31 Tempat Wisata Pekalongan Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Wisata Pekalongan Puncak Tugu Petungkriyono

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Pekalongan

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata Di Pekalongan, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pemalang di barat, Kabupaten Semarang, Kabupaten Batang di timur, Laut Jawa di utara, serta Kabupaten Banjarnegara di selatan.

Selain itu, Pekalongan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu ada wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Pekalongan ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Wisata Alam Di Pekalongan Yang Mengagumkan

Curug Sibedug Petungkriyono

Wisata Kajen Curug Sibedug Petungkriyono

  • Curug Sibedug Petungkriyono
  • Lokasi :  Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang pertama adalah Curug Sibedug Petungkriyono. Lokasi wisata alam ini berada di Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.

Panorama pada Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan dengan air terjun kembar yang debit airnya nampak kecil itu. Besarnya debit air curug pada musim penghujan setidaknya dapat diperkirakan dari warna menghitam yang nampak pada dinding bukit aliran airnya.

Walaupun tak semengesankan Curug Bajing, melainkan sebab lokasinya yang benar-benar strategis di tepi jalan ramai karenanya Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan ini menjadi daerah populer bagi pengunjung untuk mampir beristirahat sebentar.

Tersedianya sejumlah kios kopi dan makanan di tepi jalan memperkuat alasan orang untuk stop di sini. Ada jembatan bambu pendek di sisi kiri sungai yang dapat digunakan sebagai jalan masuk menuju ke kolam di bawah Curug Sibedug Petungkriyono Pekalongan.

Dari sisi sebelah kanan sungai daerah dimana sepeda motor diparkir juga ada jalan masuk menuju ke sisi kanan curug, dan orang dapat dengan gampang menyeberang lewat batuan yang tidak licin di tengah sungai.

Ada curug bertingkat kecil nampak di latar depan di komponen bawah aliran sungai yang mengalirkan air dari kolam Curug Sibedug. Airnya nampak cukup bening, khas air dari wilayah hutan di pegunungan yang ekosistemnya relatif masih terjaga dengan bagus.

Curug Cinde

Wisata Kajen Curug Cinde

  • Curug Cinde
  • Lokasi :  Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Cinde. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Cinde yang ada di Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang atau sekitar 24 Km dari Tugu Duren Kecamatan Karanganyar. selama perjalanan menuju obyek tamasya ini kita akan disuguhi panorama alam yang benar-benar memikat dan masih asri, mulai dari perjalanan lewat tengah hutan.

Jalan pegunungan yang berliku – liku dengan tanjakan serta bawaan dan gemericik bunyi air sungai. Suasana alam pedesaan khas tempat pegunungan akan terlihat dari deretan perkampungan yang dilewati.

Curug Madu Doro

Wisata Kajen Curug Madu Doro

  • Curug Madu Doro
  • Lokasi :  Lemahbang Lor, Lemah Abang, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Madu Doro. Lokasi wisata alam ini berada di Lemahbang Lor, Lemah Abang, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah.

Air terjun dengan panorama yang spektakuler dan terbaik di pekalongan sebab mempunyai pemandangan yang unik, wujud aliran air yang tak dimiliki di curug lain.

Selain daripada itu, jalan masuk yang gampang, tak perlu berjalan demikian itu jauh dari parkiran, dan karcis yang murah. Menjadi satu daerah yang patut dikunjungi bagi tiap-tiap pelancong yang berkunjung ke pekalongan

Air beningnya dengan hawa yang adem asri dan akan membikin siapa saja betah berlama-lama di sini. Telah demikian itu, harga karcis masih free kamu cuma membayar karcis masuk Rp.13000,- .

Sehingga layak sekali bagi yang berkeinginan berlibur dengan budget murah meriah dan tak akan menguras kantong dan terutama Titik foto sungguh-sungguh banyak untuk di abadikan di sosial media kamu.

Curug Lawe Petungkriyono

Wisata Kajen Curug Lawe Petungkriyono

  • Curug Lawe Petungkriyono
  • Lokasi :  Desa Cakrawati, Kec. Petung Kriyono., Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Lawe Petungkriyono. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Cakrawati, Kec. Petung Kriyono., Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.

Memang tiada habis-habisnya keindahan di Petungkriyono ini. Pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, kesejukan yang benar-benar membuai sanubari kita, dan keasrian yang masih sangat terjaga.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan plang arah yaa guys.. Setelah sampai di gerbang Curug Lawe kita akan dikenai biaya parkir Rp 2.000,- per motor dan untuk tiket masuknya akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000,- per orang. Murah banget kan?

Eksepsi daripada tamasya air Curug Lawe, disini juga disediakan zona Camping Ground yang tak jauh dari daerah parkir. Buat kalian yang menyukai selfie-selfie, ada daerah yang lagi hits banget niih dikalangan buah hati-buah hati muda, merupakan Pohon Selfie.

