33 Tempat Wisata Mungkid Sekitaran Magelang Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Wisata Mungkid Magelang Embung KP

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Mungkid

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata Di Mungkid, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Kota Mungkid adalah nama wilayah aglomerasi yang berfungsi sebagai sentra pemerintahan Kabupaten Magelang yang kegiatannya terkonsentrasi di Kelurahan Sawitan (Jalan Letnan Tukiyat), meski Kecamatan Mungkid adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Magelang yang berfungsi melaksanakan cara pemerintahan setingkat kecamatan dengan kegiatannya yang berfokus di Kelurahan Mungkid (jalan Magelang-Yogyakarta).

Selain itu, Mungkid memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu ada wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Mungkid ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kota Mungkid.

Wisata Alam Di Mungkid Yang Mengagumkan

Mangu River Tubing Magelang

Mangu River Tubing Magelang

  • Mangu River Tubing Magelang
  • Lokasi : Jalan Candimulyo KM 01, Kempulan, Senden, Mungkid, Burun, Senden, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Mungkid yang pertama adalah Mangu River Tubing Magelang. Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Candimulyo KM 01, Kempulan, Senden, Mungkid, Burun, Senden, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Tubing Kali Mangu ialah tubing yang berhulu langsung dari Gunung Merbabu. Aliran dari kali Mangu melewati lebih dari satu wilayah ialah Sawangan serta Mungkid.

Sungai Mangu ialah sungai kecil yang setelah itu menyatu dengan Sungai Elo yang jadi daerah buat Rafting Sungai Elo. Kali Mangu sendiri senantiasa menjadi kali yang asri dengan air yang belum tercemar dengan limbah- limbah, agar airnya senantiasa jernih

Tubing Kali Mangu bawa watak yang tenang tetapi ada jeram- jeram yang yang asyik serta safe buat dilewati. Rute buat Tubing Kali Mangu Magelang banyak macam serta bawa karaker jeram yang berbeda.

Ada lebih dari satu spot jeram tubing yang bisa memacu adrenalin kamu selagi melewatinya. Rute Tubing Kali Mangu yang dilewati sejauh 2- 3 Kilometer yang ditempuh dekat 1, 5 jam sampai 2 jam tergantung suasana arus sungai dengan kedalaman sungai dari 0, 5- 3 m.

Tubing Kali Mangu Magelang bawa pesona yang khas pedesaan, dengan Sungai Mangu sendiri punyai keelokan semacam batu- batuan natural semacam Green Canyon serta lebih dari satu air terjun kecil di pinggir sungai sejauh melewati Tubing Kali Mangu.

Arung Jeram Magelang Citra Elo

Arung Jeram Magelang Citra Elo

  • Arung Jeram Magelang Citra Elo
  • Lokasi : Jl. Sendangsono No.KM. 0.2, Kanden, Progowati, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Mungkid yang berikutnya adalah Arung Jeram Magelang Citra Elo. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Sendangsono No.KM. 0.2, Kanden, Progowati, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Terletak di distrik Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sungai Elo menawarkan liburan wisata alam serta pengalaman yang menantang dan mengasyikkan.

Bersiaplah buat kejutan di sekian banyak jeram yang kadangkala tenang serta kadangkala menggelora. Tidak butuh dapat berenang buat turut trip ini. Arus yang normal membuat ekspedisi ini mengasyikkan baik masa hujan maupun kemarau.

Untuk fasilitas di Arung Jeram Magelang Citra Elo ini termasuk:
-Grade III+ Rafting
-Asuransi (hingga Rp 20.000.000)
-Peralatan arung jeram
-Pemandu sungai
-Minuman pada saat break
-Makan 1x di Citra Elo Riverside Resto
-Transportasi lokal
-Kamar mandi dan toilet
-Kolam renang pada saat weekend
-Sertifikat

Tubing Magelang – Senden Water Adventure

Tubing Magelang - Senden Water Adventure

  • Tubing Magelang – Senden Water Adventure
  • Lokasi : Jl.Senden – Ngabean , Senden, Mungkid, Kempulan, Senden, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Mungkid yang berikutnya adalah Tubing Magelang – Senden Water Adventure. Lokasi wisata alam ini berada di Jl.Senden – Ngabean , Senden, Mungkid, Kempulan, Senden, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Zona wisata petualangan arus sungai dalam pengembangan ini memiliki panorama indah hawa fresh menaikkan atmosfer tamasya terus menjadi aman di wisata petualangan air ini.

Derasnya arus sungai dengan rintangan batu didalamnya membuat atmosfer partisipan terus menjadi semangat, buat sarana penunjang yang lain lumayan ada serta pelayanan yang lumayan baik. Bila kamu mau mendatangi Tubing Magelang ini, persiapkan keadaan individu yang prima buat turut menikmati arena ini.

