8 Makanan Khas Sragen Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
makanan khas Sragen Soto Buthek

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Sragen Jawa Tengah

Makanan Khas Di Sragen by Ranggawisata

Sragen merupakan salah satu kabupaten daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa dengan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, Sragen juga memiliki beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke Sragen kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Sragen yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus, makanan khas Sragen juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Sragen berikut beberapa daftar makanan khas di Sragen.

Daftar menu makanan khas Sragen:

Bakso Rusuk Palur

makanan khas Sragen Bakso Rusuk Palur Sragen
source:instagram

Bagi wisatawan pecinta kuliner wajib banget mencoba makanan khas Sragen berupa bakso ini. Namanya adalah bakso rusuk palur.

Bakso rusuk palur disajikan dengan beberapa bakso dengan tulang rusuk iga sapi yang akan membuat santapan baksomu semakin maknyus dan terasa nikmat tiada tara dengan kentalnya kuah serta tetelan iga sapi.

Harganyapun sangat terjangkau sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Silahkan datang ke Jl Sukowati, Sine, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen.

Sate Kelinci Pak Peng

Sate Kelinci Pak Peng
source:instagram

Apakah Anda termasuk orang yang pecinta kulineran sate ?Iya bukan ?Maka wajib coba Sate Kelinci Pak Peng rasanya begitu nikmat dan lezat.

Sangat menggugah selera sekali apalagi dengan resep bumbu special arasa tak kalah dengan sate lainnya Jika kalian dating kesini harus membawa kesabaran karenakan antriannya sangat panjang. Sate ini berada lokasi di jalan Sragen Ngawi, Ngrampal, Sragen.

Tongseng Pak Noto

Tongseng Pak Noto kuliner yang sangat nikmat berdiri pada tahun 1995 hingga saat ini membuat cita rasa yang membuat para kulineran pada ketagihan hargapun pas dikantong pengunjung.

Khas Tongseng Pak Noto berasal dari kuah berwarna cokelat muda atasnya dilengkapi dengan sayuran seperti tomat dan kol hamper semirip seperti gulai, garang asem, tongseng.

Soto Girin

makanan khas Sragen Soto Girin
source:instagram

Soto ini memiliki aura magic yang telah menghipnotis setiap pelangganya dengan kuah segar beraroma khas kuali serta perapian arang kayu.

Rahasia kehebatan soto terletak pada cara memasaknya dan tidak pernah dirubah konon sekitar tahun 1953 pernah seorang pengusaha sukses yang didirikan dan diwariskan secara turun temurun pada anak cucunya, bagi masyarakat yang telah puluhan tahun silam pasti sudah tidak asing lagi.

Yap benar soto ini menggunakan brand “Soto Girin” yang telah dirintis oleh bapak Girin dipuluhan tahun dan kini telah diteruskan oleh anak cucu serta dilingkungan keluarga. Jangan lupa mampir ke sini berlokasi di Jalan Brigjen Katamso Sragen Kulon.

Soto Buthek

Soto Buthek
source:instagram

Makanan khas populer Sragen yaitu Soto Butek. Penyajian Soto Butek dengan daging sapi yang kaya dengan rempah-rempahnya berasa dilidah pengunjung.

Soto buthek tersebut memiliki kuah yang keruh dikarenakan menggunakan bahan rempah porsi 1 mangkuk cukup sangat murah dan terjangkau pas dikantong pengunjung. Pengunjungpun bisa dapat menikmatinya hanya mengeluarkan biaya hanya Rp.3.000.

Pecel Tumpang

Pecel Tumpang
source:instagram

Makanan khas populer di Sragen “Pecel Tumpang” sangat di gemari disini. Bumbu pecelnya legit dan pedas. Rasanya nendang banget. Rasa campuran bumbu begitu komplit tak lupa pedas, asin, manis dan sangat pas di lidah orang Indonesia khususnya. Pengunjung cukup dengan pergi ke Kuwungsari, Kabupaten Sragen

Trancam Mbah Pin

Trancam mbah Pin, wah pastinya bagi kalangan pengunjung dengan kata trancam mbah Pin kita langsung memikirkan rasa kelezatan bumbu sambal serta kesegaran sayurannya dengan citarasa mantap dan segar.

Penyajian tersebut dicampur dengan lauknya yang serba bakar menarik ketika disajikan membuat ketagihan bagi lidah penikmat kuliner pastinya ketagihan. Trancam mbah Pin buka setelah maghrib hingga pukul 21.00 WIB. Trancam mbah Pin berdiri sejak 17 tahun, Tak heran jika pecinta kuliner yang harus dicoba.

Gathot

Sragen pula juga ada makanan tradisional yang khas. Nama makanan khas tersebut yaitu Gathot. Bahan pembuatan berasal dari gaplek yang telah disimpan dalam waktu yang cukup lama, yang akhirnya menjadi makanan yang lezat.

Setelah itu dicuci sampai bersih lalu dikukus dengan potongan kecil sesuai dengan selera bahkan memiliki banyak varian rasa seperti rasa original, rasa nangka dan rasa pisang.

Dengan tambahan kelapa, garam dan gula. Penasaran ? Ayo buruan jangan lupa untuk mencicipi makanan khas sragen tersebut, Selamat berlibur selamat mencoba !

Baca Juga :

23 Tempat Wisata Sragen Terbaru Lagi Hits Recommanded

20 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Sragen Recommanded

Biro Wisata Di Sragen Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Sragen, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Sragen info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-sragen/

Demikian beberapa informasi special makan khas terpopuler serta favorit di Sragen, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*