Curug Jlarang Lebakbarang

Wisata Kajen Curug Jlarang Lebakbarang

  • Curug Jlarang Lebakbarang
  • Lokasi :  Sidomulyo, Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Jlarang Lebakbarang. Lokasi wisata alam ini berada di Sidomulyo, Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah.

Air terjun Jlarang ini berlokasi di desa Sidomulyo, Lebakbarang, pekalongan. kamu dapat menerapkan kendaraan pribadi buat hingga disini. Tetapi kamu patut ekstra hati-hati sebab jalan menuju air terjun ini cukup menantang.

Kendaraan kamu ditantang untuk melalui medan yang menanjak dan menurun dengan jenjang yang sedang hingga dengan yang berat komplit dengan sebagian kelokan tajam.

Setibanya di lokasi, kamu patut memarkirkan kendaraan kamu. Cuma dengan membayar Rp. 3000., kamu telah dapat masuk obyek liburan ini dan telah termasuk tarif parkirnya.

Murah meriah bukan? dari sini kamu masih patut berjalan sekitar 15 menit melalui jalan setapak di tengah-tengah ladang warga. Sebentar rasa lelah kamu akan terbayarkan dengan estetika panorama yang ditawarkan oleh daerah ini.

Setibanya di Curug Jlarang, kamu dapat memuaskan diri bermain air di bawah air terjun yang segar dan menyejukkan.

Curug Kuwung Indah

Curug Kuwung Indah

  • Curug Kuwung Indah
  • Lokasi :  Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Kuwung Indah. Lokasi wisata alam ini berada di Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah.

Salah satu daerah liburan air terjun curug terbaik di pekalaongan dan belum familiar secara luas banyak orang yang tau lokasi air terjun ini, untuk hingga curug butuh pengorbanan luar awam dan melalui jalan bebatuan.

Air beningnya dengan hawa yang teduh asri dan akan membikin siapa saja betah berlama-lama di sini. Telah seperti itu, harga karcis masih free kamu cuma membayar tike parkir sehingga layak sekali bagi yang mau berlibur dengan budget murah meriah dan tak akan menguras kantong. Dan terlebih titik foto amat banyak untuk di abadikan di sosial media kamu.

Curug Blanten

Wisata Kajen Curug Blanten

  • Curug Blanten
  • Lokasi :  Gunungtelu, Kutorojo, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Blanten. Lokasi wisata alam ini berada di Gunungtelu, Kutorojo, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Blanten ini tepatnya ada di perbatasan antara kecamatan Kajen dan kecamatan Kandangserang. Yang lokasi tepatnya merupakan di Dukuh Gunungtelu Desa Kutorojo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.

Untuk menempuh lokasi ini kita dapat dengan bersepeda motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki dari basecamp. Seandainya mujur kita dapat mengamati monyet putih yang diandalkan menjaga desa Kutorojo ini.

Curug Bajing

Wisata Kajen Curug Bajing

  • Curug Bajing
  • Lokasi :  Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Bajing. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Masih ada Curug Bajing yang tak keok menarik untuk kita kunjung di Pekalongan. Curug ini juga mempunyai estetika alam sekitar yang betul-betul memikat.

Jikalau kamu tamasya di Pekalongan, Curug Bajing semestinya masuk dalam daftar kunjungan kamu. Curug ini juga berada diketinggian, ialah sekitar 1300 mdpl, wajar jikalau hawa teduhnya bikin betah berlama-lama disini, apalagi jikalau bersama kelurga.

Curug dengan ketinggian sekitar 70 meter ini berlokasi di desa Telogo Parkis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan.

Bagi kamu yang hendak menempuh air terjun ini, kamu semestinya trekking selama 15 menit dari lokasi parkir. Sembari merasakan estetika curug, kau dapat merasakan kopi hutan khas wilayah ini.

Curug ini masih betul-betul asri, sebab letaknya jauh dari pemukiman warga. kita semestinya berjalan kaki sekitar 300 meter dari parkiran untuk dapat hingga ke lokasi air terjun. Debet air di curug ini cukup tinggi. Air terjun ini terdiri atas sebagian tingkat dengan wujud seperti perosotan batu.

Curug Bidadari Pekalongan

Wisata Kajen Curug Bidadari Pekalongan

  • Curug Bidadari Pekalongan
  • Lokasi :  Hutan, Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Bidadari Pekalongan. Lokasi wisata alam ini berada di Hutan, Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Bidadari Pekalongan ini ialah sebuah air terjun yang sungguh-sungguh menawan dan menjadi salah satu yang lagi hits di Pekalongan, yakni Curug Bidadari.

Curug Bidadari ini sering kali di ucap juga curug Batu Dinding Kolam Lima, sebab di sekitar air terjun ini terdapat lima ceruk aliran air yang menyerupai kolam renang, yang sering kali dipakai untuk mandi dan berenang, mulai yang dangkal hingga yang kedalamannya belum terukur. Dan juga disisi kanan kirinya terdapat batu tebing yang tinggi membumbung.

