8 Makanan Khas Kendal Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Sate Bumbon

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kendal Jawa Tengah

Makanan Khas Di Kendal by Ranggawisata

Kendal merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan Kendal juga memiliki beberapa makanan khas Kendal yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten Kendal kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Kendal yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus . makanan khas kabupaten Kendal juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Kendal berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Kendal.

Berikut daftar menu makanan khas kabupaten Kendal :

Mangut Lele

Makanan Khas Kendal Mangut Lele

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kabupaten Kendal provinsi jawa tengah mangut lele ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnyamembuat yang baru mencobanya ingin lagi dan lagi.

Mangut leleini menyerupai gulai biasanya ikan yang digunakan adalah ikan pe untuk daerah jawa tengah namun untuk daerah kemdal ikan yang digunakan untuk ikan mangut adalah ikan lele.

Menikmati Sensasi Pedas Mangut Lele Khas kabupaten Kendal. Sajian khas Daerah kabupaten Kendal ini berbahan dasar ikan lele yang diasap menggunakan bumbu rempah yang pedas, sungguh menggugah selera. Dijamin akan bikin keringat kita bercucuran deras.

Di kabupaten Kendal, meski dahulu mangut lele terhitung sangat langka keberadaannya, kini sudah banyak rumah makan yang khusus hanya menjajakan menu mangut lele. Saat ini kuliner mangut lele memang sangat terkenal, dan jadi makanan yang diincar para wisatawan, terutama bagi mereka yang suka dengan makanan pedas.

Mangut lele cara membuatnya sangat mudah seperti membuat mangut pada biasanya. Pertama kita siapkan batok kelapa kemudian kita taruh lele diatasnya untuk pengasapan, setelah sedikit matang barulah bumbu rahasia kita balurkan diatas kepulan asap sampai matang.

Ciri khas makanan ini adalah rasa pedas yang ditimbulkan bumbu rempah dan cabenya. Makanan ini sangat cocok untuk pecinta pedas baru makan satu suapan keringat sudah bercucuran karena sensasi pedasnya.

Untuk memesan mangut lele, biasanya kita diharuskan mengambil sendiri ke dalam dapur rumah makan yang penuh kepulan asap, ditambah dengan aroma ikan mangut yang sudah tercium dari depan pintu masuk. Menjadikan orang tak sabar segera mencoba makanan pedas ini.

Setelah makan mangut lele yang pedas, keringat pun bercucuran dan sangat pas diredam, dengan segelas es teh manis. Hal ini membuat siapapun yang menyantapnya kembali segar dan bersemangat melakukan aktivias.

Rica Rica Menthok

Makanan Khas Kendal Rica Rica Mentok

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah rica rica menthog ini memiliki cita rasa jyang sangat luar biasa lezatnya membuat yang baru mencobanya ingin lagi dan lagi

Salah satu kuliner yang wajib kamu coba kalau lagi jalan-jalan ke Kota Kendal adalah rica-rica menthog. Berbeda dari rica-rica lainnya, rica-rica menthok di Kendal dikenal memiliki rasa yang spesial. Perpaduan rasa pedas dan rasa gurih menjadi rasa special.

Warung makan Mbak yum merupakan salah satu warung makan yang menjual rica-rica dan warung ini cukup dikenal masyarakat tempat ini berlokasi di pertigaan Desa Randusari, Kecamatan Rowosari.

Keluarga bebek yaitu sejenis burung dan unggas adalah Menthog atau Enthok. Orang pedesaan sangat menyukai danging enthok. Cita rasa yang sangat kuat dan tidak berbau ini menjadi ciri rasa olahan menthog yang satu ini, tak seperti daging itik petelur, menjadikan daging unggas ini sebagai salah satu favorit di samping daging ayam.

Tiga tahun berjualan rica-rica, Mbak Yum memberanikan diri mengawali warung rica-ricanya dengan rasa khas pedas dan kecap manis. Ternyata kombinasi rica-rica yang dia buat berhasil diterima lidah pembeli. Pembeli merasa cocok dengan eksperimen yang dilakukan.