De Borobudur Rafting Sungai Elo

DeBorobudur Rafting Sungai Elo

  • DeBorobudur Rafting Sungai Elo
  • Lokasi : Jl. Mayor Kusen No.47, Cabean, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Mungkid yang berikutnya adalah DeBorobudur Rafting Sungai Elo. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Mayor Kusen No.47, Cabean, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Sungai Elo ialah sungai yang terletak di Kabupaten Magelang dengan hulu sungai terletak di Gunung Merbabu serta hilir Sungai Progo. Start Point arung jeram De Borobudur Rafting Sungai Elo ini terletak di Desa Pare, Blondo, Mungkid.

Dan finish point-nya terletak di Mendut, Mungkid. Waktu tempuh pengarungan kurang lebih 2, 5 jam dengan rute 12 kilometer.

Dini pengarungan Sungai Elo terletak di Start Point di Desa Pare, Blondo. Di mari partisipan terlebih dulu diberi pengarahan saat sebelum pengarungan sungai. Pengarahan tersebut sangat berarti untuk kelancaran proses arung jeram.

Serta buat finish point yang ialah akhir dari proses pengarungan partisipan setelah itu berjalan kaki dari Finish Point mengarah Basecamp De Borobudur yang cuma 50 m. Sungai Elo mempunyai bermacam sisi menarik dari sungai lain.

Sungai ini ada jeram yang menantang untuk pendatang baru. Kondisi air yang sebagian tenang bisa digunakan buat atraksi kapal yang seru buat dicoba. Walaupun tenang Sungai Elo senantiasa mempunyai jeram- jeram seru buat dinikmati.

Kampung Wisata Jamkid

Kampung Wisata Jamkid

  • Kampung Wisata Jamkid
  • Lokasi : Jl. Mayor Sutari, Janbian, Rambeanak, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Mungkid yang berikutnya adalah Kampung Wisata Jamkid. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Mayor Sutari, Janbian, Rambeanak, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Di Kampung Wisata Jamkid, tidak hanya rafting pula terdapat tubing, yang pastinya mempunyai sensasi sendiri dengan sungai elo yang mempunyai aliran air yang bergelombang dan jeram ataupun arus deras.

Perihal ini menjadikan tubing sejauh 2 kilometer, mempunyai tantangan yang menghasilkan adrenalin tertentu serta untuk yang mau merasakan adrenalin tubing disungai elo, bisa mendatangi Kampoeng Wisata Jamkid ini.

Embung KP

Embung KP

  • Embung KP
  • Lokasi : Banjaroyo, Muntilan, Kulon Progo, Tomogoro, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Mungkid yang berikutnya adalah Embung KP. Lokasi wisata alam ini berada di Banjaroyo, Muntilan, Kulon Progo, Tomogoro, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Magelang, Jawa Tengah.

Panorama alam di embung ini kala cuaca terang menyuguhkan deretan pegunungan menoreh yang indah serta merapi merbabu yang indah. Waktu berkunjung yang pas ke embung merupakan di pagi serta sore hari, sebab terasa sangat sejuk.

Sebaliknya di siang hari terasa sangat panas. Di embung ini pula ada santapan ikan yang dijual dengan harga Rp. 2. 000, 00 utk berikan makan ikan di dalam embung yang nampak sangat mengasyikan.

Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu

  • Bukit Punthuk Setumbu
  • Lokasi : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Bukit Punthuk Setumbu. Lokasi wisata alam ini berada di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Setumbu ialah suatu bukit buat menikmati keelokan candi Borobudur dari sisi lain. Jika memandang candi Borobudur dari dekat bisa jadi telah sangat mainsteam, nah disinilah kita dapat menikmati keelokan Borobudur dari sudut pandang yang berbeda.

Bukit ini diketahui bagaikan tempat terbaik buat menikmati sunrise serta pula sunset di dekat Candi Borobudur. Disini kita dapat menikmati panorama alam yang luar biasa, kita dapat memandang Candi Borobudur yang begitu megah. Punthuk Setumbu sendiri terletak di kecamatan Borobudur.

Bukit Sukmojoyo

Bukit Sukmojoyo

  • Bukit Sukmojoyo
  • Lokasi : Gintung, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Bukit Sukmojoyo. Lokasi wisata alam ini berada di Gintung, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Masih berbentuk tempat wisata alam di Magelang, kamu dapat mengunjung Sukmojoyo Hill yang terdapat di Dsn. Krinjing, Ds. Giritengah. Tiket masuknya sebesar Rp 5, 000 serta membayar bayaran parkir Rp 3, 000.

