46 Tempat Wisata Banyumas Terbaru Lagi Hits Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Taman Balai Kemambang

Berikut Daftarnya Tempat Wisata Alam, Keluarga, Sejarah & Religi Yang Lagi Hits Wajib Di Kunjungi Saat Berada Di Banyumas

Pada kesempatan kali ini Ranggawisata akan berbagi informasi tentang Wisata Banyumas mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata keluarga, dan wisata sejarah. Yuk simak ulasannya!

Banyumas adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki segudang panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya.

Tidak hanya wisata alamnya saja di Banyumas namun ada wisata keluarga, wisata sejarah, wisata religi yang perlu dieksplor lebih jauh tentang wisata di daerah Banyumas ini. Berikut wisata alam, keluarga, sejarah, dan religi yang ada di Kabupaten Banyumas.

Wisata Alam Di Banyumas Yang Mengagumkan

Hutan Pinus Limpakuwus

Lokasi: Area Sawah, Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari jam 07.00–17.00

HTM: Rp13.000 per orang

Wisata Banyumas Hutan Pinus Limpakuwus

Wisata alam di Banyumas berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Hutan Pinus Limpakuwus. Lokasi hutan pinus ini berada di Area Sawah, Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah.

Jika kamu tertarik mengunjungi hutan pinus yang minim dengan sentuhan manusia, Hutan Pinus Limpakuwus bisa menjadi alternatif yang cocok. Suasananya yang masih alami, pun demikian dengan panoramanya cukup dibilang asri. Dan bagi kamu yang suka camping dan tertarik camping di sini juga asyik, lho!

Curug Jenggala Kalipagu

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari jam 07.00–17.00

HTM: Rp 5.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Jenggala Kalipagu

Wisata alam di Banyumas selain bukit adalah curug. Curug Jenggala Kalipagu ini berada di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan nuansa alam dengan atmosfer romantis, Curug Jenggala ini bisa kamu jadikan pilihan yang pas. Air terjun alami dengan lingkungan sekitar yang masih hijau, plus spot foto yang romantis dijamin bakal memberikan kesan mendalam bagi siapapun.

Curug Lima

Lokasi: Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari jam 08.00–16.00

HTM: Rp 3.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Lima

Wisata alam curug di Banyumas berikutnya adalah Curug Lima. Lokasi curug ini berada di Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Di curug ini kamu akan mendapati air terjun dengan debit air yang cukup deras, dengan nuansa alami yang begitu kental dan atmosfer hijau yang menyegarkan dan menyejukkan di Curug Lima. Dijamin kamu akan terpesona dengan keindahannya.

Curug Kedung Lesung

Lokasi: Hutan, Tumiyang, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari

HTM: –

Wisata Banyumas Curug Kedung Lesung

Wisata alam curug di Banyumas berikutnya adalah Curug Lima. Lokasi curug ini berada di Hutan, Tumiyang, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah.

Di curug ini kamu akan merasakan kesejukan. Kamu juga akan melihat air terjun dengan debit air yang deras, terutama di musim hujan.

Dan yang menjadikan curug ini istimewa adalah nuansa naturalnya, kealamian yang masihterjaga. Pastinya sangat mengesankan bagi para pecinta alam.

Curug Telu

Lokasi: Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari jam 07.00–17.30

HTM: Rp 3.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Telu

Curug berikutnya yang menjadi wisata alam di Banyumas adalah Curug Telu. Lokasi curug ini berada di Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Ketinggian ‘pancuran air’ yang ditampilkan, plus ‘cucuran’ yang elegan menegaskan itu semua. Dua kata di atas menjadi kesan yang muncul dari Curug Telu yang berada di Banyumas ini.

Selain itu, pesona alam di sekitarnya juga memberikan nilai tambah tersendiri untuk menyambangi destinasi wisata alam di Banyumas ini.

Curug Nangga

Lokasi: Petahunan, Pekuncen, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari 24 jam

HTM: Rp 3.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Nangga

Curug di Banyumas yang tidak kalah menarik dari Curug Telu adalah Curug Nangga. Lokasi curug ini berada di Petahunan, Pekuncen, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tidak ada gambaran yang lebih baik untuk menunjukkan betapa istimewanya curug Nangga ini selain dengan gambar yang cukup dibilang istimewa. Kamu juga bisa melihat sendiri kecantikannya di curug ini!

Curug Cipendok

Lokasi: Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional:Setiap hari jam 07.00–16.00

HTM: Rp 3.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Cipendok

Destinasi wisata alam  yang berkaitan dengan curug yang lagi ngehits adalah Curug Cipendok. Lokasi curug ini berada di Lokasi: Petahunan, Pekuncen, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bisa dikatakan curug ini menjadi salah satu destinasi wisata di Banyumas yang lumayan ngehits. Bukan hanya karena atmosfernya yang masih alami, di mana jika beruntung kamu juga bisa menjumpai monyet ekor panjang atau elang jawa, tapi juga banyak spot foto yang Instagenik.