Curug Muncar

Wisata Kajen Curug Muncar

  • Curug Muncar
  • Lokasi :  Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Curug Muncar. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Daerah liburan di Pekalongan berikut ini ialah air terjun yang cantik dan benar-benar sayang untuk kita lewatkan. Curug ini berada di Curug muncar pantas dengan nama air terjunnya, Curug Muncar.

Curug Muncar terdapat pada ketinggian 1.249 mdpl yang dikelilingi panorama indah lereng gunung Rogojembangan. Berlokasi di hutan milik Perhutani, Curug Muncar memang menawarkan pesona yang teduh dan asri.

Untuk menempuh curug ini memang memburuhkan pengorbanan ekstra, berkelok dan mendaki, melainkan sesudah hingga ke zona curug ini, seluruh lelah akan hilang.

Sekiranya kamu wisata di Pekalongan, jangan hingga melewatkan obyek liburan alam yang cantik dan natural yang satu ini.

Puncak Tugu Petungkriyono

Puncak Tugu Petungkriyono

  • Puncak Tugu Petungkriyono
  • Lokasi : Sikucing, Yosorejo, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Puncak Tugu Petungkriyono. Lokasi wisata alam ini berada di Sikucing, Yosorejo, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah

Puncak Tugu Petungkriyono merupakan salah satu dari sekian banyak wisata yang terdapat di kecamatan petungkriyono.

Wisata Puncak Tugu Petungkriyono ini mempunyai medan ekspedisi yang tidak gampang, cuma terdapat jalur setapak buat hingga ke puncak yang mana cuma bisa di lewatkan motor.

Kecamatan Petungkriyono masih sangat natural, jadi tidak terdapat sedikitpun rambu- rambu kemudian lintas, hingga dari itu kami menganjurkan kamu bawa seorang yang memanglah telah memahami betul Petungkriyono.

Tetapi, dengan atmosfer yang masih natural semacam ini, hendak jadi nilai tambah untuk wisata-wisata yang terdapat di Petungkriyono. Semacam Puncak tugu petungkriyono mempunyai panorama alam yang sangat indah, pula atmosfer yang aman.

Bukit Pawuluhan Kandangserang

Bukit Pawuluhan Kandangserang

  • Bukit Pawuluhan Kandangserang
  • Lokasi : Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Bukit Pawuluhan Kandangserang. Lokasi wisata alam ini berada di Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah

Bukit Pawuluhan merupakan Spot wisata yang masih nge- hitz di Pekalongan belum lama ini. Disini kamu dapat berkemah alias nge- camp buat merasakan serta memandang Golden Sunrise dan panorama alam menajubkan yang lain yang disuguhkan oleh alam Pawuluhan.

Untuk dapat Menggapai ke puncak Pawuluhan ini, kita memerlukan waktu kurang lebih 3 jam dari Pekalongan kota ataupun dekat 2 jam dari Alun- alun Kajen Kabupaten Pekalongan dengan mengganggunakan motor.

Sejauh petualangan mengarah Pawuluhan kita di suguhi bermacam- macam pemandangan- pemandangan yang indah serta spektakuler oleh alam Pekalongan, persawahan hijau, rumpunan hutan yang masih asri serta hawa yang sangat sejuk.

Arung Jeram Lolong

Arung Jeram Lolong

  • Arung Jeram Lolong
  • Lokasi :  Jalan Raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Kecamatan Karanganyar, Kelurahan Lolong, Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Arung Jeram Lolong. Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Kecamatan Karanganyar, Kelurahan Lolong, Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah.

Wahana Tamasya Arung Jeram Pekalongan sebagai salah satu favorit untuk rekreasi air di kawasan Jawa Tengah terpenting Pantura dan sekitarnya. Wahana Rafting Lolong yang dikelola oleh Lolong Adventure ini sudah menjadi daerah untuk sobat yang berharap mengasah adrenalin menelusuri aliran sungai Sengkarang bersama kawan-kawan semua,

Lolong Adventure memanfaatkan tiap sumberdaya alam yang ada dan diwujudkan ke dalam sebuah wahana rekreasi yang menarik dan menyenangkan. Dan tanpa semestinya merusak estetika dan keautentikan alam sekitar. Dengan daya gotong royong antar pemuda mewujudkan Wahana Rafting Lolong kian diketahui oleh masyarakat luar Pekalongan.

Arung Jeram Lolong sangatlah sesuai diterapkan untuk liburan rafting bagi para pemula, pun anak-anak malah dapat menikmatinya. Dengan ditemani para instruktur dan guide yang sudah mendapatkan sertifikasi profesional, Arung Jeram di Lolong amat dapat dijangkau oleh seluruh kalangan mulai dari Pemula sampai anak-anak.