Progo Rafting

Progo Rafting

  • Progo Rafting
  • Lokasi : Jl. Cemp. No.9, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata alam di Magelang yang berikutnya adalah Progo Rafting. Lokasi wisata alam ini berada di Jl. Cemp. No.9, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan arung jeram jadi salah satu energi tarik Perumahan Griya Tok Songo, Kota Magelang. Sungai Progo atas mempunyai aliran sejauh 12 km, durasi waktu sepanjang melaksanakan arung jeram di sungai ini merupakan dekat 2, 5 sampai 3 jam.

Gimana, kamu tertarik berupaya berolahraga ekstrim ini? Terdapat sebagian rute yang dapat kamu coba, antara lain arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, serta arung jeram Sungai Progo Dasar.

Sungai Progo Hulu serta sungai Progo Atas terletak di daerah Magelang, sedangkan Sungai Progo Dasar terletak di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Untuk Kamu yang menggemari tantangan air, Kamu bisa menjajal Sungai Progo ini serta menaklukkannya.

Wisata Keluarga Di Mungkid Yang Seru & Menyenangkan

Nakula Sadewa Park

Nakula Sadewa Park

  • Nakula Sadewa Park
  • Lokasi : Jl. Raya Magelang-Yogyakarta, Pabelan, Mungkid, Tangkilan, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Mungkid yang pertama adalah Nakula Sadewa Park. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Raya Magelang-Yogyakarta, Pabelan, Mungkid, Tangkilan, Pabelan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata baru yang sayang dilewatkan kala lagi berkunjung ke Kabupaten Magelang yaitu Nakula Sadewa Education Park, suatu taman lengkap dengan obyek- obyek menarik karya dari para seniman.

Berkonsep suatu taman edukasi ini Nakula Sadewa Park hendak memanjakan turis yang berkunjung. Nakula Sadewa Park Education menyuguhkan seni dari bermacam koleksi bernuansa nusantara.

Sehingga tidak hanya tamasya wisatawan pula bisa lebih memahami Indonesia. Ornamen– ornamen ini lah yang menarik buat dijadikan spot gambar buat para penggemar fotografi maupun Selfie.

Taman Rekreasi Mendut

Taman Rekreasi Mendut

  • Taman Rekreasi Mendut
  • Lokasi : Jalan Mayor Kusen, Mendut, Mungkid, Ngentan II, Sawitan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Mungkid yang pertama adalah Taman Rekreasi Mendut. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jalan Mayor Kusen, Mendut, Mungkid, Ngentan II, Sawitan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Bagaikan wahana Tamasya, Kolam renang ini sediakan 2 kolam renang yang lumayan luas. Tidak hanya itu pula Kolam renang mendut telah dilengkapi sebagian sarana hiburan semacam Taman Bermain, kantin, Kandang Kijang, Wc serta lain- lain.

Buat liburan, jalan- jalan, ataupun mau menikmati atmosfer berenang di Taman Tamasya Mendut, kamu dapat mengaksesnya dari jam 07: 30- 17: 00 sore dengan tiket masuk Rp. 7.000,-. Serta jika kamu mau menyewa ban, kamu lumayan merogoh gocek sebesar Rp. 2.000,- saja.

Lapangan Terbuka dan Pendopo drh. Soepardi

Lapangan Terbuka dan Pendopo drh. Soepardi

  • Lapangan Terbuka dan Pendopo drh. Soepardi
  • Lokasi : lapangan, Ngentak II, Ngentan II, Sawitan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Mungkid yang pertama adalah Lapangan Terbuka dan Pendopo drh. Soepardi. Lokasi wisata keluarga ini berada di lapangan, Ngentak II, Ngentan II, Sawitan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Lapangan serta pendopo ini dapat dibilang Taman hijaunya Kabupaten Magelang, dapat dibilang alun-alunnya Kabupaten Magelang. Atmosfer yang sejuk serta aman terlebih telah ditambahi sarana berolahraga sangat sesuai buat tempat santai/ kongkow bersama keluarga melepas penat kala pagi hari ataupun sore hari.

Taman Athena

Taman Athena

  • Taman Athena
  • Lokasi : Blodru, Bojong, Kojor, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Mungkid yang pertama adalah Taman Athena. Lokasi wisata keluarga ini berada di Blodru, Bojong, Kojor, Magelang, Jawa Tengah.

Posisinya memanglah tidak di muka. Mencarinya saja tentu penuh dengan cerita. Begitulah Taman Athena, Taman Bunga serta durian dengan kelinci di dalamnya.

