7 Makanan Khas Boyolali Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Tahu Susu

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Kabupaten Boyolali Jawa Tengah

Makanan Khas Di Boyolali by Ranggawisata

Makanan Khas Boyolali – Kabupaten Boyolali adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Boyolali termasuk Wilayah Solo Raya secara administrative. Meskipun termasuk kabupaten Jawa Tengah dengan luas yang tidak terlalu besar, Boyolali memiliki banyak keunggulan seperti seni budaya dan kuliner yang khas Selain Wisata Boyolali nya.

Boyolali merupakan jalur yang bisa di lalui untuk ke Solo atau Semarang, Kabupaten Boyolali adalah jalur penghubungnya. Jalan jalan ke boyolali kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas boyolali yang  memiliki cita rasa sangat luar biasa membuat kita ingin kembali mencicipinya terus menerus.

Daftar Menu Makanannya

MAKANAN :

Soto Seger Boyolali

Makanan Khas Boyolali Soto Seger

Adalah salah satu makanan khas yang berasal dari daerah boyolali seperti daerah daerah lainnya daerah  boyolali pun juga memiliki  soto khas boyolali  yaitu bernama soto seger boyolali. Ada rencana untuk liburan ke Jawa Tengah? Cobalah mampir ke Boyolali.

Ada banyak kuliner enak yang pastinya bikin kamu rindu kota ini. Salah satunya  makanan khas Soto Seger Mbok Giyem yang menjadi primadona. Seenak dan seterkenal apa kuliner Boyolali yang satu ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Soto legendaris yang bikin ketagihan.

Meskipun tertulis Mbok Giyem, tapi tokoh ini sudah digantikan oleh putera puterinya. Karena sudah turun temurun Soto Seger Mbok Giyem kini dikelola oleh anak-anak pemiliknya. Warung makan sederhana ini terkenal dengan kelezatannya yang tak berubah sejak pertama kali buka.

Yaitu sekitar tahun 1950. Menariknya, warung di Jalan Garuda, samping Pasar Sunggingan ini tetap bertahan setelah krisis moneter. Termasuk juga banyaknya pesaing dengan menu lebih kekinian.

Punya Banyak Cabang

Krisis moneter memang membuat banyak perubahan di warung ini. Semula banyak menu yang ditawarkan, seperti sate kambing bakar. Sebelumnya warung ini menjual berbagai macam menu namun Setelah krisis  warung tersebut, pemilik mengambil keputusan warung ini memutuskan hanya menjual soto.

Siapa sangka, keputusan tersebut membuat warung ini punya banyak cabang. Bukan hanya ada di Boyolali, tapi juga ada cabang di Pekalongan, Semarang, Solo, bahkan Jakarta. jadi, untuk menikmati seporsi soto seger ini tak perlu jauh jauh  ke Boyolali kan.

Murah tapi tidak murahan

Soto ini memiliki  Keunggulan dari soto seger ini terdapat pada kuah beningnya. Soto Mbok Giyem terkenal murah dan komplit. Seporsi satu mangkok berisi irisan daging ayam atau daging sapi, toge, bawang merah goreng, kentang goreng, dan nasi.

Kamu juga bisa memesan porsi mangkuk normal atau mangkuk kecil. Sebagai pendamping, ada pilihan lauk mulai empela hati, telur puyuh, sate kikil, hingga telur dadar. Kurang lengkap apa coba? Banyak pilihannya pula.

Nasi Tumpang Boyolali

Makanan Khas Boyolali Nasi Tumpang

Selain terkenal akan budayanya yang beragam, Indonesia juga dikenal akan kulinernya yang unik. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing. Contohnya saja Boyolali. Salah satu Kota di Jawa Tengah ini terkenal dengan budidaya perairannya dan juga makanan olahan susu. Namun, bagaimana dengan Sego Tumpang? Pernahkah Anda mendengarnya?

Yaitu Sego tumpang atau nasi tumpang adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Jangan kaget dulu mendengar bahan baku utamanya, rasanya tidak semengerikan kedengarannya.

Makanan ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya makanan ini disajikan dengan gudangan atau sayur-sayuran sebagai pelengkapnya.

