadikan sebagai menu makan siang.

Ayam gongso merupakan salah satu olahan ayam yang dimasak dengan campuran bumbu kecap dan cabai. Ayam gongso sendiri cita rasa yang sudah tentu manis dan gurih serta sedikit pedas, sangat menggugah selera. Pada sberbagai warung yang terdapat di daerah kabupaten kudus warung makan salah satunya Warung Makan Sadam, Kudus.

Di daerah kabupaten kudus banyak menu-menu unik yang dapat kita cicipi . Salah satunya.yang sebelumnya belum pernah aku makan di Yogya. Salah satunya Gongso Ayam. Gongso Ayam ini..biasa di jual di penjual mie Jowo.

Selain menyediakan menu Nasi Goreng, Mie Goreng, Cap Cay Goreng..ada satu lagi olahan yang biasa di jual di tukang mie seperti ini, yaitu..Gongso Ayam.khas kabupaten kudus.

Pertama makan pasti anda semua akan mengira bahwa masakan ini adalah semur ayam tetapi ..ternyata bukan..soalnya ada sayurannya..hihi. Jadi menurutku ini lumayan unik. Untuk cita Rasanya begitu segar..mirip semur ayam kuah, atau mirip bistik solo ya..yang berkuah gitu..tapi kalau ini pakai sayuran kol dan sawi hijau.

Opor Bakar Sunggingan

Opor Bakar Sunggingan Kudus

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah opor bakar sunggingan memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya dan cocok di jadikan sebagai menu makan siang yang akan memanjakan lidah dan perut anda yang mencobanya.

Sayur Opor sendiri merupakan salah satu masakan yang berasal dari daerah jawa tengah yang sangat di gemari di Indonesia. Tetapi , jika anda sedang berkunjung ke Kudus, anda akan menemukan opor khas milik mereka.

Makanan khas Kudus yang satu ini berasal dari Desa Sunggingan yang ada di Kudus pantas saja jika nama sayur opor ini adalah sunggingan karena nama tersebut berasal dari nama desa setempat sayur opor sunggingan sendiri sudah diciptakan pada tahun 1920an.

Yang lalu Dimana ayam kampung akan dimasak utuh tanpa dipotong-potong terlebih dahulu kemudian bumbu-bumbu dimasukkan kedalam rongga perut yang sudah diambil jeroannya.

Hal ini agar bumbu-bumbu tersebut dapat meresap kedalam ayam. Sesudah ayam matang dan empuk, ayam kemudian akan dibakar hingga merata. Selanjutnya adalah ayam tersebut dicincang-cincang dan disajikan bersama kuah opor yang kental yang merupakan perpaduan dari air rebusan ayam dan santan kental.akan menciptakan cita rasa yang sangat gurih.

kudus merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki makanan khas kabupaten kudus juga memiliki beberapa cemilan khas kabupaten kudus yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten kudus kurang pas jika tidak mencicipi cemilan Khas kudus yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus, cemilan khas kabupaten kabupaten kudus juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu cemilan khas kabupaten kudus :

Jenang

Jenang Kudus

Merupakan salah satu jajanan atau cemilan yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah jenang kudus ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya dan tentu saja manis legit jenang khas kudus ini juga sangat cocok di jadikan buah tangan setelah anda berkunjung di daerah kudus.

Apakah Jenang Kudus itu?

Jenang Kudus adalah jajanan atau cemilan khas kudus yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan, beserta santan kelapa, dan gula Jawa. Jajanan yang satu ini sekilas hampir sama dengan Dodol Garut, namun memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda. Jenang Kudus ini merupakan salah satu jajanan dan cemilan khas daerah kudus jenang tersebut juga cocok di jadikan oleh – oleh khas dari Kudus, Jawa tengah.

Jenang Kudus ini terbuat dari bahan dasar seperti tepung beras ketan beserta,santan kelapa, dan gula Jawa. Dalam proses pembuatanya, tepung beras ketan di aduk rata bersama air secukupnya selanjutnya dicampurkan juga gula merah, gula pasir dan wijen.

Lalu Adonan tersebut dimasak dan diaduk hingga kental dan merata. Berikutnya Setelah matang, Jenang Kudus tersebut di cetak dan didinginkan. Setelah itu kemudian di bungkus dengan plastik.

Jenang Kudus ini hampir sama dengan Dodol Garut. Hal Yang membedakan adalah pada bagian teksturnya, apabila dodol garut sedikit keras, namun pada Jenang Kudus cenderung lebih empuk dan lembut.

Berikutnya Selain itu Jenang Kudus memiliki cita rasa manis yang khas. Dan sangat legit di mulut Seiring dengan prekembangan zaman banyak pembuat Jenang Kudus yang mulai menginovasi variant rasa seperti rasa durian, susu, strowbarry, jahe dan lain – lain. Namun masyarakat kudus masih tetap mempertahankan keaslian warna coklatnya yang terbuat dari gula Jawa.

Jenang khas Kudus sangat mudah ditemukan dan dibeli terdapat di toko yang menjual oleh – oleh. Salah satu terdapat di sentra produksi Jenang Kudus terletak di Desa Kaliputu sebagai daerah asal dari Jenang Kudus.