Taman yang terletak di Bojong Kojor, Mungkid, Magelang ini pernah jadi opsi untuk para penikmat gambar serta atmosfer hijau. Bunga- Bunga warna- warni sangat instagramable.

Taman ini masih dapat jadi opsi yang menarik buat mengisi liburan serta menghadirkan anak tentang kelinci, bunga- bunga an serta durian. Terdapat 2 tipe durian di Taman yang luasnya dekat 5000 m persegi ini. Durian Montong serta Musang King.

Wisata Kampung Warna-Warni Tidar Campur

Wisata Kampung Warna-Warni Tidar Campur

  • Wisata Kampung Warna-Warni Tidar Campur
  • Lokasi : Jl. Tidar Campur, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Mungkid yang pertama adalah Wisata Kampung Warna-Warni Tidar Campur. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Tidar Campur, Tidar Sel., Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah.

Terdapat tempat wisata Magelang yang unik namanya Kampung Warna- Warni. Sekalipun ini cuma lingkup RT, tetapi wisatawan mancanegara kerap tiba ke kampung tersebut. Apalagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat tiba di kampung ini.

Kampung Warna-Warni terletak di RT 01/ RW 01 Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Inilah desa wisata yang mesti turis coba datangi.

Di Kampung Warna- warni pula ada spot selfie yang terencana terbuat. Terdapat lukisan Pangeran Diponegoro, setelah itu terdapat foto Water Torent yang sudah jadi yang salah satu ikon Kota Magelang.

Kolam Renang Pisangan

Kolam Renang Pisangan

  • Kolam Renang Pisangan
  • Lokasi : Ngepos, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Kolam Renang Pisangan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Ngepos, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Kolam Renang Pisangan ialah kolam renang yang lumayan luas dengan air yang jernih. Pelayanan disini pula sangat baik serta ramah dengan tingkatan kebersihan kolam renang yang besar, tiket masuk kolam renang buat berusia ialah Rp 10. 000,- setiap orang. Sebaliknya buat kanak- kanak cukup dengan Rp 5. 000,-

Kolam Renang Tirta Kencana

Kolam Renang Tirta Kencana

  • Kolam Renang Tirta Kencana
  • Lokasi : Ngepor, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Kolam Renang Tirta Kencana. Lokasi wisata keluarga ini berada di Ngepor, Banyuurip, Kec. Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Kolam Renang Tirta Kencana ialah salah satu kolam renang yang tempatnya bersebelahan dengan kolam renang Soekotjo. Kolam renang ini sangat ramah buat kanak- kanak sebab mempunyai fasilitas yang baik serta lengkap.

Tiket buat masuk kolam renang Tirta Kencana lumayan murah ialah cuma Rp 4. 000,- setiap wisatawan. Dengan harya tersebut telah bisa menikmati kesegaran air yang terdapat serta sarana yang lengkap serta nyaman.

Rumah Kamera

Rumah Kamera

  • Rumah Kamera
  • Lokasi : Majaksingi 8, Borobudur, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Rumah Kamera. Lokasi wisata keluarga ini berada di Majaksingi 8, Borobudur, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rumah kamera ialah replika kamera dengan 4 dimensi 17 x 18 meter. Dengan dimensi sebesar itu, rumah kamera masuk dalam rekor Muri bagaikan rumah kamera terbanyak di Indonesia. Buat membangunnya diperlukan dana paling tidak 1 miliyar rupiah.

Rumah kamera terdiri dari 4 lantai serta berakhir dibentuk pada 2013. Saat ini rumah kamera jadi salah satu destinasi wisata Magelang yang tidak boleh dilewatkan.

Ada pula penyebab ataupun penggagas ilham rumah kamera DSLR ini merupakan seniman lokal bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Ada banyak hasil karya seni lukisan dari bermacam seniman disini.

Ketep Pass

Ketep Pass

  • Ketep Pass
  • Lokasi : Jl. Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Ketep Pass. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Ketep, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Ketep Pass jadi salah satu spot terbaik buat menikmati panorama alam pegunungan serta bukit yang begitu indahnya serta tidak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik.

Dari mari turis bisa memandang luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass mempunyai beberapa sarana wisata yang menarik, di antara lain Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, serta Pelataran Panca Arga.

Buat memanjakan wisatawan, pengelola sediakan 2 buah teropong di Gardu Pandang serta Pelataran Panca Arga. Buat dapat menikmati panorama alam dengan memakai teropong, kita wajib membayar Rp 3 ribu saja. Buat bisa menikmati fasiltias museum ataupun bioskopnya, kita dikenana tarif Rp 7 ribu per orang.