Pancuran Pitu

Lokasi: Lokawisata Baturraden, Ketenger, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00

HTM: Rp. 5.000 per orang

Wisata Banyumas Pancuran Pitu

Destinasi wisata alam berikutnya yang tidak kalah elok yaitu Pancuran Pitu. Lokasi wisata alam ini berada di Lokawisata Baturraden, Ketenger, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Pancuran Pitu ini menyimpan kekayaan alam belerang yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Lokasi pancuran ini sendiri berada di tengah hutan damar dan juga hutan pinus yang membuatnya terlihat semakin asri dan elok.

Air Terjun Baturaden Ganda Tapa

Lokasi: Karangmangu, Baturraden

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00

HTM: Rp. 5.000 per orang

Wisata Banyumas Air Terjun Baturraden Ganda Tapa

Wisata alam air terjun di Banyumas berikutnya adalah Air Terjun Baturraden Ganda Tapa. Lokasi wisata alam air terjun ini berada di Karangmangu, Baturraden.

Air terjun ini terbagi menjadi dua macam, yakni Curug Ceheng dan juga Curug Lawa, letaknya berdekatan karena Curug Lawa letaknya berada di atasnya Curug Ceheng.

Untuk Curug Lawa sendiri aman digunakan untuk berenang karena kolamnya hanya sedalam 2 meter saja walaupun debit air terjunnya cukup deras. sDi dekat Curug Lawa ini terdapat sebuah gua dimana di dalamnya ada kolam dengan air yang sangat jernih dan murni.

Telaga Sunyi

Alamat: Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00

HTM: Rp. 13.000 per orang

Wisata Banyumas Telaga Sunyi

Selain wisata air terjun di Kabupaten Banyumas juga memiliki wisata alam telaga yang tidak kalah menariknya salah satunya yaitu Telaga Sunyi. Letaknya berada di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyuma.

Telaga Sunyi seperti namanya memiliki pemandangan asri, sejuk, dan sunyi dengan aliran pelan air terjun yang sedang atau tidak terlalu tinggi. Sedangkan bagian bawahnya yang cukup dalam dan dekat dengan aliran air terjun tersebut dan tidak boleh digunakan untuk berenang karena kedalaman arus airnya yang cukup deras.

Air yang berada di telaga ini pun berwarna jernih, bening, berwarna hijau kebiruan yang cocok menjadi background tempat berfoto dan berselfie ria.

Curug Gede

Alamat: Melung, Ketenger, Baturraden, Banyumas

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 3.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Gede

Objek wisata alam di Banyumas berikutnya  ialah Curug Gede. Lokasi curug ini berada di Melung, Ketenger, Baturraden, Banyumas. Curug Gede menawarkan pemandangan alam dengan pepohonan rimbun dan aliran debit air setinggi 50 meter yang cukup deras.

Di bawah aliran curug ini terdapat kolam yang cukup dangkal sebagai tempat bermain air dan juga berenang serta air yang dihasilkan pun sangat bening, jernih, dan alami.

Curug Bayan

Lokasi: Ketenger, Baturraden, Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 18.00

HTM: Rp. 3.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Bayan

Masih di daerah Ketenger wisata alam berikutnya adalah Curug Bayan. Lokasi curug ini berada di Ketenger, Baturraden, Banyumas.

Jika Curug Gede terletak lumayan jauh dari permukiman rumah warga, maka berbeda dengan Curug Bayan yang letaknya dekat dengan beberapa villa dan cottage tempat penginapan.

Untuk kedalaman air kolam yang ada di Curug Bayan ini relatif aman untuk dapat digunakan berenang bagi orang dewasa maupun anak-anak. Di sekitar curug ini juga terdapat dam peninggalan jaman Jepang dan juga jembatan peninggalan jaman Belanda dahulu.

Curug Gomblang

Alamat: Kalisalak, Kedungbanteng, Sokawera, Cilongok

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 5.000 per orang

Wisata Banyumas Curug Gomblang

Lalu objek wisata alam Banyumas berikutnya adalah Curug Gomblang. Lokasi curug ini berad di Kalisalak, Kedungbanteng, Sokawera, Cilongok.

Curug Gomblang ini mempunyai keunikan yaitu curug ini berada di dasar kolam air terjun yang terkadang terdapat pusaran air misterius.

Sebenarnya pusaran air ini terbentuk karena dalamnya kolam di bawah air terjun tersebut dan terdapatnya gua bawah air yang akan menyambung ke atas dimana terdapat udara juga di dalamnya. Sehingga, untuk yang belum berpengalaman, pengunjung biasa dilarang berenang hingga ke area dasar kolam.

