10 Makanan Khas Magelang Wisata Kuliner Maknyus Recommended

Sewa Bus Pariwisata Semarang 1
Getuk Trio

Nama Makanan Minuman Oleh-Oleh Yang Enak Khas Magelang Jawa Tengah

Makanan Khas Di Magelang by Ranggawisata

Magelang  merupakan salah satu daerah  di provinsi  jawa tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi Magelang juga memiliki beberapa makanan khas  Magelang.

Jalan jalan ke Kabupaten Magelang kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Magelang yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa nikmatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus makanan khas Magelang  juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Karena memang selain keindahan tempat-tempat Wisata Magelang berikut beberapa daftar makanan khas di kabupaten Magelang.

Setiap kita berkunjung di suatu kota pasti yang tak ketinggalan adalah mencicipi makanan khas kota tersebut, baik makanan yang tradisional makanan khas ataupun makanan yang lagi ngehits.

Magelang merupakan salah satu kabupaten daerah Jawa Tengah di provinsi jawa daerah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan Magelang Jawa Tengah juga memiliki beberapa makanan khas Magelang Jawa Tengah yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jika anda sedang berkunjung ke Magelang kurang afdol jika tidak berburu kuliner disana atau kurang mantap mencicipi makanan khas Magelang yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus . makanan khas jogja juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu makanan khas kota magelang :

Mangut Lele

Makanan Khas Magelang Mangut Lele

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah magelang provinsi jawa tengah mangut lele ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnyamembuat yang baru mencobanya ingin lagi dan lagi.

Mangut lele ini menyerupai gulai biasanya ikan yang digunakan adalah ikan pe untuk daerah jawa tengah namun untuk daerah kemdal ikan yang digunakan untuk ikan mangut adalah ikan lele.

Menikmati Sensasi Pedas Mangut Lele Khas kabupaten Kota magelang. Sajian khas Daerah kabupaten kendal ini berbahan dasar ikan lele yang diasap menggunakan bumbu rempah yang pedas, sungguh menggugah selera. Dijamin akan bikin keringat kita bercucuran deras.

Di kabupaten magelang meski dahulu mangut lele terhitung sangat langka keberadaannya, kini sudah banyak rumah makan yang khusus hanya menjajakan menu mangut lele. Saat ini kuliner mangut lele memang sangat terkenal, dan jadi makanan yang diincar para wisatawan, terutama bagi mereka yang suka dengan makanan pedas.

Memasak mangut lele,sangatlah mudah seperti halnya membuat mangut pada umumnya. Cara membuat ikan matang dimulai dari mengasapkan ikan lele di atas kepulan asap dari batok kelapa baru setelah ikan matang segera dicampur dengan bumbu rempah rahasia.

Membuat Badan Terasa Segar : Sensasi pedas bumbu rempah dan cabai yang dimasak bersama ikan lele, menjadi ciri khas bagi kuliner ini. Banyak orang mengaku walau baru satu suapan, mereka sudah bercucuran keringat karena kepedasannya. Sehingga tak heran jika kuliner ini sangat digemari oleh pecinta makanan pedas.

Untuk memesan mangut lele, biasanya kita diharuskan mengambil sendiri ke dalam dapur rumah makan yang penuh kepulan asap, ditambah dengan aroma ikan mangut yang sudah tercium dari depan pintu masuk. Membuat siapa saja yang lewat di depannya seolah tak sabar ingin mencicipi makanan ini.

Setelah makan mangut lele yang pedas, keringat pun bercucuran dan sangat pas diredam, dengan segelas es teh manis. Hal ini membuat siapapun yang menyantapnya kembali segar dan bersemangat melakukan aktivias.

Nasi Goreng Magelangan

Makanan Khas Magelang Nasi Goreng Magelangan

Sangat disayangkan jika berkunjung ke Kota Magelang, Jawa Tengah, tidak mencoba makanan khas yang satu ini. Namanya Nasi Goreng Magelangan kuliner. Nasi goreng memang jenis salah satu menu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Nasi goreng merupakan salah satu menu andalan yang gampang dan senderhana dalam hal pembuatannya. Tetapi tetap menjaga cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya Meskipun saat ini banyak sekali variasi nasi goreng yang bisa dinikmati.

