21 Makanan Khas Jogja Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Rujak Es Krim

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Jogja Jawa Tengah

Makanan Khas Di Jogja by Ranggawisata

Makanan Khas Jogja – Jogja merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata  yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan Jogja juga memiliki beberapla makanan khasnya.

Jalan jalan ke Jogja kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Jogja yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa kenikmatan makanan khasnya membuat lidah wisatawan selalu ingin mencicipi & harganya yang ramah di kantong wisatan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Jogja berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Jogja.

Berikut daftar menu  makanan :

Nasi Gudeg

Makanan Khas Jogja Nasi Gudeg

Merupakan salah satu makanan yang berasal dari daerah jogja makanan yang melegendaris dari zaman dahulu sampai sekarang awal mula sejarah nasi gudeg sudah ada sejak tahun 1500 tahun yang lalu bertepatan dengan berdirinya kerajaan mataram bernuansa islam gudeg  bukan  dari makanan kerajaan melainkan makanan rakyat biasa di daerah jogja.

Gudeg sendiri berbahan dasar dari nangka muda atau dijawa lebih dikenal dengan nama gori yang sudah direbus berjam jam sebelumnya dengan beraneka macam bumbu bumbu seperti gula jawa santan bawang merah bawang putih kemiri lengkuas daun salam daun jati disini sebagai pewarna alami.

Untuk gudeg yang memberikan warna coklat pada umumnya gudeg yang berasal dari daerah jogja akan memiliki cita rasa yang manis yang berasal dari gula merah.

Gudeng yang memiliki cita rasa manis sangat cocok dengan lidah masyarakat jawa yang menyukai rasa manis yang terdapat pada makanan pada umunya nasi gudeg di hidangkan dengan apa adanya diberikan tambahan telur ayam ataupun opor ayam ditambah dengan sambal  memberikan perpaduan  rasa yang sangat luar biasa  lezatnya.

Meskipun nasi gudeng tergolong makanan yang sangat sederhana namun pecinta nasi gudeg ini dari berbagai jenis kalangan  yang menyukai nasi gudeg  maka tak heran jika di daerah jogja banyak pedagang yang menjajakan nasi gudeng.

Maka kita tak perlu bingung untuk  mencari pedagang yang menjual nasi gudeg  hampir di seluruh jalanan sekitar jogja banyak di penuhi oleh pedagang nasi gudeng.

Gudeg pun memiliki berbagai macam jenis gudeg seperti gudeg basah kering khas jogja gudeng khas solo gudeg khas jawa timur gudeg khas surakarta

Untuk perbedaan gudeg basah dan gudeg kering adalah gudeng kering lebih sedikit dalam penggunaan santan sedangkan untuk gudeg basah lebih banyak dalam penggunaan santan dan untuk warna gudeg khas jogja lebih coklat kemerahan  warna tersebut yang berasal dari daun jati dan juga lebih manis daripada gudeng dari daerah lainnya.

Sate Klatak

Makanan Khas Jogja Sate Klatak

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah yogyakarta provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) sate klatak ini sudah ada   sejak tahun 1946.

jika sate sate pada umumya di masak dengan berbagai macam bumbu atau sambal maka beda dengan sate klatak khas jogja yang hanya di masak dengan garam memang sate klatak terlihat sangat sederhana namun untuk rasa sangat luar biasa lezatnya.

Maka tak heran jika sate klatak banyak  di buru oleh wisatawan yang sedang melancong di Yogyakarta salah satu rekomendasi warung yang menjajakan sate klatak adalah warung sate mbah ambyah  yang sudah berdiri sejak tahun 1946.

Sate klatak sendiri berbahan dasar dari daging kambing warung mbag ambyah berada di pasar jejeran posisinya berada tepat di bawah pohon melinjo kini mbah ambyah telah tiada usahanya kini di lanjutkan oleh anak anaknya.

Asal mula nama sate klatak  menurut sumbernya bercerita berasal dari daging kambing yang di bakar lalu diberi taburan garam yang menghasilkan bunyi (kemretek).

Sate klatak di hidangkan dengan irisan kol tomat timun kematangan yang diperoleh sate klatak sangat luar biasa maka tak heran jika sate klatak memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya  menambah selera makan yang mencicipinya untuk cita rasa sate klatak tak perlu diragukan lagi.

Mie Pentil

Makanan Khas Jogja Mie Pentil

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal  dari daerah jogja provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) salah satu mie yang melegendaris sampai sekarang di jogja.

Asal mula nama mie pentil  diberikan nama mie pentil karena mie tersebut memiliki tekstur yang kenyal seperti pentil atau disebut karet ban mie ini berwarna kuning berbahan dasar tepung tapioka mie pentil sudah ada sejak tahun 1987 yang lalu.

Kita dapat membeli mie pentil di daerah pasar kota gede pasar jejeran pasar barongan dan sebagainya memang biasanya mie pentil dijajakan oleh para pedagang  di pasar pasar tradisiona yang ada di jogja salah satu rekomendasi penjual yang menjajakan mie pentil adalah mbah mijem.

Mbah mijem setiap harinya membuat sendiri mie pentil yang dijajakannya dibantu oleh sang suami biasanya mbah mijem membuat mie pentil pada sore hari untuk kemudian  dijajakan pada pagi hari dalam proses pembuatan mie pentil mbah mijem memerlukan waktu selama  kurang lebih 1jam lamanya.

Mbah mijem  sudah berdagang dan membuat mie pentil sejak tahun 1987 mbah mijem mash menjaga resep turun temurun  bahan baku untuk membuat mie pentil adalah tepung tapioka seharinya mbah mijem membuat 30 kg mie pentl mbah mijem menjediakan 2 jenis mie pentil  yaitu mie pentil putih dan mie pentil kuning.