Alun Alun Kota Magelang

Alun Alun Kota Magelang

  • Alun Alun Kota Magelang
  • Lokasi : Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Alun Alun Kota Magelang. Lokasi wisata keluarga ini berada di Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Tempat wisata di Magelang yang tidak boleh kamu lewati merupakan alun- alun Kota. Alun- alun ini jadi pusat aktivitas kanak- kanak muda serta keluarga di sore hingga malam hari.

Disini, kamu dapat menikmati kuliner Magelang yang lezat dan berbelanja bermacam kebutuhan ataupun oleh- oleh. Alun- alun kota Magelang tertata dengan baik serta sangat asri tidak heran mengapa warga bahagia menghabiskan waktu bersama di alun- alun.

Alun- alun ini jadi tempat berkumpulnya warga Magelang buat menghabiskan waktu bersama sembari bermain bersama kanak- kanak.

Alun- alun ini pula lumayan menarik sebab di samping dekat dengan tempat peribadatan untuk umat islam, kristen, katholik serta konghucu, Disitu kamu pula bisa membeli oleh- oleh sebab terdapat pula pusat perbelanjaan semacam matahari, gardena, serta pecinan.

Taman Badaan

Taman Badaan

  • Taman Badaan
  • Lokasi : Jl. Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang berikutnya adalah Taman Badaan. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman ini dipadati arca jerapah, gajah serta hewan lain. Disini, Kamu pula dapat menikmati jajanan kuliner di dekat Taman Badaan ini.

Tidak heran dikala akhir minggu ataupun dikala masa liburan datang, taman ini dipadati oleh keluarga yang bercengkrama dengan anak- anaknya, buat kamu yang masih pula sendiri hendaknya mencermati dari jauh aja ya.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

  • Taman Kyai Langgeng
  • Lokasi : Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata keluarga di Magelang yang pertama adalah Taman Kyai Langgeng. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman ini sangat asri, sehingga hawa di sekitarnya sangat sejuk serta tidak heran mengapa turis lokal menjadikan taman Kyai langgeng bagaikan tempat buat bercengkrama bersama keluarga.

Taman kyai Langgeng berjarak kurang lebih 1 kilometer arah selatan pusat kota Magelang. Taman Kyai Langgeng merupakan pula tempat bermain anak di Magelang dengan game jetcoster, kolam renang, serta yang lain.

Tidak hanya wahana yang telah disebutkan di atas, tempat wisata anak di Magelang ini pula mempunyai game jetcoster, kolam renang, dan bermacam kuliner lezat kesukaan kanak- kanak semacam sosis panggang serta burger, pula ada bibliotek di Taman Kyai Langgeng ini. Persis di sebelah taman, ada sarana Arung Jeram Progo Asri.

Wisata Sejarah Di Mungkid Terbagus Yang Pernah Ada

Candi Mendut

Candi Mendut

  • Candi Mendut
  • Lokasi : Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang pertama yaitu Candi Mendut. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut jadi salah satu tempat wisata di Magelang yang sayang sekali buat dilewatkan, terlebih lokasinya cuma dekat 3 kilometer dari Candi Borobudur. Candi Mendut memanglah tidak sepopuler candi Burobudur, tetapi senantiasa saja mempunyai nilai artistik yang besar. Candi ini pula mempunyai warna buddha.

Candi ini dibentuk pada jaman pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam Candi Mendut ada sebagian patung yang menghiasi isi candi. Terdapat pula relief- relief yang terpahat pada bilik candi.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

  • Candi Borobudur
  • Lokasi : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Borobudur. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi ini mempunyai 10 tingkatan dari dasar sampai ke sangat atasnya. Dengan ukiran/ relief candi yang sangat rumit membuat candi ini mempunyai nilai artistik yang sangat besar.

Sampai saat ini para ilmuwan masih belum dapat menciptakan tata cara pembangunan candi yang masuk dalam situs peninggalan dunia, World Heritage Sites oleh UNESCO.

Buat bisa menikmati keelokan candi ini dari dekat kita wajib membayar tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 30 ribu per orang( berusia), kanak- kanak sebesar Rp 12. 500 per orang. Buat tiket masuk wisatawan mancanegara merupakan sebesar USD 20 (dewasa) serta USD 10 (kanak- kanak).

Candi Ngawen

Candi Ngawen

  • Candi Ngawen
  • Lokasi : Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Mungkid yang berikutnya yaitu Candi Ngawen. Lokasi wisata sejarah ini berada di Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Ngawen ialah situs aset sejarah berbentuk candi, ialah candi ngawen yang terdapat di dekat pasar muntilan, kelurahan gunung pring kecamatan muntilan, terdiri dari 5 candi, tetapi hingga dikala ini yang masih utuh cuma satu, sisanya telah jadi reruntuhan.