Dia menjamin rica-rica untuk melunakan daging menthok ini sangat mudah karena kita menggunakan alat khusus agar daging ini tidak terlalau keras. Jika jalan jalan di kota Kendal jangan lupa mampir ya.

Sate Bumbon

Sate Bumbon

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah sate bumbon ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat yang baru mencobanya ingin mencoba lagi dan lagi.

Anda semua berencana liburan di sekitar Pantura dalam waktu dekat? Sekalian berburu kulinernya, yuk! Ada satu sajian sangat nikmat yang tidak boleh terlewatkan di kota yang dekat Semarang ini yaitu kota Kendal makanan itu adalah Sate bumbon.

Sate bumbon berbeda dari sate pada umumnya, sate bumbon punya rasa yang spesial banget. Pasalnya, ada sekitar 30 bumbu rempah di tambah jahe, kecap, bawang putih dan kemiri yang hadir di dalam satu porsi sate bumbon.

Sehingga, cita rasa yang ditimbulkan sangat beragam. Rasa gurih bercampur manis dengan sedikit pedas siap bikin lidah kamu bergoyang saat menikmati sajian sate bumbon.

Dengan bahan dasar daging sapi, rasa manis sate bumbon nggak cuma datang dari kecap, lho. Daging sapi di sini mendapatkan lumuran gula merah yang direbus, sehingga rasa manisnya sangat khas banget, deh!

Betapa lezatnya sate bumbon dinikmati dengan nasi putih hangat atau bisa juga dinikmati dengan lontong. Didalam sate bumbon kita akan menemukan daging yang khas dalam setiap tusukan sate karena kita akan menemukan lemak sapi yang di campur dengan bumbu gurih dan manis sangat lezat sekali.

Sate bumbon pak Darma adalah salah satu warung sate yang sangat di rekomendasikan warung ini berada di kawasan weleri dan warung ini sudah sangat lama berdiri sejak tahun 1971.

Pecel Kembang Turi

Makanan Khas Kendal Pecel Kembang Turi

Merupakan salah satu makanan khas yang berasl dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengal pecel kembang turi ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat yang mencobanya ingin mencoba lagi dan lagi.

Pecel Bunga Turi adalah salah satu makanan yang unik di kota Kendal. Makanan ini sangat mudah dicari karena banyak warung makan yang menjual pecel bunga turi.

Di sepanjang jalan arteri kaliwungu banyaks sekali pedagang yang menjajakan makanan tersebut atau pecel bunga turi juga bisa didapatkan di Rumah Makan Budi Daya Arteri.

Makanan yang berbahan dasar sayur yaitu kombinasi antara bayam rebus, kembang turi pahit dan manis, sambal kacang kental dan taburan tauge. Makanan ini sama seperti pecel pada umumnya, untuk menikmati pecel ini sangat cocok di tambah sate kerang dan gimbal udang yang hangat.

Pecel kembang turi bisa juga ditemukan di Warung Makan Mak Nyuss di pingggiran kota Kendal tepatnya depan SMA I Kendal. Di warung ini kita akan disuguhi berbagai menu yang bisa menggoyang lidah seperti Bebek Goreng yang empuk dengan sambel merah dan lalapan daun Kemangi.

Di sini juga tersedia menu di sini yang tak kalah menggiurkan yaitu Pepes Jamur, Pepes Ikan Bandeng dan Ayam Bakar.

Untuk minuman Anda bisa memesan Es Gaul yaitu semacam perpaduan Kopi Cappucino yang diblender dan diberi bulir agar agar. Ada juga Es Kelapa Muda, Es Lidah Buaya, Es Kacang Merah untuk menemani dan sejenisnya.

Momoh

Makanan Khas Kendal Mumoh

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah momoh ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat yang baru mencobanya ingin mencoba lagi dan lagi.

Makanan khas yang berbahan dasar jeroan sapi ini dapat menambah stamina pria dewasa, karena mengandung banyak rempah rempah.

Momoh Kendal dapat dibedakan dalam dua macam, yaitu momoh goreng dan momoh berkuah.Tapi biasanya momoh goreng lah yang jadi pilihan mereka karena bisa disantap dengan nasi pecel atau soto.