Untuk cita rasa memang Tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Nasi goreng magelangan berbahan dasar dari nasi dan bumbu rempah-rempah yang lalu digoreng.

Nasi goreng khas magelang ini memiliki harga dengan tarif berkisar per porsinya Rp 12.000 ini dikombinasikan dengan isian yaitu mie basah dan balungan (tulang ayam).

Berikut sekilas langkah langkah pembuatan nasi goreng khas magelang, yang dilakukan pertama tama masukan “Nasi dan mie dimasak dulu mengunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, merica yang sudah dihaluskan penjelasan dari saorang koki bernama bapak Yoyok, koki Warung Magnyess, Magelang yang menyediakan menu tersebut, Yang membuat rasanya lebih gurih dan mantap, adalah pencampuran kuah kaldu ayam ketika memasak nasi itu.

Menariknya proses masak yang tidak menggunakan kompor gas tetapi tungku arang. Aneka pelengkap untuk nasi goreng seperti telur, suwiran ayam atau sosis, irisan sayuran seperti kol, tomat dan bawang goreng.Lebih nikmat lagi disantap bersama degan acar mentimun, kerupuk dan teh hangat.

Di Magelang ada nasi goreng yang membedakan nasi goreng dikota lain yaitu penambahan tulang ayam yang menambah nikmat nasi goreng tersebut. Dengan adanya tulang ayam pada nasi goreng ini membuat cita Rasanya menjadi asyik makan nasi goreng sambil menggigit-gigit tulang ayam yang masih ada sedikit dagingnya,” ujarnya tersenyum.

Belum ada yang tahu siapa dan mulai kapan inovasi nasi goreng ini dibuat. Yang pasti, nasi goreng magelangan sudah menjadi salah satu ikon daerah magelang itu sendiri.

Sego Godog

Makanan Khas Magelang Sego Ghodog

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah magelang provinsi jawa tengah nasi godog ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya dan sangat cocok di nikmati pada musim hujan seperti saat saat ini.

Pernah mencoba Sego Godog? Dalam bahasa Jawa, sego artinya nasi sedangkan godog artinya rebus. Jadi Sego Godog artinya adalah nasi yang direbus. Bagi yang belum pernah melihat bahkan merasakan mungkin bingung dengan nasi rebus ini, karena nasi kan memang memasaknya dengan direbus bukan?

Jadi begini, nasi rebus ini maksudnya adalah nasi yang penampakan dan cara membuatnya agak mirip dengan mie rebus. Hanya saja bahan utamanya adalah nasi. Mulai jelas? Entah bagaimana masakan ini bisa tercipta, mungkin saja saat itu ada orang yang ingin membuat mie rebus tapi ketika mau memasak baru sadar ternyata tidak punya mie, maka terjadilah sego godog ini.

Teman-teman yang berasal dari Jawa Tengah (misalnya Salatiga, Magelang) dan Jogyakarta sekitar Imogiri, Bantul, atau yang mungkin sering jalan-jalan ke sana pasti sudah tidak asing lagi dengan menu itu. Karena menu ini biasanya tersedia di warung-warung tradisional yang menjual mie godog, mie goreng, atau nasi goreng.

Sego godog ini juga memiliki dua versi, ada yang dimasak menggunakan mie kuning, ada juga yang berisi nasi saja. Sego godog yang menggunakan mie kuning biasanya disebut sego godog magelangan.

Seperti halnya nasi goreng magelangan, asalnya juga dari kota Magelang. Berbeda dengan nasi godog yang asli Jogyakarta biasanya tidak menggunakan mie kuning.

Untuk keduanya sama-sama sedap rasanya, karena saat membuatnya nasi direbus dengan air kaldu, lalu dimasak dengan suwiran ayam serta telur kocok atau telur yang sudah lebih dahulu dibuat orak-arik.

