14 Makanan Khas Banyumas Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Cenil

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Makanan Khas Di Banyumas by Ranggawisata

Makanan Khas Banyumas – Banyumas merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah yang memiliki sejuta pesona keindahan alam yang sangat luar biasa, selain itu banyumas juga memiliki beberapa makanan khas yang wajib di coba oleh wisatawan jika berkunjung di daerah Banyumas provinsi jawa tengah.

Jika ber Wisata Banyumas kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas banyumas yang memiliki cita rasa yang sangat kuat biasa membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus makanan khas banyumas ini, kelebihann lainnya adalah memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan. Beberapa Cafe Banyumas

Baca Juga : Tempat Wisata Banyumas

Berikut daftar kulier khas banyumas yang maknyus

1. Tegean

Makanan Khas Banyumas Tagean

Tegean adalah salah satu  makanan khas Banyumas untuk  sup sayur berkuah bening yang tampak sangat sederhana namun sangat menyegarkan. Isinya bermacam-macam sayuran yang diracik menggunakan bumbu khusus sehingga menjadi sayuran yang enak dan lezat.

Sayur-mayur berupa bayam, kecambah kedelai hitam, daun katuk, dan kedelai hitam butiran lazim menjadi unsur utama masakan ini.Terkadang sayur ini juga dicampur dengan irisan daging sapi atau daging ayam serta mie bihun.

Berikut untuk bumbu bumbu yang di perlukan, selain bahan-bahan yang lazim seperti bawang merah dan bawang putih, tegean juga bercirikan dengan “geprekan” kencur yang sangat menyegarkan.

Sayur tagean memiliki cita rasa yang sangat luar biasa sayur tagean sangat cocok di nikmati selagi panas di temani dengan nasi  putih sambal terasi dan ikan asin, penampilan untuk sayur tegean hampir mirip seperti sayur asam sayur tegean dapat di beli di warung warung rumah makan dan resto yang ada di banyumas jawa tengah.

2. Soto Sokaraja

Makanan Khas Banyumas Soto Sokarajan

Soto Sokaraja adalah salah satu makanan khas banyumas atau yang lebih dikenal oleh orang Banyumas dengan sebutan Sroto Sokaraja merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang patut dicoba.

Berbeda dengan soto soto pada umumnya dari daerah lain, salah satu ciri khas yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto lainnya adalah penggunaan ketupat yang di potong secara tipis tipis dan sambel yang terbuat dari kacang.

Sambel kacang ini tidak terlalu pedas, sehingga walaupun kita membubuhkan banyak sambel kacang, tidak akan terasa terlalu pedas. Soto sokaraja memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya

Selain sambel kacang, yang menjadi  ciri khas lainnya adalah krupuk yang digunakan adalah krupuk cantir yang berbahan dasar ketela pohon. Bentuk krupuk ini hampir sama dengan krupuk untuk soto seperti yang ada sekarang ini, berwarna merah dan putih, tetapi rasanya yang khas akan memberikan sensasi yang luar biasa mengundang selera.

Sayangnya krupuk cantir ini sudah sangat jarang ditemukan dewasa ini berikut. Proses untuk  mensajikan 1 porsi  Soto Sokaraja, ketupat diiris dengan ukuran kecil dan diusahakan di potong secara tipis tipis menggunakan ketupat yang  di bungkus memakai daun kelapa muda bukan ketupat yang dibungkus plastik.

Ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda akan memberikan sensasi rasa yang lebih gurih dan aroma yang sangat khas, selanjutnya disiram dengan kuah soto. Sambal kacang yang digunakan hampir mirip seperti sambal kacang untuk di gunakan di sayuran pecel, bisa dicampurkan langsung dengan kuah soto, ataupun disajikan secara terpisah.

3. Tahu Gecot

Makanan Khas Banyumas Tahu Gejot

Adalah salah satu makanan khas banyumas jawa tengah tahu gecot terbuat dari olahan tahu yang digoreng yang di hidangkan dengan sayur sayuran dan siraman sambal kacang bumbu bumbu untuk membuat tahu gecot di ulek kasar.

Jadi sambal kacang tersebut memliki tekstur  yang sedikit kasar namun tidak merubah cita rasa tahu gecot itu sendiri memliki cita rasa yang sangat luar biasa membuat  yang mencobanya menjadi ketagian untuk membelinya.

Penampilan tahu gecot sendiri hampir mirip dengan tahu gimbal biasanya tahu gecot dinikmati dengan kerupuk  menjadikan rasa tahu gecot semakin nikmat 1 porsi tahu gecot memiliki harga RP.12.000 tahu gecot dapat di beli di warung warung  rumah makan resto di banyumas jawa tengah.