Welo River Petungkriyono

Welo River Petungkriyono

  • Welo River Petungkriyono
  • Lokasi :  Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Welo River Petungkriyono. Lokasi wisata alam ini berada di Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.

Wisata alam air Welo Asri yakni merupakan surga bagi pelancong yang menyenangi tantangan atau gemar olahraga air seperti, river tubing, body refting, river tracking, ciblon dan lainnya.

Ada banyak daerah yang sepatutnya dikunjungi, di antaranya Kedung Gede, Kedung Sipingit, dan Kedung Sepasung atau yang lebih diketahui sebagai black canyon Kabupaten Pekalongan. Selain daripada permainan air, liburan Welo Asri juga menyediakan beragam jenis titik seperti pohon selfie, sandal raksasa, jembatan taman sungai dan jembatan cinta.

Kecuali itu, di liburan Welo Asri ini banyak sekali potensi-potensi yang menjadi kekuatan tarik pelancong. Masyarakat malah dapat mengoptimalkan oleh-oleh khas Petungkriyono, seperti gula aren dan kopi khas kawasan ini yang dapat dipasarkan terhadap pelancong.

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

  • Pantai Wonokerto
  • Lokasi :  Jl. Wonokerto, Ngasem, Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Pantai Wonokerto. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Wonokerto, Ngasem, Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah.

Sebelum tiba di pantai yang lokasinya agak menjorok ini, kita telah dapat merasakan panorama desa nelayan dengan perahu-perahu penangkap ikannya yang bersandar di muara. Kian mendekati bibir pantai, panorama berganti menjadi deretan tambak ikan di sepanjang kiri dan kanan jalan.

Pantai Wonokerto baru saja dibuka sebagai destinasi liburan pada tahun 2018 silam. Untuk menjelang zona pantai, kamu perlu membayar karcis masuk sebesar Rp 2,000,- per orang dan Rp 5,000,- untuk kendaraan roda empat.

Di sekitar zona pantai, terdapat pendopo dan tempat duduk-tempat duduk yang dapat jadi daerah bersantai untuk pengunjung, sembari merasakan semilir angin laut. Ada pula artikel-artikel ‘quotable’ yang lazim menjadi latar muda-mudi untuk berfoto–serta sebagian daerah berfoto lain seperti rumah pentas.

Sesudah puas berfoto dan bermain air, kamu dapat mengisi perut dengan menyambangi sebagian kedai makanan yang ada di sekitar pantai. Bersantap di atas tempat duduk-tempat duduk kayu yang dibereskan manis, beralaskan pasir di antara rimbunan pohon pinus.

Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

  • Pantai Slamaran
  • Lokasi :  Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Pantai Slamaran. Lokasi wisata alam ini berada di Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Pantai Slamaran ialah daerah liburan yang patut kamu kunjungi sebab pesona keindahannya tak ada duanya. Penduduk lokal Desa Krapyak lor juga amat ramah tamah kepada kamu. Kota Pekalongan juga tenar akan estetika objek wisatanya, salah satunya yaitu Pantai Slamaran di Krapyak lor Pekalongan Jawa Tengah ini.

Pantai Slamaran ini lokasinya bersebelahan dengan pantai Pasir Kencana ,cuma saja di batasi dengan pelabuhan perikanan Nusantara Kota Pekalongan. Layaknya daerah pariwisata yang lain Pantai Slamaran mempunyai estetika dan panorama pantai yang amat menawan untuk diperhatikan.

Dikala berada disana karenanya kamu akan menikmati kesegaran udara yang bertiup dari laut lepas. Selain daripada itu jikalau kamu berkunjung di kala petang hari karenanya kamu akan menyaksikan terbenamnya sang surya dan jikalau datang pagi hari karenanya kita dapat menyaksikan sang surya terbit dari Pantai Slamaran ini.

Luas Pantai Slamaran ini sekitar 3,5 hektar dan mempunyai garis pantai yang menawan dan sesuai untuk mencari ketenangan pikiran dikala terjadi kejenuhan.

Panorama pada tepian Pantai Slamaran Menawan Pekalongan, bukan berupa pantai landai tapi tembok beton memanjang dengan tumpukan batu pembendung gempuran gelombang laut di luarnya.

Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

  • Pantai Pasir Kencana
  • Lokasi :  Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Pekalongan yang berikutnya adalah Pantai Pasir Kencana. Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Pekalongan menaruh demikian itu banyak daerah liburan yang kamu boleh kunjungi seperti Pantai Slamaran, Pantai Depok, Pantai Wonokerto, Pantai Pasir Kencana dan lain-lain. Salah satu yang betul-betul familiar ialah Estetika Pantai Pasir Kencana Pekalongan.

Pemandangan alam yang menawan serta kebersihan pantainya menjadi energi tarik kuat bagi para pelancong untuk berkunjung ke merasakan Estetika Pantai Pasir Kencana Pekalongan.

