10 Makanan Khas Blora Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Wedang Cemoe
3.5/5 - (2 votes)

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kabupaten Blora Jawa Tengah

Makanan Khas Di Blora by Ranggawisata

Makanan Khas Blora – Blora merupakan salah satu daerah di provinsi di jawa tengah yang memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa selain memiliki obyek wisata Blora yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan.

Blora juga memiliki   beberapa makanan khas. Jalan jalan ke blora kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Kabupaten Blora yang memiliki  cita rasa yang sangat luar biasa membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus.

Makanan khas Kabupaten Blora juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan

Berikut Menu Masakan, Jajanan, & Minuman Pilihannya

MAKANAN :

Nasi Bakar Blora

Makanan Khas Blora Nasi Bakar

Adalah salah makanan khas yang berasal dari blora jawa tengah salah satu warung nasi bakar yang  terkenal di blora adalah  warung  nasi kobong yang dimiliki oleh  ibu delta maharani yang beralamat di jalan gunung lawu kelurahan tempelan blora.

Setiap hari  ibu Delta mampu menjual hingga 150 bungkus nasi bakar, warung yang buka pada pukul 11.00 WIB ini selalu ramai, tentu saja tidak lama nasi bakar itu ludes diserbu pembeli.

Ada beberapa variant rasa dalam nasi bakar tersebut, yakni rasa ayam, pindang, jamur, udang, opor, cumi, dan teri. Masing-masing varian misal ayam, di dalamnya terdapat daging ayam yang tentu memberikan aroma yang sedap. Begitu juga dengan varian yang lain. ”Mayoritas pembeli lebih suka yang ayam dan cumi,” tutur ibu delta Delta.

Warungnya yang selalu ramai oleh pembeli, sebenarnya tidak ada resep khusus, untuk bumbu yang diberikan pun pada dasarnya biasa, menggunakan rempah-rempah biasa yakni bawang merah dan putih, serta jahe. Akan tetapi ibu Delta membeberkan agar ada aroma khusus pada nasi kobong tersebut, yakni ia mengolekas daun kemangi pada daun pisang yang akan dibuat bungkus nasi kobong tersebut.

Ia membuka usaha Warung Nasi Kobong semula terinspirasi dengan arem-arem pada tahun 2013, yang kemudian bereksperimen dengan nasi yang penyajiannya dibakar. Tak sia-sia hasil uji cobanya berhasil dan kini setiap hari ramai di serbu pembeli.

Lontong Tahu Blora

Makanan Khas Blora Lontong Tahu

Adalah salah satu makanan khas yang berasal dari blora jawa tengah lontong tahu memliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya lontong tahu khas blora memiliki  bentuk  sekilas seperti tahu gimbal.

Lontong tahu begitu popular saking terkenalnya lontong tahu dikembangkan menjadi masakan masakan yang lebih sedap dan nikmat, termasuk Lontong Tahu Khas Blora yang juga sangat populer saat ini,dengan bumbu bumbu yang sedap dan juga berbahan mudah masakan ini sangat diminati oleh masyarakat,selain itu Lontong Tahu ini juga menyehatkan tubuh karena terdapat sayur sayuran yang beragam.

Tidak lupa juga tahu yang mengandung berbagai macam  nutrisi yang terdapat dari berbagai jenis jenis sayur sebagai isian dari lontong tahu tersebut.

Soto Klethuk Blora

Makanan Khas Blora Soto Klethuk

Adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kabupaten blora provinsi jawa tengah seperti daerah lainnya daerah blora juga memiliki soto khas blora yang bernama soto klethuk uniknya dari soto ini adalah terdapat kletuk di dalamnya.

Klethuk sendiri  berfungsi sebagai taburan terakhir ketika hidangan ini disajikan. Berbentuk kotak mungil dengan ukurannya yang lebih kurang sama dengan ukuran kacang polong. Teksturnya keras, namun mudah untuk dikonsumsi.

“Klethuk ini  berbahan dasar dari singkong yang dipotong kotak kecil-kecil. Lalu digoreng sampai benar-benar garing dan warnanya coklat keemasan. Seandainya tidak menggunakan klethuk ini, ya soto ini serupa dengan soto pada umumnya,” tutur Aminah, pemilik warung soto klethuk Pak Galo. yang berada di Jalan Gunung Sindoro

Baca Juga  Paket Wisata Kendal Murah Terbaru Yang Lagi Hits Recommended

Dalam penyajiannya, soto klethuk  memiliki isian suiran ayam, tauge, bihun, telur, bawang goreng, dan yang terpenting yakni klethuk. Berdasarkan pengalaman beliau selama jualan, tak sedikit pembelinya yang berasal dari luar Kabupatem Blora. Untuk satu porsi harga Rp 10 ribu.

