9 Makanan Khas Pekalongan Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Kue Lumpang Pekalongan

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Pekalongan Jawa Tengah

Makanan Khas Di Pekalongan by Ranggawisata

Pekalongan  merupakan salah satu daerah  di provinsi  jawa tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi Pekalongan juga memiliki beberapa makanan khas  Pekalongan.

Jalan jalan ke Kabupaten Pekalongan kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Pekalongan yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus makanan khas Pekalongan  juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Pekalongan berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Pekalongan.

Setiap kita berkunjung di suatu kota pasti yang tak ketinggalan adalah mencicipi makanan khas kota tersebut, baik makanan yang tradisional makanan khas ataupun makanan yang lagi ngehits.

Banyak juga makanan yang dari jaman old masih eksis di era sekarang maka dari itu sobat piknik pasti tidak lupa berburu makanan khas kota tersebut. Berikut kami ulas makanan makanan baik tradisional maupun jajanan unik yaitu :

Pekalongan merupakan salah satu kabupaten daerah solo di provinsi jawa daerah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan Pekalongan solo juga memiliki beberapa makanan khas Pekalongan solo yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jika anda sedang berkunjung ke Pekalongan kurang afdol jika tidak berburu kuliner disana atau kurang mantap mencicipi makanan khas Pekalongan yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus. makanan khas jogja juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu  makanan khas Pekalongan :

Sego Megono

Makanan Khas Pekalongan Sego Megono

Merupakan makanan yang berciri khas dari pekalongan yaitu sego megono. Rasanya sangat enak dan harganya pun terjangkau. Jika anda ingin mencicipinya silahkan datang dipekalongan pasti akan nambah lagi dan lagi.

Makanan yg ber ciri khas dari Kota Pekalongan yang pertama adalah Sego Megono. Menu ini adalah kuliner yang terdiri dari nasi serta dilengkapi dengan sayur nangka muda yang diiris kecil dan diolah dengan menggunakan bumbu yg sangat khusus.

Menu lainnya yang tdk bisa ditemukan di kota lain adalah bubur lodeh atau disebut bubur dengan kuah sayur nangka. Pada malam hari, penjual sego megono bisa dijumpai di warung-warung lesehan yang biasa disebut lesehan sego megono.

Sego megono disantap waktu malam biasanya ditemani varian lauk yang lebih beragam, seperti cumi hitam, ikan pindang goreng, ayam goreng, ayam bakar, dan lain sebagainya.

Memang dari segi bentuk, penyajian, dan rasa masih sama. Tapi umumnya para penjual nasi megono saat ini sering memberikan inovasi pada nasi megono yang dijualnya.

Meskipun namun seiring dengan perkembangan zaman, nasi megono ini tidak hanya ada di kota Pekalongan saja, umumnya kamu juga bisa dengan mudah menemukan nasi megono ini di kota-kota sekitar Pekalongan, misalnya saja Kota Batang.

Tauto

Makanan Khas Pekalongan Tauto

Merupakan makanan yang berciri khas dari pekalongan yaitu tauto. Rasanya sangat enak dan harganya pun terjangkau. Jika anda ingin mencicipinya silahkan datang dipekalongan pasti akan nambah lagi dan lagi.

Makanan Tauto ini adalah seperti soto namun menggunakan bumbu tauco sebagai bahan penyedap utamanya. Tauco yang digunakan untuk tauco yang mempuntyai rasa manis.

Isinya makanan khas Pekalongan ini dari daging,emping dan telur rebus. Dan ditaburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan potongan daun.

Pindang Tetel

Makanan Khas Pekalongan Pindang Tetel

Merupakan makanan yang berciri khas dari pekalongan yaitu pindang tetel. Rasanya sangat enak dan harganya pun terjangkau. Jika anda ingin mencicipinya silahkan datang dipekalongan pasti akan nambah lagi dan lagi.

Pindang Tetel masakan ini mempunyai kemiripan dengan rawon tetapi berbeda, jika rawon lebih pekat dan kental sedangkan Pindang Tetel lebih encer dan di buat dari tetelan daging sapi, bukan ikan pindang seperti namanya.