Letak dari Pantai Pasir Kencana. Letak Pantai Pasir Kencana cuma berjarak sekitar 4.5 kilometer atau sekitar 20 menit perjalanan dari Pekalongan. Tepatnya berada di Jalan Pantai , Wonokerto, Pekalongan. Pantai Pasir Kencana berbatasan dengan daerah pelelangan ikan atau pelabuhan perikanan nusantara di Pantai Utara Jawa.

Harga karcis masuk Pantai Pasir Kencana ialah sebesar Rp 2.000/ orang untuk Hari Senin-Jum’at dan Rp 2.500/ orang (malam pekan), dan Rp 5.000/ orang di Hari Pekan ataupun hari libur.

Selain merasakan estetika pantai pada pagi hari, berenang di siang hari, ada banyak aktivitas yang kamu dapat nikmati saat melaksanakan Tamasya Pantai Pasir Kencana. Salah satu yang paling diminati ialah merasakan estetika panorama sunset atau sang surya terbenam di petang hari nan romantis dari jembatan cinta.

Wisata Keluarga Di Pekalongan Yang Seru & Menyenangkan

Taman Mangrove Park Pekalongan

Taman Mangrove Park Pekalongan

  • Taman Mangrove Park Pekalongan
  • Lokasi :  Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Pekalongan yang pertama adalah Taman Mangrove Park Pekalongan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Mangrove Park Pekalongan yakni wilayah konservasi mangrove yang juga berfungsi sebagai ekowisata yang mempunyai berbagai fasilitas sudah tersedia bagi para pengunjung, seperti jalanan pejalan untuk mengamati panorama, menara pandang, shelter, serta zona pembenihan sebagai daerah prakteknya.

Harga karcis masuk ke Pekalongan mangrove park sebesar Rp 4000. Dan kamu juga dapat merasakan sepoi semilir kawasan pesisir pantai yang menyenangkan dan berkeliling ke hamparan bakau sepuasanya. Tarif parkir sebesar Rp 3000,- per motor, jikalau kendaraan beroda empat Rp 5000,- per kendaraan beroda empat.

Di sini eksepsi daripada memanjakan mata dengan panorama yang eksotis, pengunjung dapat juga naik Banana Boat yang disediakan untuk mengitari Taman Mangrove ini. Hanya dengan tarif sebesar 10.000 – 15.000 per orang saja, pengunjung bisa mengamati aneka tipe tanaman bakau dari dekat.

Sensasi yang tidak keok menarik yaitu ketika menelusuri lorong cinta. Lorong cinta ini sebetulnya yakni deretan tanaman bakau yang tumbuh subur dan rimbun sampai terwujud lorong.

Linggo Asri

Linggo Asri

  • Linggo Asri
  • Lokasi : Kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Pekalongan yang berikutnya adalah Linggo Asri. Lokasi wisata keluarga ini berada di Kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.

Obyek tamasya alam dan keluarga ini menyediakan aneka wahana yang cukup komplit. Mulai dari taman terbuka, ajang bermain anak, kolam renang, kebun hewan, outbound, arung jeram, tracking ke hutan natural sampai berkemah atau kemping.

Sesudah hingga di obyek liburan linggo asri, kamu akan dikenakan karcis masuk yang cukup murah. Bila berkendara kendaraan beroda empat, kita akan dikenakan Rp 5.000, meski motor seharga Rp 2.500. Berikutnya, pengunjung dewasa mesti membayar karcis seharga Rp 5.250, meski anak-anak Rp 2.750.

Berikutnya kamu dapat mengajak keluarga menuju ajang bermain anak. Menuju ajang bermain anak, kamu perlu menelusuri jalan menurun blok berbatu. Anak-anak dapat mencoba ajang bermain mulai dari ayunan hingga perosotan dapat dirasakan.

Pada tiap tahun obyek liburan linggo asri pekalongan mengadakan acara tumpeng megono atau lebih tenar dengan syawalan yang jatuh pada hari ke tujuh bulan syawal. Acara ini merupakan seminggu sesudah lebaran idul fitri. Bermacam masakan khas pekalongan disampaikan di perheletan ini dan bisa dirasakan secara free oleh pengunjung.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

  • Kampung Batik Kauman
  • Lokasi : Jl. Keputran Ledok I, Kauman, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Pekalongan yang berikutnya adalah Kampung Batik Kauman. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Keputran Ledok I, Kauman, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Kampoeng Batik Kauman Pekalongan yakni sebuah tujuan liburan adat istiadat dan belanja yang berada di Kota Pekalongan provinsi Jawa Tengah.Kampung Batik Kauman ini berlokasi di kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur telah semenjak dulu tenar sebagai sentra pengrajin batik di Kota Pekalongan.