Desa Wisata Ketenger

Alamat: Ketenger, Baturraden, Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00

HTM: –

Wisata Banyumas Desa Wisata Ketenger

Destinasi wisata alam Banyumas yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi ialah Desa Wisata Ketenger. Lokasi desa wisata ini berada di Ketenger, Baturraden, Banyumas.

Karena letaknya di lereng Gunung Slamet tepatnya sebelah selatan membuat Desa Wisata Ketenger ini memiliki nuansa alam yang alami, asri, dan indah.

Desa Ketenger ini menjadi sebuah desa wisata karena letaknya yang lumayan dekat dari Lokawisata Baturraden dan Pancuran Pitu. Selain itu, jaraknya hanya sekiatar 15 kilometer dari arah Purwokerto dan Banyumas.

Di Desa Wisata Ketenger banyak untuk dijadikan tempat camping layaknya bumi perkemahan, outbound beserta wahana flying fox, jelajah hutan, gathering pendakian Gunung Slamet, dan lainnya.

Goa Sarabadak

Lokasi: Pancuran Pitu, Lokawisata Baturraden, Ketenger, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Jam operasional: Setiap hari jam 08.00-18.00

HTM: Rp. 3.000 per orang

Wisata Banyumas Goa Sarabadak

Wisata alam di Banyumas berikutnya yaitu Goa sarabadak. Lokasinya berada di Pancuran Pitu, Lokawisata Baturraden, Ketenger, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Goa Sarabadak terletak di area kawasan Pancuran Pitu dan memiliki struktur goa yang eksotis dan amazing. Goa Sarabadak memiliki dinding yang berwarna hijau karena diselimuti oleh lumut dan tidak terkena aliran air panas yang ada di dalamnya.

Namun, di dalam goa ini sendiri jarang dimasuki oleh pengunjung karena suhu air panas yang mengalir di mulut goa ini dan juga karena faktor kecilnya pintu masuk menuju dalam goa tersebut.

Gunung Slamet

Lokasi : Baturraden

Jam operasional : Setiap hari 24 jam

HTM : –

Wisata Banyumas Gunung Slamet

Destinasi wisata alam di Banyumas yang sudah terkenal ialah Gunung Slamet. Lokasinya berada di Baturraden, Banyumas.

Gunung Slamet selain menjadi tempat wisata alam pegunungan juga menjadi tempat pendakian yang indah dan juga menantang.

Gunung Slamet ini juga menjadi gunung berapi yang cukup aktif di Pulau Jawa, maka dari itu di kaki Gunung Slamet sendiri terdapat banyak mata air panas dari perut bumi langsung yang memiliki berbagai jenis mineral dan belerang murni.

Berbagai jenis hutan juga terdapat di gunung ini diantaranya adalah hutan ericaceous, hutan dipterokarp, hutan montana, dan masih banyak lagi.

Bukit Bintang Baturraden

Lokasi: Desa Karangmangu KM. 12, Baturraden, Kemutug Lor

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: –

Bukit Bintang Baturraden

Selain wisata air terjun atau curug dan telaga di Banyumas juga ada beberapa bukit yang menjadi destinasi wisata alam. Salah satunya Bukit Bintang Baturraden yang lokasinya berada di Desa Karangmangu KM. 12, Baturraden, Kemutug Lor, Banyumas.

Bukit Bintang Baturraden banyak diminati oleh para wisatawan maupun warga setempat karena pemandangannya dari atas bukit yang amazing. Terutama jika dilihat di malam hari, landscape Baturraden di bawahnya akan terlihat sangat indah.

Bukit Pandang Munggang

Lokasi: Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 5.000 per orang

Bukit Pandang Munggang

Objek wisata alam di Banyumas yang pertama adalah Bukit Pandang Munggang.  Lokasi objek wisata alam ini berada di Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Tidak bisa dimungkiri, Bukit Pandang Munggang menjadi destinasi wisata di Banyumas yang harus kamu kunjungi jika ingin melihat keindahan alam dan landscape yang keren dari Kabupaten Banyumas ini.

Tidak hanya itu saja, banyak spot berfoto kece yang bisa jadi pilihan background kamu, terutama saat malam hari!

Bukit Watu Meja

Lokasi: Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari jam 08.00–18.00

HTM: Rp. 7.000 per orang

Bukit Watu Meja

Lalu, objek wisata alam kedua di Banyumas yang tidak kalah kerennya yaitu Bukit Watu Meja. Lokasinya berada di Jalan Raya Patikraja Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bayangkan, dari destinasi wisata di Banyumas ini, kamu akan mendapati lukisan alam dalam bentuk 3D yang sangat indah! Perpaduan perbukitan yang hijau di kejauhan, aliran sungai dan langit biru sebagai latar, sungguh view pemandangan yang istimewa!