Bisa jadi karena jauh dari jalur utama sehingga jaraknya terasa jadi jauh untuk wisatawan yang hendak memandang keunikan dari candi ngawen tersebut. Candi ngawen berdiri di dekat pemukiman masyarakat serta sawah.

Candi Pawon

Candi Pawon

  • Candi Pawon
  • Lokasi : Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Pawon. Lokasi wisata sejarah ini berada di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Pawon jadi tempat wisata di Magelang berikutnya, Candi ini lokasinya lebih dekat lagi dengan candi Borobudur dibanding candi mendut.

Candi mungil ini pula menaruh nilai sejarah besar kawasan Magelang. Bagi ceritanya, candi ini dipercaya bagaikan bagian dari candi Borobudur.

Konon katanya, Candi Pawon jadi tempat menaruh senjata seragam halilintar kepunyaan Raja Indera dalam mitologi India. Candi Pawon dipugar pada tahun 1903.

Candi Lumbung

Candi Lumbung

  • Candi Lumbung
  • Lokasi : Tlatar, Krogowanan, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Candi Lumbung. Lokasi wisata sejarah ini berada di Tlatar, Krogowanan, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Candi ini lokasinya bersebelahan dengan candi asu sengi serta candi pendem. Candi ini berdiri di atas batu berdenah bujur sangkar dengan dimensi 8, 43 x 8, 43 m, serta menghadap ke arah barat.

Museum Haji Widayat

Museum Haji Widayat

  • Museum Haji Widayat
  • Lokasi : Jl. Soekarno Hatta No.32, Sawitan I, Sawitan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Mungkid yang berikutnya yaitu Museum Haji Widayat. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Soekarno Hatta No.32, Sawitan I, Sawitan, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Museum ini mulai dibentuk pada tahun 1991 berdiri megah di atas lahan seluas 5 ribu m persegi, serta ditetapkan pada 30 April 1994, oleh Profesor Wardiman Djojonegoro, Menteri Pembelajaran serta Kebudayaan RI dikala itu.

Pada sebagian ruangan di lantai satu museum ini, ada karya- karya Haji Widayat semenjak 1953, sampai guratan terakhirnya yang terbuat tahun 1998.

Sebaliknya pada dinding- dinding di lantai kedua, terpampang karya- karya perupa ternama semacam Troeboes, S Sudjojono, Le Man Fong, Bagong Kussudiarjo, Nyoman Gunarsa, Jorge Carrasco, serta Paul Husner.

Tidak hanya lukisan serta sketsa, Museum Haji Widayat pula mengoleksi karya- karya seni berbentuk arca dan bermacam- macam barang antik.

Museum Sudirman

Museum Sudirman

  • Museum Sudirman
  • Lokasi : Jl. Ade Irma Suryani No.C7, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Museum Sudirman. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Ade Irma Suryani No.C7, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Panglima besar Jendral Sudirman begitu ditakuti oleh penjajah. Mendengar orasi yang berapi- apinya saja penjajah telah keder.

Jangan lupakan Sejarah, kata Bung Karno. Ayo kita tanamkan rasa cinta tanah air dan kepada para pahlawan yang telah berjuang dengan darah mereka kepada kanak- kanak kita.

Kamu dapat mendatangi museum Sudirman yang berlokasi di Jalur ade Irma Suryani Nomor C- 7 ataupun tepatnya di sudut selatan Halaman Badaan. Gedung tempat Museum Sudirman ini ialah sisa rumah Jenderal Sudirman saat sebelum meninggal.

Museum Bumiputera 1912

Museum Bumiputera 1912

  • Museum Bumiputera 1912
  • Lokasi : Jl. Ahmad Yani Jl. Poncol No.21, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Museum Bumiputera 1912. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Ahmad Yani Jl. Poncol No.21, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum yang dibentuk dengan style serta wujud bangunan khas Jawa Tengah: Joglo beratap lapis 3, berisi bermacam dokumen lama semenjak periode 1912, potret- potret legendaris dan perlengkapan kantor simpel yang digunakan pada masa kemudian.

Museum yang ditetapkan Walikota Magelang, Drs. A. Bagus Panuntun, pada hari Senin, 20 Mei 1985, bersamaan peringatan hari Kebangkitan Nasional, dimaksudkan buat melestarikan gagasan, cita- cita luhur serta karya pendiri.

Di depan gedung museum berdiri tegak 3 tokoh pendiri yang berwujud 3 buah arca dari Mas Ngabehi Dwidjosewojo, Mas Karto Hadi Soebroto serta Mas Adimidjojo yang dengan gagah perkasa memandang hari depan, menyemburkan semangat yang dirajut idealisme.