Mbah mijem berjualan di pasar imogiri blok E jogja dari pukul 06.00 – 09.00 pagi untuk 1 porsi mie pentil memiliki harga RP .2000 mie pentil dapat juga dibeli dalam bentuk perkilo untuk harga disesuaikan  perkilonya.

Nasi Tiwul

Makanan Khas Jogja Nasi Tiwul

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah jogja provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) pada zaman penjajahan dahulu kala  nasi tiwul sebagai peganti nasi nasi tiwul biasanya dimakan dengan berbagai jenis lauk pauk seperti tahu tempe.

Nasi tiwul berbahan dasar singkong merupakan makanan yang paling umum di masa itu selain ada nasi jagung ada juga nasi tiwul awal mulanya nasi tiwul.

Pada zaman dahulu kala tanaman padi sangat sulit untuk ditaman karena daerah  gunung pada zaman dahulu daerah gunung kidul sangat gersang namun untuk singkong sangat untuk ditanam di daerah gunung kidul pada saat itu.

Hingga akhirnya terciptalah nasi tiwul berikut proses pembuatan nasi tiwul singkong pertama tama di jemur sampai kering hingga menjadi gaplek kemudian gaplek di haluskan setelah di haluskan beri taburan garam sedikit untuk menambah cita rasa gurih.

Untuk penyajian nasi tiwul biasanya di sajikan dengan parutan kelapa dan lauk pauk pendamping seperti tahu tempe ayam bakar nasi tiwul memiliki cita rasa yang sedikit manis memiliki tekstur pulen mengumpal yang akan memanjakan perut dan lidah yang mencicipinya.

Bakmi Jogja

Makanan Khas Jogja Bakmi Jogja

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah jogja  provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta)  bakmi jogja adalah olahan mie rebus yang di olah dengan berbagai macam rempah rempah khas jawa dan diberi kuah namun biasanya bakmi jawa  tersedia 2 jenis yaitu bakmi jogja kuah dan bakmi jogja goreng.

Ciri khas bakmi jawa khas jogja diolah dengan cara diatas bara api mengunakan tungku dan arang kayu karena proses inilah yang membuat cita rasa bakmi jawa khas jogja sangatklah lezat dengan cara memasak perporsi bukan satu porsi penuh lalu di bagi untuk beberapa porsi piring Berikut beberapa warung warung yang menjual bakmi jawa khas jogja.

  • Bakmi jawa pak rebo sudah ada sejak tahun 1945 berlokasi di jalan brigjend  katamso jogjakarta no 167.
  • Bakmi jawa mbah hadi sudah ada sejak tahun 1955 berlokasi di jalan c simanjuntak jogjakarta.
  • Bakmi jawa mbah mo sudah ada sejak tahun 1986 berlokasi di jalan parang tritis barat  bantul yogyakarta.
  • Jalan parang tritis jalan brigjend katamso jalan C simanjuntak dan sebagainya.

Biasanya para pedagang bakmi jawa khas jogja dapat kita temui pada waktu senja dengan berkeliling mengunakan gerobak atau mangkal di suatu tempat  para pedagang bakmi jawa khas jogja sangat mudah dijangkau oleh para pembeli karena  penjual pedagang bakmi jawa khas jogja sudah banyak tersebar banyak di daerah jogja seperti di bantul.

Mangut Lele

Makanan Khas Jogja Mangut Lele

Mangut lele  merupakan salah satu makanan daerah jogja provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) nama mangut mungkin tak asing lagi di teliga apalagi di daerah jawa tengah.

Mangut ini marupakan olahan sayur yang berbahan dasar ikan masakan ini menyerupai gulai biasanya ikan yang digunakan adalah ikan pe untuk daerah jawa tengah namun untuk daerah jogja ikan yang digunakan untuk ikan mangut adalah ikan lele.

Mangut lele khas Yogyakarta ini sangat menggugah selera, makanan yang berbahan dasar ikan lele ini menjadi sajian yang sangat istimewa karena diasap menggunakan bumbu yang sangat pedas. Dijamin keringat kita akan bercucuran sangat deras.

Di kota Yogya, meski dahulu mangut lele terhitung sangat langka keberadaannya, kini sudah banyak rumah makan yang khusus hanya menjajakan menu mangut lele. Saat ini kuliner mangut lele memang sangat terkenal, dan jadi makanan yang diincar para wisatawan, terutama bagi mereka yang suka dengan makanan pedas.

Ada dua rumah makan yang terkenal di Yogya dan menyajikan kuliner mangut lele ini, di antaranya Mangut Lele Yu Temu dan Mangut Lele Mbah Marto.

Menu yang disajikan dari rumah makan ini memang sama, hanya saja bumbu rempah rahasia yang digunakan keduanya berbeda, sehingga masing-masing orang memiliki seleranya tersendiri terhadap dua rumah makan tersebut.

Untuk membuat mangut lele caranya sama seperti masak mangut pada umumnya. Caranya dimulai dari pengasapan ikan lele diatas batok kelapa yang banyak kepulan asap. Kalau ikan nya sudah matang baru kita campurkan bumbu rempah rahasia.

Membuat Badan Terasa Segar Sensasi pedas bumbu rempah dan cabai yang dimasak bersama ikan lele, menjadi ciri khas bagi kuliner ini. Karena terlalu pedas rasanya banyak orang mengaku keringat bercucuran walau baru sebentar memakanya. Makanya tak heran kalau makanna ini sangat di gemari oleh para pecinta pedas.

Untuk memesan mangut lele, biasanya kita diharuskan mengambil sendiri ke dalam dapur rumah makan yang penuh kepulan asap, ditambah dengan aroma ikan mangut yang sudah tercium dari depan pintu masuk. Karena baunya yang sangat sedap membuat banyak orang tak sabar ingin mencoba makanan ini.