Sendang Bidadari

Lokasi: Dusun II, Karangsalam, Baturraden, Banyumas

Jam operasional: Setiap hari jam 08.00–18.00

HTM: Rp. 3.000 per orang

Sendang Bidadari

Destinasi wisata alam di Banyumas berikutnya adalah Sendang Bidadari. Lokasi wisata ala mini berada di  Dusun II, Karangsalam, Baturraden, Banyumas.

Jika kamu kepo/ingin tahu seperti apa kolam mandinya para bidadari? Sendang Bidadari yang letaknya di seputaran wilayah Curug Telu setidaknya menggambarkan nuansa dan suasana kolam tersebut. View yang eksotik dengan atmosfer yang hening dijamin kamu akan terpesona dengannya!

Kebun Bunga Matahari Rempoah

Lokasi: Dusun II, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: –

HTM: Rp. 5.000 per orang

Kebun Bunga Matahari Rempoah

Selanjutnya wisata alam yang patut kamu kunjungi yaitu Kebun Bunga Matahari Rempoah. Lokasinya berada di Dusun II, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Jika kamu sangat tertarik untuk menikmati warna-warna cerah bunga matahari dan marigold, kebun bunga ini adalah spot yang tepat kamu kunjungi. Kamu juga bebas dipersilakan berburu foto yang Instagenik, tapi jangan juga sampai merusak kebun bunganya, ya!

Bukit Agaran

Lokasi: Dusun Depok, Desa, Dusun III, Melung, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari

HTM: Rp. 5.000 per orang

Bukit Agaran

Jika Jogja memiliki Hutan Pinus Pengger yang begitu ngehits, sementara di Kabupaten Banyumas memiliki Bukit Agaran yang tidak kalah menariknya.

Lokasinya berada di Dusun Depok, Desa, Dusun III, Melung, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Tangan raksasa sebagai spot foto, dengan background alam yang keren, pun terdapat juga di sini, dan pastinya ini bisa kamu jadikan salah satu alasan untuk datang ke sini.

Bukit Tranggulasih

Lokasi: Windujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 5.000 per orang

Bukit Tranggulasih

Masih seputaran bukit, wisata alam di Banyumas berikutnya adalah Bukit Tranggulasih.Salah satu destinasi wisata di Banyumas yang tidak boleh dilewatkan adalah Bukit Tranggulasih.

Lokasi Bukit Tranggulasih ini tepatnya berada di Windujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sempat ditutup untuk sementara waktu, spot wisata ini menawarkan tempat yang mengesankan untuk menikmati pesona alam Purwokerto.

Puncak Dinar

Lokasi: Desa Kalisalak, Gerumbul Windusari RT1/RW III Kec Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari

HTM: –

Puncak Dinar

Destinasi wisata alam Banyumas berikutnya adalah Puncak Dinar. Lokasinya masih satu kecamatan dengan Bukit Tranggulasih tepatnya di Desa Kalisalak, Gerumbul Windusari RT1/RW III Kec Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Puncak Dinar mendapatkan popularitasnya saat Bukit Tranggulasih ditutup pada pertengahan tahun lalu. Sampai saat ini, keduanya menjadi destinasi wisata di Banyumas yang ngehits karena daya tarik yang dimilikinya.

Bukit Gadog

Lokasi: Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Rp. 5.000 per orang

Bukit Gadog

Masih terkait dengan wisata alam bukit, wisata alam Banyumas berikutnya adalah Bukit Gadog yang letaknya di Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah.

Bagi kamu penikmat selfie, Bukit Gadog bisa menjadi destinasi wisata di Banyumas yang pas untuk dikunjungi. Meski sedikit menantang untuk didatangi, namun pesona alam yang akan kamu dapatkan di puncaknya akan membuat siapapun terkesima.

Baca Juga : 

TERMURAH!! 0813-2926-3436 Harga Sewa Bus Pariwisata Banyumas

30 Wisata Semarang Terbaru Hits Instagramable Siang dan Malam Hari

Wisata Keluarga Di Banyumas Yang Seru & Menyenangkan

Taman Miniatur Dunia (Small World)

Lokasi: Jalan Raya Baturraden Barat No. 270, Ketenger, Karangmangu, Purwokerto, Banyumas

Jam operasional: Minggu – Kamis pukul 07.00 – 22.00, Jumat dan Sabtu pukul 07.00 – 00.00

HTM: Rp. 15.000 (Senin – Jumat), Rp. 20.000 (Sabtu dan Minggu)

Taman Miniatur Dunia (Small World)

Objek wisata keluarga di Banyumas yang pertama ialah Taman Miniatur Dunia. Taman ini letaknya di Jalan Raya Baturraden Barat No. 270, Ketenger, Karangmangu, Purwokerto, Banyumas.