Karena pindang ini paling enak dagingnya ditetel. Dengan warna coklat kehitaman yang ada di Pindang Tetel dan memakai bumbu kluwak yang digunakan. Pemakaian kluwak ini yang membuat rasa Pindang Tetel semakin gurih dan nikmat.

Pindang Tetel diperkaya dengan mengunakan bumbu-bumbu khas seperti ketumbar, merica, terasi, kecap, cabai merah, terasi, bawang merah, serta bawang putih. Untuk menghilangkan bau amis dari daging sapi, bumbu tersebut dihaluskan bersama dengan empah lainnya seperti lengkuas, salam, serta sereh.

Pindang Tetel ini biasanya dimakan bersama dengan kerupuk usek berwana putih dan pink yang digoreng tanpa minyak, atau dengan menggunakan pasir. Krupuk usek dengan cara diremas dan dimasukkan ke dalam mangkok, kemudian disiram dengan kuah Pindang Tetel lengkap dengan daging tetelannya.

Atau bila anda merasa benar-benar lapar, juga dapat menambahkan lontong sebagai pelengkapnya. Sambel pindang sendiri memakai sambel dengan gula aren yang cabenya di rebus lebih dulu.

Seporsi Pindang Tetel di Pekalongan biasanya dihargai Rp 7.000 sampai Rp 10.000.

Lontong Lemprak

Lontong Lemprak Pekalongan

Merupakan makanan yang berciri khas dari pekalongan yaitu lontong lemprak. Rasanya sangat enak dan harganya pun terjangkau. Jika anda ingin mencicipinya silahkan datang dipekalongan pasti akan nambah lagi dan lagi.

Hidangan lontong lemprak bisa menggunakan ayam kampung yang di goreng. Makanan ini menggunakan kuah opor yang kental enak dan bumbu rempah yang khas Indonesia.

Lontong lemprak adalah potongan lontong nasi di tambah dengan opor ayam, selain rasanya yang enak, juga gurih.Dapat dihidangkan siang hari sebagai menu makan siang.

Ayam yang digunakankan lebih enak jika yang dimasak dari ayam kampung.Diberi nama lontong lemprak karena penjual lontong ini menyediakan tempat makan lesehan. Dalam bahasa jawa duduk lesehan disebut ngelemprak.

Lontong lemprak berisi potongan lontong dengan pelengkap opor ayam yg sangat kental.

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli Pekalongan

Merupakan makanan yang berciri khas dari pekalongan yaitu nasi kebuli. Rasanya sangat enak dan harganya pun terjangkau. Jika anda ingin mencicipinya silahkan datang dipekalongan pasti akan nambah lagi dan lagi.

Didaerah Pekalongan terdapat kawasan heritage dengan arsitektur lawas yang terletaknya di Jalan Surabaya.Seperti namanya, kuliner yang terkenal dari tempat ini adalah kuliner khas Timur Tengah, nasi kebuli.

Tempat makan yang paling terkenal dengan hidangan ini adalah Rumah Makan Puas. Selain nasi kebuli, ada pula hidangan lain seperti nasi tomat, sate kambing, gulai kambing, dan daging bakar Maroko. Harganya cukup murah dengan Rp. 22000.

Berikut daftar menu cemilannya :

Kue Lumpang

Kue Lumpang Pekalongan

Bentuk kue lumping ini sangat lucu dan menggoda bertekstur yang kenyal dijamin akan membuatmu tak tahan memakan kue khas Pekalongan ini. Rasanya memang enak. Sekali coba, bisa jadi kamu bakal ketagihan.

Rasanya pun sangat melegit, Inilah komentar yang dikomentari sebagian orang yang mencicipi kue tersebut. Kue ini bernama kue lumping, banyak juga yang tidak tahu kalau kue ini berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Kue lumpang berbentuk bulat dan berwarna cokelat, ada yang berwarna hijau. Diberi nama lumpang karena kue tersebut bentuknya seperti alat penumbuk padi berbentuk bulat dengan lesung di tengahnya. Masyarakat Jawa menyebutnya lumpang.