“Sehari bisa habis 500 porsi itu paling sedikit. Banyak yang jajan disini orang luar juga. Paling enak kalau pakai lauk perkedel dan sate telur puyuh,” pungkasnya.

Pecel Pincuk Blora

Makanan Khas Blora Pecel Pincuk

Pecel merupakan masakan atau makanan yang mudah ditemui di banyak daerah di Indonesia. Di setiap daerah di Indonesia mungkin mempunyai khas sendiri-sendiri mengenai makanan ini.

Masakan ini memiliki bahan bahan yang sangat sederhana dan mudah ditemui baik itu di pasar modern maupun di pasar tradisional. Pecel juga sangat digemari oleh pecinta vegetarians karena sayur sayurannya yang menyehatkan ditambah dengan bumbu sambalnya yang nikmat dan enak.

Masakan ini juga tidak asing bagi ibu ibu yang terbiasa memasak, karena hampir setiap rumah memiliki bumbu masakan yang satu ini. Kandungan nutrisi terutama zat besi dan vitamin membuat setiap orang menyukai masakan ini disamping enak dan lezat.

Di Blora, mulai dari jantung Kota Blora sampai menyebar ke urat-urat pelosok Blora, Nasi Pecel memiliki jam buka ketika waktu sarapan tiba. Meskipun banyak juga warung yang menyajikan makanan ini hingga 24 jam. Pecel Blora dikenal dengan pecel yg mempunyai tekstur sambelnya yang lembut.

Dalam membuat sambal pecel ini sendiri rata-rata masyarakat daerah Blora menggunakan bumbu yang khas yaitu dengan menggunakan campuran kacang tanah, bawang putih, kencur dan tambahan bumbu-bumbu lain.

Sedangkan untuk sayurannya yaitu kol, kacang panjang, toge dan yang khas adalah daun glandir atau daun ketela rambat atau ubi jalar. Sedang cara penyajiannya rata-rata pedagang tradisional menggunakan pincuk godong jati atau dibungkus dengan daun jati.

Sate Ayam Blora

Sate Ayam

Adalah salah makanan khas dari daerah kabupaten blora provinsi jawa tengah sate ayam blora memang sangat khas dan memiliki perbedaan  dalam bumbu yang di pergunakan yaitu bumbu rahasia secara turun temurun yang telah di campur dengan bumbu kacang.

Sate ayam blora memiliki tekstur daging yang lembut & enak dalam proses pembuatan sate ayam khas blora memang di pilih mengunakan daging yang masih muda dan segar.

Sate ayam khas blora biasanya di nikmati dengan 1 porsi nasi putih panas tidak lupa mengunakan sambal kacang membuat cita rasa sate ayam khas blora tambah nikmat dan menambah selera makan para pengunjung, pada umumnya sate ayam ini akan lebih nikmat jika dimakan selagi hangat.

Makanan sate ayam khas blora bisa menjadi salah satu hidangan yang lezat dan enak dengan cita rasa yang berbeda dengan sate pada umumnya.

Opor Ayam Blora

Opor Ayam

Adalah salah satu makanan khas kabupaten blora provinsi jawa tengah yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya salah satu warung yang menjual opor ayam di daerah cepu yaitu lontong opor pak pangat.

Warung Opor Pak Pangat hanya berupa bangunan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kayu. Berbentuk joglo, dan beratap genting tanah liat. Lantainya tak dilapisi oleh sebingkai tegel sekalipun. Terlihat di situ hanya ada batu bata merah bercampur tanah yang tergelar mulai dari teras, bagian dalam, hingga dapurnya. Sangat Sederhana.

Cara penyajian untuk Lontong Opor ini juga berbeda, dari biasanya jika kita memesan makanan di tempat atau warung makan pasti disajikan seporsi sesuai jumlah pembeli, tapi yang disajikan disini adalah semangkuk porsibesar opor ayam serta bertumpuk-tumpuk lontong utuh yang masih rapi tergulung daun di atas nampan.

Untuk Potongan ayam yang telah dipesan sebelumnya, diletakkan jadi satu dan dihidangkan dalam satu wadah besar, untuk satu kelompok pemesanan. Pembeli dipersilakan untuk memotong sendiri lontong yang diinginkan. Kurang lebihnya sesuai selera, mereka boleh menambah jika mau. Tapi sayang, itu tidak berlaku bagi potongan ayamnya. Karena memang ayam yang disajikan hanya sesuai jumlah yang telah dipesan.

Dalam sehari sehari  warung Opor Pak Pangat hanya mengolah 60 ekor ayam dan 400 buah lontong. Yang semuanya telah dipesan oleh pelanggan sejak sebelumnya. Tak lebih dan tak kurang. Itulah sebabnya warung itu tak melayani pemesanan makan di tempat, ataupun permintaan tambah.