Setelah makan mangut lele yang pedas, keringat pun bercucuran dan sangat pas diredam, dengan segelas es teh manis. Hal ini membuat siapapun yang menyantapnya kembali segar dan bersemangat melakukan aktivias.

Ayam Geprek

Makanan Khas Jogja Soto Lethok

Ayam Geprek merupakan sajian makanan yang berasal dari jogja yang berbahan dasar  ayam goreng dengan cara digeprek atau ditumbuk dengan ulekan bersama dengan sambel hingga daging menjadi rata.

Makanan khas Jogja ini memang sudah dikenal oleh banyak orang. Berbahan dasar ayam goreng baik dengan atau tanpa tepung membuatnya menjadi renyah dengan sensasi yang kuat dari rasa pedasnya.

Kepopuleran ayam sebenarnya bukan hal yang mengherankan. Orang babilonia mengkonsumsi ayam sejak 600 SM dan itu merupakan sejarah panjang terlahirnya makanan dari ayam.

Ayam-ayam itu yang dikomsumsi orang orang babilonia berasal dari India dan menyebar ke Asia Tenggara, lalu ke seluruh dunia.

Dibandingkan dengan beberapa sumber protein yang  lain, harga ayam relatif lebih murah. Di Indonesia ayam masih menjadi symbol kemakmuran, walaupun ayam di Indonesia masih murah.

Apalagi jika dibandingkan dengan, katakanlah, tempe atau tahu. Harga ayam masih terjangkau dibandingkan dengan harga daging sapid an kambing, atau sesama bangsa unggas lain seperti bebek.

Maka sangat wajar bahkan ketika ayam geprek menjadi pencarian populer di Google ditahun 2017. Tidak disangsikan juga karena konsumsi ayam orang Indonesia tergolong tinggi.

Bahkan jika kita cermati, ayam telah menjadi jenis hidangan yang paling mudah ditemui di Indonesia. Restoran, warung, gerobak kaki lima, semua menyajikan menu ayam.

Ragam olahan ayam juga tak sulit, hanya membutuhkan waktu sebentar untuk diolah, tidak seperti daging kambing atau sapi. Cukup digoreng sebentar, ayam sudah bisa dinikmati.

Kembali ke Ayam Geprek, pembeli dapat memesan sendiri tingkat kepedasan ayam geprek ini, misalnya 5 cabe, 7 cabe, 10 cabe atau bahkan lebih. Tetapi untuk biasanya pembeli akan dikenakan biaya tambahan jika cabenya lebih dari 10.

Sebelum perut anda sakit gara gara kepedasan anda harus bisa mengukur level pedasnya sebelum memesanya.

Terong goreng dan kobis biasanya sebagai pelengkap makan ayam geprekSebagai pendamping biasanya ayam geprek. Ayam geprek  Bu Rum dan Ayam geprek pak Kobis adalah ayam yang terkenal di Yogyakarta, meskipun disana banyak warung geprek.

Selain rasanya yang enak dan nikmat, harga juga sangat murah bahkan makanan ini terkenal sebagai makanan level mahasiswa karena harganya yang tidak mahal. Cukup dengan menyiapkan uang rata-rata sebesar 8 ribu sampai dengan 15 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapat ayam geprek, nasi dan minumansalah satu daerah di provinsi jawa DIY (daerah istimewa yogyakarta)

Selain memiliki makanan khas menu utama Jogja juga memiliki  cemilan khas yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa cemilan khas jogja juga memiliki harga yang ramah di kantong  wisatawan.

Krecek

Krecek

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah jogja kabupaten diy( daerah istimewa yogyakarta ) krecek biasanya di hidangkan bersama nasi gudeg sehingga dapat menambah selera makan  yang sedang menikmati nasi gudeg.

Krecek berbahan dasar dari kulit sapi krecek sekilas hampir mirip dengan sambal goreng sambal krecek sangat nikmat dinikmati dengan nasi putih panas sambal krecek dapat kita beli di warung warung rumah makan dan resto yang ada di jogjakarta.

Oseng Oseng Mercon

Oseng Oseng Mercon

Sayur Oseng – Oseng Mercon adalah makanan tradisional yang sangat pedas dengan cabai rawit sebagai bahan utamanya.

Tidak hanya namanya saja yang unik, makanan ini juga memiliki rasa yang sangat khas sehingga membuat orang ketagihan untuk menikmatinya sayur . Oseng – Oseng Mercon khas jogja ini sangat terkenal di  mana mana Sehingga dijadikan salah satu makanan khas di sana.

Untuk pemberian Nama Oseng – Oseng Mercon ini memang unik sehingga membuat kita penasaran dan ingin mencoba mencicipinya.  Jenis Makanan ini disebut Oseng – Oseng Mercon bukan tanpa alasan.

Melainkan  karena masakan ini dibuat dengan cara dioseng – oseng dan juga  rasanya yang sangat begitu pedas sehingga terasa seakan meledak – ledak di mulut saat kita menyantapnya.

Selain sering disebut dengan Oseng – Oseng Mercon, makanan ini juga sering disebut dengan Oseng – oseng bledek atau Oseng – oseng halilintar. Daging sapid an kikil atau gajih merupakan bahan dasar oseng oseng bledek ditambah cabai rawit di masak dengan cara di oseng oseng.

cabai rawit yang dipakai harus menggunakan perbandingan. Pada umumnya 10 kg daging biasanya menggunakan 2 kg cabai rawit. komposisi dagingnya harus seimbang agar pedasnya juga seimbang.

Proses dalam memasak Oseng – Oseng Mercon ini, tidak menggunakan kecap dan merica, sehingga rasa dari cabai rawit tersebut tetap terjaga.

Untuk oseng – oseng Mercon ini biasanya di sajikan bersama dengan nasi hangat. Cita  rasa dari Oseng – Oseng Mercon ini sangat khas, salah satu keistimewaan itu terdapat pada rasa pedasnya.