Kebayang kan sedapnya? Lebih sedap lagi jika ditambah lagi dengan potongan hati dan ampela ayam rebus. Segala asesories bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli tentunya.

Biasanya sego godok ini dinikmati dalam keadaan hangat dengan taburan bawang goreng dan acar mentimun seperti mie rebus. Dalam cuaca dingin dimana hujan sebentar-sebentar turun seperti sekarang ini, menu yang satu ini rasanya jadi menarik sekali untuk dicoba. Bahannya tidak sulit dicari, biasanya semuanya tersedia di rumah.

Karena di sini nasi akan direbus bersama bahan yang lain, jadi penting sekali memperhatikan jenis nasi yang digunakan. Pilih nasi yang pera saja supaya tidak mudah lembek. Jika nasi yang digunakan dari awal sudah lembek, hasil jadinya nanti bisa bisa mirip bubur.

Nasi Lesah

Makanan Khas Magelang Nasi Lesah

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah magelang yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya nasi lesah sangat cocok di jadikan menu sarapan ataupun makan siang nasi lesah juga memiliki harga yang sangat terjangkau dan akan membuat ketagihan yang mencobanya.

Nasi lesah adalah nasi dengan isian sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang, dan daun sledri. Lalu Kemudian diguyur kuah opor santan yang masih panas berikut salah satu rekomendasi warung makan nasi lesah yang sudah melegendaris di daerah magelang.

Berwisata ke Candi Borobudur tak lengkap jika belum mencicipi nasi opor lesah legendaris Mbah Sulimah. Konon kelezatan kuliner kuno ini berasal dari resep rahasia para Raja di tanah Jawa.

Setiap pembeli di warung nasi opor lesah legendaris ini dianggap sedulur atau keluarga lantaran bangunan warung itu merupakan rumah sederhana Mbah Sulimah (60) di Desa Tanjungsari Kecamatan Borobudur atau 2 kilometer dari Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Uniknya lagi, sejak 1975 warung ini hanya menyediakan 3 tempat duduk, 2 kursi kayu panjang atau risban dan 1 dipan. Sehingga pengunjung bisa bersantap di dapur atau di ruang tamu.

Perpaduan bumbu rempah , irisan kobis, daun sledri sedikit kecambah, bawang goreng dan daging ayam kampung serta santan yang tidak terlalu kental aromanya membangkitkan selera.

Menu ini sangat cocok untuk hidangan buka puasa karena perpaduan racikan itu menciptakan rasa gurih. Resep kuah lesah mirip bumbu soto atau bumbu gulai karena semua rempah rempah dihaluskan dalam kondisi mentah.

Nenek 5 anak dengan 11 cucu ini mendapat resep opor lesah secara turun temurun dari keluarga. Dahulu hidangan ini sebagai menu utama di hari lebaran. Sayur opor lesah menjadi istimewa karena sejarahnya. Menurut riwayat, sudah ada sejak era kerajaan untuk hidangan para raja.

Dulu nasi opor leash merupakan hidangan yang sangat istimewa karena hidangan tersebut sering di masak ketika lebaran tiba. Saat itu, imbuh Mbah Sulimah, harga satu piring nasi opor lesah masih sangat murah, nyaris tidak dapat laba.

“Wedang teh dan satu piring nasi opor lesah saat itu hanya 5 gelo satu ketip (lima rupiah),” kenang Mbah Sulimah lagi.

Meski demikian, ia bersyukur warungnya bisa bertahan hingga kini.

” dalam Sehari hari dapat menghabiskan minimal 2 sampai 3 ekor ayam kampung, sekarang laris.Pembelinya banyak dari mana-mana,” ungkapnya.

Ada cerita di antara kelezatannya. Tidak sekedar berwisata kuliner saja tapi warung opor nasi lesah Mbah Sulimah memang selalu membuat kangen para pelanggannya. Pembeli pun bermacam-macam, dari masyarakat biasa hingga tokoh artis ibukota.