4. Lembutan

Makanan Khas Banyumas Lembutan

Adalah salah salah makanan khas dari banyumas yang terbuat dari ikan lembutan adalah ikan ikan kecil yang digoreng sampai kering lembutan memiliki cita rasa yang sangat luar biasa   gurih nikmat.

Lembutan sangat cocok  di nikmati dengan nasi putih panas dan sambal terasi biasanya ikan lembutan di olah menjadi rica rica lembutan sambel goreng lembutan lembutan masak sambal ijo.

Lembutan dapat kita beli di
Warung Gudril

Warung ini ada di jalan raya Sidabowa, dari prapatan Tanjung ke selatan sekitar 5 km, berada di kanan jalan jika Anda dari Purwokerto. Dari arah selatan Patikraja/Cilacap) ada di kiri jalan setelah tikungan leter S di uutara SPBU.

Warung Gudril sudah terkenal oleh berbagai kalangan. Menu andalannya ya ikan lembutan goreng. Konon nama Gudril singkatan dari ‘gairah uwong desa remen iwak lunjar’ (semangat orang desa yang senang ikan lunjar).

Menu lain yakni aneka ikan tawar seperti melem, lele, udang, belut. Ada pula  ayam goreng. Tidak usah khawatir bagi penggemar sayuran, karena tersedia lengkap uraban, lalaban, tumis, dan  sayur bening. Menu khas Banyumas tempe mendoan juga ada, plus pete, jengkol dan tentu saja sambal dadak.

Warung Makan Lik Tuti

Warung ini berada di Kaliori, Kabupaten Banyumas. Tepatnya di pinggir jalan tembus Banyumas – Patikraja, jalan yang membentang sejajar dengan sungai Serayu.

Yang unik di warung ini, harga ikan dihitung per kilogram. Jadi ketika mengambil ikan goreng, ditimbang dulu jika Anda yang akan berkunjung ke warung  Lik Tuti, jika Anda dari arah Purwokerto/Sokaraja, menjelang jembatan Kali Serayu silahkan Anda berbelok ke kanan (arah barat) menyusuri jalan pinggirab sungai.

Sedangkan untuk Anda yang datang dari arah Buntu/Banyumas, setelah melewati jembatan kira-kira 50 meter, Anda langsung belok kiri. Dari pertigaan jarak ke warung “Lik Tuti” kira-kira sejauh 1 kilometer. Lokasinya di sebelah selatan jalan. Dari kota Purwokerto Anda juga bisa melalui jalan alternatif Gunung Tugel, kemudian belok kiri di pertigaan Pegalongan. Oh ya tersedia parkir untuk beberapa mobil kecil/pribadi.

Banyumas merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain makanan khas di Banyumas juga ada menu jajanan yaitu cemilan khas banyumas yang wajib di coba oleh wisatawan yang berkunjung di banyumas jawa tengah.

Jalan jalan ke banyumas kurang pas jika tidak mencicipi cemilan khas banyumas yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus cemilan khas banyumas memiliki harga yang ramah di kantong.

Jajanan atau Cemilan Khas Banjarnegara

5. Nopia

Makanan Khas Banyumas Nopia

Adalah salah satu cemilan khas banyumas jawa tengah. Yaitu salah makanan ringan yang  berbahan dasar tepung terigu yang diisi dengan gula merah serta dipanggang dengan tungku khusus  hingga posisi bawah berwarna kecoklatan yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa.

Meliliki tekstur kulit yang keras dan renyah berisi adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng.

Banyak diproduksi di kota Purbalingga dan Banyumas (18 kilometer arah tenggara Kota Purwokerto). Selain Nopia, adapula Mino alias mini nopia atau nopia berukuran yang kecil.

Nopia juga ada yang berbentuk seperti telur gajah, besar tetapi dalamnya kosong & berlapis gula merah yang menempel pada dinding dalam kulit nopia ini.

Sebagian orang mengatakan Pia Telur Gajah, ada pula yang menyebutnya Ndog Gludhug (telur halilintar)  Kulit Nopia memiliki tekstur keras  namun tetap nikmat rasanya, hanya saja kulit nopia lebih padat sedangkan pia berlapis.

Nopia rasa orisinilnya adalah rasa brambang goreng namun sekarang nopia sudah dibuat dengan berbagai macam isi dan rasa, seperti isi durian, coklat, nangka, dan lain-lainnya.

6. Cenil

Cenil

Yaitu salah satu jajanan tradisional yang berasal dari daerah banyumas jawa tengah memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis biasanya cenil di buat dengan berwarna warni agar menarik  para pembeli.

Cenil biasanya di sajikan dengan parutan kelapa beserta lelehan gula merah cenil memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya maka tak heran jika  berbagai kalangan menyukai cenil.

Cenil begitu banyak  di jual di pasar di pinggir jalan biasanya penjual cenil menempatkan cenil di tampah bambu yang besar lalu jika ada pembeli baru di layani dengan di bungkus daun pisang agar penambah aroma yang nikmat saat menyantap cenil biasanya cenil di nikmati dengan secangkir teh di pagi hari.

