26 Makanan Khas Solo Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Makanan khas solo: Selat solo

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Solo Jawa Tengah

Makanan Khas Di Solo by Ranggawisata

Solo merupakan salah satu kabupaten daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa dengan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, Solo juga memiliki beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke Solo kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Solo yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus, makanan khas Solo juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Solo berikut beberapa daftar makanan khas di Solo.

Berikut daftar menu makanan :

Sate Buntel

Sate buntel

Sate buntel ini terbuat dari daging kambing yang telah dihaluskan setelah itu dibungkus dengan menggunakan lapisan lemak kambing, kemudian dibakar sampai mengeluarkan aroma yang wangi.

Setelah matang disajikan dengan bumbu seperti merica, kecap manis, potongan tomat, kol, dan bawang merah. Cocok dihidangkan dengan seporsi nasi putih dan segelas es the manis. Sate ini dibandrol dengan harga : Rp 40.000 per porsi

Tempat rekomendasi : Sate Kambing Mbok Galak, Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Timlo

Timlo solo

Warga kota Solo pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan jenis ini yakni timlo. Timlo adalah perpaduan antara soto dengan citarasa sup. Timlo khas solo ini banyak sekali isi topingnya, dimulai dari suwiran ayam, sosis, wortel, telur bacem dan lain-lain.

Tempat rekomendasi : RM Timlo Solo, Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.94, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128

Nasi Liwet

Nasi Liwet solo

Jika dilihat sekilas mungkin nasi liwet ini mirip dengan gudeg makanan khas Yogyakarta, tapi jangan salah nasi liwet dan gudeg ini berbeda. Letak perbedaannya yaitu nasi liwet menggunakan sayur labu siam sedangkan gudeng menggunakan sayu nangka.

Jadi ingat ya jangan salah. Nasi liwet biasanya dihidangkan dengan beberapa toping seperti suwiran ayam, ceker, telur bacem, dan areh atau santan kental yang gurih.

Tempat rekomendasi : Nasi Liwet Yu Sani Gemblegan, Jl. Veteran No.90-191, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57156

Selat Solo

Makanan khas solo: Selat solo

Makanan khas Solo yang satu ini memang unik karena dapat pengaruh dari hidangan makanan Eropa. Selat solo berasal dari kata “Selat” yang artinya Salad dan “bistik” yang artinya “biefstuk” atau “steak” atau bisa juga daging setengah matang.

Daging setengah matang ini dimodifikasi menjadi empal yang disiram dengan kuah kecap manis yang masih hangat. Selat solo ini biasa disajikan dengan sayuran seperti buncis dan wortel rebus, daun selada serta tomat dilengkapi dengan kentang goreng dan telur.

Tempat Rekomendasi: RM Kusuma Sari, Jalan Brigjen Slamet Riyadi No.111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, dan Jalan Yos Sudarso No. 81, Nonongan Solo

Bakso Kadipolo Solo

Bakso kadipolo

Di Solo terdapat satu tempat yang menyajikan menu khas yaitu Bakso Kadipolo, orang Solo sudah pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat makan dengan menu unggulan bakso ini, dan bila mendengar kata Kadipolo pasti teringat akan kelezatan dan enaknya bakso daging asli dengan kuah yang bening nan gurih.

Bakso Kadipolo sudah ada dan terkenal sejak tahun 1967. Hingga saat ini tetap jadi pilihan banyak penikmat kuliner. Tempat rekomendasi : bakso kadipolo, Jl. Ronggowarsito No.163, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

Soto Gading

Soto gading solo

Soto Gading ini adalah sebuah nama salah satu tempat kuliner yang wajib kunjungi. Soto gading ini adalah soto ayam dengan kaldu yang kental sehingga menghasilkan rasa yang akan memanjakan lidah.

Soto gading ini memiliki keunikan yaitu menjadi soto langganan para orang nomor 1 di Indonesia. Tempat rekomendasi : soto gading 1, Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57156

Mie Gajah Mas

Mie gajah mas

Mie gajah mas di dekat Pasar Gede ini memang selalu ramai di datangi pengunjung. Mie yang tersedia juga berbagai macam aneka mie dari mie ayam bakso hingga mie pelangi yang berwarna warni.