Bakso Kerikil

Bakso Krikil

Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah magelang provinsi jawa tengah bakso kerikil memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya dan sangat cocok di nikmati pada musim penghujan seperti saat ini.

Bukan hanya makanan manis aja yang berasal dari magelang,ada salah satu makanan favorit masyarakat di indonesia yang berasal dari magelang yaitu bakso, kuliner daging bulat ini tampil beda di Magelang dengan ukurannya yang kecil seperti krikil.

Sentra kuliner Taman Badaan adalah salah satu tempat yang banyak menjajakan menjajakan hidangan khas ini. Taman kota yang berada tak jauh dari pusat kota tersebut menyediakan banyak penjual bakso krikil. Berikut beberapa rekomendasi kedai yang menjual bakso kerikil di daerah magelang jawa tengah.

Bakso adalah makanan yang merakyat di Indonesia. Selain rasanya yang enak, bakso ini juga memiliki berbagai jenis. Salah satunya adalah bakso kerikil milik Pak Bendot yang ada di Magelang.

  • Bakso kerikil pak bendot

Bakso Kerikil Pak Bendot

Bakso yang di ciptakan pak bendot ini memiliki keunikan bentuknya menyerupai kerikil. Bakso ini terbuat dari berbahan dasar pada umumnya yaitu dari daging sapi. Selain rasanya yang enak, harganya pun terjangkau. Cukup dengan uang Rp. 10.000 anda semua sudah bisa mendapatkan semangkok bakso yang berisikan 50 butir bakso.

Tempat bakso di pak bendot juga ada 2 macam varian yaitu bakso kerikil dan bakso kerakal. Bakso krakal kuliner ini hampir mirip dengan bakso kerikil,hanya saja bakso krakal lebih besar ukurannya di bandingkan bakso kerikil. Sehingga bakso ini menjadi favorit di daerah Magelang

Bakso kerikil ini tepatnya berada di Taman Badaan kota Magelang. Warung bakso Pak Bendot ini buka pada pukul 08.30 WIB hingga larut malam. Pada jam makan siang warung ini sangat ramai dikunjungi. Jadi Jika ingin mencicipi bakso kerikil Pak Bendot datanglah pada sore hari agar tidak berdesak–desakan.

Warung ini sudah lama berdiri, kurang lebih 15 tahun. Namun cita rasanya pun tidak berubah dari tahun ke tahun. Pak Bendot mengolah semua bahannya sendiri, seperti menggiling dan mencampur bahan–bahan untuk dibuat menjadi bakso, mulai dari bahan mentah hingga menjadi bakso siap makan. Semuanya bakso disini menggunakan racikan bumbu alami dan tanpa bahan pengawet.

Ada beberapa cabang yang sudah pak bendot buka hasil dari kerja kerasnya selama ini dan pak bendot juga mampu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di tempat pak bendot tinggal. Kurang lebih 15 orang karyawan yang bekerja pada Pak Bendot, yang didominasi para pemuda yang putus sekolah.

  • Bakso kerikil pak alex

Pak alex juga merupakan pelopor lahirnya bakso kerikil Pak Alex. Ya, nama gerobak baksonya memang menegaskan bahwa ialah pelopor jenis kuliner tersebut.

pelopor Bakso Krikil Magelang ini tepatnya adalah pamannya yang bernama Supri. Sejak tahun 1990 ia sudah bejualan bakso, dan pada tahun 1995 lahirlah ide untuk membuat bakso krikil tersebut, di pojok Taman Badaan ini, sebelum di relokasi ke sentra kuliner yang sekarang.

Albdul Malik atau yang kerap disapa Alex, mengatakan salah satu yang membedakan Bakso Krikil Pertama dengan bakso krikil lainnya ialah kuah kaldunya yang merupakan resep turunan pamannya sang pelopor.

Menurut Alex, kuahnya yang kental kekuningan tersebut akibat proses mengolah kaldu, juga menggunaan banyak rebusan daging dan lemak sapi, sepintas memang seperti kaldu bakso Wonogiri.