Baca Juga  Paket Wisata Pantai Seperti Bali Yang Ada Di Grobogan Gubug Wirosari Purwodadi

Jika memang merasa jumlah porsinya tak bakal cukup, pembeli harus memesannya sejak awal. Para pembeli bisa meminta ayam berpotongan khusus alias jumbo. Ayam yang digunakan adalah Ayam kampung berpotongan besar yang terasa sangat lunak.

Bumbu dari opor ayam ini di buat berbeda dengan kebanyakan opor lain yaitu cabai merah, sereh yang banyak dan tak lupa memasaknya juga harus menggunakan kayu jati di tungku khusus, karena apinya yang diciptakan akan berbeda dan mempengaruhi rasa.

Lontong Opor Pak Pangat (Kapuan) berada di : Desa Ngloram, Cepu, Blora, Jawa Tengah, 58315, Indonesia.

Blora merupakan salah satu daerah  di kabupaten provinsi jawa tengah selain memiliki  makananan khas menu utama blora juga memiliki  beberapa cemilan yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan  ke blora kurang pas jika tidak mencicipi cemilan  khas blora yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa

Berikut Menu Cemilan Khas Blora :

CEMILAN :

Dumbeg Blora

Dumbeg

Dumbeg adalah jajanan khas Blora yang sangat unik dibandingkan dengan jajanan yang lainnya, yaitu karena bentuknya yang sangat unik yang menyerupai terompet. Jajanan ini dibungkus dengan daun lontar, bisa juga dengan janur (daun kelapa muda yang sudah dipisahkan lidinya), bungkus dari jajanan ini membuat aroma yang khas dari Dumbeg.

Namun jenis jajanan tradisional ini sudah hampir punah dikalangan masyarakat, mungkin hanya beberapa saja yang masih membuat da mengkonsumsnya, karena mengikuti perkembangan jaman, Dumbeg sudah mulai tersingkirkan oleh jajanan jajanan modern saat ini.

Tapi jangan salah karena cita rasa jajanan ini tidak kalah dengan jajanan model sekarang ini. Aromanya yang khas dari pembungkus yang digunakan yang sudah terlebih dahulu dimasak, sehingga aroma dari pembungkusnya meresap ke badan makanan Dumbeg ini.

Dumbeg mugkin sudah sedikit suli untuk ditemukan, biasanya terdapat di pasar pasar tradisional Blora, dan mungkin saja setiap rumah membuat jajanan yang satu ini hanya saat pada hari raya Idul Fitri saja.

Jajanan yang memiliki bentuk yang sangat unik ini sangat diminati oleh semua orang, terutama oleh anak anak selai juga bentuknya yang sangat unik, Dumbeg juga memiliki rasa yang sangat lezat dan manis, jadi tak heran semua orang menyukainya baik itu dari kalangan anak anak sampai orang dewasa.

Jajanan ini juga memiliki variasi yang beragam, misalkan anda Dumbeg ini biasaya ditambah dengan potongan potongan nangka atau kelapa muda untuk menambah variasi cita rasa yang dihasilkan oleh jajanan tradisional ini.

Manco Blora

Manco

Kalau kita bicara tentang makanan khas atau jajanan khas Blora, tentunya masing-masing daerah mempunyai ke khasan sendiri-sendiri. Begitu pula di wilayah Blora Selatan tepatnya di Kec.Kradenan dan khususnya di dusun Weni desa Nglungger. Nah…Penasaran kan jajanan apa itu….???

Salah satu jajanan khas dari Kec.Kradenan  yaitu Manco. Mungkin anda sedikit kurang mengerti dengan nama makanan tersebut. Namun jika di daerah Kec.Kradenan dan sekitarnya, makanan itu sangat populer. Biasanya makanan tersebut di hidangkan untuk acara – acara pernikahan dll. Juga sangat laris untuk oleh – oleh bagi yang sedang bepergian ketempat sanak family di kabupaten Blora

Jajanan manco atau ada yang menyebutnya peli kipu adalah jajanan yang terbuat dari beras ketan yang diolah dengan proses sedemikian rupa sehingga menjadi jajanan yang menarik bentuk dan enak rasanya.

Jajanan ini beredar dengan beberapa bentuk dan bahan, yaitu ada yang menggunakan Wijen sebagai kulitnya ada juga yang menggunakan ketan (yang pasti dah digoreng lo). Atau yang lebih unik lagi dengan memakai “Karuk “.