Untuk sensasi Rasa pedas dari Oseng – Oseng Mercon ini sangat khas membuat orang yang menyantapnya menjadi ketagihan dan ingin  menikmatinya lagi.

Untuk yang tidak begitu suka pedas anda bisa mengurangi jumlah cabe yang akan dimasak. Namun untuk para pecinta pedas ini merupakan makanan wajib yang harus di coba.

Sayur oseng – oseng Mercon ini bisa kita beli  di berbagai tempat di Yogyakarta. Makanan khas satu ini sangat mudah dijumpai di warung makan dan banyak penjual lesehan yang menjajakan makanan ini.

Salah satu warung  yang menjual Oseng – Oseng Mercon yang sangaat  terkenal adalah “Oseng – Oseng Mercon Bu Narti” yang terletak di jalan KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Bagi anda semua yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan unik satu ini.

Soto Lethok

Makanan Khas Jogja Soto Lethok

Merupakan salah satu  makanan khas yang berasal dari daerah jogja provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta ) soto lethok adalah soto berbahan dasar ayam dengan  isian seperti soun tomat  kol tauge daun bawang dan bawang goreng.

Soto lethok dapat kita beli di stasiun tugu jokjakarta merupakan salah satu rekomendasi  tempat  makan soto lethok khas yang sangat terkenal di jogja  maka sangat  disayangkan  sekali jika mampir ke jogja tetapi   tidak  mampir untuk membeli  soto lethok khas jogja .  di jamin pasti  tidak akan menyesal dan tentunya bikin anda semua ketagihan.

Jogja merupakan salah satu daerah di provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta ) selain memiliki makanan khas menu utama jogja juga memiliki cemilan khas yang memilki citarasa yang sangat luar biasa nikmatnya.

Jalan jalan ke jogja kurang pas jika tidak mencicipi cemilan khas jogja yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa cemilan khas jogja juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Baca Juga :

37 Tempat Wisata Jogja Terbaru Lagi Hits Recommanded

23 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Jogja Recommanded

Biro Wisata Jogja Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommanded

Berikut daftar menu cemilan khas jogja :

Coklat Monggo

Coklat Monggo

Merupakan salah satu cemilan yang berasal dari daerah jogja provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Jogja  adalah salah satu  daerah dimana menyimpan banyak sekali destinasi wisata maka tak heran jika banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari lokal maupun internasional maka tak heran juga  kalau jogja memunyai beberapa oleh oleh atau cemilan sebagai buah tangan  salah satunya coklat monggo.

Coklat monggo  merupakan salah satu coklat hasil karya anak bangsa yang berasal dari jogja coklat monggo juga memiliki pabrik sendiri yang berlokasi di dalem kg 3 rt 43 rw 10purbayan jogja coklat monggo sekarang memiliki  2 otlet yang berlokasi di tritodipuran & kota gede.

Asal mula coklat monggo pada saat itu datanglah saorang pria berasal dari belgia ke indonesia tepatnya di daerah jogja pria ini bernama Thierry doturnay  merupakan pecinta coklat  tetapi pada saat itu thierry merasa kecewa akan cita rasa coklat yang di miliki indonesia  lalu thierry mengolah kembali coklat yang sudah dia beli sebelumnya dengan cita rasa belgia.

Setelah diolah kembali coklat indonesia dengan cita rasa belgia oleh thierry doturnay  coklat tersebut memilki cita rasa yang jauh lebih lezat dibandingkan sebelumnya .

Lalu thierry doturday membagikan hasil coklat yang sudah dia olah kembali dan teman teman nya mengatakan coklat ini lezat.

Pada akhirnya thierry doturday memulai membuat coklat batangan dengan cita rasa belgia  coklat ini di pasarkan di daerah UGM  dengan cara berkeliling setelah itu usaha coklat yang di rintisnya semakain terkenal thierry doturday memutuskan untuk mendirikan cv anugerah  mulia pada tahun 2005 yang lalu.

Untuk merk coklat ini di beri nama manggo memiliki arti silahkan karena pada saat thierry doturday  di jogja banyak masyarakat yang berkata monggo pick kejinge coklat ini sangatlah apik tidak meninggalkan kesan budaya jogja  pick kjinge ini memakai kertas daur ulang agar ramah lingkungan.

Coklat monggo memiliki beberapa rasa seperti coklat durian coklat mangga caramello white chocolate  marpizan marcha red velvet dan sebagainya  coklat monggo memiliki harga kurang lebih RP .29 .000 – 100.000

Coklat monggo sangat rendah lemak  dan banyak mengandung susu sapi murni coklat monggo tetap aman di kosumsi oleh pelaku diet pabrik coklat monggo buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi – 17.00 sore.

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok

Merupakan salah satu cemilan yang berasal dari daerah jogja provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogjakarta ) jogja adalah salah satu daerah dimana menyimpan banyak destinasi wisata maka tak heran jika banyak wisatawan yamg berkunjung di sana baik wisatawan lokal maupun internasional.

Maka tak heran juga kalau jogja memiliki beberapa cemilan oleh oleh sebagai buah tangan salah satunya bakpia pathok.

Kota jogja selain dikenal sebagai kota gudeg jogja juga dikenal sebagai kota bakpia pathok karena di jogja banyak sekali pedagang  yang menjajakan bakpia pathok  adalah  kue berbentuk bulat pipih yang di olah dengan cara di panggang bakpia adalah modifikasi  kue yang berasal dari tiongkok bernama tou luk pia.

Kue tou luk pia memilki isian kacang hijau  pada mulanya bakpia di jogja langsung impor dari tiongkok dan pada akhirnya rakyat jogja memutuskan untuk belajar sendiri membuat kue bakpia  pathok pada zaman dahulu tepatnya pedamping kue keranjang.