Baksonya memiliki kekenyalan yang pas, tak terlalu kenyal saat digigit. Jumahnya yang banyak membuatnya seperti tak habis-habis. Tak hanya bakso krikil, di dalamnya ternyata juga terdapat bakso urat yang ketika dibelah terdapat serat-serat putih urat. Anda bisa merasakan sensasi serat urat tersebut saat melumatnya.

Ditambah potongan tahu pong, mie kuning, bihun dan sayuran yang menambah kesegaran semangkuk Bakso Krikil khas Magelang. Anda bisa juga mengkombinasikannya dengan ketupat yang disediakan di mangkuk terpisah, dan diguyur kuah bakso panas tersebut.

Cuaca Magelang yang sejuk, ditambah pepohonan rindang di sisi taman, membuat suasana begitu pas saat mengkonsumsi bakso krikil. Satu porsinya dapat dibeli dengan harga Rp 10 ribu saja tanpa ketupat.

Bakso Krikil Pertama ini memiliki grobak yang bercorak merah, buka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani, serong barat Museum Jendral Sudirman.

Magelang merupakan salah satu kabupaten daerah di provinsi jawa daerah selain memiliki makanan khas kabupaten magelang juga memiliki beberapa cemilan khas kabupaten magelang yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke kabupaten kuranmagelang pas jika tidak mencicipi cemilan Khas magelang yang memilki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus . makanan khas kabupaten magelang juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu cemilan khas kabupaten magelang :

Grubi

Grubi

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah magelang provinsi jawa tengah grubi memiliki cita rasa yang cenderung manis dan legit saat anda cicipi grubi sangat cocok di jadikan buah tangan setelah berkunjung di magelang jawa tengah .

Cemilan Grubi terbuat dari ubi jalar yang dipotong lembut memanjang lalu di goreng dengan bentuk bola-bola dan dibumbui dengan gula jawa. cita Rasanya manis khas gula jawa dan karena bentuknya yang lebih mirip gumpalan benang, Grubi menjadi renyah ketika dimakan. Grubi memiliki cita rasa yang unik yang berasal dari gurihnya ubi ditambah gula jawa asli.

Penggunaan gula jawa selain menambah citarasa dan ke khas-annya tentu saja untuk menghindari penggunaan pemanis buatan. Grubi selain memiliki cita rasa yang enak cemilan ini pun sehat untuk disantap tanpa harus takut bahan pengawet karena cemilan ini dari gula jawa sendiri sudah menjadi pengawet tradisional yang aman dalam pengolahan grubi.

Untuk harganya Grubi sangat terjangkau dijual dengan harga mulai dari Rp. 500 perbiji/perbulat. Tapi harga pastinya bisa lebih murah jika membeli dalam jumlah yang banyak. Terdapat beberapa pilihan kemasan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari kemasan 10 ribuan atau kemasan yang paling besar seharga 50 ribuan.

Grubi mungkin sudah sulit untuk ditemui saat ini. Tapi untuk keberadaannya selalu menjadi daya tarik tersendiri terlebih lagi ketika Lebaran tiba. Grubi mampu bersanding dalam satu meja lebaran dengan produk kemasan yang lebih modern serta variatif.

Walapun terbilang Jajanan tradisional seperti Grubi sangat perlu untuk terus dipertahankan keberadaanya. Apalagi mengingat potensi yang dimiliki bisa menjadi sebuah sumber pendapatan bagi banyak orang.

Gethuk Bolen

Getuk Bolen

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten magelang provinsi jawa tengah gethuk bolen memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya gethuk bolen juga sangat cocok di jadikan buah tangan setelah berkunjung di daerah magelang jawa tengah.

Merupakan kombinasi antara resep kue tradisional dan resep kue modern modern yang menghasilkan penganan yang unik pula bernama gethuk bollen.

Bagi seluruh masyarakat Jawa, gethuk barang kali sudah tidak asing lagi. Jajanan Penganan yang berbahan dsar dari singkong ini banyak dijumpai di Jawa Tengah.