Sesuai namanya, Taman Miniatur Dunia atau Small World ini menyajikan miniatur beraneka macam keunikan taman dan bangunan yang ada di dunia. Seperti miniatur taman bunga tulip, taman  bunga sakura ala Jepang, kincir angin khas Belanda, menara Eiffel di Prancis, menara Pisa di Italia, dan lainya.

Kebun Raya Baturaden

Lokasi: Jl. Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutug Lor

Jam operasional: Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00, Sabtu dan Minggu tutup

HTM: Rp. 10.000 per orang

Kebun Raya Baturaden

Wisata keluarga di Banyumas berikutnya adalah Kebun Raya Baturraden. Lokasi kebun raya ini berada di Jl. Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutug Lor, Banyumas.

Koleksi tanaman yang ada di Kebun Raya Baturraden ini beraneka macam untuk dinikmati, ada tanaman perdu, tanaman perambat, tanaman anggrek, tanaman liliana, koleksi pepohonan, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

Fasilitas lain yang juga tersedia di kebun raya ini adalah wahana taman bermain anak, rumah pohon, bahkan untuk mengunjungi Pancuran Pitu akan lebih dekat dari sini. Hutan pinus yang terletak di area Wana Wisata ini juga menambah keasrian dan keindahan dari Kebun Raya Baturraden ini.

Lokawisata Baturraden

Lokasi: Karangmangu, Baturraden

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00

Harga tiket masuk: Rp. 14.000 per orang

Lokawisata Baturraden

Destinasi wisata keluarga di Banyumas berikutnya adalah Lokawisata Baturraden. Lokasinya berada di Karangmangu, Baturraden, Banyumas.

Beberapa fasilitas wisata di Lokawisata Baturraden seperti kolam renang, seluncuran, wahana wisata air, air terjun, pemandian air panas dan lain sebagainya.

Untuk fasilitas mainan anak-anak sendiri terdapat teater alam yang menyajikan simulasi pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Sedangkan untuk outboundnya memiliki dua flying fox, bioskop 4 dimensi, komedi putar, hingga tempat makan yang menyediakan makanan tradisional khas Jawa Tengah.

Mandala Wisata Baturraden

Lokasi: Jl. Raya Baturaden KM.10, Baturaden, Karangtengah

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00

Tarif: Rp. 2.500 per orang

Mandala Wisata Baturraden

Objek wisata keluarga di Banyumas berikutnya ialah Mandala Wisata Baturraden. Lokasi wisata keluarga ini berada di Jalan Raya Baturaden KM.10, Baturaden, Karangtengah.

Mandala Wisata Baturraden atau yang sering disebut sebagai Taman Kaloka Widya Mandala merupakan salah satu kebun binatang mini. Selain sebagai tempat wisata kebun binatang, Taman Kaloka Widya Mandala ini sebagai wisata edukasi dengan beraneka jenis spesies hewan lokal maupun internasional.

Berbagai jenis binatang langka yang terdapat dalam Mandala Wisata Baturraden ini seperti harimau Sumatera, orang utan Kalimantan, buaya Irian, komodo, dan lain sebagainya.

Baturraden Adventure Forest (BAF)

Lokasi: Karangsalam, Baturraden, Kabupaten Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00

Harga tiket masuk: Tergantung paket yang dipilih

Baturraden Adventure Forest (BAF)

Objek wisata keluarga di Banyumas yang tidak kalah menariknya yaitu Baturraden Adventure Forest (BAF). Lokasinya berada di Karangsalam, Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Baturraden Adventure Forest merupakan tempat wisata alam yang mempunyai bentang pegunungan yang menjadi tempat rekreasi keluarga. Untuk daerah pegunungan yang melandasi Baturraden Adventure Forest ini mempunyai vegetasi pohon pinus seperti hutan di negeri dongeng.

Tempat wisata keluarga yang satu ini mengajak wisatawan untuk mencintai lingkungan alam, memberikan pengetahuan, serta melakukan konservasi bersama. Untuk paket wisata yang ada di Baturraden Adventure Forest ini terdapat paket petualangan hutan, sungai, kabut, dan gunung yang masing-masing dibanderol harga yang berbeda-beda.

Dreamland Waterpark Ajibarang

Lokasi: Pancasan, Ajibarang, Kabupaten Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00

Tarif: Rp. 20.000 (Senin – Jumat), Rp. 25.000 (Sabtu dan Minggu)

Dreamland Waterpark Ajibarang

Desa Pancasan yang berada di Ajibarang ini mempunyai sumber mata air yang melimpah hingga dikenal sebagai mata air abadi. Hal ini dibuktikan dengan adanya Dreamland Waterpark Ajibarang.

Jumlah keseluruhan ada 8 kolam renang yang memiliki berbagai kedalaman sesuai dengan usia, juga fasilitas wahana air seperti waterslide, ember tumpah raksasa, kolam arus, dan lainnya.