Bahan dasar yang di butuhkan untuk membuat cenil yaitu kelapa yang sudah di kukus tepung kanji air gula pasir daun pandan  pasta makanan dan sebagainya.

7. Lanting

Lanting

Yaitu salah satu cemilan dari daerah banyumas jawa tengah lanting berbahan dasar singkong yang nanti nya di olah seperti angka 8 memiliki  cita rasa yang sangat luar biasa walapun terlihat sederhana dan terbuat dari singkong tetapi lanting begitu di gemari hampir seluruh kalangan usia gemar mengkomsumsi lanting.

Bahan utama untuk membuat lanting yaitu singkong untuk bumbunya adalah bawang putih garam dan ketumbar singkong yang akan di olah menjadi lanting harus sudah di rendam kurang lebih satu jam lamanya seterusnya singkong di beri bumbu lalu di haluskan lalu di uleni dengan tepung lalu di olah mengunakan mesin setelah itu  lanting di bentuk seperti angka 8 dan di goreng hingga kering.

Lanting sekarang memiliki berbagai macam variant rasa seperti original jagung manis keju balado sapi panggang rumput laut dan sebagainya lanting dapat kita beli di   toko toko pusat oleh oleh dan sebagainya 1 bungkus lating memiliki harga  RP.15.000

8. Getuk Goreng Sokaraja

Getuk Goreng

Yaitu salah satu cemilan yang bersal dari banyumas jawa tengah getuk goreng terbuat dari olahan singkong dan diberi tambahan gula merah, getuk goreng ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya perpaduan antara gurih dan manis.

Getuk goreng di temukan pada tahun 1918 oleh bapak sanpringad saorang pedagang nasi rames di sokaraja ternyata getuk ini digemari oleh berbagai jenis kalangan karena sangat sangat enak rasanya maka di sayangkan jika berkunjung di banyumas tetapi tidak membeli buah tangan getuk goreng asli sokaraja.

Getuk goreng sokaraja kini hadir dengan berbagai variant rasa seperti nana durian vanila coklat  dan juga strawberry dan debagainya untuk memuaskan lidah para pengunjung  getuk goreng sokaraja dapat di beli di toko toko dan pusat oleh oleh 1 bungkus getuk goreng sokaraja memiliki harga RP.10.000.

9.Ciwel

Ciwel

Adalah salah satu jajanan pasar yang sangat cocok di jadikan cemilan yang berasal dari banyumas jawa tengah biasanya ciwel di sajikan dengan berwarna hitam gelap meskipun berwarna hitam gelap ciwel memiliki cita rasa yang sangat luar biasa enak nya ciwel sendiri konon kabarnya bagus di komsumsi untuk penderita maag ciwel terbuat dari bahan singkong tepung dan cairan jerami.

Ciwel biasanya di perjual belikan di pagi hari di pasar ciwel tergolong kue basah yang tidak tahan lama karena tidak mengunakan bahan pengawet biasanya ciwel di jual bersama lupis getuk iris klepon cenil  yang diberi tambahan parutan kelapa gula pasir dan lelehan gula merah.

Cara membuat Ciwel (Getuk ireng)
  • Rebus air  hingga mendidih bersama merang hingga mendidih, angkat, lalu saring, kemudian sisihkan.
  • Aduk hingga merata tepung tersebut campur dengan gula pasir dan garam, tuang air merang sedikit demi sedikit smpai bisa diuleni lalu ratakan.
  • Masukkan pakai dandang yang sudah dipanaskan kukus sampai matang.
  • Keluarkan dari dandang,tuang ke dalam loyang yg sudah di beri alas daun pisang(biar wangi).bulatkan kira2 sebesar telur ayam.
  • Campur parutan kelapa dengan garam sampai rata, tambahkan daun pandan,kukus sampai matang.

Berikut Bahan-bahan dalam resep Ciwel (Getuk ireng) diatas adalah sebagai  500 gr tepung gaplek (tepung singkong jgn terlalu halus) 700 ml air

Pelengkap :

  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/4 sdt garam
  • 50 gr merang,bakar kemudian tumbuk halus
  • 1/2 buah kelapa muda, parut panjang
  • 150 gr gula pasir

10. Intil

Makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong adalah intil. Proses pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan jalabia. Namun, intil menggunakan parutan singkong yang lebih halus. Kemudian, hasil parutan singkong diperas dan dicampur dengan gula jawa serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, singkong dikukus hingga matang.

Intil ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi meskipun rasanya manis. Intil memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya sangat cocok dinikmati di pagi hari di temani secangkir teh hangat.

Tentunya sangat di sayangkan jika berkunjung di banyumas tetapi tidak mencicipi enaknya intil khas banyumas jawa tengah.