Bahkan jajanan gethuk merupakan cemilan setiap hari bagi warga Kota Magelang, gethuk sudah menjadi ikon Kota sejak dahulu.cita Rasanya yang legit manis dicampur dengan parutan kelapa yang gurih membuat jajanan ini terasa ngangeni.

Sedangkan kue bollen adalah makanan khas Bandung. Sejenis roti kering berlapis lapis atau sering disebut pastry. Biasanya kue bollen yang berisi aneka topping seperti misalnya pisang, keju, cokelat, kacang atau bahan lainnya.

Kuliner untuk sekarang ini banyak sekali perpaduan dan inovasinya salah satunya yaitu bollen sudah dapat dipadukan dengan gethuk yang menghasilkan panganan tradisional magelang dengan tampilan yang berbeda.

Cita Rasa gethuk yang legit manis dan lembut berpadu dengan kulit kue pastry yang gurih dan renyah membuat kue ini cocok untuk camilan dengan di teman minum teh atau kopi.

Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, yakni Rp 3.000 per buah atau Rp 39.500 per lusin.

Getuk Trio

Getuk Trio

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah magelang provinsi jawa tengah getuk trio memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezat pada biasanya getuk trio sangat cocok di jadikan buah tangan setelah berkunjung di magelang jawa tengah.

Getuk merupakan cemilan yang berasal dari tanah jawa indonesia sendiri memiliki beberapa jenis getuk dari berbagai daerah seperti di daerah banyumas memiliki getuk goreng semarang memiliki getuk basah atau lebih dikenal getuk pasar magelang pun juga tidak mau kalah dengan memiliki getuk bernama getuk trio.

Mengapa getuk yang berasal dari daerah magelang di namakan getuk trio ?? di karenakan bentuk dari getuk ini persegi dengan 3 bagian warna yang berbeda beda pada umumnya getuk trio memiliki 3 warna yaitu coklat putih dan juga pink.

Getuk trio di jual dalam bentuk box atapun kardus dengan berbagai merk merk yang di jual di pasaran pada umumnya getuk trio dijual dengan harga berkisar RP .12.000 sampai RP .15.000 per box berikut beberapa merk yang menjual getuk trio khas magelang yaitu getuk eco getuk marem getuk aroma getuk milanium getuk rasa getuk sarinah dan lain lain.

Bagi wisatawan semua tidak perlu bingung bingung dan kwatir karena di daerah magelang banyak pusat oleh oleh yang menjual berbagai macam merk jenis trio yang anda inginkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Ampyang

Ampyang

Merupakan salah satu cemilan khas yang berasal dari daerah kabupaten magelang provinsi jawa tegah yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya manis serta legit di mulut.

Ampyang adalah salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar utama yaitu kacang tanah dan gula merah amyang juga memiliki nama lain gula kacang.

Ampyang berwarna coklat tua karena berbahan dasar dari gula merah amyang memiliki tekstur keras seperti coklat batangan yang di dalamnya berisi kacang kacangan amyang juga memiliki variant rasa seperti original jahe dan juga coklat.

Ampyang berasal dari jawa tengah jika anda berkunjung di salatiga solo ataupun magelang anda dapat menemukan dengan mudah jajanan tradisional ini di pusat oleh oleh amyang juga sudah di kirim sampai luar negeri seperti malaysia belanda cina dan thailand.

Magelang merupakan salah satu daerah di provinsi jawa tengah selain memiliki makanan khas dan cemilan khas juga memililiki minuman khas magelang yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa.

Jalan jalan ke magelang kurang pas jika tidak mencicipi minuman khas magelang yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa segarnya membuat lidah wisatawan ingin mencicipi terus menerus minuman khas magelang juga memiliki harga yang ramah di kantong wisatawan.