Bakpia pathok berbahan dasar tepung terigu dan gula  isian kacang hijau sebagai isian favorite masyarakat  tetapi untuk sekarang  banyak variant rasa yang bermunculan seperti durian kopi strawberry nanas susu dan sebagainya.

Berikut beberapa rekomendasi toko bakpia  di jogja :

Bakpia 25 adalah salah satu bakpia yang melegendaris di daerah jogja pemilik bakpia 25 adalah tan aris nio dan sudah turun temurun dan sekarang dikelola oleh  bapak arlen sanjaya untuk outletnya bakpia  pathok 25 memiliki 4 outlet. Berikut alamat alamat  outlet bakpia pathok 25 :

  1. Toko bandara jaya jalan laksda adisucipto.
  2. Toko pasar pathok kios 14 – 18.
  3. Toko ongko joyo jalan aip 2 ks tubun 65.

Bakpia jogkem adalah salah satu bakpia yang sudah di produksi sejak tahun 1948 bakpia jogkem memilki beberapa variant rasa kacang hijau  keju green tea coklat keju capucino kumbu hitam capucinno.

Mengapa harus bakpia jogkem ???

Jogkem menawarkan harga yang sangat terjangkau harga tetap sama untuk semua variant rasa. Jogkem memproduksi bakpia pathok tanpa mengunakan bahan pengawet dan di jamin halal.

Bakpiaku  adalah bentuk bakpia masa kini untuk outlet bakpiaku beroutlet di jalan gajahmada pakualaman jogja. Bakpiaku menawarkan berbagai variant rasa seperti keju susu kacang hijau coklat greentea cappucino.

Bakpia citra  menjual berbagai macam variant rasa outlet bakpia citra berlokasi di jalam mataram dekat malioboro.

Yangko

Yangko

Apakah Yangko itu ? Yangko adalah makanan  tradisional yang berasal dari daerah jogja provinsi diy (daerah istimewa yogyakarta ) pada umumnya yangko memang  berwarna – warni yangko terbuata atau berbahan dasar dari tepung ketan dan dibalut dengan tepung di bagian luarnya.

Yangko ini  biasanya  memiliki bentuk yang kotak dan memiliki tekstur yang sangat kenyal, selain itu juga memiliki banyak variant rasa yang cenderung manis dan sangat khas. Yangko merupakan salah satu makanan tradisional Yogyakarta dan menjadi salah satu oleh – oleh  khas disana.

cemilanYangko ini hampir sama atau mirip dengan kue mochi dari Jepang, namun yang membedakan adalah kue mochi bentuknya bulat dan teksturnya lebih lembek dan lebih kenyal.

Yangko sendiri memiliki berbagai macam ciri khas yaitu bentuknya yang kotak dan dibaluri dengan tepung di bagian luarnya. Sangat lembut di mulut Selain itu saat kita menyantapnya akan terasa kenyal dan lembut di mulut, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

Dalam Proses pembuatan Yangko ini membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan ketelatenan dalam membuatnya. Dalam proses pembuatannya,  ,membutuhkan waktu yang lumayan pertama tama  beras ketan dikukus setelah itu di jemur hingga kering.

Selanjutnya  beras ketan tersebut di goreng tanpa minyak atau di sangrai  dan ditumbuk untuk jadikan seperti tepung. Setelah itu  masukan air gula ke dalam panci lanjut untuk dimasak dan campurkan tepung tersebut secara perlahan.

Selanjutnya  dimasukan juga tambahan  rasa yang diingingkan setelah matang adonan didingingkan. Setelah adonan dingin, lalu siap untuk  di potong kotak dan dibaluri tepung terigu. Selanjutnya di kemas menggunakan kertas minyak.

Yangko biasanya memiliki cita rasa yang manis dan juga memiliki aroma yang wangi, sehingga dapat menggugah selera kita untuk menyantapnya. Selain itu  juga  memilki tekstur yang kenyal dan lembut di mulut membuat kita serasa tidak mau berhenti untuk menyantapnya.

Pada awalnya, yangko memiliki rasa asli dari Yangko ini adalah rasa campuran kacang dan gula. Namun dengan  seiringnya waktu dan  perkembangannya, maka Yangko ini mulai di padukan dengan rasa lain seperti rasa strawberry, melon, durian dan lain – lain. Walau pun begitu, namun tidak meninggalkan ciri khasnya yang manis dan kenyal.

Cemilan Yangko ini sangat mudah untuk kita temukan di daerah Yogyakarta. Disana banyak tersebar industri rumahan yang memproduksi makanan satu ini. Selain itu kita juga dengan mudah menemukannya di berbagai toko oleh – oleh yang ada di Yogyakarta. untuk, anda yang berkunjung ke Yogyakarta, makanan ini bisa jadi pilihan bagi anda untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

Cukup sekian penjelasan  tentang “Yangko Makanan Khas dari Yogyakarta”. Semoga informasi yang saya paparkan tadi bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Cilok Gajahan

Cilok Gajahan
Foto sumber dari : detikcom

Merupakan salah satu cemilan atau jajanan yang berasal dari daerah  jogja provinsi diy (daerah istimewa yogyakarta) meskipun jajanan cilok berasal dari bandung tetapi untuk cilok gajahan asli berasal dari daerah jogja.

Cilok gajahan dapat kita beli di alun alu jn selatan jogja cilok gajahan setiap harinya tak pernah sepi akan pembeli untuk kita yang ingin membeli cilok gajahan kita harus rela mengantri berjam jam untuk mendapat kan sebungkus cilok gajahan.

Para  pembeli mengatakan kalau cita rasa cilok gajahan dengan cilok lainya sangatlah jauh berbeda untuk isianya cilok gajahan mengunakan daging sapi beneran setiap hari nya pak syahrul menjual cilok hampir 30  kg setiap harinya harga satuan cilok gajahan RP .250  perak namun jangan salah omset harian bapak syarul  berdagang cilok gajahan hampir 1.5 juta setiap harinya.