Tak hanya cita rasanya yang nikma, mie Gajah Mas ini juga terbilang makanan yang sehat tentunya. Untuk tempat rekomendasi : Jl. Suryopranoto No 1, Solo.

Sate Kere

Makanan khas solo ini bukan berarti sate miskin namun dinamakan sate kere karena dijual dengan harga yang murah. Bahan utama sate kere yaitu dari potongan tempe gembus yang ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar di atas arang.

Sebelum disajikan, sate kere yang telah matang disiram dengan kuah bumbu bacem yang lezat. Sate kere cocok disantap dengan sepiring nasi hangat dan keupuk.

Tempat rekomendasi : sate kere mak narti, Jl. Sutan Syahrir No.97, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129

Tahu Kupat

Makanan khas dari solo selanjutnya ini yakni tahu kupat. Tahu kupat adalah makanan yang terdiri dari touge, ketupat, mie basah, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang sudah dipotong dadu serta taburan kacang goreng.

Seluruh bahan kemudian dihidangkan bersama dengan bumbu kecap manis encer ditambah rasa bawang serta taburan bawang goreng. Makan tahu kupat akan terasa kurang lengkap jika tanpa tambahan telur dadar dan ditemani kerupuk.

Bagi penyuka makanan pedas, sajian ini bisa dipesan dalam rasa pedas dengan menambahkan ulekan cabai rawit merah ke dalamnya. Tempat rekomendasi : Tahu Kupat ‘Sido Mampir’ Punggawan Jl. Gajahmada No.95, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

Tengkleng

Makanan khas solo yang berbahan dasar kambing selain sate kambing yaitu tengkleng. Tengkleng ini bahan utamanya adalah sedikit daging yang menempel pada tulang kambing yang sudah dibersihkan kemudian diberi bumbu.

Bumbu ini terdiri dari rempah-rempah, bumbunya ini mirip dengan bumbu dalam membuat masakan gulai hanya saja kuahnya encer dan disajikan dalam wadah yang besar.

Tempat rekomendasi : Tengkleng Kambing Bu Pon, Shelter Lojiwetan, Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

Sup Matahari

Makanan tradisional khas solo ini tak kalah sehat dari makanan khas Solo yang lainnya. Sup matahari ini memang disajikan yang bentuk penyajiannya menyerupai bunga matahari.

Bungkusan telur dadar ini ketika dibuka berisi galantin ayam dan berbagai macam sayuran sehat. Sup matahari ini bisa ditambahkan sambal pedas agar makin nikmat dengan nasi hangat.

Tempat rekomendasi : sop matahari & salad mbak tuk Jl. Honggowongso No.139, Kratonan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57154

Berikut daftar menu cemilan (jajanan) khas Solo:

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini, betul sekali serabi notosuman sangat melegenda sejak tahun 1993 yang berlokasi di daerah Notosuman. Awalnya serabi Notosuman terbuat dari adonan tepung beras, garam, gula, dan santan serta hanya memiliki dua toping saja yaitu coklat meses dan vanilla.

Seiring perkembangan zaman serabi Notosuman menyajikan toping yang semakin bervariasi, mulai dari coklat, keju, kacang coklat, green tea, stroberi dan lain-lain.

Tempat rekomendasi : Serabi Notosuman Ny. Lidia, Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152

Brambang asem

Brambang asem

Brambang asem makanan khas Solo tempoe doeloe, silakan mencicipi Brambang Asem. Seperti namanya, Brambang Asem adalah makanan yang terbuat dari daun singkong yang direbus.

Makanan ini beraroma bawang merah dengan rasa pedas, yang bisa disantap dengan tempe gembus, tempe yang terbuat dari bahan ampas tahu. Brambang Asem merupakan cemilan untuk dinikmati.

Tempat rekomendasi : Yu Sum (Pasar Gede) Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Lenjongan

Lenjongan

Selain Brambang Asem, cemilan khas solo yang lainnya yaitu lenjongan. Lenjongan yaitu jajanan tradisional gabungan dari sejumlah cemilan manis khas Solo, seperti tiwul, cenil, ketan hitam, gethuk, ketan putih, sawut, dan klepon.