Kampung Kauman disinyalir yakni kampung pertama yang ada dikawasan Pekalongan. Mengingat dikampung kauman banyak ditemukan rumah-rumah kuno peninggalan di masa lalu dan mesjid jami’ yang didirikan tahun 1852. Eksepsi ketimbang itu, arsitektur rumah-rumah lawas daerah tinggal perajin dari generasi ke generasi juga menjadi energi tarik tersendiri.

Kampung liburan batik ini juga membikin tidak cuma kerajinan batik saja. namun sebagian produk accesoris turunannya seperti: ransel, sandal, dompet dan accesoris lainnya dengan bahan dan motif batik yang tentunya menawan-menawan.

Menariknya beberapa besar pengrajin mempunyai warung atau daerah memajang hasil aneka kerajinan. Kampung batik kauman terus beres-beres dengan melengkapi IPAL untuk menanggulangi limbah batik.

Wisata Bahari Pekalongan

Wisata Bahari Pekalongan

  • Wisata Bahari Pekalongan
  • Lokasi :  Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Pekalongan yang berikutnya adalah Wisata Bahari Pekalongan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Objek liburan bahari ini adalah daerah liburan yang dikelola pelabuhan perikanan nusantara pekalongan. Letaknya berbatasan dengan objek liburan pantai pasir kencana, dengan jarak tempuh 4,5 km dari kota / stasiun kereta api.

Objek liburan yang dikelola oleh pelabuhan perikanan nusantara pekalongan ini buka dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia yakni taman bermain, akuarium, kursi dan taman untuk bersantai, kamar mandi,lahan parkir, gazebo, dan gardu pandang .

Di liburan bahari pekalongan ini pengunjung bisa bersantai sambil menyaksikan sang surya terbit / terbenam, kegiatan nelayan dan perahunya. Lalu bermain di taman, memancing, olahraga pantai atau sekadar menghirup dan menikmati udara pantai yang segar.

Dupan Water Park

Dupan Water Park

  • Dupan Water Park
  • Lokasi : Jl. Dr. Sutomo, Baros, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Pekalongan yang berikutnya adalah Dupan Water Park. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Dr. Sutomo, Baros, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Mau menikmati sensasi Dufan, karenanya kamu boleh melangkahkan kaki dan mencoba terjun ke dalam kolam renang Dupan Water Park yang berada di Rumit Dupan Square.

Di sini kamu dan keluarga akan disambut dengan amat ramah oleh para pekerja, fasilitas terlengkap sampai wahana air yang menarik. Tiket masuk juga tak demikian itu pusing, sebab cuma dengan merogoh kantong sekitar Rp. 15.000 per orang kamu segera dapat mandi sepuasnya.

Kolam Renang BRD Pekalongan

Kolam Renang BRD Pekalongan

  • Kolam Renang BRD Pekalongan
  • Lokasi : Dream Big Park BRD Residence Pekl. Barat, Pringlangu, Pekl Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Pekalongan yang berikutnya adalah Kolam Renang BRD Pekalongan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Dream Big Park BRD Residence Pekl. Barat, Pringlangu, Pekl Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Berlokasi di Perum BRD Residence, Pekalongan Barat, kolam renang ini memberikan semua yang kamu butuhkan dalam hal bermain air. Dengan jam buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 petang, menciptakan kamu dapat bermain hingga puas dengan mencoba berjenis-jenis destinasi yang disediakan.

Soal harga tak perlu cemas, sebab kolam renang ini mempunyai karcis masuk yang cukup relatif murah mulai dari Rp. 20.000 saja.

Wisata Sejarah Di Pekalongan Terbagus Yang Pernah Ada

Gedung Batik TV Pekalongan

Gedung Batik TV Pekalongan

  • Gedung Batik TV Pekalongan
  • Lokasi : Jl. Jatayu, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Pekalongan yang pertama adalah Gedung Batik TV Pekalongan. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Jatayu, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Mulanya dipakai sebagai kantor dari sebuah badan yang mengurusi problem pengajaran dari TK sampai setingkat SMP (Kindergarten, HIS, MULO) pada masa kolonial. Lalu Sesudah merdeka diaplikasikan untuk Kantor Tjawatan Pengajaran.

Seiring berjalannya waktu Gedung ini pernah diaplikasikan sebagai kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan. Yang kemudian beberapa kantornya pernah diaplikasikan pada tahun 1980 an s/d 1990an sebagai sanggar Radio Kota Batik.

Pernah juga diaplikasikan sebagai kantor Pariwisata. Dan sekarang Gedung imut diantara Museum Batik dan Gor Jetayu ini di pakai sebagai Kantor Batik TV semenjak tahun 2012.

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

  • Museum Batik Pekalongan
  • Lokasi : Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Pekalongan yang berikutnya adalah Museum Batik Pekalongan. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Di Museum Batik Pekalongan ini terdapat 1149 koleksi batik, antara lain wayang beber yang diketahui terbuat dari kain batik usianya sudah ratusan tahun dan alat tenun tradisional.