Selain memiliki tekstur yang sangat kenyal cilok gajahan juga memiliki sambal yang sangat spesial pak syarul mengunakan racikan sambal cabe rawit bawang putih bawang merah dan jeruk nipis perpaduan cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya.

Geplak

Geplak

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah jogja provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta ) jajanan ini terbuat dari bahan dasar parutan kelapa dan gula pasir geplak memiliki bentuk bulat dan berwarna warni geplak sangat cocok dijadikan buah tangan setelah berkunjung di jogja.

Geplak memiliki cita rasa yang manis biasanya geplak di kemas mengunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu dalam 1 besek berisi 20 butir geplak dengan warna warni yang berbeda beda  pada mulanya geplak memiliki 2 warna yaitu coklat dan putih warna coklat berasal dari gula jawa dan warna putih berasal dari gula pasir.

Namun dengan perkembangan jaman para pembuat geplak bervariasi dengan munculnya berbagai macam warna warni yang membuat para pembeli  menarik untuk membeli.

Berrikut variant rasa geplak yaitu kacang jahe strawberry durian pandan dan sebagainya geplak sangat mudah untuk kita temukan dijogja apalagi di daerah bantul banyak sekali yang menjual geplak seperti di pusat oleh oleh toko toko yang ada di daerah jogja.

Kue Adrem

Kue Adrem

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah jogja  provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta ) kue adrem terbuat dari bahan dasar gula jawa kelapa parut dan tepung beras  kue adrem di bentuk seperti bakso lalu di pipihkan setelah itu di goreng.

Kue adrem merupakan jajanan khas bantul yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasalezatnya kue adrem dapat kita beli di pasar kotagede pasar pundong pasar bantul dan pasar siluk  kue adrem memiliki cita rasa yang manis dan gurih.

Keberadaan kue ini pun sangat jarang kita jumpai hanya terdapat di pasar pasar tradisional tertentu yang ada di daerah jogja kue adrem memiliki nama lain yaitu  toplit

Memang terdengar sangat jorok karena memiliki arti alat kelamin laki laki namun yang ini tidak yang ini adalah cemilan yang banyak di cari masyarakat jogja kue adrem atau toplit ini sangat cocok di jadikan buah tangan .untuk dibawa pulang ke rumah.

Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah jogja provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta ) di beri nama peyek tumpuk di karenakan peyek ini memiliki  bentuk berbeda dengan bentuk peyek pada umumnya peyek ini berbentuk tidak beraturan dan sangat tebal seperti di tumpuk tumpuk.

Ke Yogyakarta tidak lengkap  rasanya tanpa membeli beberapa oleh-oleh. Salah satunya Peyek Mbok Tumpuk adalah salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang banyak diburu pengunjung dari luar kota.

Berbeda dengan bakpia, oleh-oleh menawarkan rasa gurih ketimbang manis, sehingga sangat cocok untuk dinikmati ketika perjalanan pulang maupun saat sampai di kota tujuan.

Pusat oleh-oleh yang beralamat di jalan Wahid hasyim  tepatnya  No. 104 Bantul, Yogyakarta ini tidak hanya menjual peyek, tetapi juga geplak di mulai  dari resep turun-temurun milik keluarga, Bu Tumpuk mulai memberanikan diri untuk membuka usaha ini sejak tahun 1975 demi memenuhi kebutuhan keluarganya hingga Kini.

Peyek Mbok Tumpuk sangat terkenal di kota Jogja di kota kota lain peyek mbok tumpuk juga tidak kalah terkenal, karena rasanya yang sangat khas. Makanan ini bisa di dapat di daerah Bantul dan sepertinya oleh oleh ini hanya tersedia disana karena masih belum ditemukan cabang cabang lain di kota Yogyakarta.

Cara peletakan peyek yang bertumpuk tumpuk dalam kemasan yang tak beraturan menjadi ciri khas peyek mbok tumpuk oleh karena itu dinamakan peyek mbok tumpuk.

Cara memasak dan bahan bakunya menjadi Rahasia dari kelezatan Peyek Mbok Tumpuk . Tepung beras dan kacang tanah dengan takaran 2:1. Untuk takaran 1 kg tepung beras, dibutuhkan 2kg kacang tanah bahan bahan ini merupakan bahan baku pembuatan peyek kacang, dengan ukuran tersebut  terdapat banyak kacang di setiap remahan peyek.

Berikut  Inilah yang membuat peyek kacang di sini sangat di gemari pengunjung. Selain itu, tepung beras yang digunakan juga tidak sembarangan.

Beras yang digunakan untuk dijadikan tepung adalah jenis IR 33. Sebelum masuk ke penggilingan, beras terlebih dahulu direndam selama semalam. Setelah tepung beras siap, kemudian beberapa bumbu seperti kemiri, kencur, ketumbar dicampurkan ke dalamnya.

Tak lupa ditambahkan santan serta beberapa butir telur agar adonan menjadi gurih ketika selesai digoreng. Setelah adonan siap, kacang tanah kemudian dimasukkan.

Untuk proses penggorengan peyek, setidaknya ada tiga tahapan. Pertama,  tama peyek terlebih dahulu dibentuk kemudian digoreng hingga kering.

Setelah itu, peyek didinginkan hingga satu malam, kemudian esoknya, peyek digoreng lagi untuk kedua kalinya hingga kering. Sediakan dua wajan yang akan digunakan tujuanya untuk menggoreng dengan suhu berbeda satu dengan lainya. Wajan pertama minyaknya lebih panas daripada wajan kedua. Karena  Hal ini dimaksudkan agar peyek tidak mudah gosong walaupun digoreng hingga kering.