Untuk mendapatkan kue ini, kamu perlu mencari di pasar tradisional atau pergi ke toko kue. Dulu kue ini dijajakan secara keliling, kue modern kemudian menggeser popularitasnya. Ingin mengetahui selegit apa kue lumping. Kamu bisa mendapatkanya di Toko Kue Nyonya Djoe yang berada di Jalan Sumatera, Kota Pekalongan.

Selain di Pekalongan, kue tersebut juga bisa kamu dapatkan di pasar tradisional di Kabupaten Batang.

Glundung

Glundung Pekalongan

Dinamai glundung karena Glundung berbentuk seperti bola dan mudah menggelinding. Makanan khas Pekalongan dibagian sebelah selatan ini, tepatnya di daerah Kajen, terbuat dari singkong dan berisikan gula aren.

Manis sekalirasanya dan ketika dikunyah akan menimbulkan sensasi gurih nan legit yang membuat siapa saja ketagihan. Banyak juga sebutan untuk makanan glundung ini, seperti Misro, Empuk-Empuk, dan Glundung Watung.

Dan meski berasal dari daerah Kabupaten Pekalongan, gerai yang menjual gorengan di Kota Pekalongan juga banyak yang menjual jajanan ini.Jadi, kalian tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkannya.

Berikut daftar menu minumannya :

Kopi Tahlil

Kopi Tahlil Pekalongan

Pekalongan ada banyak kekayaan kuliner yang wajib anda coba, entah itu dalam bentuk makanan maupun minuman. Ada banyak minuman yang sangat khas dan hanya ada di Pekalongan saja. Nama minuman tersebut adalah Kopi Tahlil.

Kopi Tahlil banyak menyajikan ragam cita rasa kopi yang berbeda dengan biasanya, tapi juga memberikan cerita sejarah asal mula tradisi ini muncul. katanya, kopi merupakan hidangan wajib bagi setiap acara Tahlilan atau syukuran yang diadakan oleh warga yang baru kehilangan sanak familinya.

Kopi tahlil dicampur dan dikombinasikan dengan beberapa rempah nusantara seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, batang serai, dan pala. Kita juga bisa menambahkan susu kental manis di dalamnya. saat meminum kopinya, langsung segar kembali seperti mendapat energi tambahan setelah minum Kopi ini.

Harga segelas Kopi Tahlil cukup murah dan terjangkau. teman untuk menikmati Kopi Tahlil adalah Ketan Kinca. Ketan kinca dengan rasa dan dicampur dengan parutan kelapa yang gurih dengan kinca alias gula merah cair menghasilkan paduan asin-manis yang serasi. Kopi ini paling cocok diminum malam hari yang dingin atau saat musim penghujan.

Wedang Alang Alang

Wedang Alang Alang Pekalongan

Alang-alang ini merupakan minuman yang berasal dari rumput liar, yang sering kita jumpai dijalan. Dan racik dengan, dan di tangan orang yang mampu meracik wedang, akar alang-alang diolah sebagai minuman yang menghangatkan.

Wedang alang-alang ini terbuat dari bahan, sereh, jahe, dan gula jawa.jika kalian ingin yang dingin, ada juga es alang-alang dengan racikan yang sama persis namun hanya ditambahkan es batu saja.

Bisa mencicipinya di alun-alun Pekalongan pada malam hari.
Wedang jahe ini adalah minuman khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Manfaat dari minum wedang jahe ini adalah untuk menghangatkan badan ketika saat udara dingin di musim hujan.

Berita baiknya, resep dan cara membuat wedang jahe alang alang yang hangat dan segar sangatlah mudah. Wedang jahe sendiri memiliki banyak varian berbeda di banyak daerah.

Di Jogja cukup terkenal wedang uwuh yang bahan dasarnya juga jahe. Sementara wedang jahe alang alang sendiri cukup populer di daerah Pekalongan. Minuman ini cocok dinikmati saat hawa dingin karena hujan bahkan dapat bermanfaat di konsumsi saat sedang demam.


Baca Juga :

31 Tempat Wisata Pekalongan Terbaru Lagi Hits Recommanded

23 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Pekalongan Recommanded

Biro Wisata Di Pekalongan Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Pekalongan, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Pekalongan info lengkap wisatanya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Pekalongan/

Demikian beberapa informasi special makan khas Pekalongan terpopuler serta favorit di Pekalongan, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*