Museum Batik Pekalongan menaruh banyak koleksi batik tua sampai modern bagus. Mulai yang berasal dari Pekalongan sendiri, tempat pesisiran, tempat pedalaman dan zona Jawa lainnya, batik dari berjenis-jenis tempat di Nusantara seperti dari Sumatera, Kalimantan, sampai Papua, dan kain macam teknik batik dari manca negara.

Tak cuma memamerkan koleksi batik, Museum Batik ini juga sebgai sentra pelatihan dan pelajaran membatik. Pelajar ataupun pengunjung lazim bisa belajar membikin batik maupun melaksanakan penelitian mengenai adat istiadat batik.

Untuk Harga Karcis Masuk Museum Batik Pekalongan :
Dewasa : Rp 5.000,- Anak-anak (TK s/d SMA) : Rp 1.000,- Turis Asing : Rp 5.000,-

Gedung Pertani

Gedung Pertani

  • Gedung Pertani
  • Lokasi : Jl. Jatayu No.9, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Pekalongan yang berikutnya adalah Gedung Pertani. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Jatayu No.9, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Gedung yang saat ini populer dengan urusan permasalahan pertanian( pupuk) ini dahulunya merupakan bank mula- mula sekali di Pekalongan.

Pada mulanya, gedung ini dibentuk pada tahun 1828 oleh Jendral Herman William Daendles. Tetapi, sesudah Indonesia merdeka tepatnya pada bertepatan pada 14 Januari 1959 mulai jadi gedung pertani di Pekalongan.

Kantor Pos Pekalongan

Kantor Pos Pekalongan

  • Kantor Pos Pekalongan
  • Lokasi : Jl. Cendrawasih No.1, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Pekalongan yang berikutnya adalah Kantor Pos Pekalongan. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Cendrawasih No.1, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Gedung dengan luas 4936 m2 ini sudah berperan sebagai tempat pengiriman benda pada tahun 1746. Dengan rute Karawang- Cirebon- Pekalongan.

Pelayanan ini hadapi kemajuan di masa pemerintahan gubernur Jendral Herman William Daendels pada abad 18 dengan dibangunnya jalur dari Anyer hingga Pamanukan.

Berdasarkan arsip di Kantor Pos Pekalongan, kantor ini ditetapkan pada tahun 1900, yang lebih tua dari Kantor Pos Semarang.

Gedung Bakorwil

Gedung Bakorwil

  • Gedung Bakorwil
  • Lokasi : Jalan Diponegoro, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah

Objek wisata sejarah di Pekalongan yang berikutnya adalah Gedung Bakorwil. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jalan Diponegoro, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Gedung ini dibentuk masa Van Der Ep (Residen Pekalongan) dikala itu pada tahun 1850. Pembangunan gedung ini membutuhkan waktu 3 tahun dengan luas kira- kira 5000 m2.

Gedung ini mulai ditinggali pada masa residen Johan Peter Vandepor, pengganti residen tadinya. Didalam gedung ini ada 4 kamar, 1 dari 4 kamar ini tidak boleh dibuka oleh siapapun hingga saat ini, ada pula potret- potret residen- residen Pekalongan dari awal sampai akhir.

Baca Juga : 

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Tarif Harga Sewa Bus Pariwisata Pekalongan

Wisata Religi Di Pekalongan Yang Menyejukkan

Masjid Jami’ Kauman Pekalongan

Masjid Jami' Kauman Pekalongan

  • Masjid Jami’ Kauman Pekalongan
  • Lokasi : Kauman, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Pekalongan yang pertama adalah Masjid Jami’ Kauman Pekalongan. Lokasi wisata religi ini berada di Kauman, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Dulu nama dari mesjid ini yaitu Mesjid Besar Pekalongan. Kemudian pada tahun 1968 dirubah dengan nama baru menjadi Mesjid Agung Al Jami Pekalongan atas rekomendasi dari Habib Ali bin Ahmad Al Atas.

Mesjid Agung Al Jami Pekalongan dengan serambi mesjid yang berada di sebelah kiri, dan menara mesjid berada di pojok sana. Awal mula pembangunan masjid ini oleh Raden Arjo Wirijo Tumenggung Adinegoro yang merupakan bupati Pekalongan ketiga yaitu tahun 1852 M dan pada waktu itu mesjid berukuran 35×35 meter dengan sembilan pintu besar, dua belas jendela, ruang imam dan kubah untuk khatib.

Pada bulan Januari 1933 M menara Mesjid Agung Al Jami Pekalongan setinggi 27 meter ini selesai dibangun, yang dibiayai seluruhnya oleh Sayyid Husein bin Ahmad bin Syahab. Ada 99 si kecil tangga berputar yang patut didaki untuk menuju ke puncak menara.