Karena rasanya yang manis membuat Lenjongan lebih mudah diterima oleh banyak kalangan dan diminati banyak orang. Tempat rekomendasi : Yu Sum (Pasar Gede) Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret

Es gempol pleret adalah minuman tradisional khas Solo. Minuman ini terbuat dari adonan tepung sagu dalam membuat gempol, tepung beras dalam membuat pleret, garam, gula, dan santan.

Jika disantap secara bersamaan antara gempol, pleret, dan gurihnya santan serta manisnya gula jawa akan menambah citarasa di lidah. Es Gempol Pleret ini biasanya di jual secara keliling.

Tempat rekomendasi : Warung makan gempol pleret dan mie thoprak mangkuyuban, Jl. Dr. Wahidin, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148

Es Dawet Telasih

Es dawet telasih

Minuman khas solo yang paling dicari salah satunya es dawet telasih. Es dawet telasih ini cocok disantap ketika cuaca sedang panas, es dawet telasih ini mampu menyegarkan dahaga ketika disiang hari.

Es dawet telasih ini berdiri sejak 1930 jadi sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Tempat rekomendasi : dawet telasih bu dermi pasar gede, Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121

Kue Lapis Mandarin

Kue lapis Mandarin terkenal sejak beberapa dekade silam karena rasanya yang lembut dan manis, juga karena teknik pembuatan dan penyajian yang fresh from the oven.

Kue lapis mandarin mirip dengan kue spiku di Surabaya, namun kue lapis mandarin menggunakan selai nanas. Selai nanas inilah yang yang menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai kue ini.

Tempat rekomendaso : Toko Kue Orion, Jalan Jendral Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Rambak petis

Rambak petis Wirjodihardjo adalah rambak petis yang digemari oleh banyak orang. Rambak ini sudah mulai diproduksi sejak tahun 1947 sampai sekarang.

Keunikan dari Rambak Petis Wirjodihardjo adalah tetap mempertahankan resep rahasianya, sehingga sampai saat ini cita rasa akan tetap sama dari sejak dauhulu hingga sekarang. Rasa asin dan gurih khas rambak ini berbeda dengan yang lain.

Rasa sambal petisnya juga semakin membuat nikmat. Kualitas rambak ini aman untuk kesehatan,karena telah terdaftar dalam Departemen kesehatan jadi sudah tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk membelinya.
Tempat rekomendasi : rambak petis wirjodiharjo, Kalikuatan No. 10, Jagalan, Solo

Tahok

Kuliner tradisional Tionghoa ini menjadi salah satu makanan khas Solo yang harus wajib coba. Jika di Singkawang, kuliner ini disebut kembang tahu, namun di Solo, tepatnya di Pasar Gede lebih dikenal dengan tahok.

Tahok memiliki tekstur yang lembut seperti puding, sementara rasanya manis dan hangat. Bahan dasar dari tahok yaitu gula merah, daun sereh, daun pandan dan jahe yang menjadikan tahok memiliki citarasa ini.

Konon kabarnya, mengkonsumsi tahok secara rutin dapat menunda datangnya menopouse bagi wanita, mencegah kanker prostat, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan berguna untuk program diet untuk menurunkan berat badan.

Wedang Uwuh

Minuman tradisional khas solo yang masih banyak peminatnya yaitu wedang uwuh. Wedang uwuh ini berbahan dasar rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat.

Salah satunya dapat menurunkan kolesterol. Wedang uwuh cocok dihidangkan ketika cuaca sedang dingin dan disantap saat masih hangat. Tempat rekomendasi : dongo pak untung, Jl. RE Martadinata No.118, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121

Wedang Asle

Wedang Asle merupakan minuman tradisional solo yang wajib dicoba, karena memiliki rasa yang segar gurih manis dan hangat yang cocok dinikmati ketika musim hujan.

Wedang asle terbuat dari perpaduan antara roti tawar, kolang kaling, beras ketan dan santan. Wedang asle biasa disajikan dalam keadaan hangat dengan mangkuk kecil.

Tempat rekomendasi : Wedang Asle Pak Widodo, Shelter PKL Manahan Solo, Jl. Menteri Supeno, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

Es Dawet Jeruk Nipis

Es Dawet ini berbeda dengan es dawet yang lainnya, es dawet biasanya menggunakan santan dan gula merah tetapi es dawet jeruk nipis ini menggunakan bubuk ketan merah.