Makanan Khas Boyolali Sego tumpang yang terkenal adalah Sego Tumpang Suprihadi yang terletak di Jalan Tentara Pelajar, Boyolali. Hampir setiap pag,i warung yang terletak di pinggir jalan ini tidak pernah sepi pembeli. Pembelinya pun berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Bapak Suprihadi mengelola Warung sego tumpang sudah sejak 14 April 1984. Yang menjadikan special Sego Tumpang Suprih ini berbeda dengan yang lainnya adalah bahan-bahan yang diolah dengan cara tradisional, yakni menggunakan kayu bakar untuk menjaga cita rasanya.

Untuk satu bungkus sego tumpang masih sangat terjangkau harganya. Selain harga yang tergolong murah, makanan ini juga sangat cocok untuk sarapan. untuk Pembeli yang datang biasanya dapat mengambil sendiri bungkusan berisi sego tumpang. Tidak heran, baru beberapa jam saja sudah ludes.

Usaha yang sudah ditekuninya selama 60 tahun ini hingga saat ini masih belum kehilangan cita rasanya yang khas. Sebagai pemilik Bapak Suprihadi menjaga cita rasanya karena menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Jika berkunjung ke Kabupaten Boyolali, Anda harus mencoba sego tumpang suprih.

Selain harganya murah, makanan ini juga sangat sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami. Ditengah maraknya makanan fast food, makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bergizi, sehat, dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Bebek Goreng Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali Bebek Goreng

Yaitu salah satu makanan khas yang berasal dari daerah boyolali provinsi jawa tengah yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezat nya. Terkenal dengan sebutan Bebek Pinggir, kuliner khas yang terletak di sebelah timur Pasar Pengging ini akan membuat penikmatnya ketagihan dan kembali datang untuk menikmatinya.

Di Bebek Pinggir, yang ada hanya menu bebek goreng dan ayam goreng. Kendati demikian, cita rasanya yang gurih mampu menggoyang lidah penikmatnya. Bebek goreng yang dibanderol dengan harga berbeda setiap bagiannya. Seperti misalnya dada cukup merogoh kocek Rp 21 ribu per porsi, kita sudah bisa menikmati gurih dan empuknya daging bebek bagian dada.

Sedangkan ati ampela bebek yang tersaji lengkap dengan tampilan disunduk cukup dibanderol dengan harga Rp 4.000 per bijinya. Bumbu gurih legit merasuk dalam setiap inchi daging begitu digigit. Rasanya tidak terbantahkan memakan daging bebek saking empuknya.

Sama juga dengan bebek, ayam goreng di Pak Pinggir juga tak kalah nikmat. Harganya pun cukup terjangkau dan berbeda setiap bagian. Kalau mau berkunjung ke Pak Pinggir Pengging, bisa langsung datang sore hari karena Pak Pinggir Pengging buka setiap hari pukul 17.00 WIB dan tutup hingga pukul 22.30 WIB.

Ya, Pak Pinggir Pengging memang cocok untuk kuliner makan. Cocok juga dengan udara malam yang dingin dengan menimati bebek Pak Pinggir sewaktu hangat. Salah satu pengunjung, mas Kaisan mengakui kenikmatan masakan bebek Pak Pinggir tersebut. Bagi mas Kaisan, mayoritas kuliner bebek di kawasan Pengging memiliki cita rasa manis. Maka bebek di Pak Pinggir sangat berbeda dengan ciri khas rasa gurih asinnya.

“Saya lebih suka bebek yang gurih. Pak Pinggir ini sudah sangat pas bagi saya. Rasanya memang bikin nagih karena empuk, tidak alot,” tuturnya.

Bebek Pak Pinggir Pengging, Sawit, Boyolali memang  sudah cukup terkenal di daerah Soloraya. Penikmatnya datang tidak hanya dari Boyolali, namun juga dari luar kota. Jika ingin menikmatinya dengan santai, maka bisa berkunjung pada hari biasa. Karena pada hari libur terutama libur panjang, Bebek Pak Pinggir Pengging akan padat dipenuhi pengunjung.