Selain waterpark, terdapat berbagai taman dan wahana lainnya yang lengkap ada di sini seperti kebun binatang yang paling terkenal adalah taman reptil. Untuk pengunjung yang ingin melihat beraneka macam ikan dan binatang laut lainnya ada di zona aquarium ikan air tawar maupun air laut.

Alun-alun Purwokerto

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto merupakan sebuah ikon kota Purwokerto yang sering digunakan sebagai tempat upacara dan pergelaran kebudayaan maupun kesenian warga Banyumas. Konsep yang ditawarkan dari Alun-alun Purwokerto ini adalah Modern Citizen Park yang mana lokasinya bebas dari para pedagang kaki lima.

Selain menjadi tempat bersantai, Alun-alun Purwokerto juga bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah dengan pemandangan air mancur yang menambah keindahan di taman ini. Di pusat alun-alun ini sendiri terdapat pohon beringin besar yang akarnya menggantung hingga ke bawah.

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Lokasi: Jl. Gerilya, Purwokerto Selatan, Karangklesem

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

Tarif: Rp. 2.500 per orang

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Objek wisata keluarga berikutnya adalah Taman Rekreasi Andhang Pangrenan. Lokasi taman ini berada di Jl. Gerilya, Purwokerto Selatan, Karangklesem, Banyumas.

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan merupakan salah satu alternatif tempat wisata yang murah meriah di Purwokerto selain Alun-alun Purwokerto itu sendiri.

Tempat ini banyak dijadikan wahana bermain yang cocok untuk anak-anak karena dapat ditemui kereta mini, sepeda mini, ATV, hingga komedi putar.

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan yang juga berfungsi sebagai taman kota ini menjadikan banyaknya pepohonan rimbun dengan suasana sejuk dan indah.

Kebun Ku Water Park

Lokasi: Omah Keboen Serayu, Perumahan Semampir Indah, Jl. Serayu XV No. 123A, Purwokerto.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00

HTM: Rp. 10.000 per orang

Kebun Ku Water Park

Objek wisata keluarga berikutnya adalah Kebun Ku Water Park. Lokasinya berada di Omah Keboen Serayu, Perumahan Semampir Indah, Jl. Serayu XV No. 123A, Purwokerto, Banyumas.

Kebun Ku Waterpark sebenarnya merupakan sebuah wahana air seperti waterpark pada umumnya untuk wisata air sekaligus wisata keluarga. Tersedia fasilitas water boom dengan kolam renang khusus untuk anak-anak dan orang dewasa.

Fasilitas Kebun Ku Waterpark di sini yang menjadi salah satu taman bermain dan wahana air paling diminati oleh pengunjung anak-anak.

Sedangkan bagi wisatawan lainnya dapat juga menikmati kolam terapi ikan dimana kaki para pengunjung yang diceburkan di kolam tersebut akan dibersihkan oleh ikan-ikan kecil untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Taman Satria

Lokasi: Berkoh, Purwokerto Selatan, Banyumas

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

Harga tiket masuk: Gratis

Taman Satria

Selain taman air atau waterpark, wisata keluarga di Banyumas yang tidak kalah menarik yaitu Taman Satria. Lokasi taman ini berada di Berkoh, Purwokerto Selatan, Banyumas.

Taman Satria merupakan salah satu alternatif destinasi tempat wisata yang murah meriah namun menarik seperti taman kota pada umumnya.

Taman Satria ini memiliki moto sesuai dengan nama taman tersebut yakni Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan Aman yang disingkat dengan SATRIA. Di Taman Satria terdapat fasilitas taman bermain untuk anak-anak seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lainnya.

Desain taman ini sendiri memiliki pepohonan yang rimbun, semak-semak yang tertata rapi, hingga taman bunga yang cukup berseni, sehingga meninggalkan kesan yang asri, sejuk, dan indah di taman ini.

Taman Balai Kemambang

Lokasi: Jl. Karang Kobar, Bancarkembar, Purwokerto Utara

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 21.00

Tarif: Rp. 2.500 per orang

Taman Balai Kemambang

Taman berikutnya yang menjadi objek wisata keluarga di Banyumas ialah Taman Balai Kemambang. Lokasi taman ini berada di Jl. Karang Kobar, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Banyumas.

Taman Balai Kemambang ini seperti taman kota pada umumnya akan tetapi memiliki fungsi sebagai tempat rekreasi, bermain, dan bersantai ria.

Wisatawan dapat menikmati pepohonan yang rindang, bentangan lapangan dengan rumput menghijau, taman bunga dengan berbagai koleksi, serta kolam renang yang menambah nilai keindahan di taman ini.

Di tengah kolam ikan tersebut terdapat juga sebuah balai kecil yang mengapung di atasnya dan dapat dinaiki oleh pengunjung yang ingin mencobanya.