Betapa tidak, para pendiri Bumiputera sudah menggulirkan sejarah. Para pendiri sudah berbuat nyata. Tidak heran apabila Presiden Soeharto dalam sambutannya pada HUT ke- 80 Bumiputera tahun 1992 berkata,“ Industri ini merupakan perlengkapan perjuangan bangsa yang gagah berani di tengah- tengah perjuangan mengalami kejamnya penjajahan asing.”

Dengan melestarikan gagasan, cita- cita serta karya para pendiri, kita bagaikan generasi penerus turut melestarikan dedikasi dengan semangat yang tidak kunjung padam, meneruskan perjuangan yang dilandasi pemahaman, keikhlasan serta pengorbanan. Dengan menghayati sejarah, kita hendak lebih mantap melangkah serta menyambut masa depan.

Museum Diponegoro

Museum Diponegoro

  • Museum Diponegoro
  • Lokasi : Jl. Pangeran Diponegoro, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata sejarah di Magelang yang berikutnya yaitu Museum Diponegoro. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Pangeran Diponegoro, Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Museum ini terletak disayap kiri pendapa karesidenan kedu yang dibentuk pada tahun 1810 serta museum ini tadinya ialah kamar petilasan Pangeran Diponegoro. Dikamar ataupun ruangan tersebutlah Pangeran Diponegoro pula di tangkap secara licik oleh Belanda.

Mulanya pada tanggal 16 februari 1830 Kolonel Cleerens menemui Pangeran Diponegoro di Remo, Bagelen, Purworejo buat mengajak berunding sebab dalam peperangan sepanjang 5 tahun pihak Belanda belum bisa membekuk Pangeran Diponegoro.

Kesimpulannya tawaran berunding oleh Pangeran Diponegoro di setujui. Serta pada bertepatan pada 28 Maret 1830 bersama laskarnya pangeran Diponegoro menemui Letnan Gubernur Jenderal Markus de Kock.

Pada pertemuan tersebut Belanda memohon supaya perang dihentikan tetapi P. Diponegoro menolak tetapi Belanda sudah mempersiapkan penyergapan yang dipandu oleh Kolonel Du Perron yang kesimpulannya bisa melumpuhkan Pangeran Diponegoro beserta para laskarnya.

Pada hari itu pula setelah itu Pangeran Diponegoro diasingkan di ungaran serta setelah itu dibawa ke gedung Karesidenan Semarang. Berikutnya pada bertepatan pada 5 April 1830 dibawa mengarah Batvia memakai kapal Pollux serta pada bertepatan pada 11 April 1830 hingga di Batavia serta ditahan di stadhuis( dikala ini bagaikan museum fatahillah).

Serta pada tanggal 30 April 1830 Pangeran Diponegoro dijatuhi hukuman pengasingan oleh Gubernur Jenderal Van Den Bosch yang kesimpulannya diasingkan di Sulawesi sampai wafatnya.

Baca Juga : 

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Tarif Harga Sewa Bus Pariwisata Mungkid

Wisata Religi Di Mungkid Yang Menyejukkan

Makam Kyai Langgeng

Makam Kyai Langgeng

  • Makam Kyai Langgeng
  • Lokasi : Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Mungkid yang pertama yaitu Makam Kyai Langgeng. Lokasi wisata religi ini berada di Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Ki Ageng Suryokusumo ataupun lebih diketahui dengan nama Kyai Langgeng merupakan seseorang ulama mempengaruhi sekalian penasehat spiritual Pangeran Diponegoro pada masa perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Dia masih generasi Raja mataram ialah Sri Sultan Hamengkubuwono II serta ialah salah satu orang keyakinan Pangeran Diponegoro. Kyai Langgeng beserta para pengikutnya pernah menyingkir buat sementara waktu sehabis penangkapan Pangeran Diponegoro oleh militer Belanda.

Serta setelah itu kembali ke Magelang. Sepanjang menetap di Magelang dia masih terus melaksanakan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Bagaikan seseorang ulama, Kyai Langgeng pula pernah mendirikan pondok pesantren kecil di Magelang serta mempunyai beberapa santri. Beliau wafat pada tahun 1829 serta dimakamkan di Magelang tepatnya terdapat di tengah zona Objek Wisata Taman Kyai Langgeng.

Makam Aulia Gunungpring

Makam Aulia Gunungpring

  • Makam Aulia Gunungpring
  • Lokasi : Gunungpring RT002 / RW024 Muntilan, Karaharjan, Gunungpring, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Magelang yang berikutnya yaitu Makam Aulia Gunungpring. Lokasi wisata religi ini berada di Gunungpring RT002 / RW024 Muntilan, Karaharjan, Gunungpring, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Gunungpring merupakan suatu desa simpel yang terletak pas di jalan wisata Borobudur serta Yogyakarta. Masyarakatnya terbilang religius, sehingga aktivitas tiap harinya hampir tidak lepas dari ritual keagamaan.