Untuk membuat momoh Kendal yang nikmat, diperlukan waktu yang cukup lama. Hal itu dikarenakan jeroan sapi yang digunakan sebagai bahan dasar harus direbus dengan menggunakan kuali tanah liat hingga tiga jam lamanya.

Bumbu yang diracik dimasukkan ketika jeroan sedang direbus. Setelah itu, jeroan dapat langsung digoreng. Momoh ini mempunyai cita rasa yang berbeda dengan masakan yang dimasak secara modern karena makanan ini di masak dengan menggunakan peralatan yang sangat tradisional.

Momoh Kendal juga bisa dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong karena dapat bertahan hingga tiga hari. Tentu saja jika Momoh yang dibawa pulang berkuah, maka harus dipisahkan dengan kuahnya.

Harga satu porsi momoh Kendal cukup terjangkau, hanya Rp10.000/porsi hingga Rp15.000/porsi. Penikmat dapat menyantap karya kuliner khas Kendal ini bersama nasi pecel atau soto.

Momoh Kendal tidak terdapat di daerah lain, hanya terdapat di Kabupaten Kendal, bahkan belakangan hari ini di Kabupaten Kendal sendiri sudah jarang ditemui rumah makan yang menyediakan momoh.

Bila sedang berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya Kendal, sempatkanlah untuk mencicipi karya kuliner yang sudah tergolong susah ditemukan ini, karena hanya ada di beberapa tempat saja di Kabupaten Kendal yang masih menjualnya.

Kendal merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki makanan khas kabupaten Kendal juga memiliki beberapa cemilan khas kabupaten Kendal yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten Kendal kurang pas jika tidak mencicipi cemilan khas Kendal yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus . makanan khas kabupaten kabupaten Kendal juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu cemilan khas kabupaten Kendal :

Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah kerupuk rambak ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa membuat yang baru mencobanya ingin mencoba lagi dan lagi.

Kerupuk rambak asal desa Penanggulan, Kendal yang menjadi makanan favorit Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono banyak digemari oleh masyarakat Internasional.

Pesanan kerupuk rambak itu tak hanya orang lokal saja yang datang, pesanan dari Malaysia dan Hongkong banyak membeli kerupuk rambak asli dari desa yang menjadi sentra produksi Kerupuk Rambak asli Kabupaten Kendal, yakni desa Penanggulan.

Kerupuk rambak khas Kendal memiliki cita rasa yang enak, gurih dan renyah ini membuat siapa saja yang menikmati kerupuk rambak ini akan terus ketagihan, makanan yang berbahan dasar kulit sapi dan kerbau itu banyak disukai.

Berikut penjelasan bersama pengusaha kerupuk rambak Desa Penanggulan, Muhammad Munir mengatakan usaha home industri miliknya ini sudah berjalan sejak tahun 1980. Dirinya sendiri merupakan generasi ke tiga dari usaha kerupuk rambak yang dirintis oleh kakeknya terdahulu.

”Untuk mejaga kualitas dan rasa dari kerupuk rambak, kami sangat memperhatikan sekali setiap proses produksi kerupuk rambaknya”

Di jelaskannya, Untuk membuat kerupuk rambak banyak langkah yang dilakukan. Mulai dari awal yaitu langkah perebusan, pengerokan, penjemuran, pemotongan kecil-kecil, pengungkepan, penjemuran yang ke dua kemudian penggorengan.

Proses pengungkepan kulit sapi atau kerbau ini menggunakan minyak atau lemak gajih sapi yang dilelehkan, tujuanya untuk menjaga cita rasa yang enak pada proses pengungkepan.

Proses pengungkepan ini lumayan memakan waktu yang lama yakni 12jam hingga 24 jam tergantung usia dari kulit sapi yang disembelih. Harga ukuran 250 gram di jual dengan harga 40 ribu dan yang 500 gram harganya 80ribu.”jelasnya.