Wisata Batur Agung

Lokasi: Baseh, Kedungbanteng, Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00

HTM: Rp. 10.000

Wisata Batur Agung

Objek wisata keluarga di Banyumas berikutnya adalah Wisata Batur Agung. Lokasi wisata keluraga ini berada di Baseh, Kedungbanteng, Banyumas.

Wisata Batur Agung adalah salah satu waterpark yang juga terkenal di daerah Purwokerto, yang tentunya memiliki fasilitas dan wahana air yang cukup lengkap dan menarik.

Selain itu, teradapat juga fasilitas lain seperti kolam pemancingan, outbound beserta wahana flying fox, arung jeram, taman air, dan lainnya.

Lokasi Wisata Batur Agung ini yang dilewati oleh Sungai Logawa ini sehingga teradapat beberapa air terjun alami juga menarik untuk dijelajahi. Jangan lupa bendungan atau dam peninggalan jaman Jepang dahulu ini juga menjadi spot yang sangat menarik di tempat ini.

Wisata Sejarah Di Banyumas Terbagus Yang Pernah Ada

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 57, Kedungwuluh

Jam operasional: Minggu – Kamis pukul 08.00 – 15.00, Jumat dan Sabtu tutup

Harga tiket masuk: Gratis

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Objek wisata sejarah di Banyumas yang pertama adalah Museum BRI. Lokasi museum ini berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 57, Kedungwuluh, Banyumas.

Museum BRI merupakan museum yang menyimpan sejarah Bank Rakyat Indonesia dari awal dibangun hingga kini. Karena di Purwokerto inilah,

Bank Rakyat Indonesia berdiri untuk pertama kali, sehingga barang bersejarah seperti mesin pembukuan zaman dahulu masih tersimpan disini dengan aman.

Selain mesin pembukuan terdapat juga pesawat telepon, mesin penghitung uang, lemari besi, brankas besi zaman dahulu, peti besi, hingga koleksi mata uang Indonesia dan negara lain di zaman dahulu.

Museum Wayang Sendhang Mas

Lokasi: Jalan Budi Utomo No.1, Sudagaran, Banyumas, Sudagaran, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 15.00

Harga tiket masuk: Rp 3.000

Museum Wayang Sendhang Mas

Objek wisata sejarah di Banyumas yang berikutnya adalah Museum Wayang Sendhang Mas. Museum ini terletak di kompleks Pendopo Kabupaten Banyumas Lama di Kabupaten Banyumas. Gedung Museum ini memiliki luas 93,4 m². Nama Sendhang Mas merupakan kependekan dari Seni Pedhalangan Banyumas.

Tujuan didirikannya museum ini yaitu untuk melestarikan kebudayaan Jawa khususnya wayang. Koleksi dari museum wayang ini antara lain berisi wayang kulit Gagrag Solo, Gagrag Yogyakarta, Gagrag Banyumas, Sunggingan Gagrag Banyumas, wayang krucil, wayang beber, dan kaligrafi huruf Jawa.

Monumen Gatot Subroto

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Berkoh, Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket masuk: Rp 3.000

Monumen Gatot Subroto

Monumen Jenderal Gatot Subroto terletak di Jalan Gerilya Timur, Purwokerto, tepatnya di depan Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto.

Monumen ini merupakan sebuah patung Jenderal Gatot Subroto yang sedang menunggang kuda dengan tegap dan gagah perkasa, manatap ke depan dengan kendali di tangan.

Monumen ini dibuat untuk mengenang dan menghormati jasa dan perjuangan Jenderal TNI Anumerta Gatot Subroto yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional dengan keputusan Presiden RI No. 222 Tahun 1962.

Monumen Sepoer

Monumen Sepoer

Destinasi wisata sejarah di Banyumas selanjutnya adalah Monumen Sepoer. Monumen ini merupakan sebuah bekas lokomotif uap yang telah direhabilitasi sedemikian rupa yang diletakan di halaman kantor Perusahaan Jawatan Kereta Api DAOP IV Purwokerto sebagai monumen.

Pertama kali kereta api beroperasi di Jawa Tengah pada tanggal 10 Agustus 1867, yaitu Lintas Semarang – Temanggung yang dibangun oleh perusahaan swasta yaitu N.V. Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NISM ) dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Lokasi: Jalan Budi Utomo No.1, Sudagaran, Banyumas, Sudagaran, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket masuk: Rp 3.000

Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Objek wisata sejarah yang terakhir di Banyumas yaitu Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman. Lokasi monumen ini berada di Jalan Budi Utomo No.1, Sudagaran, Banyumas, Sudagaran, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas.