11. Kerupuk Ampas Tahu

Krupuk Ampas Tahu

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari ampas tahu yang dikenal dengan nama ranjem. Ampas tahu ini merupakan limbah dari pembuatan tahu, ampas tahu didapatkan dari hasil pembuatan tahu.

Jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka ampas tahu akan mengalami kebusukan dan mencemari lingkungan, sehingga dengan kandungan gizi yang cukup tinggi dari ampas tahu membuat limbah tahu ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Menjadikan peluang usaha kerupuk tahu  sangat efisien untuk dijalankan. Selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan juga mampu mendatangkan keuntungan tersendiri.

Memanfaatkan limbah tahu ini menjadi gagasan usaha yang cemerlang. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini sangat minim, dengan memanfaatkan ampas tahu berharga murah.

Jika ditekuni dan dijalankan dengan baik maka usaha kerupuk ampas tahu akan menghasilkan keuntungan menajubkan.Diolah dengan cara dikukus, diiris dan terakhir dijemur. Rasanya dominan gurih.

Banyumas merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki  obyek wisata yang menarik makanan khas banyumas juga memiliki minuman khas.

Jalan jalan ke banyumas kurang pas jika tidak mencicipi minuman  khas banyumas jawa tengah  yang sengarnya sangat luar biasa berikut beberapa jenis minuman khas banyumas yang memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan

Berikut Menu Minuman Khas Banyumas

12. Es Durian

Es Durian

Es Durian Banyumas Jika ingin menikmati es durian di banyumas (Jateng), Anda jangan sampai keliru. Es durian Bancar tentu pilihannya. Rasanya yang legit menggigit, membuat Anda bisa ketagihan dan ingin menikmatinya kembali kesegaran es durian Bancar.

Lokasi warungnya boleh dibilang sempit. Pada saat-saat tertentu, biasanya pada hari liburan, bahkan harus rela mengantri untuk sekedar membeli semangkuk es durian Bancar. Lokasi warungnya mudah dicari, tanya saja es durian bancar pasti sudah banyak yang tahu.

Jika dari arah alun-alun,  jaranknya sekitar  satu kilometer kearah Timur. Kios Depot Es kombinasi dan Es Duren Pak Kasdi berjejer dengan sejumlah kios makanan lain. Deretan kios makanan itu berada  di pasar pasar banyumas jawa tengah.

Di kios sederhana itu kita bisa memperoleh semangkuk es durian yang legit dan menggigit dengan hanya membayar Rp 10.000.

Di Depot Es Kombinasi dan Es Durian Pak Kasdi milik Kasdi Kusnadi (60), daging buah durian yang bertekstur lembut dan berserat ini dukumpulkan di dalam satu wadah berpendingin, lalu diambil beberapa sendok untuk satu mangkuk penyajian.

13. Es Badeg

Es Badeg

Namanya es badeg yang populer di daerah Banyumas jawa tengah ini mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Minuman ini memang kalah tenar dibandingkan minuman-minuman tradisional lain.

Badeg merupakan minuman yang berasal dari sari bunga kelapa atau dikenal sebagai bahan gula merah dan gula jawa yang tidak direbus. Biasanya cairan ini perlu difermentasikan selama 1 sampai 2 hari dalam wadah bambu bernama pongkor agar memiliki aroma dan rasa yang enak.

Badeg Jangan terlalu lama difermentasikan, karena jika terlalu lama minuman ini bisa jadi memabukkan bagi yang mengkomsumsinya.

Soal rasa, minuman  badeg  ini  terasa dingin ini segar-segar manis semriwing, gitu. Dipikir-pikir, rasanya mirip-mirip es legen yang jamak ditemukan di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.Bedanya, es badeg dari pohon kelapa sementara es legen dari pohon siwalan. Kalau ditanya, saya sendiri lebih suka badeg. Alasannya, menurut saya rasanya lebih legi (manis) ketimbang siwalan.

14. Es Cau

Es Cau

Merupakan cincau yang dibuat dari daun cau. Cau mirip dengan cincau namun warna dan teksturnya sedikit berbeda. Cau selain enak juga mempunyai manfaat yang banyak untuk tubuh. Agar lebih nikmat, cau biasanya disajikansebagai campuran dari es.

Yang di beri kuah santan dan lelehan gula merah dan potongan buah nangka es cau memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya sangat cocok di minum saat cuaca panas es cau dapat di beli di pinggir pinggir jalan dan sebagainya 1 porsi es cau memiliki harga RP.5000.

Untuk berwisata di kota ini wisatawan bisa menggunakan jasa Biro Wisata Banyumas

Segera agendakan untuk mengunjungi kabupaten Banyumas info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-banyumas/

Demikian beberapa informasi tempat makan banyumas dan nongkrong terpopuler serta favorit di Banyumas, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*