Di Karenakan memilki cita rasa gurih peyek kacang yang telah melegenda, tak heran jika pusat oleh-oleh Peyek Mbok Tumpuk selalu ramai pengunjung, terutama saat musim liburan.

Untuk satu porsi peyek tumpuk , harga yang ditawarkan berkisar  Rp. 44.000,-. Mengingat proses pembuatannya yang lama serta hanya menggunakan bahan-bahan pilihan buatan sendiri, harga ini tergolong wajar. Karena peyek tumpuk mpok tumpuk sangat juara Selain itu, rasanya yang gurih akan membuat pengunjung kembali membeli peyek di sini.

Jogja merupakan salah satu daerah di provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta) selain memiliki makanan khas dan cemilan khas jogja juga memiliki minuman  khas jogja yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya .

Jalan jalan ke jogja kurang pas jika tidak mencicipi minuman khas jogja yang memiliki cita rasa yang dangat luar biasa segarnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus minuman khas jogja juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan .

Berikut daftar menu minuman khas jogja :

Rujak Es Krim

Rujak Es Krim

Merupakan salah minuman khas yang berasal dari daerah jogja provinsi diy (daerah istimewa yogyakarta) Sensasi Rasa, Rujak Es Krim Legendaris Khas Yogyakarta.

Yogyakarta mempunyai kenangan bagi yang tinggal ataupun singgah di sana. Salah satunya kuliner legendaris, Rujak Es Krim Yogyakarta.

Sajian rujak es krim Pak Sony.

Membicarakan makanan khas jogja tidak aka nada habisnya. Banyak kenangan yang dimiliki setiap orang yang tinggal atau hanya sekedar singgah disana. Bahkan sampai ada musisi yang menciptakan lagu dengan tema Yogyakarta.

Yogyakarta selalu menjaga keaslian bangunanya selain itu kota Yogyakarta juga mepunyai banyak makanan khas, bukan hanya gudeg atau kopi jos masih banyak yang lainya.

Rujak es krim ini yang konon katanya legendaris ini rupanya tidak ditemukan disembarang tempat di Yogyakarta. Karena hanya tersedia  pada daerah Pakulaman, tepatnya di ruas Jalan Harjowinatan, sisi barat Puro Pakulaman Kota Yogyakarta.

Merupakan Salah satu pelopor rujak eskrim di Yogyakarta adalah Rujak Es Krim Pak Sony yang kini 51 tahun. Nama kuliner khas Yogyakarta itu diambil dari nama pemiliknya sendiri, yakni Sony.

Sony mengaku usaha dengan label namanya dijalankan sejak 2002. Hanya saja, untuk usahanya sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990 rujak es krim ini memang sudah dijalankan bersama ayahnya dari 1990.

Ide awal rujak es krim ini dari Bapak. Kemudian, saya meneruskannya dari 2002 sampai sekarang.

Rujak Es Krim Berikut penjelasanSalah satu karyawan Sony sedang membungkus rujak es krim pesanan pembeli di warung “Rujak Es Cream Pak Sony Rasa Prima” di Pakualaman, Yogyakarta.

Awal ceritanya, Sony dan ayahnya berjualan  es gosrok dengan rujak, Bersama ayahnya, dengan gerobak mereka berdua menjajakan minumanya dengan cara berkeliling kampung.

Sampai akhirnya, ayahnya punya inovasi untuk mengubah varian dagangannya.

“Ide awal rujak es krim ini dari Bapak. Kemudian,  setelah itu saya meneruskannya dari 2002 sampai sekarang,” kata Sony, di warung miliknya, Pakulaman, Yogyakarta, Senin, 22 Juli 2019.

Kini, usah Rujak Es Krim Pak Sony berkembang. Meski ayahnya tidak lagi menggeluti usaha tersebut, Sony perlahan-lahan menurunkan usaha pada salah satu anaknya.

Dengan penghasilan bersih minimal Rp 300.000 per hari, Sony kini bisa mempekerjakan seorang karyawan untuk membantu dirinya melayani kebutuhan pembeli disana.

Rasa Khas

Sebenarnya, tidak ada yang berbeda dari rujak yang dijual di sana. Rujak berisi campuran buah seperti nanas, jambu air, bengkoang, mangga muda, kedondong, dan pepaya setengah matang yang diiris tipis menggunakan alat khusus.

Sambal yang khas yang berbahan dasar asam jawa, kencur, dan gula jawa dibubuhkan ke irisan buah . Irisan buah dan sambal diaduk rata lalu ditambahkan es krim coklat atau vanilla sesuai selera, jadilah rujak bertoping es krim. Rasa manis, gurih dan sedikit pedas menjadi cita rasa es krim rujak tersebut.

Harga dari rujak es krim sangat terjangkau sehingga tidak perlu merogoh kocek dalam, harganya hanya Rp. 7000 per porsi kenikmatan rujak es krim sudah bisa di nikmati.

Diburu Pembeli

Bukan hanya pembeli local aja  pelancongan juga sangat menggemari  rujak es krim Yogyakarta. Dan es krim ini bisa dinikmati di sore hari, maka tak heran jika sebentar buka sudah di buru para pembeli.

Berikut Salah satu orang yang turut menikmati rujak es krim adalah Burhan Faris Setyawan. Ia menilai rujak es krim memang cocok dinikmati sebagai jajanan pelepas dahaga.

Di tambah lagi dengan ada rasa yang khas ketika es krim dan rujak bersatu. “tidak akan menyesal anada jika anda ,mencicipi rujak es krim saya dijamin enak dan murah meriah ‘’ ucap Burhan.

Banyak yang mengatakan rujak es krim pak soni memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya salah satu yang mengatakan yaitu Burhan, Afriliandy Santoso pun menilai rasa rujak es krim buatan Sony, memang sangat berbeda dengan es krim rujak yang lain.