Di berikan penjelasan mengenai kerupuk rambak khas kabupatenKendal oleh Kepala Desa Penanggulan, Ria Setianingsih mengatakan dalam desanya terdapat 13 Pengrajin Kerupuk Rambak yang hingga saat ini masih eksis di daerahnya.

“Kami selalu mendorong dalam pemasaran melalui online. Hal itu berdampak positif dengan banyaknya pesanan dari luar negeri seperti di Malaysia, Singapura dan Hongkong. Yang menjadi khas itu kerupuk kerbau,” ungkapnya.

Kerupuk Tayamum
Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah kerupuk tayamum memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat yang baru mencobanya ingin mencoba lagi dan lagi.

Kerupuk, merupakan makanan gurih renyah yang seringkali menjadi pelengkap santapan kita. Bagi beberapa orang, ada sesuatu yang kurang bila bersantap tanpa ditemani Krupuk. Kerupuk ini sangat banyak macamnya baik dari segi rasa, bahan dasar, bentuk dan juga warna serta cara penggorengannya.

Pernahkah Anda menikmati Krupuk Tayamum? Atau anda termasuk orang yang pertama kali ini mendengar istilah Krupuk Tayamum? Krupuk Tayamum ini merupakan kerupuk yang unik kerupuk yang biasa disebut dengan Krupuk goreng sangan.

Proses penggorengannya berbeda dengan Krupuk kebanyakan yang digoreng dengan minyak, Krupuk Tayamum digoreng dengan menggunakan pasir atau istilahnya adalah di-sangan. Oleh karena itu kerupuk sangan sering dinamakan Krupuk Tayamum.

Selain terkenal dengan nama kerupuk tayamum, kerupuk ini juga punya nama lain Krupuk pasir atau Krupuk useg. Karena proses penggorenganya tidak menggunakan minyak goreng tapi menggunakan pasir (wedhi) dan di useg -useg makanya nama kerupuk ini identic dengan wudhu tayamum, ada pula yang menyebutnya sebagai Kerupuk tayamum.

Sering timbul pertanyaan mengapa digoreng menggunakan pasir bukan menggunakan minyak goreng? Mengingat harga minyak pada saat itu sangat mahal oleh karena itu masyarakat memilih menggoreng menggunakan pasir yang sudah dibersihkan untuk menggantikan minyak goreng dengan cara di sangan.

Kerupuk Tayamum biasanya terdiri dari empat warna yaitu putih, merah, kuning dan hijau. Rasa yang ditawarkan ada dua macam yaitu rasa bawang dan rasa udang.

Selain proses penggorengannya yang unik, ternyata Kerupuk ini juga lebih sehat karena bebas kolesterol. Namun ada satu hal yang harus Anda perhatikan saat menikmati Kerupuk ini, seringkali ada ‘bonus’ pasir atau kerikil kecil yang ‘menyelinap’ di antara kenikmatan Kerupuk Tayamum ini.

Desa sarirejo adalah salah satu desa penghasil kerupuk tayamum, desa ini berada di Kabupaten Kendal.

Harganya krupuk tayamum pun relatif murah, Rp 8.500-10.000/kg untuk Krupuk mie mentah dan Rp 15.000/kg yang sudah digoreng.

Banyak pengrajin disana memakai alat penggorengan menggunakan wajan atau bisa juga menggunakan alat berbentuk molen ukuran kecil. Kerupuk ini bebas kolesterol kareana digoreng menggunakan pasir sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Selain di Kabupaten Kendal, krupuk tayamum ini banyak juga dijumpai di Kabupaten Demak di Jawa Tengah dan Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Jenis Krupuk yang diambil dari Demak berbentuk kotak, sedang dari Kediri Jawa Timur, berbentuk seperti batok dan berwarna di sekelilingnya. Untuk Krupuk mentah jenis batok dijual antara Rp 8.000-Rp 10.000/kg, dan Rp 13.000-15.000/kg yang sudah digoreng menggunakan pasir.

UD Mansur dalam satu pekan, bisa mendatangkan Krupuk dari Kediri dan Demak dua kali, dengan jumlah sekitar 2 ton hingga 3 ton.