Ruang utama dari Mesjid Agung Al Jami Pekalongan adalah pilar-pilar kayu dan ornamen klasik yang masih autentik, diperkuat 22 pilar beton penopang. Atap kayunya juga masih autentik menerapkan batang kayu dan tidak ada sambungannya.

Sedangkan pada 3 Juni 1907 oleh Bupati Adipati Aryonotodirjo untuk daerah bupati ketika sholat Jum’at dan sholat Hari Raya dibangunlah bagian lengkung di tengah yaitu menjadi daerah imam, di sebelah kanan daerah khatib, dan lengkung kubah di sebelah kiri.

Makam Ki Ageng Rogoselo

Makam Ki Ageng Rogoselo

  • Makam Ki Ageng Rogoselo
  • Lokasi : Rogoselo, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Pekalongan yang berikutnya adalah Makam Ki Ageng Rogoselo. Lokasi wisata religi ini berada di Rogoselo, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah.

Rogoselo yaitu sebuah desa, yang lokasinya di Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Dimana masyarakatnya amat kental dan kuat dalam melakukan ibadah agama.

Rogoselo mempunyai makna, ‘rogo’ yakni raga dan ‘selo’ adalah batu. Di desa Rogoselo terdapat makam milik Syeh Wali Agung Rogoselo, beliau yakni seorang yang berbudi luhur, seorang wali, ulama dan pejuang Nusantara.

Menariknya makam Syeh Wali Agung Rogoselo ini, naik ke bukit, dan kita akan diberi pengarahan menjelang undakan kaki untuk menujunya.

Untuk peziarah wanita dan pria dibedakan undakannya, wanita sebelah kiri dan pria sebelah kanan. Untuk juru kunci makam Syeh Wali Agung Rogoselo sendiri, ada 2 orang : Bapak H. Da’i dan Bapak Maulana Sholeh.

Di sebelah mesjid ada sungai yang mempunyai air bening, dan bebatuan besar. Banyak yang mandi di sana, sebab di kanan mesjid disediakan trap-trapan untuk yang berkeinginan mandi di sungai. Agenda sesudah ziarah ke makam Syeh Wali Agung Rogoselo, kami malahan akan ‘gabyuran’ juga.

Cungkup milik Syeh Wali Agung Rogoselo kurang lebih mempunyai ukuran 3 x 3 meter lebih. Dengan wujud segi empat, beratap limasan dan kelambu putih motif yang menutup rapat seluruh sisi. Tak cuma itu, ada pilar kayu persegi ang menopang cungkup Syeh Wali Agung Rogoselo.

Pada sisi sebelah kiri makam Syeh Wali Agung Rogoselo, ada juga makam lain yang posisinya lebih rendah dari lantai. Dan di atasnya ada butiran pasir dengan warna cream muda. Sementara pada sisi kanan, ada 4 dua makam lagi. Kemungkinan itu yakni murid atau kuncen Ki Ageng Rogoselo.

Makam Habib Ahmad Sapuro

Makam Habib Ahmad Sapuro

  • Makam Habib Ahmad Sapuro
  • Lokasi : Jl. Madura, Sapuro Kebulen, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Pekalongan yang berikutnya adalah Makam Habib Ahmad Sapuro. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Madura, Sapuro Kebulen, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Habib Ahmad juga seorang penghafal Kitab Suci Al Qur’an, dan diketahui sebagai orang dengan pribadi yang rendah hati dan berbahagia bersilaturahmi dengan siapa saja. Melainkan dia juga diketahui masyarakat luas sebagai sosok yang betul-betul teguh dan keras dalam menegakkan syariat Islam, bagus terhadap pejabat di pemerintahan ataupun terhadap orang umum.

Padahal waktu itu telah cukup malam tapi masih ada sebagian orang yang nampak tengah berziarah dengan membaca ayat-ayat suci, atau berdoa secara sendiri-sendiri di tentang Makam Habib Ahmad di Rumit Makam Sapuro ini. Tidak ada pemisah antara peziarah pria dan wanita, tapi peziarah wanita umumnya mengambil daerah agak di belakang.

Ada dua jirat kubur bersisian di komponen tengah, dan dua jirat kubur di pojok sana. Batu nisan di sisi utara dari keempat kubur itu ditutup dengan kain hijau, yang mestinya menandai komponen mustaka atau kepala. Padahal tidak ada nama pada nisan, tapi dapat diduga bahwa jirat kubur yang ada di tengah yakni Makam Habib Ahmad.

Habib Ahmad bin Abdullah Bin Thalib Alathas yakni orang pertama yang membangun Madarasah Salafiah Ibtidaiyah di Pekalongan. Sesudah menderita sakit, Habib Ahmad wafat pada Sabtu malam 24 Rajab 1347 H (1928 M) dalam umur 92 tahun. Melainkan acara khaulnya diperingati tiap-tiap tanggal 14 Sya’ban, bertepatan dengan malam nisyfu Sya’ban.


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Pekalongan. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, semoga bermanfaat.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*