Dengan demikian, es ini menghasilkan warna merah dan tambahan jeruk nipis yang menambah citarasa asam. Es dawet jeruk nipis sangat menyegarkan ketika di minum pada siang hari.

Tempat rekomendasi : Es Dawet Jeruk Nipis Pak Cip,  Jl. Honggowongso No.89, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57153

Bubur Tumpang

Biasanya banyak orang menjadikan bubur tumpang sebagai menu sarapan di pagi hari. Cita rasnya yang sangat gurih dan selalu diburu masyarakat ketika dipagi hari adalah makanan khas solo yaitu bubur tumpang.

Cara masak bubur tumpang yaitu dengan menggunakan sambal dan diberi sambal di atasnya. Hal Inilah yang kata orang Jawa disebut dengan ‘tumpang’. Untuk pembuatan sambalnya terdiri dari tempe besem yang dicampur cabai, kencur, serai, daun salam dan jeruk.

Sambal bubur tumpang juga menggunakan daun bawang untuk menambah cita rasa gurihnya. Tambahan lauk yang dapat dipilih untuk menikmati bubur tumpang sangat beragam.

Mulai dari daging ayam, daging sapi dan tempe. Supaya lebih lengkap tambahkan kerupuk atau peyek teri. Tempat rekomendasi : nasi dan bubur pecel tumpang, Jl. Sampangan No.56, Semanggi, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57191

Intip Solo

Intip adalah makanan khas solo yang unik, intip sendiri adalah kerak nasi yang dikeringkan dan digoreng kembali. Intip tersebut dibentuk di sebuah tempat khusus dengan bentuk yang bulat. Sedangkan untuk bumbu dalam pembuatan intip biasanya menggunakan daun bawang dan terasi.

Jika dilihat, tampilan intip ini sangat mirip dengan rengginang. Intip biasa dijual di toko oleh-oleh Kota Solo. Harganya juga sangat terjangkau dibandrol mulai dari Rp7.500 per buahnya untuk kemasan 300 gram dengan cita rasa asin dan manis.

Sedangkan untuk yang rasa original dibanderol dengan harga Rp10.000. Tempat rekomendasi : intip asli oleh-oleh bu harno, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128.

Brem Solo

Brem khas solo mempunyai cita rasa lumer di mulut dan biasanya punya rasa masam dan dingin. Banyak orang membeli makanan khas Solo ini sebagai buah tangan. Hal ini karena makanan ini tahan lama dan tidak mudah basi.

Selain itu, brem juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah dapat menaikkan kadar hormon dan membantu melancarkan arteri darah.

Untuk mendapatkan brem Solo dapat ditemukan di pusat oleh-oleh yang tersebar di berbagai lokasi. Brem Solo dijual dalam kemasan tertentu yang jumlah isinya berbeda-beda.

Ada kemasan yang berisi 10 biji brem Solo dan sebagainya. Tempat rekomendasi : brem asli solo, Jl. Surya No.158, Jagalan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57124

Ampyang

Ampyang adalah camilan tradisional dengan cita rasa manis dan legit. Bahannya adalah kacang tanah yang dicampur dengan gula merah. Dari segi bentuknya, memang terlihat seperti keripik dan berbentuk bulat pipih. Uniknya, selain rasa manis ada aroma jahe yang khas.

Meski teksturnya agak keras namun soal rasanya tidak kalah lezatnya. Bahkan saat ini juga ada para penjual yang menawarkan ampyang dengan cita rasa tambahan.

Misalnya saja seperti rasa cokelat cair. Selain sebagai camilan, ternyata di zaman dulu orang mengonsumsi ampyang untuk menghangatkan badan. Kemudian, ampyang juga digunakan dalam beberapa upacara bagi masyarakat Jawa. Mulai dari peringatan hari besar keagamaan hingga acara pernikahan

Baca Juga :

25 Tempat Wisata Solo Terbaru Lagi Hits Recommanded

20 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Solo Recommanded

Biro Wisata Di Solo Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Solo, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.
Segera agendakan untuk mengunjungi Solo info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-solo/

Demikian beberapa informasi special makan khas terpopuler serta favorit di Solo, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*