Kerupuk Petis

Kerupuk Petis

Merupakan salah satu cemilan yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah kerupuk petis ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat yang baru mencobanya ingin lagi dan lagi.

Kerupuk Petis adalah kerupuk yang berbahan dasar dari tepung Tapioka dan berbahan dasar petis. Sedangkan Petis ini sendiri berbahan dasar dari ikan maupun udang. Kerupuk Petis termasuk makanan ciri khas kerupuk dari kota Kendal Jawa Tengah.

Di wilayah Sijeruk Kendalbanyak terdapat pengrajin kerupuk petis. Banyak terdapat kerupuk setengah jadi yang dijemur memenuhi halaman-halaman rumah warga, hingga jalan kampung.

Industri rumahan krupuk petis khas Kendal dimulai sejak tahun 1980-an, yang dimulai oleh beberapa warga di kampung yang terletak di tengah persawahan itu sudah dikenal sebagai perajin kerupuk petis.

Jika saat itu hanya ada dua atau tiga warga yang berkecimpung dalam usaha kerupuk, kini telah berkembang menjadi belasan pengrajin.

Pencetus kerupuk petis yang pertama adalah diproduksi oleh Ny Asmiyatun dan Basari, sekarang juga sudah banyak ditekuni beberapa warga setempat untuk menambah penghasilan.

Kerupuk petis adalah makanan ringan berbahan baku utama tepung tapioka yang diberi campuran bumbu dapur, seperti bawang, ketumbar, garam, dicampur petis atau olahan rebon (bibit udang lokal).

Usaha home industri ini masih sangat bergantung pada teriknya sinar matahari untuk pengeringan krupuk petis, bila penjemuran tidak maksimal lantaran sinar matahari kurang, kerupuk setengah jadi yang dihasilkan kualitasnya berkurang.

Kadar air tidak sepenuhnya mengering, sehingga memunculkan jamur. Sehingga hasil krupuk petis tidak maksimal.

Kerupuk petis kurang baik jika diproduksi jika musim hujan, karena untuk membuat kerupuk petis yang setengah jadi ini sangat dibutuhkan panas terik yang sangat menyengat selama 2 hari sehingga proses penjemuranya berjalan dengan lancar.

Harga krupuk petis ini relatif bersahabat dengan kantong, hanya dengan selembar uang puluhan ribu anda sudah bisa menikmati lezatnya krupuk petis khas kota Kendal ini.

Jika anda sedang berkunjung di kota semarang melalui jalur darat sebelum masuk ke kota pasti akan melalui kota Kendal ini. Sisihkan waktu barang beberapa jam sambil istirahat untuk berburu kuliner ini, dijamin Anda akan membuat anda ketagihan.

Kendal merupakan salah satu kabupaten Kendal di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas dan cemilan khas Kendal juga memiliki minuman khas kabupaten Kendal yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya.

Jalan jalan ke kabupaten Kendal kurang pas jika tidak mencicipi minuman khas Kendal yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa segarnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus minuman khas Kendal juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu minumannya :

Es Dawet Ireng

Es Dawet Ireng

Merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari daerah kabupaten Kendal provinsi jawa tengah es dawet ireng memiliki cita rasa yang sangat luar biasa kesegaranya dan membuat yang baru mencobanya ingin lagi dan lagi.

Es dawet ireng memiliki arti dalam bahasa jawa berarti warna hitam karena butiran warna hitam yang terdapat pada segelas es dawet ireng warna hitam diperoleh dari abu bakar jerami yang berwarna hitam.

Es dawet ireng cara pembuatanya dengan cara di beri tambahan air dalam penyajiannya es dawet ireng lebih banyak mengunakan kuah santan di bandingkan es dawet pada umumnya dan potongan buah nangka.


Baca Juga :

28 Tempat Wisata Kendal Terbaru Lagi Hits Recommanded

18 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Kendal Recommanded

Biro Wisata Di Kendal Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Kendal, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Kendal info lengkap wisatanya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Kendal/

Demikian beberapa informasi special makan khas Kendal terpopuler serta favorit di Kendal, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*