5 Makanan Khas Flores Yang Wajib Dicoba

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
kue rambut khas flores
5/5 - (1 vote)

Saat berkunjung ke sebuah daerah, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Termasuk ketika kamu sudah mengunjungi Pulau Flores.

Saat berkunjung ke daerah ini, jangan sampai terlewat mencicipi kuliner lezat menggoyah lidah yang tidak akan bisa kamu temukan di daerah lain. Sebab, makanan khas Flores hanya bisa kamu temukan di Flores dan sekitarnya saja.

 

Pilihan Makanan Khas Flores

Ada banyak sekali makanan asli dari Flores yang bisa kamu makan. Bisa langsung dicicip ataupun dibawa pulang ke rumah. Apa sajakah itu? Mari simak rekomendasinya berikut ini :

 

Kolo

Kolo atau nasi kolo merupakan salah satu makanan khas kabupaten Flores Timur. Makanan yang satu ini punya cita rasa yang gurih dan pembuatannya dengan cara dibakar.

Kolo biasanya disantap pada acara-acara adat dan cocok dimakan bersama lauk apa saja sesuai selera. Semakin nikmat lagi apabila nasi kolo dibungkus daun pisang sehingga cita rasanya semakin alami.

 

Kue Rambut

Bagi kamu pecinta kue, wajib coba makanan khas Flores satu ini kue rambut atau yang juga disebut sebagai jawadda. Kue yang satu ini sesuai namanya memiliki bentuk menyerupai rambut dan rasanya manis serta renyah ketika dikunyah.

Kue rambut kerap disajikan pada acara-acara penting seperti upacara adat atau acara pernikahan. Namun sebenarnya nggak ada masalah kok kalau kamu ingin memakannya pada hari-hari biasa.

Selain itu, kue ini juga bisa jadi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Kamu juga bisa memakan kue ini dan dicelupkan ke kopi atau teh anget, beuh tambah mantap rasanya!

Baca juga: Rekomendasi 6 Makanan Khas Ambon Enak Banget

Se’i

Se’i merupakan daging tipis yang dimasak menggunakan arang dan bisa kamu dapatkan di daerah Nusa Tenggara Timur termasuk di pulau Flores. Dahulu daging yang digunakan adalah daging babi, tapi seiring dengan berkembangnya waktu warga mulai menggantinya dengan daging sapi.

Baca Juga  7 Makanan Khas Boyolali Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Cara memasak Se’i masih sangat tradisional sehingga sangat terasa keorinilitas rasanya. Tanpa ada pewarna atau pengawet tambahan apapun.

Masyarakat Flores tidak menambahkan garam pada se’i. Akan tetapi jika kamu ingin garam, juga bisa kok biar rasanya makin mantep.

 

Jagung Bose

jagung bose flores

Di Flores dan daerah NTT lainnya, kamu dapat dengan mudah menemukan olahan jagung bernama jagung bose. Jadi sebenarnya jagung bose ini merupakan bubur jagung yang diolah bersama daging se’i dan terkadang ditambahkan campuran kacang tanah dan kacang merah.

Makanan khas Flores yang satu ini bisa dijadikan menu santapan makan pagi ataupun makan malam. Jadi, cocok untuk sarapan dan cocok juga buat makan malam.

 

Jagung Titi

Olahan jagung lainnya khas Flores yang wajib kamu cicipi adalah jagung titi. Jagung titi sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan banyak ditemukan di Flores bagian timur seperti Solor, Adonara, Alor, dan Lembata.

Makanan ini disebut sebagai jagung titi karena pengolahannya yaitu biji jagung dititi di atas batu. Nantinya jagung tersebut menjadi keripik sehingga terbentuklah keripik jagung titi khas dari Flores Nusa Tenggara Timur.

Mengapa jagung titi bisa dijadikan oleh-oleh? Sebab makanan ini bisa disimpan dalamjangka waktu yang lama. Jadi tidak masalah sekalipun sepanjang perjalanan ke daerah asal kamu tidak memakan makanan tersebut.

Baca juga: 8 Makanan Khas Sragen Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Itulah dia beberapa makanan khas Flores yang sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipinya. Kalau kamu ada rekomendasi lain, monggo sampaikan saja di kolom komentar.

 

img:

adira.co.id

foodnesia.ne

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*