Rekomendasi 6 Makanan Khas Ambon Enak Banget

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
makanan khas ambon
Rate this post

Makanan khas ambon – Kalau sudah mengunjungi  destinasi wisata yang ada di kota Ambon, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas yang ada di kota ini.

Jadi, sambil berwisata kamu juga bisa menikmati santapan lezat khas kota Manise.

Tapi kamu sudah tau belum apa saja makanan khas asli dari kota Ambon Maluku? Kalau belum tau, yuk baca artikelnya sampai selesai.

 

Makanan Khas Ambon yang Wajib Kamu Cicipi

Berbagai kuliner khas yang ada di Ambon, Maluku di bawah ini wajib untuk kamu cicipi. Apa sajakah itu? Berikut rekomendasinya untuk kamu :

Sambal Colo-colo

Teruntuk kamu pecinta sambal dan kebetulan sedang berada di Maluku, kamu sangat beruntung sebab di sini ada sambal yang rasanya enak banget namanya sambal colo-colo.

Sambal colo-colo terbuat dari perpaduan rempah-rempah pilihan seperti bawang merah, cabai rawit, tomat dan daun seledri. Selain itu juga dicampurkan garam dan perasan jeruk nipis agar rasanya semakin lezat dan menggugah selera.

Perpaduan rasa pedas, segar, dan manis berpadu menjadi satu. Dan sambal yang satu ini cocok dijadikan teman makan apa saja termasuk nasi dan juga ikan.

 

Rujak Natsepa

Makanan khas Ambon selanjutnya adalah rujak natsepa. Makanan ini mempunyai cita rasa yang pedas dan berisi irisan buah segar seperti belimbing, jambu air, pepaya, kedondong, mangga, hingga nanas.

Sama seperti rujak lainnya, rujak natsepa juga dikonsumsi bersama bumbu kacang. Khusus rujak ini, bumbu kacangnya dicampur dengan gula aren, asam, dan garam.

Baca Juga  Catering Semarang | Hub : 08222-515-0400 - Ranggawarsita Catering

Rujak natsepa juga disantap bersama ubi jalar. Semakin menambah kelezatannya dan harganya juga cukup terjangkau hanya Rp 15000 saja per porsinya. Rujak ini disebut sebagai rujak natsepa, disebabkan karena rujak ini banyak dijual di Pantai Natsepa untuk dikonsumsi para wisatawan yang datang.

 

Kohu-kohu

Salah satu makanan khas Maluku yang menyehatkan adalah Kohu-kohu. Dikatakan sehat karena makanan ini didominasi sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya ada sayur saja, melainkan juga ada tambahan kelapa parut yang diberi bumbu. Selain itu juga ada tambahan kacang panjang, buncis, kangkng, serta bayam.

Sekila memang seperti urap-urap, akan tetapi Kohu ini berbeda karena ada tambahan suwiran ikan asap. Adanya ikan tersebut semakin menambah cita rasa gurih dan kelezatan dari kohu-kohu itu sendiri. Kamu bisa mendapatkan kohu-kohu di pasar tradisional terdekat yang ada di Maluku.

 Baca juga: 9 Makanan Khas Sukoharjo Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Nasi Lapola

Kalau kamu ingin makan nasi di Ambon, bisa coba mencicipi Nasi Lapola khas dari Maluku. Nasi yang satu ini terbuat dari beras, kacang tolo, serta kelapa muda parut. Biasanya nasi lapola disajikan bersama makanan khas Maluku lainnya seperti kohu-kohu dan sambal colo-colo.

Rasanya gurih dan tentu saja sangat enak di mulut. Selain itu rasa pulen juga mendominasi makanan yang dibuat dengan cara dikukus ini.

 

Pisang Asar

Makanan khas Ambon pisang asar dikategorikan sebagai camilan manis. Karena memang biasanya makanan ini disajikan untuk wisatawan yang datang ke Maluku.

Selain itu, makanan yang satu ini juga dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa. Masyarakat Ambon yang beragama Islam nggak pernah melewatkan buka puasa dengan pisang asar.

Baca Juga  33 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Banyumas Recommanded

Saat hari-hari biasanya, mungkin kamu kesulitan mencari makanan ini kecuali langsung pesan kepada pembuatnya. Yang berbeda antara pisang asar dan pisang-pisang lainnya yaitu cara pembuatannya yang tidak digoreng atau direbus, tetapi dipanggang di dalam oven.

 

Asida

Asida atau Asidah sebetulnya tidak sepenuhnya berasal dari Maluku, tetapi dari Timur Tengah namun resepnya disesuaikan sehingga berbeda dengan aslinya. Asida khas Maluku memiliki komposisi yang lebih sedikit.

Asida dari Maluku hanya menggunakan campuran adonan tepung terigu dan air yang dibentuk menyerupai bola yang didominasi gula aren, lalu ditambahkan dengan taburan gula putih halus, bubuk kayu manis, kapulaga serta lelehan mentega gurih.

Rasa makanan ini sudah barang tentu manis sehingga dijadikan sebagai takjil ketika bulan puasa. Teksurnya kenyal sehingga siapapun bisa memakannya, termasuk orang yang sudah tua.

 Baca juga: 26 Makanan Khas Solo Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Bagaimana apakah kamu tertarik buat mencicipinya? Itulah dia berbagai rekomendasi makanan khas Ambon. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

img: cookpad.com

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*