Jenang Pecel

Makanan Khas Boyolali Jenang Pecel

Makanan Khas Boyolali Jenang pecel merupakan semacam olahan pecel yang telah di modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya. Pecel di sini tidak lagi disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang dimaksudkan disini adalah bubur sumsum (yang terbuat dari tepung beras).

Untuk komponen pecelnya sama saja, terdiri dari aneka macam sayuran rebus/kukus yang kemudian diguyur dengan sambal kacang. Anda akan menemukan sensasi rasa yang unik ketika pecel yang teksturnya kaya terpadu dengan bubur sumsum yang lumer dan lembut di mulut.

Jenang pecel ini merupakan makanan tradisional khas dari Boyolali, tapi sayangnya sekarang sudah makin susah ditemukan. Jenang pecel biasanya di jajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, namun ada juga penjual keliling yang pakai gendongan. Terasa makin sedap ketika disajikan diatas pincuk (alas makan dari daun pisang).

Kalaupun sulit untuk menemukan penjual jenang pecel, jangan berkecil hati karena Anda akan membuat sendiri di rumah.

Boyolali merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas menu utama boyolali juga memiliki beberapa cemilan khas yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya. Jalan jalan ke boyolali kurang pas jika tidak mencicipi cemilan khas boyolali yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Berikut menu cemilan/jajanan khas boyolali

CEMILAN :

Tahu Susu

Makanan Khas Boyolali Tahu Susu

Boyolali merupakan kota yang terkenal dengan ternak sapi perahnya. Hal itu membuat tingkat produktivitas susu sapi segar di Boyolali cukup tinggi. Nggak heran kalau beberapa makanan khas Boyolali dibuat dari susu, seperti tahu susu yang memang berbahan dasar perahan susu sapi murni.

Tahu susu merupakan tahu yang terbuat dari susu. Namun, bukan sembarang susu yang dipakai untuk membuat tahu susu. Dilansir dari berbagai sumber bahan pokok yang digunakan adalah susu sapi pertama yang baru melahirkan.

Sapi yang baru saja melahirkan umumnya mengeluarkan susu yang nggak laku dijual karena warnanya yang menguning dan berbau amis. Akan tetapi, kandungan gizi yang terdapat dalam susu tersebut sangatlah tinggi. Supaya nggak sia-sia terbuang, masyarakat di sana kemudian mengolahnya kembali menjadi cemilan bergizi yang lezat yaitu tahu susu.

Perpaduan tahu dan susu menyajikan cita rasa gurih yang enak dan aroma susu yang kental. Jenis tahu susu ini juga lebih lembut dibanding dengan tahu kedelai yang biasa. Tahu susu khas Boyolali pun dijamin kesehatannya karena nggak ada campuran senyawa lain dalam proses pembuatannya. Selain itu, tahu susu juga dikenal bisa menjadi obat untuk para penderita hipertensi.

Sayang, keberadaan tahu susu begitu langka di supermarket. Kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh yang ada di Boyolali atau membelinya secara daring. Secara umum, tahu susu dijual seharga Rp 10 ribu per bungkus. Bila nggak mau beli, kamu bisa membuat sendiri di rumah, kok. Cara pembuatan tahu susu ini nggak terlalu sulit. Kamu cukup mencampur susu yang sudah diperas dengan bumbu tradisional seperti bawang putih, ketumbar, dan garam yang sudah dihaluskan. Campurkan keduanya dan aduk hingga merata.

Bila sudah rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Usai dikukus, susu tersebut akan berbentuk seperti tahu pada umumnya. nah selanjutnya, potonglah tahu susu sesuai selera. Setelah itu, goreng tahu susu sebelum dimakan.

Dodol Susu

Dodol Susu

Kota Susu adalah julukan dari sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini, daerah itu adalah Kabupaten Boyolali. Boyolali sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang damai dan terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu selain mrmiliki julukan kota susu boyolali juga memiliki beberapa cemilan  yang berbahan dasar dari olahan susu sapi.