Bagi anda yang berkunjung ke Kudus, Jawa tengah. Tentu kurang lengkap bila belum membawa pulang oleh – oleh satu ini.

Intip Ketan

Intip Ketan Kudus

Intip ketan merupakan jajanan khas daerah kudus yang dibuat dari bahan dasar yaitu ketan yang telah digiling sebelumnya hingga akhirnya menghasilkan butiran yang sangat alus kemudian dicampur dengan parutan kelapa untuk kemudian dimasak di atas wajan yang terbuat dari tanah liat serta tidak lupa diberi taburan gula putih di atasnya.

Untuk Harga satu porsi intip ketan sangatlah murah, hanya dua ribu rupiah saja nikmat dimakan bersama es teh di sore hari. Sayangnya, belum banyak orang yang menjajakan makanan ringan yang murah dan enak ini sudah tidak banyak dijual oleh orang orang Kudus karena banyak dari mereka yang mulai beralih untuk menjual makanan kekinian.

Namun,anda dapat mencicpi kelezatan intip ketan khas kudus pada saat tradisi Dandangan digelar, anda dapat dengan mudah menemui pedagang intip ketan bersama dengan menjamurnya pedagang kerak.

Cara membuatnya sangatlah cukup mudah. Pertama tama Ketan akan di rendam selama semalam, selanjutnya dicampurkan dengan bahan baku lain seperti parutan kelapa dan garam.

Berikut langkah langkah pembuatannya pertama tama ketan di tuang di atas wajan yang terbuat dari tanah liat. Di atasnya kemudian di beri taburan gula pasir. Lalu Tutup wajan beberapa saat hingga bagian bawah intip ketan terlihat agak gosong.

Dan sampai mengeluarkan aroma harum. Perpaduan garam dan gula yang tercipta menghasilkan cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya menjadikan cemilan atau jajanan ini berasa gurih dan manis. Ukurannya pun tak sebesar intip ketan khas kudus Hampir mirip dengan ukuran jajanan serabi.

Lepet

Lepet Kudus

Merupakan salah satu cemilan atau jajanan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah jajanan lepet ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya lepet biasanya di sajikan dalam berbagai macam acara besar seperti hari raya idul fitri.

Nama jajanan Lepet berasal dari kata “lepat” atau “luput” dalam Bahasa Jawa yang artinya kesalahan. Hidangan ini sering dibuat pada lebaran ketupat atau hari ke tujuh Idul Fitri.

Jajanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dibungkus menggunakan daun kelapa lalu direbus. Biasanya isi lepet ditambah dengan Kacang Tolo namun sekarang sudah dikreasikan dengan ditambah nangka atau pisang sesuai selera.

Uniknya ada cerita di balik makanan ini. Menyimpan tradisi untuk Orang yang lebih muda mengirimkan Lepet ini bersama Ketupat ke rumah keluarga yang lebih tua, misalnya ibu.Makanan ini digunakan sebagai simbol permintaan maaf maka disebut Lepet.

Keciput

Keciput Kudus

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten kudus provinsi jawa tengah keciput tergolong makanan jenis kue kering yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya kue keciput juga sangat cocok di jadikan buah tangan setelah anda berkunjung ke daerah kudus .
Kue keciput lazim memiliki dua bentuk, yakni bulat dan lonjong.

Jika dilihat, kue ini mirip onde-onde karena biji wijen yang terdapat di bagian luarnya. Namun, keciput memiliki bentuk jauh lebih kecil. Umumnya sebesar kelereng.

Tradisi untuk menuguhkan keciput hingga saat ini masih dilakukan warga Kudus. Tidak hanya sebagai pelengkap penghias meja, camilan ini juga menjadi favorit warga, tak kalah dengan wafer atau biskuit yang juga selalu ada setiap Lebaran. Bahkan, tak jarang warga luar daerah saat berkunjung ke keluarga di Kudus, menanyakan keciput.

Sebagian masyarakat Kudus membuat sendiri camilan ini. Biasanya kue keciput mulai dibuat pada pekan terakhir Ramadan. Seluruh keluarga umumnya terlibat membuat keciput. Mereka bersama-sama membentuk keciput, setelah adonan dibuat.

Namun, ada juga warga yang membelinya dari toko. Meski tidak membuatnya sendiri, mereka mereka merasa tak lengkap berlebaran tanpa ada keciput di meja tamu. Di Kudus, ada banyak produsen keciput yang selalu membuat dan menjualnya saat Lebaran.

Selain menjadi tradisi saat Lebaran, keciput juga merupakan ekspresi kebudayaan masyarakat Kudus. Interaksi tidak hanya terjalin antaranggota keluarga saat membuat keciput, namun juga masyarakat daerah lain yang selalu menanyakan camilan ini saat bersilaturahmi ke rumah keluarganya di Kudus saat Lebaran.

Bahkan, banyak dari mereka yang membawa pulang keciput sebagai oleh-oleh khas dari Kota Kretek ini.

Baca Juga :

25 Tempat Wisata Kudus Terbaru Lagi Hits Recommanded

23 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Kudus Recommanded

Biro Wisata Di Kudus Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Kudus, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Kudus info lengkap wisatanya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Kudus/

Demikian beberapa informasi special makan khas Kudus terpopuler serta favorit di Kudus, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*