“Saya lebih suka sama “Rujak Es Krim Pak Sony” ini. cita rasa manis dan gurih rasa santan dari es krimnya dengan rasa rujaknya yang seger asem manis pas, benar-benar menyatu dan serasi,” kata di.

Kopi Jos

Kopi Jos

Merupakan salah satu  minuman khas yang berasal dari daerah  jogja provinsi diy ( daerah istimewa yogyakarta ) kopi jos  berasal dari jogjakarta memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya.

Membahas Kopi Joss asli Yogyakarta ini. Kopi ini memiliki  Keunikan nama dari kopi ini telah dikenal cukup luas oleh masyarakat, hingga mancanegara.untuk  Di luar negeri Kopi Joss dikenal dengan nama The Charcoal Coffee.

Untuk nama tersebut sesuai, karena penyajian kopi ini cukup nyentrik dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Kopi jos  ini dapat kita temui ketika berada di sebelah utara Stasiun Yogyakarta, tepatnya di warung-warung angkringan yang berjajar dipinggir jalan.

Bagi anda semua yang tidak tahu, warung ini adalah gerobak dorong yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman tradisional dengan harga yang cukup murah. Untuk Harga Kopi Joss di angkringan tersebut berkisar pada 5000 rupiah saja.

Berikutnya  apa yang menjadi ciri khas dari Kopi Joss?

Pada umumnya untuk , kopi di warung-warung hanya disajikan dengan biji kopi biasa yang dapat ditemui di toko-toko pada umumnya. Bahkan tak jarang yang menyajikan kopi-kopi instan.

Melainkan untuk  Kopi Joss sendiri  disajikan secara berbeda, karena dari jenis kopinya saja merupakan biji kopi tradisional yang didatangkan langsung dari daerah Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehingga untuk cita rasa yang dibawa juga khas dari kawasan tersebut.berikut  Proses mempersiapkan biji kopi juga dilakukan oleh penjual sendiri, dengan cara disangrai dan ditumbuk secara halus.

Untuk Cara untuk membuat kopi joss tersebut dapat dibilang tradisional, namun hal itu dianggap sebagai kunci dari rasa dan aroma biji kopi yang terjaga.

Keunikan juga dilakukan ketika memasak air. Pada umumnya para penjual kopi lainnya lebih memilih untuk memasak air menggunakan panci dan kompor gas, penjual Kopi Joss justru menggunakan Ketel – sejenis teko besar – sebagai wadah dan memasaknya menggunakan arang.

Banyak penjual yang menggunakan arang untuk memberikan cita rasa khas yang menunjukan khas jawanya. Air yang di rebus menggunakan arang mempunyai rasa yang bebeda. Begitu pula yang dilakukan  penjual Kopi Joss yang percaya bahwa air yang dimasak akan memberikan rasa yang berbeda. tandingannya.

Bir Pletok

Bir Pletok

Merupakan salah satu minunan khas yang berasal dari daerah  jogja provinsi  diy (daerah istimewa yogyakarta) Wah, haram nih minum bir! Eitsss,, sabar dulu ya. Jangan mudah untuk  salah sangka, bir plethok bukan seperti bir yang mengandung alcohol lho…

Di masa kerajaan Sultan Hamengkubuwono VII sekitar tahun 1930 sejarah minuman khas jogja bir pletok sudah ada. Karena minum bir menjadikan hangat badan pada saat itu sultan menjadikan ini suatu kebiasaan untuk menghanagtkan badan.

Melihat hal tersebut, Sultan pun ingin mencoba menciptakan minuman penghangat tubuh tetapi tentu saja dengan kandungan non alkohol. Maka, jadilah minuman yang disebut Bir Plethok.

Bir plethok, merupakan  salah satu minuman yang banyak ditemukan di jogyakarta

bahan bahan apa saja yang terkandung di dalam minuman khas Jogja yang satu ini? Bagaimana proses pe membuatnya?

kapulaga, kayu secang, serai, pandan, dan tak lupa cengkeh merupakan bahan dasar rempah pilihan.

Rempah-rempah ini direbus dengan tambahan gula batu kemudian didinginkan. Ketika sudah dingin, air perasan jeruk ditambahkan dalam minuman dan lalu disaring serta disimpan di dalam botol.

hal yang perlu anda  ketaui sebelum kamu mengkonsumsinya, minuman khas Jogja ini harus dikocok terlebih dahulu sampai berbusa. Karena itulah disebut sebagai Bir Plethok.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari daerah Jogja yang tak kalah nikmat dengan minuman jogja yang lainya  adalah wedang uwuh. Uwuh yang artinya sampah. Eittsss…  tetapi jangan berprasangka buruk dulu  yang dimaksud adalah minuman  tradisional khas daerah jogja.

Ini bukan sampah dalam arti sebenarnya. Sampah dimaksud adalah rempah rempah yang akan di olah menjadi wedang atau minuman  sampah karena di dalam wedang (minuman) ini banyak terdapat daun daun kering yang hancur  yang terlihat seperti sampah berserakan.

Daun daun kering  ini merupakan rempah-rempah, yang akan di olah menjadi wedang uwuh  selain menghangatkan tubuh wedang uwuh , juga  bermanfaat membuat badan kita menjadi sehat dan bugar.

Wedang Uwuh khas Jogja Minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional khas yang berasal  dari  daerah Imogiri, Yogyakarta. Di dalamnya  wedang uwuh ber warna merah karena di dalamnya ter kandungan kayu secang.

Bahan bahan  rempah lainnya yang ikut menyemarakkan wedang uwuh adalah cengkeh, jahe, serai, kayu manis, pala, kapulaga, dan terakhir gula batu.

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Jogja, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Jogja info lengkapnya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-jogja/

Demikian beberapa informasi special makan khas Jogja terpopuler serta favorit di Jogja, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*