Boyolali juga memiliki beberapa makanan Khas Boyolali yang semuanya terbuat dari susu sapi salah satunya yaitu Dodol Susu. Untuk Dodol Susu ini merupakan salah satu makanan khas Boyolali atau oleh – oleh khas Boyolali. Beberapa hari yang lalu saya berkunjung di Dukuh Pentongan, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali yang dimana di Desa itu ibu- ibu tergabung dalam kelompok yang memproduksi Dodol Susu.

Ialah seorang Ibu yang tergabung dalam kelompok Produksi Dodol Susu sedang membuat adonan dodol dan menciptakan cita rasa yang khas. Untuk mengolah Dodol Susu itu di olah dengan bahan dasar seperti susu sapi murni, gula, tepung beras ketan, tepung terigu dan sedikit blue band.

Yang pertama Susu sapi murni direbus dahulu hingga kental, setelah itu masukkan gula dimasak hingga seperti karamel kemudian campurkan dengan tepung beras ketan dan tepung terigu. Selanjutnya setelah melewati berbagai proses dan menjadi Dodol Susu lalu masukkan ke dalam sebuah kemasan berupa kota kecil. untuk kotak kecil itu berisi 8 biji Dodol Susu.

Menurut ibu ketua kelompok yang di katakan pada waktu sesi wawancara, pembuatan dodol susu ini dibutuhkan proses setidaknya 3 jam, dan rasanya pun tak kalah dengan dodol yang lainnya,bahkan untuk rasa dodol susu terkenal lebih enak dodol susu karena dodolnya manis dan dipadukan dengan susu sapi murni.

Untuk  dodol susu ini walaupun manis tapi pembuatannya tanpa adanya bahan pengawet, bahkan bisa bertahan hingga sekitar sepekan lamanya. Saking banyak peminatnya Dodol Susu ini jadi makanan khas di kabupaten Boyolali yang wajib ada, makanan ini sekarang dijual di toko-toko pembelanjaan oleh-oleh makanan khas Boyolali di kota Selo.

Tak kalah terkenal Boyolali merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas dan cemilan khas boyolali juga memiliki satu minuman khas yang melegendaris.

Baca Juga :

22 Tempat Wisata Boyolali Terbaru Lagi Hits Recommanded

Biro Wisata Boyolali Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommanded

13 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Boyolali Recommanded

Berikut menu minuman khas boyolali

MINUMAN:

Susu Sapi Segar

Susu Sapi Segar

Kota susu adalah sebutan untuk Kabupaten Boyolali begitu masyarakatnya menyebutnya, hal ini disebabkan karena banyak penduduk Boyolali yang memiliki usaha ternak sapi perah yang menghasilkan susu murni berkualitas tinggi.

Produksi susu dari para peternakan sapi juga dibuat aneka makanan olahan seperti yogurth, dodol susu, kerupuk susu dan stik susu. Selain itu juga banyak kios-kios maupun warung tenda yang menjajakan minuman susu murni dan susu segar.

Seperti salah satu warung tenda yang berada di Jalan Pandanarang yaitu, Warung Susu Segar “Si Doel” yang menjalankan usahanya sejak beberapa tahun lalu. Warung Susu “Si Doel”setiap harinya buka mulai jam setengah lima sore dan tutup jam setengah 12 malam.

Aneka minuman panas dan dingin yang disajikan diantaranya susu murni, susu coklat, susu kopi, susu jahe, susu stroberi, susu telur madu jahe. Untuk satu gelas susu dipatok dengan harga 6ribu rupiah.

Menurut pemilik warung, susu murni direbus tanpa tambahan sedangkan untuk susu segar direbus dengan dicampur air. Dalam satu hari warung Si Doel dapat mampu menghabiskan susu sebanyak 20 liter yang dibeli seharga 10ribu rupiah per liter dari peternak.

Sementara itu salah satu pengunjung, Dewi mengaku menjadi pelanggan setia Susu Segar Si Doel sejak satu bulan ini. Dewi biasa membeli susu segar dibungkus untuk dibawa pulang untuk dikonsumsi satu keluarga, karena menurut Dewi Susu segar ini disamping kandungan gizinya tinggi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Segera agendakan untuk mengunjungi kabupaten Boyolali info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-boyolali/

Demikian beberapa informasi special makan khas Boyolali terpopuler serta favorit di Boyolali, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*