Berikut daftar menu cemilan :

Wedang Kacang

Wedang Kacang

Merupakan minuman khas yang berasal dari daerah magelang provinsi jawa tengah wedang kacang ini memiliki cita rasa yang sangat segar minuman ini sangat cocok di komsumsi saat cuaca kurang mendukung seperti saat ini untuk menghangatkan badan.

Berikut salah satu rekomendasi tempat yang menjual wedang kacang khas magelang.

Wedang kacang, begitulah namanya. Sesuai namanya, minuman ini memang dibuat dari campuran kacang tanah, gula merah, gula pasir, dan ketan. Di Magelang, minuman ini bisa ditemukan di sebuah warung yang terletak di Jalan Panjang.

“Rasa kacangnya sangat gurih dan empuk. Kuahnya manis dan mengenyangkan. Sekali minum, dijamin ketagihan,” kata Agung (26), salah seorang pengunjung.kacang yang digunakan.

Agung yang telah menjadi pelanggan wedang kacang selama belasan tahun mengatakan bahwa wedang kacang Magelang tiada bandingnya. Pemilik warung, Agustin, 55 tahun, mengatakan agar wedang yang dijualnya selalu gurih, dia tak sembarangan memilih kacang. Yang digunakan adalah kacang yang asli dari Borobudur yang mempunyai rasa manis.

Wedang kacang ini sudah dijual sejak 22 maret 1982 Warung satu-satunya yang menjual wedang kacang di Magelang itu peninggalan orang agustin, yang dibuka pertama kali di Purworejo. Setiap hari kecuali hari Kamis, sejak pukul 17.30 WIB, warungnya selalu dipenuhi pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota. “Jam tutup tidak mesti. Karena pengunjung juga tidak terduga. Rata-rata per hari bisa mencapai ratusan,” katanya.

Untuk membuat wedang kacang, Agustin harus merebus kacang lokalnya hingga 24 jam. Lamanya perebusan dilakukan supaya kacang melebur dan mendapatkan kacang yang empuk, gurih, dan berwarna merah pupus. Sebagai bahan campurannya, setiap hari dia memasak 6 kilogram ketan.

Agustin berpromosi, wedang kacang buatannya tak cuma enak di lidah, tapi juga bagus untuk kesehatan. Selain menghangatkan, wedang ini tidak menggunakan kuah santan sehingga aman dari kolestrol.

Tak hanya wedang kacang, Agustin menyediakan wedang ronde yang juga menjadi minuman khas warungnya. Ada 2 macam cara menyajikan wedang ronde ini bisa disajikan menggunakan es atau tidak.

Jika memilih menggunakan es bisa ditambahkan perasan buah jeruk supaya bisa dihasilkan rasa asam menjadikan lebih segar. Banyak variasi minuman di tempat ini salah satunya minuman kolak santan pisang.

Sebagai camilan, ada pula hidangan khas Magelang berupa sate pisang yang dibalut adonan hongkue. Rasanya manis, gurih, dan mengenyangkan. Ada pula lunpia dan tahu goreng jumbo yang tidak kalah enaknya.

Jika masih lapar, pengunjung juga bisa menikmati bakso, bakmi goreng, dan nasi goreng. Harganya cukup terjangkau. Segala jenis minuman termasuk wedang kacang harganya Rp 5.000, sate pisang Rp 3.500, lunpia dan tahu Rp 3.000, bakso Rp 5.000, nasi goreng dan bakmi harganya Rp 10.000.


Baca Juga :

36 Tempat Wisata Magelang Terbaru Lagi Hits Recommanded

21 Cafe Restoran Rumah Makan Favorit Di Magelang Recommanded

Biro Wisata Di Magelang Agen Perjalanan Tour And Travel Yang Recommended

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan, cemilan minuman khas dari Magelang, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Segera agendakan untuk mengunjungi Magelang info lengkap wisatanya dapat di baca di sini : https://ranggawisata.com/wisata-Magelang/

Demikian beberapa informasi special makan khas Magelang terpopuler serta favorit di Magelang, dari kami Ranggawisata terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sewa Bus Semarang Ranggawarsita 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*