Karuk yaitu nasi yang di keringkan (Karak) kemudian di goreng. Jajanan ini lebih nikmat kalo dimakan masih anget-anget,  sambil nonton FTV di temeni secangkir kopi… wiiih nikmat banget…!!!

Blora merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas dan cemilan khas blora juga memiliki minuman khas blora yang memiliki cita rasa yang sangat luar nikmatnya.

Baca Juga  35 Tempat Wisata Pemalang Terbaru Lagi Hits Recommanded

Jalan jalan ke blora kurang pas jika tidak mencicipi minuman  khas blora yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa

Baca Juga :

25 Tempat Wisata Blora Terbaru Lagi Hits Recommanded

Biro Wisata Blora Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommanded

15 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Blora Recommanded

Berikut menu minuman khas Blora :

MINUMAN :

Wedang Cemoe Blora

Wedang Cemoe

Minuman cemoe atau wedang cemoe ini sangat menyegarkan dan menghangatkan tubuh di saat musim hujan datang. Wedang cemoe ini bisa menghangatkan tubuh sebab salah satu bahannya adalah jahe.

Kalau anda ingin menikmati minuman wedang cemoe ini, anda bisa membelinya di pinggir-pinggir jalan. Tapi bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa lho. Bahan-bahan untuk membuat wedang cemoe ini bisa anda beli di pasar atau di supermarket.

Akan terasa nikmat sekali jika wedang cemoe ini di nikmati saat anda dan keluarga sedang santai di rumah atau ketika nonton tv bersama. Penasaran kan bagaimana rasa dan lezatnya minuman wedang cemoe ini.?

Salah satu  Minuman khas yang satu ini wajib di coba jika anda sedang berada di Blora. Minuman ini merupakan minuman yang di buat dari jahe dan di sajikan dengan tambahan susu krim, roti tawar dan juga irisan degan. Minuman ini sangat cocok di nikmati sambil bersantai untuk menghangatkan tubuh. Untuk bisa mencicipi wedang cemoe ini, Lokasi yang rokomendasi adalah di Jalan Togosari Raya 1 Blora.

Nah, minuman ini beda dengan makanan pada umumnya, yaitu wedang cemoe. Eh, bukan makanan, tapi minuman pada umumnya. hehehe… Minuman ini cukup populer di Blora dan sekitarnya.

Tapi mungkin masih jarang ditemukan di tempat lain.Jadi, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk mencicipi minuman ini saat berada di Blora. Emang rasanya gimana? Kamu bayangin sendiri saja ya.

Es Jati Blora

Es Jati

Kuliner di Indonesia memang beragam. Tidak hanya makanan khas yang beragam, tetapi juga banyak minuman khas daerah. Blora termasuk kawasan beragam kuliner kreatif. Daerah yang dikelilingi hutan ini punya rasa tersendiri dengan kuliner yang dikeluarkan oleh warga lokal.

Kini, telah tersedia salah satu minuman khas Blora. Yakni, es jati. Tapi jangan berfikir kalau yang dijadikan es itu kayu jati ya. Es unik ini dibuat dari daun jati.

Para pedagang es jati ini banyak terlihat di pinggiran jalan kota. Mereka muncul saat ketika siang. Rata-rata mereka  menggunakan gerobak di beberapa jalan utama Kota Blora, seperti di Jalan MR Iskandar, Jalan Pemuda, Jalan Gunung Lawu, dan Jalan Ahmad Yani.

Minuman ini disajikan di gelas biasa. Warna hijau menjadi kekhasan dari es jati tersebut. Bahannya dari bagian pohon jati, yakni daun mudanya. Sarwana, salah satu penjual es jati, menceritakan, minuman ini terbuat dari campuran pucuk daun jati yang diberi pemanis air gula jawa dan kuah santan. Adonan inilah yang membuat rasa menjadi legit dan sedikit ada rasa gurih namun tak kentara.

Gurih itu terasa dari adonan santan. Jadi, kata Sarwana, tidak sembarang daun bisa digunakan sebagai bahan campuran.

“Biasanya kami memilih daun jati khusus yang masih muda,” katanya.

Dia mengatakan, orang tahu, daun jati memberikan rasa gatal bila tersentuh kulit. Tapi, dalam wujud minuman seperti es jati yang terasa hanya nikmatnya saja. Aroma yang khas dari daun jati muda juga akan mengingatkan pada kehidupan masyarakat desa.

Di dalam minuman itu terdapat irisan cincau sebagai isian. Sehingga, ketika diminum terasa seperti es cincau pada umumnya. Bedanya sari daun jati lebih terasa dan memberikan sensasi kesegaran tersendiri.

Segera agendakan untuk mengunjungi kabupaten Blora info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-blora/

Demikian beberapa informasi makan khas Blora terpopuler serta favorit di Blora, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*