Monumen yang terletak di jalan dr. Soeparno No. 24, pinggir Sungai Logawa Kecamatan Karanglewas, kurang lebih 4 km dari kota Purwokerto ini dibangun yang bertujuan untuk mengenang perjuangan Jenderal Soedirman di Kabupaten Banyumas, khususnya di Purwokerto.

Berkat keahlian strategi dan kepandaian dalam bernegosiasi dengan penjajah Jepang, sehingga pengambilalihan kekuasaan dari penjajah Jepang kepada para pejuang di Kabupaten Banyumas berjalan tanpa pertumpahan darah.

Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 15 Oktober 1945 yang bertempat di Markas Komando Kesatuan Pertahanan Jawa Tengah di Magelang.

Wisata Religi Di Banyumas Yang Menyejukkan

Masjid Saka Tunggal Banyumas

Lokasi: Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Masjid Saka Tunggal Banyumas

Objek wisata religi di Banyumas yang pertama yaitu Masjid Saka Tunggal Banyumas yang merupakan masjid tertua di Indonesia. Lokasi masjid ini berada di Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Masjid ini dibangun pada tahun 1288 Masehi sebagaimana tertulis di prasasti yang terpahat di saka masjid itu lebih tua dari kerajaan majapahit yang berdiri tahun 1294 Masehi. Masjid ini berdiri ketika masa kerajaan Singasari dan merupakan masjid tertua di indonesia.

Sejarah Masjid Saka tunggal ini terkait dengan tokoh penyebar Islam di Cikakak, yang bernama Mbah Mustolih yang hidup dalam Kesultanan Mataram Kuno. Itu sebabnya, tidak heran bila unsur Kejawen masih cukup melekat. Dalam syiar Islam yang dilakukannya, Mbah Mustolih menjadikan Cikakak sebagai markas dengan ditandai pembangunan Masjid Saka Tunggal ini.

Makam Panembahan Kalibening 

Lokasi: Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas

Makam Panembahan Kalibening 

Objek wisata religi di Banyumas yang kedua yaitu Makam Panembahan Kalibening yang berada di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas.

Memasuki area makam ini ditandai dengan sepasang gapura yang berbentuk tugu batu dan tingginya sekitar satu setengah meter, konon tugu ini dibuat pada 1926 dan 1929 oleh juru kunci generasi yang keempat yang bernama Mbah Kalibesari. Di area makam juga terdapat rumah pendapa yang biasanya digunakan oleh para peziarah sebagai tempat beristirahat.

Selain gapura dan rumah pendapa, juga terdapat sumur pasucen yang berjarak sekitar 500 meter dari makam. Sumur pasucen ini digunakan untuk mensucikan diri bagi para peziarah yang hendak berziarah ke makam Mbah Kalibening.

Kelenteng Hok Tek Bio Pasar Wage

Lokasi: Jl. Pemotongan No 3, belakang Pasar Wage, Purwokerto, Banyumas

Kelenteng Hok Tek Bio Pasar Wage

Objek wisata religi lainnya di Banyumas yaitu Kelenteng Hok Tek Bio Pasar Wage. Lokasi klenteng ini berada di Jl. Pemotongan No 3, belakang Pasar Wage, Purwokerto, Banyumas.

Klenteng Hok Tek Bio Pasar Wage ini berdiri pada tahun 1879, awalnya tempat ini belum bernama klenteng tetapi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat tionghoa.

Pada saat itu mereka berniat untuk berdagang atau yang lainnya sesuai dengan yang diinginkannya.  Tempat tersebut didirikan oleh Oey Yoewae dan nama Klenteng Hok Tek Bio ini diambil dari nama dewa Bumi (sesuai dengan tuan rumahnya dan agamanya).

Perkembangan pada Klenteng Hok Tek Bio terjadi pada tahun 1987 yang ditandai dari setiap element yang rusak sudah di perbarui,dan bangunan yang dulunya masih kecil sudah mulai di perbesar. Di Klenteng Hok Tek Bio telah dilengkapi beberapa Altar beserta nomer urutnya untuk beribadah di klenteng ini yang berasal dari luar kota.

Gua Maria Kaliori

Lokasi: Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Gua Maria Kaliori

Objek wisata religi di Banyumas yang terakhir adalah Goa Maria Kaliori. Lokasi goa ini berada di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas.

Goa Maria Kaliori merupakan salah satu tempat wisata rohani (ziarah) umat Kristiani (Katolik & Kristen) yang berada di Banyumas, Jawa Tengah.

Pembangunan Gua Maria Kaliori ini dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989 dengan ditandai peletakan batu pertama yaitu oleh Uskup (pemimpin gereja Katolik) Purwokerto Mgr.P.S.Hardjasoemarta MSC.


Demikian beberapa informasi daftar tempat wisata alam, keluarga, sejarah & religi yang lagi hits wajib di kunjungi saat berada di Banyumas.

Salam PARIWISATA

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*