Beruntunglah desa ini ditakdirkan memiliki sejarah yang kokoh bagaikan desa religius yang diketahui seantero Indonesia. Keberadaan makam tokoh- tokoh agama hebat jadi energi tarik para peziarah buat tiba serta bertamu.

Inilah kenapa Gunungpring memasang mimpi buat jadi Desa Wisata. Masuk ke desa ini, kita hendak melihat suatu gunung tempat berziarah yang tidak sempat hening wisatawan.

Gunung inilah yang setelah itu jadi nama desa ini, Gunung Pring( bambu), sebab gunung ini memanglah lebat oleh bambu.

Di puncak gunung ini, ada sebagian makam wali( kyai) yang melegenda di kawasan Magelang, serta apalagi se- Jawa Tengah serta DIY.

Sebagian orang di silsilah generasi Kraton Yogyakarta pula disemayamkan di makam tersebut, menjadikan makam itu bagaikan salah satu makam Kerajaan DIY.

Masjid Agung Magelang

Masjid Agung Magelang

  • Masjid Agung Magelang
  • Lokasi : Jl. Alun-Alun Utara No.2, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Google Maps : Klik Disini

Objek wisata religi di Magelang yang berikutnya yaitu Masjid Agung Magelang. Lokasi wisata religi ini berada di Jl. Alun-Alun Utara No.2, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Masjid Agung Kota Magelang, namanya sangat familier, begitu pula wujudnya. Posisinya yang terletak pas di jantung Kota Magelang menjadikan masjid ini nampak jelas kala kita terletak serta melintas di kawasan alun- alun Kota Gethuk ini.

Tetapi bisa jadi tidak begitu banyak orang yang ketahui sejarah berdiri, serta cerita- cerita yang terdapat di pusat peribadatan muslim Magelang ini. Masjid ini merupakan salah satu saksi sejarah pergantian masa kepimpinan dari masa ke masa, mulai dari Kolonial Belanda, Jepang serta masa pasca kemerdekaan.

Tidak banyak memanglah sumber yang dapat mendeskripsikan menimpa sejarah bangunan ini. Dari sebagian data baik itu yang tertuang dalam novel kuno aset Belanda ataupun saksi sejarah, kita berupaya mencari ketahui menimpa sejarah berdirinya masjid ini.

Bagi salah seseorang saksi sejarah yang pula pimpinan takmir masjid kauman, H Djauhari. Masjid tersebut didirikan dekat tahun 1650 oleh seseorang tokoh ulama dari Jawa Timur KH Mudakir( dimakamkan di balik masjid).

Pada dini berdirinya bangunan tersebut belum semegah saat ini, cuma berupa musala kecil jika orang dulu menyebutnya langgar. Awal berdiri fasitasnya juga sangat terbatas, disitu belum disediakan tempat wudhu.

Baru pada tahun 1797 bangunan tersebut hadapi pemugaran. Pemugaran dicoba dengan menaikkan mimbar buat khotbah serta tiang( soko) guru yang dibuat dari kayu jati yang dihadirkan dari Bojonegoro.

Pemugaran ini tertera dalam prasasti yang ditulis dengan 2 bahasa ialah bahasa Arab serta Belanda, sampai saat ini prasasti tersebut terpelihara dengan baik serta terletak di dalam masjid.

Pada masa pemerintahan Bupati Magelang ke II ialah RAA Danoeningrat II, tahun 1835 bangunan ini hadapi pemugaran. Pergantian pemerintahan, bupati ke III ialah RAA Danoeningrat III masjid yang berdiri di atas lahan seluas 3200 m persegi ini juga kembali hadapi pemugaran.

Tepatnya tahun 1871 dimasjid ini ditambah serambi muka serta tower kecil di depan masjid( bukan tower semacam saat ini). Semacam pendahulunya bupati ke IV ialah Danoekoesoemo pula kembali menaikkan sebagian bagian masjid.

Baru pada masa pemerintahan Bupati ke V ialah RAA Danoesoegondo masjid ini hadapi pemugaran besar- besaran yang dicoba pada tahun 1934.

Buat pemugaran tersebut, bupati ke V pula berperan bagaikan pimpinan pembangunan memakai dorongan biro arsitek berkebangsaan Belanda ialah Heer H Pluyter. Pemugaran tersebut menciptakan bangunan masjid semacam yang nampak saat ini( minus tower di depan masjid).


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Mungkid sekitaran Magelang. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, semoga bermanfaat.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*